1 Comment

Solusi Alami Untuk Memperlambat Proses Penuaan

 

proses penuaan

 

Lanjut usia merupakan istilah tahap akhir dari proses penuaan. Tua sangat berhubungan dengan usia seseorang dan ada 2 jenis usia yang biasa di kenal yaitu usia kronologis dan usia biologis.

Usia kronologis ditentukan berdasarkan perhitungan kalender, sehingga tidak dapat dicegah maupun dikurangi. Sedangkan usia biologis adalah usia yang dilihat dari kondisi jaringan tubuh seseorang yang sangat tergantung dari faktor nutrisi maupun lingkungan sehingga usia biologis dapat dipengaruhi.

Usia kronologis tidak selalu sejalan dengan usia biologis, sebagai contoh seseorang secara kronologis berusia 40 tahun, namun penampilan secara biologis bisa tampak lebih ‘segar’ dan lebih muda dibanding usianya.

Saat ini para ahli banyak melakukan penelitian untuk memperlambat usia biologis yang dikenal dengan anti penuaan. Dengan memperlambat penuaan, seseorang diharapkan akan mengalami hidup produktif dan berkualitas dengan kesehatan prima.

Dahulu orang berpendapat bahwa menjadi tua merupakan hal yang wajar, alamiah dan tidak dapat dicegah. Namun sejak adanya penelitian yang dilakukan oleh Dr Daniel Rudman, pendapat tersebut menjadi luntur. Bahkan saat ini banyak teori yang diajukan untuk memperlambat proses penuaan seperti:

  1. Teori pakai dan rusak.
  2. Teori neuron-endokrin .
  3. Teori kontrol genetik.
  4. Teori radikal bebas.
  5. Teori telomerase.
  6. Teori crosslinking.

Dari semua teori di atas yang banyak diteliti saat ini adalah teori radikal bebas.

 

Radikal bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang mempunyai satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Elektron-elektron yang tidak berpasangan tersebut akan mencari elektron lain untuk membentuk pasangan supaya menjadi stabil.

 

Antioksidan 1

 

Oleh karena itu radikal bebas bersifat sangat reaktif, merusak dan mudah bereaksi dengan senyawa lain yang ada di dalam tubuh, seperti DNA (Deoxy Nucleic Acid), asam lemak tak jenuh (banyak terdapat pada membran sel) dan senyawa protein dalam tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh akan menjadi cepat rusak dan menua.

Dari manakah asal radikal bebas tersebut?

Radikal bebas dapat dihasilkan oleh:

  1. Tubuh, sebagai hasil sampingan proses oksidasi, olahraga yang berlebihan maupun peradangan (pembengkakan pada jaringan tubuh
  2. Pengaruh dari Radiasi sinar ultra violet.
  3. Polusi udara (asap pabrik, asap kendaraan, asap rokok).
  4. Makanan yang dipanggang.
  5. Pestisida.

Untuk menetralisir radikal bebas, tubuh membentuk zat yang disebut antioksidan dengan tujuan agar radikal bebas tidak lagi berbahaya bagi tubuh. Walaupun terdapat berbagai sistem peredam radikal bebas dalam tubuh, masih ada saja radikal bebas yang lolos dan merusak molekul sel sehingga sel menjadi aus, rusak dan mati.

 

antioksidan 2

 

Hubungan antioksidan dengan gangguan kesehatan

Penyakit jantung koroner

Umumnya penyakit jantung koroner dimulai dari proses aterosklerosis pembuluh darah jantung. Banyak studi membuktikan proses oksidasi kolesterol LDL oleh radikal bebas memegang peranan utama dalam pembentukan, perkembangan, dan pelepasan plak dari aterosklerosis yang dapat berakibat fatal, yaitu tersumbatnya pembuluh darah jantung, dikenal sebagai serangan jantung. Antioksidan terbukti mampu menghambat perusakan sel oleh radikal bebas (Tran, 2001)

 

Gangguan pada otak

Sel-sel otak merupakan sasaran empuk serangan senyawa radikal bebas, karena unsur penyusun dinding sel terdiri atas asam lemak tak jenuh ganda. Radikal bebas yang terbentuk akan memutuskan ikatan ganda dan membentuk senyawa radikal bebas baru, yang merusak sel otak secara beruntun dan bersifat permanen. Akibatnya sel otak akan mengalami penuaan dini, sehingga terjadi gejala seperti mudah lupa, susah mengingat sampai dementia. Bila tidak cepat diatasi akan mempercepat kepikunan, serta munculnya berbagai penyakit seperti Parkinson atau Alzheimer.

 

Menopause

Dalam pembicaraan sehari-hari sering kali menopause (berhentinya haid) diidentikkan dengan proses penuaan pada perempuan, sehingga datangnya menopause merupakan ‘momok’ bagi mereka. Oleh karena itu penelitian untuk memperlambat menopause saat ini banyak dilakukan, antara lain penelitian yang dilakukan di Jepang (Nagata,2000).

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa perempuan yang banyak mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dan kuning (kaya akan antioksidan) akan lebih lambat mengalami menopause dibandingkan yang kurang mengkonsumsi. Hal ini terjadi karena antioksidan akan memperlambat proses penuaan pada sistem hipotalamus otak yang berperan penting dalam siklus menstruasi

 

Osteoporosis

Dalam tubuh, tulang selalu mengalami proses pembentukan dan perombakan. Proses pembentukan dan perombakan ini berjalan seimbang. Pada osteoporosis proses perombakan tulang terjadi lebih besar daripada pembentukannya sehingga tulang menjadi keropos, rapuh dan mudah patah. Akibatnya akan menghambat produktivitas serta kualitas hidup saat memasuki usia tua.

Oleh karena itu banyak penelitian dilakukan untuk mencegah osteoporosis, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di Australia (Pasco J.A. et al, 2006), yang menyatakan bahwa konsumsi antioksidan akan menurunkan proses pembongkaran tulang dalam tubuh sehingga kejadian osteoporosis dapat dicegah.

 

Beberapa Solusi Alami Untuk Memperlambat Proses Penuaan

 

Seperti telah disebutkan di atas, peran radikal bebas yang bersifat merusak dapat dicegah ataupun dihambat dengan antioksidan. Berdasarkan sumbernya ada 2 macam antioksidan yang dikenal yaitu antioksidan endogen dan antioksidan eksogen.

Antioksidan endogen merupakan antioksidan yang dibentuk oleh tubuh sendiri, sedangkan antioksidan eksogen dapat diperoleh dari makanan sehari-hari terutama dari sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E, seng (Zn), selenium (Se), dll. Adapun bahan makanan sumber dan dosis yang dianjurkan dapat dilihat pada tabel berikut:

Antioksidan Bahan makanan sumber Dosis dewasa
Laki-laki Perempuan
Vitamin A Sayur dan buah yang berwarna kuning, ikan, mentega 100 µg RE1/hari 800µg RE/hari
Vitamin C Sayur dan buah terutama jeruk, anggur, jambu klutuk 60 mg/hari 60 mg/hari
Vitamin E Kecambah, biji gandum, kuning telur 10 α TE2/hari 8 α TE/hari
Seng (Zn) Ikan laut, kerang, hati 15 mg/hari 12 mg/hari
Selenium (Se) Ikan laut, daging, gandum, kacang kedele 70 µg/hari 55µg/hari
Likopen Sayur dan buah berwarna merah, tomat, semangka Belum ada data Belum ada data

Sumber: Krause’s (2000)

Keterangan:   1. RE = retinol equivalen, 1 µg RE = 1 retinol atau 6 µg β-karoten.

2. TE = tokoferol equivalen

 

Beberapa tips untuk awet muda dari segi nutrisi:

  1. Hidup sehat, makan secukupnya serta teratur.
  2. Pola makan 4 sehat 5 sempurna, hindari sumber lemak jenuh.
  3. Perbanyak konsumsi buah, sayur dan serat.
  4. Berhenti merokok.
  5. Olahraga teratur.
  6. Pertahankan berat badan normal.
  7. Cukup rekreasi.
  8. Konsumsi suplemen bila perlu.

 

Puasa

Puasa bagi umat Islam adalah tidak makan dan minum, serta menghentikan segala sesuatu yang membatalkan sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Selain menahan haus dan lapar, dari sisi ilmu kedokteran, berpuasa ternyata bisa memberikan Anda sejumlah manfaat kesehatan.

Menurut dr. Siti Setiati SpPD, spesialis penyakit dalam dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indoenesia (FKUI), dengan berpuasa, jumlah kalori makanan yang kita biasanya akan berkurang.

“Pembatasan jumlah kalori makanan adalah salah satu cara yang telah terbukti dapat memperlambat penuaan. Serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut dan kanker,” katanya, Rabu, (27/7/2011) lalu, di Jakarta.

Saat berpuasa, umumnya akan terjadi pengurangan jumlah kalori yang diasup hingga 10-40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian pada binatang menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko kanker, mencegah berkembangnya penyakit seperti diabetes dan ginjal.

“Penelitian pada manusia juga sudah ada. Dan hasilnya, komposisi lemak tubuh berkurang, tekanan darah membaik, kolesterol turun, risiko diabetes berkurang, dan dapat memperlambat proses penuaan,” katanya.

Siti mengatakan, berbagai penelitian dan literatur memang telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. Tetapi, seseorang tentu tidak akan langsung merasakan khasiatnya jika hanya puasa sebulan saja. “Ini tentu bukan puasa yang hanya dilakukan satu bulan saja. Tetapi harus terus menerus dilakukan dalam bulan-bulan berikutnya,” jelasnya.

Manfaat restriksi (pembatasan) kalori, lanjut Siti, juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Pembatasan kalori, dipercaya dapat memompa jantung menjadi lebih kuat dan membuat seseorang tidak mudah lelah setelah melakukan aktivitas atau olahraga.

Sementara itu, DR.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, ahli kesehatan pencernaan dari RSUPN Cipto Mangungkusumo mengatakan, proses puasa yang dijalankan idealnya bukanlah yang bersifat “balas dendam”, yakni membalaskan atau makan semaunya di luar jam puasa. Karena, dalam proses berpuasa, pada dasarnya harus ada penurunan berat badan.

Menurut Ari, puasa dapat diistilahkan seperti konsep alternate day fasting, dimana dalam satu hari setengah makan, setengah berpuasa. Tujuan di situ adalah pengurangan asupan kalori. “Biasanya penurunan berat badan sekitar 5 persen,” cetusnya.

Ari menegaskan, jika seseorang mengalami penurunan berat badan, maka akan diikuti dengan penurunan kalori, kolesterol, lemak, radikal bebas serta peningkatan antioksidan. Saat berpuasa, ada baiknya mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak antioksidan.
Pasalnya, dengan banyak makan sayur dan buah, sebenarnya di dalam usus telah terjadi penyerapan kolesterol an pengurangan gula oleh serat-serat.

“Prinsipnya, kalau kita berpuasa, tubuh tetap memproduksi gula dan lemak dihancurkan. Dengan lemak dihancurkan, otomatis timbunan-timbunan yang tidak perlu jadi berkurang. Efeknya penurunan berat badan,” tandasnya

 

Ginseng

Asupan ginseng ekstrak adalah obat alami direkomendasikan untuk memperlambat proses penuaan. Itu telah digunakan selama berabad-abad untuk persiapan banyak ayurvedic obat-obatan. Meremajakan sel-sel dalam tubuh, santai sel-sel saraf, meningkatkan fungsi memori, meningkatkan pasokan energi, mendukung sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan stres adalah beberapa menyoroti manfaat dari menggunakan ginseng ekstrak.

 

Diet Gizi Kaya Vitamin

Mengikuti diet gizi kaya vitamin merupakan obat alami penting untuk memperlambat proses penuaan. Sebagian besar praktisi kesehatan merekomendasikan termasuk sumber makanan kaya vitamin A, E dan C dalam diet. Sayuran berdaun hijau, pepaya, wortel, brokoli, tomat, jeruk dan bijian adalah beberapa jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk memperlambat proses penuaan. Asupan makanan kaya vitamin meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh dan mencegah tindakan radikal bebas mekanisme.
Minum

Menurut penelitian, ditemukan bahwa minum banyak air adalah obat alami yang efektif untuk memperlambat proses penuaan. Mencegah dehidrasi atau hilangnya kadar air dari sel-sel tubuh. Minum setidaknya 8 gelas air per hari memelihara kulit dan flushes keluar racun dari tubuh. Ini adalah obat alami yang sempurna untuk membuat kulit bebas dari kerutan.

 

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel, diperkaya dengan sifat anti bakteri adalah obat rumah terbaik untuk memperlambat proses penuaan. Kehadiran sulfer dalam cuka sari apel bertempur melawan radikal bebas mekanisme dan mencegah efek penuaan. Menyeimbangkan kadar kolesterol dari tubuh, meningkatkan stamina, mencegah Alergi, meningkatkan aktivitas metabolisme, mendukung sistem kekebalan tubuh, mengurangi flek dan mencegah selulit adalah kunci manfaat lain menggunakan cuka sari apel.

Ikan Mengandung Omega 3

Ikan berminyak, diperkaya dengan konsentrasi asam lemak omega 3 adalah obat alami terbaik disarankan untuk proses penuaan. Meningkatkan regenerasi sel dan merangsang produksi energi dalam sel. Asupan makanan yang kaya asam lemak omega juga membantu dalam mengurangi risiko serangan jantung, stroke, arthritis, asma dan osteoporosis. Sarden, salmon, mackerel, dan pedang ikan adalah beberapa contoh baik kaya ikan kadar asam lemak omega 3.

 

Bawang Putih, Teh Hijau, dll

Dimasukkannya bawang putih dalam makanan adalah obat alami lain yang disarankan untuk mencegah efek penuaan. Ini melindungi sistem saraf dan meningkatkan fungsi otak. Asupan ashwagandha, teh hijau, hawthorn, gotu kola, maca dan licorice adalah pengobatan alami lainnya untuk memperlambat proses penuaan.

 

(Dari berbagai sumber)

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Solusi Alami Untuk Memperlambat Proses Penuaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: