1 Comment

Kebiasaan Sehari-hari Yang Merusak Kesehatan

 

mengucek mata

 

Saat sedang pilek, apakah Anda sering mengeluarkan ingus dengan cara yang dipaksa? Jika ya, tanpa disadari bahwa Anda sedang melakukan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan.

Sebab berdasarkan penelitian dari University of Virginia, ketika Anda memaksa ingus keluar maka Anda menciptakan tekanan di hidung yang dapat menyebabkan infeksi hingga sinus.

Selain kebiasaan remeh tersebut, berikut adalah kebiasaan lainnya yang sering Anda lakukan namun tanpa disadari mampu merusak kesehatan tubuh:

1. Menahan kentut

Demi alasan etika, terkadang Anda suka menahan kentut. Namun tahukah Anda bahwa ternyata hal ini dapat membahayakan kesehatan pencernaan Anda?

Sebuah penelitian di Selandia Baru menunjukkan bahwa ketika Anda menahan gas yang seharusnya keluar, maka gas ini akan meningkatkan tekanan di dalam usus besar dan membuat ‘kantung’ yang disebut dengan divertikula. Kantung-kantung ini mampu menyebabkan nyeri perut, sembelit, hingga diare. Jika ‘kantung’ ini meledak maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti demam, nyeri, bahkan penyakit usus.

2. Memencet jerawat

Jerawat yang muncul di wajah memang mengganggu. Oleh karena itu tidak jarang bahwa ada sebagian orang yang tidak sabar menunggu ‘matangnya’ jerawat dan memencetnya.

Namun ternyata menurut American Academy of Dermatology, tindakan ini justru dapat membahayakan kesehatan kulit Anda. Kulit Anda justru akan meradang dan menyebabkan jerawat menjadi bertambah parah. Oleh karena itu tunggulah jerawat Anda sampai benar-benar kering, kemudian bersihkan perlahan dengan tisu yang bersih.

3. Menahan kencing

Menahan kencing menjadi salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh sebagian besar orang, termasuk Anda. Padahal saat Anda menahan kencing, akan timbul rasa sakit di bagian bawah perut akibat penumpukan tekanan di dalam kandung kemih, ginjal, dan organ tubuh lainnya yang berhubungan dengan alat vital tempat keluarnya urin.

Menurut Riya Pulicharam, MD, direktur penelitian klinis Healthcare Partners Medical Group di Los Angeles, menahan buang air kecil bisa membuat wanita berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Apalagi uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan vagina. Bakteri dalam urine pun lebih cepat berkembang biak.

4. Menggunakan toilet duduk

Tahukah Anda bahwa penggunaan toilet duduk justru mampu menyebabkan gangguan kesehatan?

Sebab menurut sebuah penelitian di Jepang, anatomi tubuh manusia sebenarnya tidak sesuai dengan kontur toilet duduk. Bila Anda menggunakan toilet jongkok, maka anatomi tubuh bagian bawah Anda menjadi ‘lurus’ dan memudahkan proses pengeluaran. Sedangkan ketika Anda menggunakan toilet duduk, maka terjadi kelengkungan di usus atau ‘jalan’ keluarnya kotoran. Hal ini mampu menyebabkan sembelit, wasir, dan beberapa masalah kesehatan pencernaan lainnya.

5. Mencabut bulu hidung

Kebiasaan ini paling banyak dilakukan oleh pria. Mencabuti bulu hidung padahal merupakan tindakan yang berbahaya. Sebab bulu hidung Anda diciptakan untuk menghalangi mikroorganisme yang akan masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Oleh karena itu tindakan mencabut atau menghilangkan bulu hidung dapat menimbulkan masalah pada kesehatan sistem pernapasan Anda.

6. Mengorek hidung terlalu dalam

Membersihkan hidung dengan cara mengorek terlalu dalam juga dapat membahayakan bagi kesehatan. Sebab hal ini dapat menyebabkan luka atau iritasi di dalam hidung. Oleh karena itu bersihkan hidung dengan lembut.

7. Mengucek mata

Mengucek mata ketika mata Anda terasa gatal merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Padahal tindakan ini mampu menyebabkan kerusakan saraf, kornea dan bahkan retina. Oleh karena itu hindari melakukan hal ini terutama ketika Anda bangun tidur atau setelah melepas lensa kontak Anda.

8. Berdiri dengan ‘mengunci’ lutut

Berdiri sambil meninggikan atau menekuk lutut memang terasa lebih mudah tapi sekaligus menambah tekanan pada sendi lutut. Sebab, sendi distabilkan oleh aktivasi otot-otot di sekitarnya. Menurut spesialis ortopedi di Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California David W Kruse, MD, ketika seseorang berdiri dengan lutut terkunci, otot di lutut tak digunakan dengan efisien sehingga kekuatan sendi terpaksa harus ditingkatkan.

9. Tidur tengkurap

“Tidur seperti ini menempatkan leher Anda dalam posisi miring di belakang yang bisa menyebabkan rasa sakit atau mati rasa ekstrem di leher. Sebab, saraf terkompresi ketika kepala miring ke belakang,” terang ahli bedah tulang belakang di Hoag Orthopedic Institute, Richard Lee, MD.

10. Memakai ikat pinggang terlalu ketat

Kepala gastroenterologi di St Vincent Medical Center, Los Angeles, Patrick Takahashi, MD mengatakan ikat pinggang yang terlalu ketat bisa menekan intra-abdomen dan menimbukan refluks asam. Ia menyarankan gunakan ikat pinggang yang lebih longgar dari ukuran pinggang celana Anda.

11. Duduk dengan posisi merosot ke bawah

Duduk dengan posisi seperti ini dikatakan ahli bedah ortopedi di Carolina Selatan, David Geier, MD bisa menyebabkan nyeri bahu karena otot stabilisator bahu dikompresi oleh tulang belikat. Postur tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan otot yang mengakibatkan kompresi lebih lanjut.

12. Menyetir jarak jauh tanpa istirahat

Menyetir tanpa henti bisa mengakibatkan terkumpulnya darah di kaki yang bisa menyebabkan pembekuan. Setelah berkendara sekitar 160 km, berhentilah berkendara dan berjalan-jalanlah untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan. Lakukan hal yang sama ketika Anda terbang jarak jauh dengan pergi ke kamar mandi.

13. Langsung melakukan peregangan sehabis bangun tidur

“Cakram tulang belakang akan terhidrasi selama tidur sehingga menimbulkan lebih banyak tekanan. Saat Anda bangun dan langsung melakukan peregangan bisa membuat sakit punggung dan leher,” papar konsultan pengobatan sakit punggung dan leher kronis, Ted Dreisinger, PhD, FACSM.

14. Mengunyah permen karet

“Mengunyah permen karet terlalu sering dan dalam waktu yang lama bisa membuat sendi rahang bergerak dengan konstan. Akibatnya, bisa terjadi kerusakan atau ketidaknormalan dalam otot rahang,” jelas Don C Atkins, DDS, dokter gigi di Long Beach, California.

15. Membawa tas di satu bahu

Meski terlihat feminin, membawa tas hanya di satu bahu bisa menimbulkan ketidakseimbangan otot dan nyeri bahu. Jika dilakukan terus menerus, akibatnya bahu Anda bisa berbentuk asimetris. Sebaiknya, gantilah posisi membawa tas selama beberapa hari sekali untuk memberikan kesempatan otot agar terus bergerak.

 

Beberapa kebiasaan di atas merupakan hal yang lumrah Anda lakukan sehari-hari. Namun ternyata juga dapat membahayakan kesehatan Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi intensitas dalam melakukannya dan ganti dengan kebiasaan yang lebih sehat.

 

(Dari berbagai sumber)

 

 

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Kebiasaan Sehari-hari Yang Merusak Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: