Leave a comment

Makanan Penetralisir Nikotin Bagi Perokok Pasif

delima

Nikotin adalah zat kimia yang terdapat dalam daun tembakau. Nikotin adalah zat potent nerve poison atau toksin saraf mujarab yang dipakai produsen obat pembunuh serangga. Zat inilah yang bikin beberapa perokok aktif kecanduan. Nikotin didalam darah akan tidak betul-betul hilang walau perokok itu sudah berhenti. Diperlukan saat sampai bertahun-tahun untuk betul-betul bersih dari nikotin.

Bagaimana cara menetralisir nikotin bagi perokok pasif, yaitu orang-orang yang tidak merokok tapi terpapar dan sering menghirup asap rokok yang mengandung nikotin? Karena menurut suatu penelitian terungkap bahwa nikotin yang terkonsentrasi di tubuh perokok pasif tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

Ternyata banyak makanan menyehatkan yang secara medis terbukti ampuh menolong membersihkan darah dari zat nikotin. Di bawah ini 6 makanan penetralisir nikotin dalam darah, yakni:

1. Delima

Buah delima yang juicy ini populer dengan anti-oksidan yang tinggi. Buah delima bakal dapat tingkatkan aliran darah serta jumlah beberapa sel darah pada badan serta sangatlah efisien untuk bersihkan nikotin dalam darah.

2. Kiwi

Saat Anda menghisap asap rokok, Anda bakal kehilangan sangat banyak vitamin, tersebut penyebab mengapa kulit beberapa perokok aktif dan pasif tampak tak sehat. Buah kiwi memiliki kandungan sangat banyak vitamin A, C serta E yang sangatlah menolong menetralkan nikotin pada badan. Ingat, perokok pasif juga bisa mengakibatkan serangan jantung, dengan konsumsi buah kiwi yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi jadi kesehatan jantung Anda bakal terbangun.

 3. Jeruk

Bukanlah rahasia lagi, kandungan vitamin C dalam jeruk di kenal sangatlah tinggi. Dengan konsumsi jeruk, jadi metabolisme badan bakal terbangun serta kandungan stres bakal alami penurunan, hingga dampak nikotin akan mudah dinetralisir. Air dari jeruk nipis memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi kadar nikotin yang berada pada asap rokok sebesar 70,65%.

 4. Wortel

Zat nikotin dari sebatang rokok bakal bertahan dalam darah sepanjang 3 hari. Wortel kaya vitamin A, C, K, serta B yang efisien melawan nikotin pada badan serta melawan kulit kusam disebabkan merokok.

 5. Brokoli

Seperti jeruk, brokoli juga memiliki kandungan banyak vitamin C serta B5. Dengan konsumsi brokoli sehari-hari jadi konsentrasi nikotin dalam darah bakal terurai.

6. Sayuran berdaun hijau

Zat klorofil dalam sayuran hijau dapat dibuktikan memiliki kandungan banyak kandungan vitamin serta asam folat. Sayuran seperti bayam dapat dibuktikan ampuh menolong menetralkan konsentrasi nikotin pada badan.

 7. Buah beri

Buah-buahan seperti stroberi sangat efektif membantu mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Termasuk nikotin.

8. Air bening

Paparan nikotin dalam tubuh bisa memicu dehidrasi. Karenanya, mereka yang aktif merokok atau tinggal di lingkungan dengan asap rokok, sebaiknya tak meremehkan pentingnya asupan air minum yang cukup setiap hari.

9. Bawang Putih

Sebagai salah satu makan detoksifikasi, bawang putih memiliki banyak manfaat. Bawang putih berfungsi membersihkan  dan menurunkan lemak di dalam darah, meiliki sifat antibiotik dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu bawang putih dapat merangsang produksi enzim detoks di hati, yang bertugas menyaring residu toksin yang disebabkan oleh rokok.

10. Teh Hijau

Meminum teh hijau sangat disarankan bagi perokok pasif sebagai pembersih alami racun di dalam tubuh.Teh hijau sarat dengan antioksidan, khususnya catechin, yang dapat membantu meningkatkan fungsi hati. Selain membersihkan racun dari tubuh, teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan kadarkolesterol dan mengurangi peradangan.

11. Seafood

Seafood merupakan makanan yang kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Omega 3 yang terdapat pada seafood ini mampu memperbaiki fungsi dari paru-paru, sehingga saat paru-paru Anda rusak gara-gara asap rokok yang Anda hirup, makan konsumsilah seafood ini. Makanan yang mengandung omega 3 seperti: Salmon, teri, tuna, sarden, kepiting, kerang, lobster, udang dan lain-lain

12. Kacang Kedelai

Jika Anda merasa sesak nafas akibat dari asap rokok yang Anda hirup, maka konsumsilah makanan atau minuman yang berbahan kedelai. Manfaat dari kedelai ini dapat memperbaiki fungsi paru-paru serta menghilangkan rasa sesak nafas kronis Anda. Kedelai ini mengandung Flavonoid, yang akan berfungsi sebagai anti peradangan pada paru-paru, serta menjaga paru-paru Anda dari racun yang ada pada asap rokok yang Anda hirup.

13. Vitamin C

Menurut penelitian perokok pasif mengalami pengikisan vitamin E yang sangat serius, perokok pasif mengalami penurunan vitamin E sampai 45%. Padahal seperti kita ketahui vitamin E berfungsi sebagai antioksidan pelawan radikal bebas yang meningkat di dalam tubuh perokokpasif. Radikal bebas menyebabjan kerusakan sel di dalam membran paru-paru dan lapisan lainnya.  Namun berita baik bagi Anda studi menunjukan vitamin C dapat mencegah terjadinya pengikisan vitamin E.

Para peneliti di Oregon State University menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap harinya dapat melindungi tubuh dari kehilangan Vitamin E. Mengkonsumsi vitamin C dan E dapat membantu tubuh memerangi kerusakan yang disebabkan oleh nikotin selain itu kedua vitamin terxsebut juga dapat bekerja sama di dalam tubuh untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Melemahnya kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh nikotin dapat menyebabkan peningkatan penyakit dan gangguan kesehatan yang serius (penyakit jantung), oleh karena itu buah dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin C (brokoli, jeruk, stroberi dll) dan makanan kaya vitamin E (telur, sereal biji-bijian, dll.) wajib bagi Anda para perokok baik aktif maupun pasif.

14. Vitamin A

Selain vitamin E para perokok pasif juga kehilangan vitamin A yang seharusnya bertugas melindungi paru-paru dari infeksi. Mengkonsumsi vitamin A mungkin bisa membantu Anda terhindar dari kerusakan paru-paru yang dapat memicu terjadinya kanker, tetapi tidak sampai di situ saja penelitian (American Cancer Society) menemukan bahwa perokok pasif yang kekurangan vitamin A memiliki resiko kanker tiga kali lebih besar jika dibandingkan dengan perokok pasif yang kandungan vitamin A nya tercukupi.

Terlepas benar atau tidak vitamin A dapat melindungi perokok pasif dari kerusakan paru-paru, mencukupi tubuh Anda dengan vitamin dapat meningkatkan kesehatan Anda dan mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh rokok. Vitamin A dapat Anda peroleh dari produk berbahan dasar susu (keju, mentega, butter) dan telur.

 

(Dari berbagai sumber)

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: