15 Comments

Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Image

 

Tahi lalat, mungkin hampir semuanya memiliki tahi lalat dibagian tubuhnya. Saat masa orang tua kita dulu ,banyak yang meyakini tahi lalat pada bagian tubuh tertentu akan menggambarkan ciri khas atau sifat seseorang. Mitos tersebut juga masih ada hingga sekarang. Tahi lalat dapat muncul sejak lahir ataupun setelah lahir atau semasa hidup.

Penyebab Timbulnya Tahi Lalat

Tahi lalat disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan abnormal dari sel-sel pigmen di bawah kulit yang lebih dalam. Orang yang sering berjemur di bawah terik Matahari mempunyai lebih banyak tahi lalat daripada yang ngumpet di rumah. Jumlah tahi lalat pada tiap orang bervariasi antara 10 – 40, meskipun ada juga yang sampai mempunyai 100-an tahi lalat. Kebanyakan tahi lalat muncul dari bayi lahir hingga usia 20 tahun, tetapi ada juga yang muncul selama proses perkembangan janin.
Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang utama adalah keturunan dan tahi lalat bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Sering kita jumpai seorang ibu yang memiliki banyak tahi lalat pada wajahnya, juga memiliki anak dengan tahi lalat yang sama. Ini merupakan bawaan gen dan susah untuk dihindari.
Selain itu, penyebab tahi lalat juga bisa muncul karena ketahanan tubuh, faktor ras ataupun suku bangsa, serta warna kulit. Faktor-faktor diatas merupakan faktor internal, sementara faktor eksternalnya bisa berasal dari pengaruh sinar ultraviolet yang berlebihan pada kulit, polusi udara serta air di sekitar lingkungan hidup, pengaruh dari makanan yang dikonsumsi dan kemungkinan makanan itu tidak sehat.
Apakah Tahi Lalat Berbahaya?
Pada umumnya, tahi lalat itu sama sekali tidak berbahaya karena hanya berupa penumpukan pigmen. Namun jangan terlalu bersenang hati dulu, waspadalah jika tahi lalat Anda mengalami perubahan mencolok. Misalnya tahi lalatnya berubah secara struktur, yaitu dengan perubahan warna, ukuran ataupun gejala lain yang menyertainya. Tahi lalat bisa menjadi kanker kulit yang ganas bila disertai dengan rasa gatal ataupun nyeri, ada perubahan warna mencolok, bisa menjadi lebih gelap, lebih pucat ataupun lebih terang. Selain itu tahi lalat yang membesar tidak normal juga berbahaya, melebar tidak beraturan, permukaannya sudah tidak rata lagi, gampang berdarah serta menjadi luka ataupun koreng yang susah sekali sembuhnya.
Jadi, jika tahi lalat keturunan (anak) atau Anda berubah demikian, maka itu sudah bukan tahi lalat yang normal. Anda perlu mengunjungi dokter secepatnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun demi pencegahan, hendaknya kita melakukan perawatan kulit yang baik serta teratur untuk mengurangi dampak sinar ultraviolet yang juga bisa menyebabkan tahi lalat.
 
Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

1. Bawang Putih
 

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas bawang putih terlebih dahulu, kemudian dihancurkan sampai menjadi bubur atau pasta. Setelah itu Anda juga perlu menyiapkan plester seperti tensopplast untuk menempelkan pasta bawang ini langsung dipermukaan tahi lalat. Lakukanlah hal demikian setiap malam hari sebelum tidur. Lengketkan pasta bawang putih tersebut hingga pagi hari, kemudian ketika Anda bangun maka cabutlah plesternya. Lakukan hal ini hingga beberapa hari, sehingga akhirnya tahi lalat terkelupas atau luntur dengan sendirinya.

2.  Jus Nanas

 
Nanas juga terbukti sebagai bahan alami penghilang tahi lalat, termasuk menghilangkan tahi lalat yang sudah rata tetapi belum hilang. Jangan gunakan jus nanas dalam kemasan instan, tetapi gunakanlah nanas asli untuk sumber jusnya. Gosokkan jus kepermukaan tahi lalat, hingga terkelupas dan hilang.

3. Bunga Kol

 
Dengan cara ini, maka terlebih dahulu yang Anda lakukan adalah memblender kol dan dibuat menjadi jus murni. Artinya adalah bahwa blender bunga kol tanpa mengunakan air tambahan. Setelah jus bunga kol selesai dibuat, maka oleskanlah jus cair tersebut setiap hari dipermukaan tahi lalat Anda. Hal ini dilakukan setiap hari hingga seminggu. Jus bunga kol akan menyebabkan tahi lalat terkelupas sendiri tanpa menyisakan rasa sakit.

4. Cuka Cider Vinegar

 
Metode ini bisa juga Anda lakukan untuk menghilangkan tahi lalat dengan cara menggosok tahi lalat dengan air panas terlebih dahulu. Kemudian setelah kering, gunakan cider vinegar. Caranya, celupkan terlebih dahulu cotton bud ke bagian cuka, lalu kemudian dioles kepermukaan tahi lalat. Setelah itu biarkan kering hingga 10 menit, lalu bilas. Metode ini sebenarnya sedikit agak ribet, karena harus dilakukan 5 hingga 10 kali perhari selama satu minggu, sehingga hasilnya akan kelihatan.

5. Madu

 
Penggunaan madu mempunyai hasil yang sama seperti halnya jus nanas. Anda bisa mengoles madu. Hal ini dilakukan secara rutin dalam setiap harigu, sehingga hasilnya akan kelihatan.
6. Kapur Sirih
Bahan dan alat yang harus anda siapkan disiapkan:

  • Sediakan Kapur sirih secukupnya
  • Sediakan juga Sabun colek
  • Tusuk gigi atau cotton bud
  • Air
  • Sendok makan
Langkah-langkah yang harus dilakukan:
  • Setelah anda menyiapkan kapur sirih dan sabun colek, letakkan kedua bahan itu kedalam sendok makan. Kemudian tambahkan air dan aduk sabun colek dan kapur sirih sampai merata.
  • Langkah selanjutnya ambil tusuk gigi atau cotton bud, yang akan kita gunakan untuk membantu mempermudah proses pengolesan, oleskan campuran sabun dan kapur ke-area wajah yang terdapat tahi lalatnya.
  • Kemudian Biarkan olesan seharian atau sampai benar-benar mengering, catatan dalam proses pengeringan tahi lalat akan terasa sangat perih, jadi anda harus menahan rasa perih tersebut, jika ingin tahi lalat anda hilang.
Adanya rasa perih ini terjadi dikarenakan adanya akar-akar yang pada tahi lalat akan terangkat oleh ramuan yang kita buat tadi. Namun rasa perih ini akan hilang dengan sendirinya. Dan tentunya tahi lalat anda akan menghilang.
Setelah olesan ramuan mengering anda jangan buru-buru membasuh dengan air, namun biarkan menempel dan jatuh dengan sendirinya. Catatan penting: walaupun terasa perih namun anda tidak perlu khawatir, karena proses penghilangan tahi lalat secara alami ini tidak berbahaya dan tentunya tidak menimbulkan bekas luka.

7. Batu Gamping

Ambil batu gamping sekitar setengah sendok teh kemudian campur dengan sabun colek atau sejenisnya dalam satu tempat. Setelah tercampur dengan rata maka letakkan bahan ini pada tahi lalat dengan menggunakan cotton bud sedikit saja di atas tahi lalat jangan di ratakan karena bahan ini sangat panas dan sangat pedih. Diamkan sampai kering dan terkelupas sendiri.

 

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

15 comments on “Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

  1. Kalo ngilangin tahi lalat yg hidup pake madu bisa gak?

  2. terimakasih mas informasinya.. solanya sangat mengganggu penampilan

  3. iye gan…sya juga pernh coba…yng pakai sabun colek dn kapur…itu bner² perih..dn menhasilkn bekas luka yng ckup mengerikan….smpe berminggu²…skg
    pun mash ttp ada tahi lalatnya…

  4. Min tahi lalatku sebenernya kecil dan datar gt gak hidup, tapi setelah ku coba pake jus nanas kenapa perih pake banget, dan itu bener bener bisa hilang kan min?

  5. Mas, dari berbagai opsi di atas mana nih yang paling efektif, tidak ribet, dan cepat menghilangkan tahi lalat? saya bingung, karena banyaknya pilihan. Terima kasih.

  6. cara ngilanginnya bekas nya gimana? ane juga nih smpe gx ilang bekasny @dera2202

  7. saya udah coba pakai bawang putih dalam satu malam atau baru satu kali, tapi hasilnya malah melebar warna hitam dari tahi lalatnya, warna hitam itu kulit yg bisa dilupas tapi pedih seperti terbakar, gimana tuh ngatasinnyaa?? bales yaaa terimakasih

  8. kalo pake madu emang bisa ya??
    terus kalau pake kapur sirih ada efek sampingnya gak??
    please bales ya

  9. jgn dicoba,,bahaya..apa lagi untuk tahi lalat yg hidup,bisa infeksi,,, tips diatas lbh tepat untuk menghilangkan kutil. kalau untuk tahi lalat harus ditangani oleh dokter ahli kulit.

    • Betul cece vivine, tips di atas lebih tepat wat ilangin kutil…. bukan untuk menghilangkan Tahi lalat..lebih baik konsultasi ke dokter ja gan..soalny kutil sama tahi lalat beda banget penangananya.

  10. kalau pake madu gitu emang bakalan ilang ya min?perih gak?pengen ngilangin tapi takut..

  11. Apakah itu bisa untuk tahi lalat yang hidup?

  12. aq udah coba pakai kapur sirih yg dicampur sabun colet.memang benar sekali pakai tahilalatku langsung mengering.tahilalatku lumayan besar.krna gk sabar dpt 2hari aku kopek..eehhhh….taunya stlah aq kopek yg atas yg sdh berwarna hitam trnyata bgian bwahnya msh blm kering..trs gmn dong…apa meski di ulangi lg pemakaian nya.plissssss ksh saran dong????

    • haloo sista,,
      sekedar saran,, untuk pemberian kapursirih+sabuncolek,,jangan dilakukan,,kenapa??
      karena sifat kimia dari pencampuran kedua bahan tersebut keras
      pernah, dulu ane nyoba,dilengen, dan hasil.a tarraaa,, lengen ane bolong,jaringan kulit diarea tersebut, mati.
      ane trs berobat buat ngobatin “bolong”ny lengen, alhamdulillah dah ga bolong, tahilalat juga ilang,TAPPIIII,, lengan ane kulit di area “pengobatan” tersebut selain ga mulus, bentukny jadi kayak ada pertumpukan kulit, hmmm tau bekas cacar atau imunisasi? ya kayak gitu,,kurang lebihnya..
      ini hanya sekedar saran,,maaf apabila perkataan saya kurang baik 🙂
      trims

      • q gk prcya tahilalat bisa hilang karena itu memang sudah Đ̤̥̬̈̊ɪ̤̥̬̇̈̊ atur sama yg Đ̤̥̬̈̊ɪ̤̥̬̇̈̊ atas jdi biar kan saja semua nya itu muncul Đ̤̥̬̈̊ɪ̤̥̬̇̈̊ kulit ku yg penting bgi driku tk Ά̲̣̣̣̥Þά̲̣̣̣̥ Ά̲̣̣̣̥Þά̲̣̣̣̥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: