13 Comments

Ramuan Alami Panas Dalam

panas dalam

Panas dalam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan, hingga ketidakseimbangan hormon, bisa ditandai oleh rasa panas di dalam tubuh.
Sama halnya dengan badan Lesu tidak bergairah panas dalam sering dikeluhkan banyak orang. Sariawan, bibir pecah-pecah, dan nyeri tenggorokan merupakan gejala khasnya. Dr. T Bahdar Johan, Sp.PD, ahli penyakit dalam dari RS Internasional Bintaro, seperti yang dikutip tabloid Senior, menyatakan, istilah panas dalam sebenarnya salah kaprah.

“Dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam. Jadi panas dalam itu tidak ada. Hanya saja banyak orang telanjur menganggap gejala yang timbul sebagai tanda panas dalam,” katanya. “orang yang mengeluh terkena panas dalam itu seringkali tidak demam. Suhu tubuhnya normal ketika diukur dengan termometer,” kata Dokter Bahdar Johan.

Jadi, definisi panas dalam untuk tiap orang bisa berbeda. “Dari keluhan yang sering saya jumpai pada pasien yang terkena panas dalam, gejalanya antara lain sariawan, bibir pecah-pecah, sakit gigi, badan pegal, sakit tenggorokan, diare, badan terasa mengeluarkan panas, sensasi terbakar di dada, mimisan, hingga buang air besar disertai darah,” ujarnya. Gejala panas dalam juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon. Ambil contoh perempuan yang sedang memasuki atau mengalami masa menstruasi juga bisa terkena panas dalam.
Prinsipnya mengobati panas dalam cukup mudah. Tergantung dari keluhan pasien. Jika masalahnya terdapat di lambung, obati lambungnya. Hanya saja, obat dokter biasanya hanya menghilangkan gejala. Jika ada penyakit yang mendiami tubuh dan memicu panas dalam, obat itu hanya sanggup mengurangi gejala panas dalam, bukan menghilangkan penyakit penyebabnya, sehingga panas dalam bisa terjadi berulang kali. Disarankan Anda yang mengalami panas dalam tetap waspada. Jika dalam beberapa hari tidak hilang atau reda tapi terus berulang, ada baiknya segera ke dokter.
 Penyebab Terjadinya Panas Dalam
  • Kekurangan asupan vitamin C
  • Kekurangan serat
  • Dehidrasi
  • Makan goreng-gorengan (junk food)
  • Cuaca yang tidak bersahabat (pancaroba)
  • Stress
Mencegah Panas Dalam
1. Perhatikan jam makan
Hal ini berlaku terutama bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada. Ini yang menyebabkan banyak orang merasa terkena panas dalam.
2.  Perhatikan makanan terlalu panas atau dingin
Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut, sehingga mempersulit proses pencernaan.
3. Perhatikan menu makanan
Makanan yang panas dan digoreng seringkali menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan. Peradangan tersebut akan menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Terlalu banyak minyak dalam makanan juga tidak baik untuk pencernaan dan tenggorokan.
4. Olahraga secara rutin
Gejala panas dalam bisa muncul karena kelelahan. Dengan berolahraga, kondisi tubuh bisa dilatih dan terjaga lebih baik. Daya tahan atau stamina pun akan meningkat, sehingga tidak mudah terkena panas dalam ketika kondisi tubuh terlalu lelah.
5. Kelola stress
Saat ini banyak orang yang mengeluh terkena panas dalam akibat stres. Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, juga mengacaukan jam makan dan hormon tubuh.
6. Jaga berat badan
Tubuh yang terlalu gemuk atau pada wanita yang sedang hamil, perut bagian atas mendesak ke atas melewati diafragma.7. Kurangi konsumsi daging
8.Minum susu
Minumlah segelas susu: cara ini mungkin membantu lebih jauh. Susu bertindak sebagai zat protektif, tapi daya efektif susu tidak seefektif dibanding antasid.

Ramuan Alami Panas Dalam

1. Cincau

Gel cincau biasa dikonsumsi dalam bentuk minuman segar. Konsumsi cincau dapat digunakan sebagai obat penurun panas dalam, serta obat untuk gangguan pencernaan agar pencernaan kita senantiasa sehat. Komponen kimia gel cincau sebagian besar berupa air dan serat sehingga cincau merupakan makanan rendah kalori yang dapat digunakan sebagai makanan diet.
Gel cincau memang lembek (lunak). Gel cincau dapat dibuat lebih keras dengan menggunakan tambahan mineral misalnya kalsium dan bahan pembentuk gel yang lainnya miusalnya pati, agar-agar, keragenan atau alginat. Bahan-bahan ini aman bagi tubuh.

2. Air kelapa hijau muda

Air kelapa hijau muda mengandung beberapa komponen yang dipecaya mampu menurunkan gejala panas dalam. Kandungan penting yang terdapat air kelapa muda tersebut meliputi berbagai jenis gula seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung asam amino glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin, asam aspartat, alanin, histidin, fenilalanin, serin, sistin, dan tirosin. Terdapat juga berbagai vitamin, seperti vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat. Beragam jenis mineral, meliputi potasium (kalium), kalsium, magnesium, dan klorida. Oleh karena berbagai komposisi tersebut, air kelapa muda juga disebut sebagai air isotonik yang sangat cocok untuk mengganti cairan tubuh yang banyak berkurang karena dehidrasi akibat panas dalam.
3. Rambut jagung muda
Selama ini rambut jagung banyak dibuang dan tidak dimanfaatkan lebih lanjut. Padahal jika menyimak komposisi dari rambut jagung, sangat berkhasiat untuk meredakan gejala panas dalam. Rambut jagung banyak mengandung komponen flavonoid dan tanin yang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya panas dalam. Caranya yaitu dengan merebus rambut jagung, kemudian air rebusan dapat diminum langsung atau menambahkannya dengan sedikit bahan tambahan (jagung dan jahe).
3. Kacang hijau
Kacang hijau merupakan salah satu bahan hasil pertanian yang cukup populer di Indonesia. Kacang hijau mengandung beberapa komponen gizi penting, di antaranya protein dan asam amino, mineral (fosfor, zat besi, mangan), vitamin (A dan B1), dan sisanya lemak. Kacang hijau sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, diantaranya panas dalam, beri-beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus kacang hijau, kemudian dapat ditambahkan jahe dan gula batu secukupnya.
4. Telur ayam kampung
 Dibandingkan telur ayam buras, telur ayam kampung mengandung komposisi gizi yang jauh lebih tinggi. Seperti kandungan asam amino, vitamin E, dan lemak omega 3 dua kali lebih banyak dari telur ayam buras. Sehingga tidak jarang telur ayam kampung dipercaya mampu meningkatkan kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah panas dalam. Untuk mengobati panas dalam, cara penyajiannya sangatlah mudah, yaitu rebus sebentar telur ayam kampung, kemudian campurkan dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit.
5. Daun sirihBahan :
1.    Daun sirih (piper betle L.)
2.    Air.Cara pembuatan :
1.    Rebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya.
2.    Angkat rebusan setelah mendidih.
3.    Saring setelah rebusan dingin.
4.    Ramuan siap di gunakan sebagai obat kumur.

Cara pengobatan :
1.    Gunakan ramuan untuk kumur-kumur
2.    Ulangi beberapa kali sampai panas dalam sembuh.

6. Labu Air

Bahan :
1.    Labu air (Lagenaria leucantha)
2.    Gula batu
3.    Garam dapur
4.    AirCara pembuatan :
1.    Rebus potongan labu air dengan air secukupnya
2.    Tambahkan gula batu secukupnya dan sedikit garam dapur.
3.    Aduk-aduk dan angkat setelah rebusan setelah mendidih dan tiriskan
4.    Ramuan siap untuk beraksiCara pengobatan :
1.    Makan ramuan untuk selingan makanan
2.    Ulangi beberapa kali

7. Daun alang-alang

Bahan :
1.    Daun alang-alang (Imperata Cylindrica L.)
2.    Gula batu
3.    AirCara pembuatan :
1.    Rebus seikat daun alang-alang dengan 1 liter air
2.    Tambahkan gula secukupnya
3.    Saring rebusan setelah dingin.
4.    Ramuan siap beraksiCara pengobatan :
1.    Minum ramuan tersebut
2.    Ulangi beberapa kali.

8. Daun ubi jalar
Bahan:
1. Daun ubi jalar 3 lembar
2. Dua gelas air
Cara pembuatan:
1. Cuci bersih daun ubi jalar
2. Rebus hingga mendidih
3. Dinginkan
Cara pengobatan :
1.    Minum ramuan tersebut
2.    Ulangi beberapa kali.
9. Bunga tanjung
Ambil beberapa bunga tanjung, jemur sampai kering seduh dengan air panas dalam gelas. Minum dua kali sehari satu gelas.
10. Asam jawa
Ambil ½ gelas asam jawa yang telah dibersihkan dan dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan ramuan tersebut ke sekujur tubuh penderita panas dalam ringan.
11. Pisang nipah atau singkong
Ambil pisang nipah atau singkong. Diparut dan dicampur dengan bawang yang sudah diparut, balurkan pada kening penderita, insya Allah suhu badan akan segera normal kembali.
12. Madu serta perasan lemon
Obat yang sering digunakan untuk menangani sakit tenggorokan biasanya dengan menggunakan 1 sendok madu dicampur air hangat dengan perasan lemon merupakan cara alami yang baik sebagai penggusir panas dalam yang membandel. Cara ini bisa melapisi serta dapat menenangkan iritasi pada bagian tenggorokan.
[Dari berbagai sumber]
Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

13 comments on “Ramuan Alami Panas Dalam

  1. terimakasih gan infonya, ,

  2. Tanks atas infonya

  3. trims atas artikelnya, semoga bermanfaat …. salam hangat

  4. alhamdulillah ketemu yang bermanfaat dari internet, semoga menjadi amal jariah.. aamiin

  5. Terima kasih infonya…….

  6. sangat membantu…..tq

  7. saya nyari obat herbal yg benar-benar ampuh sekalipun itu ramuan cina atau mana saja yg penting ampuh

  8. Terimakasih informasinya

  9. trimakasih sangat bermanfaat sekali.sy memang penyuka obat obat tradisional

  10. SANGAT MEMBANTU.THANKS

  11. Trimakasih infonya 🙂

  12. saya terbantu sekali dg informasi di atas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: