18 Comments

Sakit Gatal Kulit

Image

Gatal-gatal adalah di antara penyakit yang banyak terkena penduduk. itu dapat dibuktikan, menurut data dinas kesehatan kota jambi, gatal-gatal masuk didalam grup lima besar penyakit yang banyak terkena pasien yang berobat di puskesmas. walau kerap dikira remeh, tetapi gatal-gatal bila dilewatkan dapat mengakibatkan infeksi sekunder pada kulit.menurut dr cici lia novita, gatal-gatal adalah penyakit umum yang banyak terkena penduduk. terlebih, di musim hujan sekarang ini. umumnya, gatal-gatal ini dibedakan menurut pemicunya. “karena penanganan penyakit gatal-gatal ini tidak sama, bergantung pemicunya apa, ” tuturnya waktu didapati di puskesmas tanjung pinang, tempo hari.Ia menjelaskan, gatal-gatal dibagi didalam grup menurut pemicunya, ada yang dikarenakan alergi, ada dikarenakan bakteri, jamur, virus serta parasit. lihat wujud gatal-gatal pada kulit, umumnya dapat segera diketahui pemicunya. “sekilas dari memiliki bentuk, segera dapat diketahui, ” terang alumnus fakultas kedokteran kampus gajahmada ini.

Bila pemicunya alergi, maka hentikan serta hindari benda alergan, maka dapat pulih dengan sendirinya. jika, bila gatal-gatal tersebut terus digaruk hingga menyebabkan infeksi sekunder. bila telah begini, kata dr cici, maka mesti dikerjakan penyembuhan. “kalau telah infeksi, infeksinya yang diobati, bila pencegahanya, benda alergan mesti dijauhi, dapat dingin, panas, debu serta yang lain, ” tuturnya.

Pada gatal-gatal yang dikarenakan bakteri, awalannya umumnya berbentuk lesi diisi cairan, dikarenakan kerap digaruk lantas masuk bakteri hingga mengakibatkan berlangsungnya koreng. ciri-cirinya, koreng umumnya ada nanah yang warnanya kehijauan. “kuku dapat bikin luka serta kerap membawa kuman. bila menggaruk pakai saja ujung jari, ”ujarnya.

Didalam situasi yang layaknya ini, perawatan yang kurang baik, contohnya terus digaruk hingga carian tumpah ke tempat kulit yang lain, maka dapat menyebar ke tempat kulit yang lain. “sehingga jadinya makin banyak, maka dianjurkan untuk tidak dipecahkan, bila ia pecah sendiri, baiknya dibersihkan. dikarenakan bila tidak, dapat nyebar serta tumbuh nanah baru lagi, ” terangnya.

Sesaat itu, bila pemicunya jamur, letaknya umumnya ada di tempat lipatan kulit layaknya paha, tangan, perut, serta tempat kulitnya. umumnya, bila dikarenakan jamur, rasa gatal lebih merasa serta sukar tertahankan. “di pada yang sangat gatal umumnya dikarenakan jamur, ” tuturnya.

Memiliki bentuk sendiri, kata dr Cici, yaitu kemerahan pada kulit, basah. dikarenakan dampaknya yang amat gatal hingga pasien sukar untuk menahan untuk tidak menggaruknya hingga kerap menyebabkan infeksi sekunder.

Adapun kelainan kulit yang dikarenakan jamur layaknya panu, kadas, kurap serta merah bulat. tentang pengobatannya, umumnya cuma diberikan obat antigatal serta antijamur. dapat didalam wujud salep ataupun oral. “jika belum infeksi, cukup hanya salep dapat pulih serta terus melindungi kebersihan kulit, ” tuturnya.

Ada juga gatal-gatal yang dikarenakan virus. masuknya virus ke didalam tubuh karena daya tahan tubuh alami penurunan. memiliki bentuk sendiri berbentuk bintik diisi cairan namun bening. umumnya tidak terlampau menyebabkan rasa gatal, namun pedih. contohnya sakit cacar serta herpes.

Paling akhir, ada juga yang dikarenakan dikarenakan parasit. rasa gatal nampak saat malam hari. dimana, rasa yang diakibatkan layaknya ada kutu kecil-kecil yang jalan diatas tubuh. “rasanya amat gatal, serupa keringat malam, ” tuturnya.

JAGA KEBERSIHAN TUBUH

Senantiasa melindungi kebersihan kulit adalah di antara langkah menghindar munculnya gatal-gatal pada kulit. bila timbul tanda-tanda gatal pada kulit, baiknya dapat menahan diri untuk tidak menggaruknya. dikarenakan pada waktu berlangsung luka akibat garukan kuku, disinilah awalannya masuknya kuman penyakit.

Menurut dr Cici Lia Novita, di antara yang mengakibatkan berlangsungnya infeksi kulit yaitu dikarenakan pasien tidak dapat menahan diri untuk menggaruk kulit yang gatal. maka dari itu, janganlah heran, bila bekas gigitan serangga lalu dapat jadi koreng yang besar. “karena pada waktu luka serta situasi kulit tidak bersih, bakteri masuk, inilah yang lantas jadi koreng, ” tuturnya.

Begitupun untuk seseorang yang senang berkeringat. kulit yang lembab terlebih pada tempat lipatan kulit dapat gampang didatangi jamur. hingga nampak dampak amat gatal pada kulit. “dan ini memanglah sukar ditahan, maka segera berikanlah salep antigatal serta antijamur hingga tidak keterusan untuk menggaruknya, ” tuturnya.

Jadi, dianjurkan untuk yang senang berkeringat untuk kerap ganti pakaian. sekurang-kurangnya memakai bahan baju yang menyerap keringat. hingga tidak bikin kulit lembab. “yang tidak kalah mutlak yaitu, mandi dengan teratur, sekurang-kurangnya 2 x 1 hari, hingga kulit dapat bersih, ” tuturnya.

Bila nampak tanda-tanda gatal yang terus menyebar serta menyebabkan infeksi kulit, baiknya untuk tidak dilewatkan. segera kerjakan kontrol hingga dapat diberikan penyembuhan cocok dengan pemicunya.

Dikarenakan ada sebagian masalah yang ditemukan bahwa cuma dikarenakan gatal-gatal yang dilewatkan mengakibatkan timbulnya borok besar pada kulit. jadi ada sebagai selulitis. bila telah berlangsung selulitis, umumnya penanganannya mesti dengan tindakan bedah. bila bakteri yang berkumpul pada borok menembus pembuluh darah dapat mengakibatkan septikimia. “darah keracunan bakteri, ini dapat menyebabkan kematian, ” tuturnya.

JENIS GATAL KULIT

kelompok penyakit kulit medicastore kelompok penyakit penyakit kulit

• Gatal serta ruam noninfeksi
– dermatitis kontak
– dermatitis kritis pada tangan & kaki
– dermatitis atopik ( eksim )
– dermatitis seboreik
– dermatitis numuler
– dermatitis herpetiformis
– gatal-gatal
– keratosis pilaris
– psoriasis
– pitiriasis rosea
– liken planus
– dermatitis eksfoliatif generalisata
– dermatitis stasis
– neurodermatitis ( dermatitis garukan terlokalisir, liken simpleks kritis )
– drug rashes
– eritema multiformis
– granuloma annuler
– rosaea
– dermatitis perioral
– beberapa jenis psoriasis

• Kelainan kelenjar minyak
– jerawat
– lipedema

• Kelainan rambut
– hirsutisme ( rambut berebihan )
– kebotakan ( alopesia )
– psedofolikulitis barbae
– bulu/rambut tubuh terlalu berlebih ( excessive hairiness )
– rambut yang tumbuh ke dalam

• Infeksi parasit
– skabies ( infeksi tungau )
– infestasi kutu ( pedikulosis )
– creeping eruption ( migrasi larva kutaneus )

• Infeksi jamur
– kadas / kurap
– kandidiasis ( moniliasis )
– tinea versikolor ( panu )

• Kanker kulit
– karsinoma sel basal
– karsinoma sel skuamosa
– melanoma
– sarkoma kaposi ( kanker pembuluh darah kulit )
– penyakit paget

• Perkembangan jinak
– dermatofibroma ( tumor kulit jinak )
– tumor kulit jinak keratoakantoma
– tahi lalat ( nevi )
– tahi lalat atipik ( nevi displastik )
– skin tags
– lipoma ( tumor kulit jinak endapan lemak )
– angioma ( tumor jinak pembukuh darah/pembuluh getah bening )
– granuloma piogenik
– keratosis seboroik ( tumor jinak kulit luar )
– keloid ( keloidosis )
– kapalan & kutil
– kista sebasea ( kista keratinosa )
– kista epidermis ( epidermal cysts )

• Infeksi bakteri
– selulitis
– fasitis nekrotisasi
– abses kulit ( abses kutaneus )
– impetigo
– follikulitis, bisul & karbunkel
– erisipelas
– selulitis
– sindroma kulit terbakar dikarenakan stafilokokus
– eritrasma
– infeksi kulit necrotizing
– lymphadenitis
– lymphangitis

• Kelainan kulit permukaan
– kulit kering

• Kelainan pigmentasi
– albinisme ( albino )
– vitiligo
– melasma ( chloasma, topeng kehamilan )

• Gatal serta ruam noninfeksi
– nekrolisis epidermal toksika
– eritema nodosum
– ulkus dekubitus ( bedsores )

• Kelainan keringat
– biang keringat
– keringat terlalu berlebih ( hiperhidrosis )
– kurang berkeringat

• Infeksi virus
– kutil ( veruka )
– molluskum kontagiosum

• Masalah kulit lain
– pemfigus
– bulosa pemfigoid

• Menyakit kuku
– paronikia
– onikomikosis
– tumor pada kuku
– biologi kuku
– kelainan wujud serta pergantian warna kuku
– trauma
– infeksi pada kuku
– paronychia kronis
– sindrom kuku hijau
– verruca vulgaris pada kuku
– kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam

• Rusaknya kulit akibat cahaya matahari
– cahaya matahari & rusaknya kulit
– rusaknya kulit akibat cahaya matahari
– luka bakar matahari ( sunburn )
– reaksi fotosensitivitas

PENANGANAN KULIT GATAL

Penyakit gatal-gatal ( pruritus ) yaitu satu perasaan yang dengan otomatis bikin tangan lakukan penggarukan. aktivitas penggarukan yang dikerjakan dengan terus-terusan dapat mengakibatkan kemerahan serta goresan didalam pada kulit. janganlah anda kira bila anda menggaruk kulit yang gatal, maka rasa gatal tersebut dapat hilang. penggarukan dengan terus-terusan pada kulit dapat mengiritasi kulit yang setelah itu dapat mengakibatkan pertambahan rasa gatal serta apalagi periode panjang dapat mengakibatkan berlangsungnya jaringan parut serta penebalan pada kulit hingga kadang-kadang membentuk bentol-bentol yang diisi pada kulit yang gatal tersebut.

Pemicu gatal dapat berbagai macam. dapat dikarenakan oleh satu penyakit kulit ataupun penyakit sistemik, serta dapat juga dikarenakan oleh banyak hal layaknya dikarenakan gigitan serangga, kaligata, dermatitik atopik, dermatitis kontak, dermatitis alergika serta infestasi parasit layaknya skabies serta pedikulosis.

Tak hanya karena diatas, gatal-gatal juga bisa berlangsung dikarenakan alergi serta juga kontak dengan bahan baju spesifik layaknya wol dan seterusnya. cuaca yang panas juga dapat mengakibatkan gatl-gatal terlebih pada tempat lembab layaknya selangkangan dikarenakan banyaknya keringat.

Untuk menangani penyakit gatal maka kita butuh tahu pemicu dari gatal-gatal tersebut untuk lantas dikerjakan tindakan penyembuhan. dengan diketahuinya karena penyakit gatal, maka dapat diberikan type penyembuhan yang pas. bila kulit meradang, bisanya diberikan cream atau lotion pelembab yang tidak berbau serta berwarna, karena pewarna atau aroma tambahan dapat mengiritasi kulit serta mengakibatkan gatal-gatal.

Untuk cream, dapat juga diberikan cream corticosteroid yang dapat menolong kurangi peradangan serta mengendalikan gatal-gatal, cuma dipakai bila gatal-gatal terbatas pada satu tempat yang kecil. disamping itu bisa juga berikan obat yang memiliki kandungan mentol, kamper, kamomil, eukaliptus serta kalamin.

Untuk obat yang diminum dapat memakai antihistamin ( contohnya hydroxizin serta diphenhydramine ) dapat menolong kurangi gatal-gatal, namun obat ini mengakibatkan kantuk. untuk antihistamin umumnya tidak diberikan didalam wujud olesan segera ke kulit dikarenakan dapat mengakibatkan reaksi alergi.

Penyakit gatal reaksi yang berlangsung pada kulit akibat diserang gigitan serangga atau jamur. akibat yang ke-2 bisa menyerang kulit, terlebih di bagian yang tersembunyi, layaknya mulut, lengan, kemaluan, ketiak, sela-sela jari tangan serta kaki, lipatan paha, selangkangan serta tempat-tempat yang lembab yang lain.

RAMUAN HERBAL ALAMI

ramuan obat herbal gatal gatal 1 :
kulit labu bligo ( labu tangkua ) direbus dengan air secukupnya, lantas airnya dipakai untuk mandi.
penggunaan : dengan teratur 1-2 kali 1 hari.

ramuan obat tradisional gatal gatal 2 :
1-2 lembar daun biduri dicuci bersih, permukaannya di oleskan dengan minyak kelapa, lantas layukan di atas api.
penggunaan : tempelkan dibagian yang gatal.

ramuan obat tradisional gatal gatal 3 :
semua tanaman leunca digiling sampai halus lantas di oleskan pada kulit yang gatal.
penggunaan : dengan teratur 1-2 kali 1 hari.

ramuan obat tradisional gatal gatal 4 :
bersihkan bersih 20 gram batang serta daun kentut fresh, lantas digiling halus.
penggunaan : tempelkan dibagian yang gatal.

ramuan obat herbal gatal gatal 5 :
bersihkan bersih 1 lembar daun keji beling fresh. gosokkan dibagian yang gatal hingga daun hancur serta mengeluarkan air.
penggunaan : 2 kali sesudah berselang 2 jam.
bersihkan bersih daun mimba, lantas remas-remas sampai hancur.
penggunaan : oleskan di bagian yang gatal.

ramuan obat tradisional gatal 6 :
15 gram temu hitam, 15 gram temu kunci, serta 15 gram kunyit dihaluskan, lantas di oleskan pada kulit yang gatal.
penggunaan : dengan teratur 1-2 kali 1 hari.

LANGKAH MENGANTISIPASI GATAL

Rasa gatal pada kulit dapat di sebabkan oleh sebagian factor diantaranya gigitan serangga, alergi, obat-obatan dan seterusnya. tetapi mayoritas penyakit gatal-gatal dikarenakan oleh alergi serta jamur.

Rasa gatal yang di sebabkan oleh alergi terkait dengan darah, bila di visualisasikan darah orang yang menderita alergi, molekul darahnya menggumpal. penggumpalan ini yang mengakibatkan hipesensitif pada “benda asing” atau lingkungan yang dikira “asing”.

Anda mesti tahu apa pencetusnya, apakah dari makanan spesifik, suhu atau situasi lingkungan lebih kurang anda. bila anda telah mengetahuinya, baiknya untuk sesaat di jauhi.

Lantas bagaimana langkah menyingkirkan gatal pada kulit ? untuk menyembuhkan rasa gatal akibat alergi, anda dapat memakai langkah alami di bawah ini, tetapi butuh di tulis obat tradisional umumnya bekerja tidak instan, anda mesti mengonsumsi atau memakainya dengan teratur.

OBAT GATAL ALAMI

1. daun pepaya
2. pare
3. rebusan daun jambu
4. bratawali, obat tradisional ini amat ampuh saat mengobati alergi tetapi mempunyai rasa pahit bukan hanya kepalang.

OBAT ALAMI YANG DIOLESKAN

– Mandi Susu.
campur oatmeal ke didalam susu evaporasi ( susu yang telah dikurangi kandungan airnya_ serta pakai untuk mandi. oatmeal ( 1-2 mangkok kecil ) juga dapat digabung dengan air hangat didalam bak berendam. susu bekerja cukup baik untuk mengusir gatal-gatal di kulit serta bikin kulit lebih halus.

– Baking Soda ( lebih kurang 1 mangkok kecil ) juga dapat dicampurkan ke didalam bak mandi diisi air hangat untuk kurangi gatal-gatal akibat iritasi, gigitan serangga, sengatan lebah, serta yang lain. berendamlah lebih kurang 30-60 menit. untuk luka sedikit di kulit, campur tiga sisi baking soda dengan satu sisi air, lantas berikan pasta ini ke area yang gatal. tetapi, janganlah kerjakan perihal ini bila kulit terluka.

– Berikan air perasan lemon ke sisi tubuh yang gatal, biarlah sampai kering. jeruk memiliki kandungan bahan anestetik serta antiradang yang ampuh menangani gatal-gatal.

– Berikan daging tanaman lidah buaya ke tubuh yang gatal. zat didalam lidah buaya tidak cuma dapat menangani luka bakar, namun juga gatal-gatal.

– Mandi dengan air yang dibubuhi minyak pepermint. untuk area yang sedikit, seduh daun mint serta pakai airnya untuk membersihkan sisi tubuh yang gatal, atau celupkan kain bersih ke air seduhan daun mint lantas kompreskan ke sisi tubuh yang gatal.

Daun mint memiliki kandungan mentol yang berbentuk anestetik serta antiradang. asam rosmarinik didalamnya juga berbentuk antiradang yang gampang diserap ke didalam kulit.

– Imbuhkan dua sendok makan cuka apel ke didalam air mandi serta gatal-gatal lalu dapat menyusut.

– Kompres sisi yang gatal-gatal dengan kompres dingin

Menyingkirkan gatal/alergi dengan minyak habbatussauda serta zaitun

Ke-2 type herbal ini yakni minyak habbatussauda serta minyak zaitun di kenal sejak lama dapat menyembuhkan rasa gatal pada kulit. keduanya dapat di mengonsumsi atau di pakai sebagai obat luar, umumnya digabung saat pingin mandi.

MENYINGKIRKAN LUKA GATAL KULIT

Lidah buaya atau dikenal dengan sebutan aloe vera yaitu tanaman tropis sukulen yang mempunyai wujud layaknya daun berdaging. daun ini mempunyai banyak faedah, baik sebagai obat ataupun untuk kosmetik. lidah buaya banyak ditemukan di tempat subtropis serta tropis layaknya afrika selatan, amerika latin, serta indonesia. di indonesia, manfaat lidah buaya sering dipakai untuk perawatan rambut. namun saat ini banyak product perawatan kulit yang memakai lidah buaya sebagai di antara bahan basic.lidah buaya adalah tanaman yang cukup unik dikarenakan memiliki kandungan beragam senyawa biologis aktif, layaknya mannans asetat, polymannans, antrakuinon, serta beragam lektin. lidah buaya juga memiliki kandungan lebih kurang 75 type zat yang sudah dikenal berguna serta kian lebih 200 senyawa lain yang membuatnya layak dipakai didalam penyembuhan herbal.

Zat-zat tersebut terhitung enzim yang menolong pencernaan serta kurangi peradangan, seluruh type vit. terkecuali vit. d, mineral yang dibutuhkan untuk manfaat enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan ; saponin yang berperan sebagai anti-mikroba, serta 20 dari 22 type asam amino.

Lidah buaya dapat meredam rasa panas akibat terpapar cahaya matahari, melakukan perbaikan sel kulit yang rusak, serta merangsang perkembangan beberapa sel baru. riset dari university of mariland medical center memaparkan, lidah buaya menyembuhkan iritasi kulit akibat luka bakar 9 hari lebih cepat, dibanding penyembuhan tanpa lidah buaya.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

18 comments on “Sakit Gatal Kulit

  1. Pak deddy tanya setelah rasakan gatal-gatal pada tangan dan digaruk-garuk lalu mengeluarkan cairan.selama 5hari menjadi luka memperbesar kulit pecah-pecah dan mengeluarkan cairan terus menerus selama 2 minggu. Bagaimana cara penyembuhan luka cairan dan obatnya apa ya?

  2. da yg tau gk cra pncegahan keloid ketika terjadi luka d kulit ?

    nih no hp sya 089605245091 ,,, siapa sja ya tau tntang pnyakit keloid sya mhon bntuan nya

  3. ada semacam kulit yang gatal di paha bagian dalam dan itu menimbulkan bekas. saya gatau itu penyebabnya apa yg pasti numbuh lalu kering numbuh lagi sampai sekarang. bentuk kulit yg gatal seperti biang keringat rada besar dan kemerahan. mohon bantuannya.

  4. tau ngak obt untk mnymbhkan penyakit pda tngan/gatal.

  5. assalamkum..kang dedy mau tanya ni kalo obat gatal-gatal diselah paha kira-kira obat alaminya apa ya….

  6. Salam sehat, pak deddy… Jari2 tangan saya gatal2 dan kulit kering dan dilipatan jari koyak di jari tengah, Saking gatalnya saya garuk sehingga bengkak jari2 tangan saya 😦 …. itu berawal karna saya memakai handglove seperti dokter Ɣªηƍ ª∂a̲̅ bedaknya… Dan saya berprofesi sebagai koki/chef dan dengan jari2 tangan saya seperti ΐηi sangat2 tidak nyaman dalam bekerja…. Saya harus minum obat ªª Ƴɑ̤̥̈̊ª☺♡̬̩̃̊☺ pak deddy? ··♡τнäиκчöü·♡·°. Pak deddy.

  7. aslkm kang dedy saya banyak berobat kemana2 dokter penyakitnya udah setahunan sembuh sebentar terus gatal lagi di sekitar pergelangan kaki sya mohon pendapat dan sarannya cara apa yang tepat untuk mengobati tumbuh2an herbal kang dedy mudah2an semoga allah swt membalas kebaikannya amin ya robbal alamin.

  8. assalamualaikum..
    saya minta saran pengobatanny untuk gatal2 akibat biang keringat atau alergi pada kulit bayi seperti kemerahan pada leher bayi? mohon masukkanny…
    terima kasih.
    wassalamualaikum…

    • wa’alaikumsalam

      – Sediakan buah mentimun secukupnya, lalu blender/parut/tumbuk halus. Tambahkan dengan bedak beras dingin secukupnya. Aduk hingga rata. Oleskan pada kulit yang terkena biang keringat.
      – Lakukan beberapa kali hingga biang keringat kering dan sembuh.

      • assalamu’alaikum saya mau tanya gimana caranya ngobatin jamur di perut tapi jamurnya udah parah, jamurnya basah. tolong dijawab ya..

  9. assalamualaikum wr wb ..
    mau tanya bang dedi.. teman saya gatel2 kaya bintik2 merah gitu.. ada yang bilang itu cikungunya dan ada juga yang bilang itu tampek.. solusi yang alami seperti apa bang..
    terima kasih

  10. saya mempunyai penyakit alergi gatal gatal hampir 2 tahun lebih dan tak kunjung sembuh berbagai obat baik dari dokter ataupun tradisional sudah saya coba saya benar2 putus asa dengan penyakit ini bahkan sekitaran jari tangan dan kaki saya sudah menebal kulit nya, Apakah ada obat yang dapat menyembuhankan penyakit saya ini ?
    Mohon di informasikan, Atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih
    email : yani.nazmi7@yahoo.com

  11. salam kang, nuhun
    sayasedang menderita gatal yang hebat yg saya tdk th kenapa&apa pnyebabnya. Gatal pertama kali muncul di tangan, berbetuk benjolan bintik2 berair dan beruntusan kecil-kecil kalau digaruk makin gatal & menyebar kemana-mana dan menjadi bengkak.. Tapi, setelah digaruk dia menimbulkan bekas merah sehingga kedua tangan saya tampak jelek sekali. Saya sangat menderita karena kalau malam saya tidak bisa tidur, karena rasa gatalnya muncul kalau malam hari saat mau tidur. Saya sudah berobat kedokter, katanya saya terkena viru bisa dari air atau udara dan diberi obat anti aleri & anti jamur. Bbrp kali minum obat hilang gatalnya. Namun, setelah bbrp kali obat habis, gatalnya muncul lagi, sampai saya lelah berobat. Gatal muncul juga terutama setelah saya makan yg mengandung telur, daging dan ketika saya berkeringat karena kepanasan.

    Mohon sarannya untuk pengobatan alaminya, karena saya sudah lelah berobat ke dokter.

    Terima kasih banyak jika akang bisa memberikan sarannya

  12. infonya lengkap… makasih

  13. salam sehat…
    saya mempunyai anak perempuan, kata orang” dia punya darah manis (kalo digigit nyamuk langsung merah, luka dan berbekas hitam)…bagaimana menghilangkan bekas luka kehitamannya???

  14. Wa’alaikumsalam wr wb.

    Ramuannya:
    Kunyit 10 gram
    Lengkuas 10 gram
    Kapur sirih 3 gram.

    Parut kunyit dengan lengkuas, lalu campurkan dengan kapur sirih.
    Tempelkan ramuan ini pada bagian yang terkena eksim dan dibalut dengan kain agar tidak terkena air.

    Ya, bisa juga dengan Bulma KN.

    Sawangsulna 🙂

  15. assalamu’alaikum wr wb
    kang dedi mau tanya kalo untuk penyakit eksim kering itu obat tradisionalnya apa ya???
    terus kalo produk HI Herbal pake Balur KN bukan??

    Hatur nuhun.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: