4 Comments

Makanan Sehat Pasca Melahirkan

makanan sehat

Pasca-persalinan ibu membutuhkan asupan makanan yang kaya zat besi karena telah kehilangan banyak darah saat melahirkan. Makanan kaya zat besi juga menyediakan kalsium yang cukup bagi ibu yang menyusui. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi setelah melahirkan:

1. Jambu Biji
Jambu biji kaya akan zat besi seperti apel dan mudah dijumpai di negara-negara beriklim tropis, terutama Indonesia.

2. Susu 
Susu dan produk susu sangat penting untuk ibu yang menyusui karena dapat memberikan banyak protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Kedua nutrisi ini akan hilang dari tubuh seorang ibu saat mereka menyusui.

3. Buah-buahan Kering 
Buah-buahan yang dikeringkan kaya kolesterol baik, energi dan Vitamin E. Nutrisi ini banyak ditemukan pada kacang mete, kismis, kenari dan almond.

4. Kelentang
Kelentang adalah sayuran hijau (buah kelor) yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk melawan infeksi

5. Telur 
Telur memberikan kombinasi sempurna dari lemak, protein dan kalsium yang diperlukan seorang wanita setelah melahirkan. Ini membantu menjaga tubuh ibu tetap kuat dan juga menjaga ketidakseimbangan hormon yang tepat dalam tubuh.

6. Bayam 
Bayam kaya akan besi, kalsium, vitamin K dan vitamin A. Semua nutrisi ini sangat baik untuk para ibu yang baru melahirkan.

7. Bit Merah
Bit merah merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi pada periode postnatal. Sayuran ini sangat kaya akan zat besi dan beta-karoten yang dibutuhkan tubuh wanita.

8. Biji-bijian
Makanan yang mengandung biji-bijian seperti bubur gandum, beras merah maupun roti gandum merupakan sumber karbohidrat  yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar 3 porsi biji-bijian dalam seharinya, maka total lemak dalam tubuhnya berkurang sekitar 3%.

9. Cuka Apel
Para peneliti mengungkapkan bahwa asam asetat yang bereaksi dengan enzim akan mengoksidasi lemak sehingga tak banyak lemak yang berakumulasi di dalam tubuh manusia. Makanya, Anda yang ingin berat tubuhnya tetap terkontrol pasca melahirkan sekalipun disarankan untuk mengonsumsi cuka apel ini secara konsisten.

10. Kacang
Para peneliti dari universitas top dunia, Harvard University AS, menemukan bahwa wanita yang makan kacang dua kali seminggu mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak memakan kacang.

 

Mitos Keliru Tentang Makanan Pasca Melahirkan

Dalam masyarakat  kita, kebiasaan menghindari jenis makanan tertentu selama masa nifas demi alasan penyembuhan masih tetap ditemukan, kendati sudah tinggal di kota besar dan berpendidikan tinggi. Bahkan, ada mitos yang dipercayai sebagai suatu kebenaran karena pengalaman orang lain. Misalnya, ketika seorang ibu nifas setelah makan telur lalu jahitannya gatal gatal dianggap telur adalah penyebab gatal pada luka jahitan. Padahal, memang sebelumnya ibu nifas tersebut alergi telur. 

Berikut ini adalah mitos yang sering saya dengar sebagai alasan para ibu nifas yang saya jumpai selama merawat mereka di ruang nifas, sekaligus saya berikan alasan kesehatan mengapa mitos tersebut tidak benar. 

1. Tak boleh makan ikan, telur dan daging supaya jahitan cepat sembuh

Pernyataan ini tidak benar. Pada ibu nifas, justru pemenuhan kebutuhan protein semakin meningkat untuk membantu penyembuhan luka baik  pada dinding rahim maupun pada luka jalan lahir yang mengalami jahitan. Protein ini dibutuhkan sebagai zat pembangun yang membentuk jaringan otot tubuh dan mempercepat pulihnya kembali luka. 

Tanpa protein sebagai zat pembangun yang cukup, maka ibu nifas akan mengalami keterlambatan penyembuhan bahkan berpotensi infeksi bila daya tahan tubuh kurang akibat pantang makanan bergizi. Protein juga diperlukan untuk pembentukan ASI. Ibu nifas sebaiknya mengkonsumsi minimal telur, tahu, tempe dan daging atau ikan bila ada. Kecuali bila ibu nifas alergi dengan ikan laut tertentu atau alergi telur sejak sebelum  hamil, maka sumber protein yang menyebabkan alergi tersebut dihindari. Bila memang alergi jenis protein tertentu  misal ikan laut, Ibu nifas boleh mencari ganti sumber protein dari daging ternak dan unggas juga dari protein nabati seperti kacang kacangan. 

2. Tak boleh makan yang berkuah dan tak boleh banyak minum air putih 

Pernyataan ini juga keliru. Tubuh ibu nifas membutuhkan banyak cairan terutama mengganti cairan tubuh yang hilang baik saat mengalami perdarahan, keringat, untuk pembentukan ASI. Bila cairan tubuh ibu nifas tidak tercukupi, maka akan terjadi kekurangan cairan, mengalami panas dan produksi ASI sedikit. 

Sebaiknya ibu nifas minum air putih yang cukup kurang lebih 8 gelas sehari disertai dengan asupan susu maupun jus buah. Bila setiap selesai minum ibu nifas akan sering buang air kecil justru lebih baik. Tidak perlu khawatir jahitan pada daerah perineum (luka jahitan jalan lahir) akan basah dan tidak sembuh. Justru sebaliknya. Semakin sering dibersihkan terutama dengan sabun dan air lalu dikeringkan setiap buang air kecil, maka jahitan akan segera pulih. 

Perawatan luka pada jalan lahir berbeda dengan jahitan pada bagian tubuh yang lain misalnya pada tangan. Luka di jalan lahir dijahit dengan benang khusus yang cukup kuat dan bagian dalam luka  (otot) benangnya akan menyatu dengan tubuh sedangkan bagian luar (kulit) jahitan  akan lepas sendiri lalu mengering. 

3. Jangan makan buah-buahan selama menyusui karena bayi bisa diare 

Pernyataan ini tidak benar. Konsumsi buah sangat baik untuk  menjaga kebugaran tubuh dan sama sekali tidak berpengaruh buruk  terhadap mutu ASI. Jangan kuatir mengkonsumsi buah tidak menyebabkan diare pada bayi. Selain itu ibu nifas  juga memerlukan  asupan makanan berserat seperti buah dan sayur mayur untuk memperlancar buang air besar. Pada ibu nifas  kebutuhan serat sangat penting untuk  membantu proses pencernakan, Kadar vitamin dan air dalam  buah juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya air jeruk, buah pisang dan pepaya. Sebaiknya ibu nifas selalu menyertakan menu buah setiap makan agar tidak mengalami sembelit. 

4. Tak boleh makan terlalu banyak supaya tetap langsing 

Pernyataan ini tidak tepat. Pada ibu nifas, makanan bergizi dan porsi makan perlu ditingkatkan lebih baik dari sebelum kehamilan. Sumber karbohidrat, lemak, vitamin dan  protein sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan fisik ibu selama nifas dan melawan infeksi. Selain itu, juga berguna  untuk pembentukan ASI  agar berlangsung lancar. 

Langsing bukan dengan diet ketat pascabersalin, tetapi dengan melakukan senam nifas dan  menyusui bayi secara ekslusif tanpa bantuan susu formula. Dengan cara demikian, pembakaran lemak pada tubuh  akan berlangsung lebih baik dan ibu akan cepat ramping kembali seperti saat sebelum hamil. 

[Dari berbagai sumber]

Leave a comment

Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story)

May 16, 2010 by Dr. Suryo Bawono, SpOG
artikel diambil dari blog Dr Suryo, SpOG

Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang.

Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah.

Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan.

Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui.

fatimahTernyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin.

Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah.
Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang

— catatan
Testimoni dan diskusi mengenai topik ini dapat disimak di blog sumbernya. Kami sangat sarankan Bapak dan Ibu mengaksesnya agar mendapatkan informasi pembanding.

klik [ disini ] untuk mengakses artikel sumber

Leave a comment

Manfaat Lain Lalat Bagi Manusia

lalat

Bagi sebagian orang lalat tidak lain hanyalah seekor hewan kecil yang menjijikkan dan hanya membawa musibah dan penyakit bagi manusia, padahal sebenarnya lalat juga memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan manusia, karena Allah SWT tidaklah menjadikan sesuatu itu dengan sia-sia.

Lalat adalah serangga yang berasal dari sub ordo Cyclorrapha ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk berdasarkan ukuran antenanya, lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang. Lalat umumnya mempunyai sepasang sayap asli serta sepasang sayap kecil yang berguna untuk menjaga stabilitas saat ia terbang. Lalat sering hidup diantara Manusia dan sebagian jenis dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit karena setiap ekor lalat yang hinggap disuatu tempat maka kurang lebih 125.000 kuman yang ikut terjatuh di tempat itu. Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk dapat bertahan hidup. Mata majemuk yang dimiliki oleh lalat terdiri atas ribuan lensa yang sangat peka terhadap gerakan.

Hadis Rasulullah SAW dan Penelitian Ilmiah
Sebagai muslim tentunya akan lebih percaya dan yakin kalau khasiat lalat itu sendiri diriwayatkan pula oleh Nabi Muhammad SAW :

إذا وقع الذباب في إناء أحدكم فليغمسه كله ثم ليطرحه، فإن في أحد جناحيه داء، وفي الآخر دواء. (رواه البخاري من حديث أبي هريرة)

“Jika lalat hinggap di gelas kalian semua maka tenggelamkanlah kemudian buanglah, karena di salah satu sayapnya ada penyakit, dan sayap lainnya ada obat.”

(HR Bukhari dari Abu Hurairah)
Hadist ini mengandung 2 hal yang tentunya jarang dikatakan oleh para ulama: Pertama – lalat adalah pembawa penyakit dan itu diketahui semua orang; Kedua – di teliti oleh Dr Azzedine ternyata lalat membawa semacam “anti bakteri” yang sangat baik.

Sebelum mempelajarinya perlu diingat beberapa hal sebagai berikut :

1. Sejak lama diketahui bahwa beberapa serangga berguna sebagai ”obat”  mungkin berada dalam satu serangga tunggal, karena itu sengat kalajengking ada racun yang “berguna” dan unsur-unsur dari bagian racun itu mengandung manfaat.

Karena itu para ilmuwan berkata: “Kami telah menemukan bahwa salah satu sayap lalat mengandung penyakit, dan sayap lainnya mengandung obat penyembuh sebagai keajaiban ciptaan Allah SWT dan bukti penciptaan yang nampak, seperti antara lain: lebah yang mengeluarkan minuman madu yang berguna dari perutnya dan mungkin dalam sengat kalajengking berakibat iritasi dan penyakit dan perlu obat bila terkena sengatnya.”

2. Dalam pengobatan: vaksin bisa ular beracun dibuat dari bisa serangga, kalajengking, atau bisa ular, manfaat lainnya adalah dapat mengurangi nyeri kanker.

3. Beberapa obat modern diekstrak dari bahan kotoran sebagai obat, misalnya dari jamur (spora) parasit. Contohnya adalah jamur ini bernama Yartsa Gunbu. Nama dalam bahasa Tibet ini berarti “rumput musim panas, ulat musim dingin”, sekalipun secara teknis makhluk ini bukan rumput atau ulat. Makhluk ini sebenarnya larva beberapa jenis ngengat hantu yang hidup di dalam tanah dan terinfeksi spora jamur parasit Ophiocordyceps sinensis. Jamur ini menggerogoti tubuh sang ulat dan hanya menyisakan rangka luar yang utuh. Kemudian saat musim semi tiba, mekarlah batang cokelat atau stroma yang tumbuh di kepalanya. Ini hanya terjadi di padang rumput pegunungan tinggi yang subur di Dataran Tinggi Tibet dan Himalaya.

Dengan alasan dan teori bahwa lalat kotor, serangga ini memiliki bahan yang berguna mencegah penyakit, dimana parasit kotor atau bakteri itu dapat menjadi obat penyakit dan membunuh kuman yang juga dibawanya.
4. Diketahui pula bahwa dalam seni bakteri bahwa bakteri  “toksin ” adalah bahan yang terpisah dari bakteri, “toksin” ini adalah suatu zat dalam jumlah relatif kecil yang apabila masuk ke tubuh manusia akan bereaksi secara kimiawi dapat menimbulkan gejala abnormal hingga menyebabkan kematian. Namun “toksin ” ini jika masuk ke dalam tubuh hewan tertentu terbukti menjadi antibodi, karena metabolisme bakteri mempunyai kemampuan untuk menyabot “toksin ” hingga “toksin” itu habis dimakan bakteri, yang disebut mikrobisida.

Apakah tidak mungkin mengatakan bahwa lalat itu memakan bakteri dari makanannya , jadi di dalam tubuh lalat, mikrobisida adalah objek antibodi, seperti tersebut di atas, dan memiliki kemampuan untuk menghancurkan mikroba patogen yang ditularkan oleh lalat pada makanan dan minuman, kalau lalat masuk makanan hanya perlu menangkapnya dan menenggelamkan kedalamnya kemudian membuangnya keluar maka antibodi akan menghancurkan bakteri dan menghilangkan resiko terjadinya penyakit.

Selain apa yang telah dikatakan Dr Azzedine, suatu penelitian kedokteran Mesir yang dilakukan oleh Mahmoud Kamal dan Mohamed Abd El-Munim Hussein, menunjukkan apa yang diungkapkan hadis Nabi SAW, mereka berkata:

“Pada tahun 1871  Mr Brevled dari Universitas Hale di Jerman menemukan bahwa ada lalat rumah terinfeksi oleh genus parasit jamur yang disebut Ambozamosqui  yaitu lalat yang ada parasit hidup sepanjang waktu dalam tubuhnya, dan parasit ini menghabiskan hidupnya di lapisan lemak di dalam perut lalat berbentuk sel bulat di dalamnya terdapat ragi khusus. Kemudian sel bulat berubah menjadi panjang kemudian keluar dari lubang atau sendi antara cincin perut lalat dan berubah menjadi bagian tubuh lalat. Dan keluarnya sel tersebut adalah berfungsi untuk reproduksi jamur, dari fungsi ini, biji jamur terkumpul di dalam sel. Hasilnya adalah meningkatkan tekanan internal sel, bahkan bila tekanan mencapai ke daya tertentu dimana tidak bisa ditahan maka dinding sel meledak dan menyebarlah bibit di luar dinding sel.  Biji ini memiliki pertahanan yang sangat kuat, biji ini menjaga jarak 2 cm di luar sel, dalam bentuk sebuah senapan mesin disertai dengan bahan peledak. “

Pada kasus ini, jika kita melihat seekor lalat mati dan tertinggal di kaca maka kita lihat:

A – akan bertabur berbagai jamur disekitar kakat tersebut.
B – dan terlihat pada bagian ketiga dan terakhir dari perut lalat dan di punggung terdapat sel bahan peledak, yang keluar dari benih, termasuk kepala sel berbentuk persegi panjang yang lebih dari yang disebutkan.

Temuan sarjana modern mendukung pandangan  Brevld dan menunjukkan sifat aneh dari parasit jamur yang hidup dalam perut lalat, diantaranya: Continue Reading »

1 Comment

Menurunkan Berat Badan Secara Alami

menurunkan berat badan

Tubuh langsing dengan pinggang kecil, adalah idaman semua wanita di dunia. Berbagai cara dilakukan wanita untuk mendapatkan tubuh indah dan ramping. Mulai dari diet keras, konsumsi obat pelangsing, hingga suntik.

Para wanita rela untuk menghabiskan uang asal mendapatkan tubuh idaman. Namun, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa rasa sakit atau mengeluarkan uang banyak.

Tips menurunkan berat badan secara alami:

1.  Tingkatkan Waktu Olahraga

Cara ini sudah terbukti bisa menurunkan berat badan. Anda bisa memulai dengan olahraga kecil seperti jalan ditempat dan lainnya. Agar lebih efektif anda bisa membuat jadwal rutin berolah raga. Anda juga bisa datang ke gym dan mencoba menggunakan elliptical trainer selama 40 menit dalam 5 hari, ini akan membatu anda untuk menurunkan berat badan, dan tentunya badan anda akan terasa lebih bugar.

2. Hindari Minuman Bersoda

Bila anda sudah terbiasa meminum minuman bersoda maka mulai saat ini kurangi atau tinggalkan minuman tersebut. Karena didalam sebotol kecil minuman berseoda tersebut terdapat 250 kalori yang berasal dari gula. Bagi wanita yang sering mengkonsumsi minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terserang obesitas. Bahkan bukan hanya obesitas, namun juga diabetes dan osteoporosis.

3. Hindari Junk Food

Tahukah anda kalau makanan cepat saji sarat akan kalori. Dan kalori dalam makanan cepat saji tersebut kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Maka kurangi konsumsi makanan cepat saji, jika dipikir mungkin anda bisa memasak sendiri, dengan begitu tubuh anda akan selalu bergerak, tentunya ini bisa mengurangi berat badan juga meskipun tidak seberapa.

4. Kurangi Porsi Makan

Bila anda sudah terbiasa makan berlebih, mulai sekarang kurangilah porsi makan anda. Tentu ini membutuhkan kesabaran, namun dengan cara ini anda bisa menurunkan berat badan.

5. Makanlah Lebih Sering Dalam Porsi Kecil

Makan lebih sering dalam porsi kecil ini bertujuan untuk mengurangi rasa lapar anda, sehingga bisa mencegah rasa lapar dan hasrat ingin makan yang berlebihan.

6. Perbanyak Buah dan Sayur

Gantilah kebiasaan anda makan keripik kentang atau cokelat dengan buah dan sayuran. Dengan begitu anda akan mendapatkan 2 keuntungan, yakni mengurangi berat badan dan mendapatkan nutrisi yang sehat dari buah dan sayur.

7. Minumlah Sebelum Makan

Tahukah anda ternyata minum air putih 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar anda. Jadi 5-10 menit sebelum makan pastikan anda minum air putih terlebih dulu, ini bisa mengurasi porsi makan anda, karena anda sudah merasa sedikit kenyang.

8. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet

Sekarang sudah banyak sekali aplikasi untuk membantu memudahkan program diet. Anda bisa mencarinya di Google atau tempat aplikasi sesuai gadget anda, semisal kalau android bisa mengunjungi Android Market.

9. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Solusi jika ingin langsing dalam waktu cepat adalah mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi karena sulit dicerna, tubuh jadi menggunakan banyak energi yang berguna mengurangi kalori. Nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.

10. Hindari Makanan yang Digoreng

Konsumsilah makanan yang direbus, panggang, pepes, kukus atau sup. Dan kurangi makanan yang digoreng. Ini dikarenakan makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh.

11. Bertanya Pada yang Berhasil

Bertanya kepada teman yang sudah berhasil dalam menurunkan berat badan
Ini adalah salah satu tips yang menurut saya akan jauh lebih baik karena anda akan mengetahui secara langsung bukti yang sudah teman anda lakukan.

12.  Tidur yang cukup

Sebuah studi yang diposting Annals of Internal Medicine di tahun 2010, menemukan bahwa orang gemuk yang kehilangan berat badan dengan cara mengkombinasi diet dengan tidur yang cukup, sekitar tujuh jam atau lebih.

 13. Kurangi stres

Menderita stres berlebihan atau depresi, dianggap salah satu penyebab kenaikan berat badan. Sehingga mengurangi stres dalam hidup dapat membantu menurunkan berat badan.  Sebuah studi menemukan, selama enam bulan melakukan penelitian terhadap sejumlah wanita gemuk. Saat mereka tidak mengalami stres, mampu menurunkan berat badan mereka sekitar lima persen.

14. Berenang

Salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah berenang. Olahraga ini bisa membakar kalori lebih jika dibandingkan latihan lainnya. Hal ini disebabkan karena berenang bekerja terhadap ketahanan air. Ini membuat latihan lebih efisien dan seluruh tubuh bekerja

15. Banyak konsumsi air putih

Dokter selalu bilang agar minum delapan gelas air sehari. Hal ini dikarenakan air minum dapat membantu membuang racun buruk di tubuh.
 

16. Diet makanan mentah

Cara lain untuk cepat menurunkan berat badan adalah melakukan diet makanan mentah. Seperti buah-buahan dan sayuran segar. Orang-orang biasanya mengkonsumsi jus. Ini dapat membantu untuk menjaga tubuh Anda. Dan dapat meningkatkan gairah untuk tetap menjalani program berat badan ditambah bergizi dan lezat.

[Dari berbagai sumber]

1 Comment

20 Makanan Pendongkrak Regenerasi Sel

Makanan mempunyai peran lebih penting daripada sekadar memenuhi rasa lapar. Makanan berperan dalam mencegah atau memperlambat terjadinya perubahan alamiah yang tak terhindarkan akibat bertambahnya umur. Proses aging yang terjadi pada semua orang memang menjadi pemicu perubahan yang biasanya tidak kita sambut dengan gembira. Siapa pun dalam hatinya pasti lebih menyukai dirinya tetap tampil segar dan muda. Untunglah ada kabar baik yang dibawa oleh para ilmuwan di bidang kedokteran. Kalau memilih makanan dengan bijak selama masa dewasa, proses penuaan setidaknya dapat diperlambat, dicegah, bahkan dikembalikan. Hasil akhirnya adalah usia panjang dengan kehidupan yang berkualitas.

 regenerasi selUmur makin bertambah tapi ironisnya kemampuan sel-sel tubuh malah makin berkurang, alias menurun. Penelitian pada binatang telah membuktikan bahwa dengan membatasi asupan kalori, usia binatang malah diperpanjang. Kalau prinsip itu diterapkan pada manusia, tentu kita berpikir alangkah baiknya kalau beban kerja sel-sel tubuh bisa juga dikurangi untuk mengimbangi kemampuan kerjanya yang telah menurun. Ternyata, kita harus hati-hati juga kalau mau menerapkan prinsip itu pada manusia.

Pembatasan makanan yang sangat ketat dapat menyebabkan kekurangan gizi dengan akibat langsung datangnya berbagai penyakit dan celakanya, proses penuaan malah dipercepat! Jadi, bagaimana baiknya?

Jawabnya, dibatasi boleh saja tapi jangan keterlaluan. Makan dalam jumlah sedang/cukup dengan mengutamakan makanan yang padat gizi, seimbang, bervariasi, dan kaya akan antioksidan. Ini pola makan yang dianjurkan untuk menghadapi proses penuaan. Saran lain yang mudah diikuti: makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering.

Seberapa banyak meski mengurangi? Tak banyak. Cukup 10 – 20%  dari kalori yang biasanya kita asup sudah akan menurunkan berat badan, lemak tubuh, dan tekanan darah, serta meningkatkan kolesterol baik HDL. Kalau semua itu dapat dicapai serta-merta kita juga akan dijauhkan dari penyakit degeneratif atau menahun. Bonusnya, kerja organ-organ tubuh juga diperingan. Agar kebutuhan akan zat-zat gizi terpenuhi tapi asupan kalori terkontrol, penting sekali memilih makanan yang padat gizi. Berkonsentrasi pada makanan yang padat gizi namun tetap cukup kalori berarti pula menghindari makanan dan minuman yang manis, berlemak, dan beralkohol. Asupan garam juga dibatasi 1 sendok teh saja sehari.

Makanan yang mendukung keinginan untuk tetap awet muda itu gampang. Karena, hampir semua makanan yang halal dan sehat, jika dimakan dengan pola makan sehat dapat digolongkan sebagai makanan anti-aging. Sebagian besar berupa bahan makanan yang diperlukan untuk regenerasi sel-sel tubuh. Berikut ini pemaparan dr. Nany Leksokumoro, MS., Sp.GK:

Karbohidrat kompleks dan serat

Sumber energi utama ini selalu diperlukan untuk melindungi protein agar tidak digunakan sebagai sumber energi. Sumbernya ada di sekitar kita seperti kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, dan buah yang semuanya mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Untuk memenuhi kebutuhan serat yang dianjurkan sudah barang tentu ada takarannya, yaitu makanlah sayur 3 – 5 porsi per hari dan buah 2 – 4 kali per hari. Jangan lupa untuk memilih jenis karbohidrat yang lambat dalam meningkatkan kadar gula darah. Itulah sebabnya kita seyogianya menghindari makanan yang manis-manis ataupun gula sederhana seperti sirup, minuman ringan, dll.

Nasi dikonsumsi dalam jumlah cukup sesuai aktivitas; aneka gandum dan beras merah dapat menjadi pilihan karena indeks glikemiknya rendah sehingga tidak mudah meningkatkan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, roti, tepung-tepungan, dan pasta malah dikurangi karena bahan makanan ini cenderung cepat menaikkan kadar gula dalam darah.

Utamakan protein untuk regenerasi sel

Agar sejalan dengan penurunan kalori, pilihlah protein yang rendah kalori tetapi berkualitas tinggi seperti daging kurus, daging unggas, ikan, dan telur; susu rendah lemak atau tanpa lemak; dan kacang-kacangan. Protein penting untuk memperbaiki dan membuat sel-sel baru, untuk sistem kekebalan dan mencegah berkurangnya massa otot. Jadi, ibarat manusia protein ini multi-profesi. Ia bisa menjadi montir yang andal ketika memperbaiki dan membuat sel-sel baru, ia bisa menjadi tentara yang gigih saat berfungsi sebagai benteng pertahanan tubuh melawan penyakit, pun menjadi tukang bangunan yang tekun ketika mencegah berkurangnya massa otot tubuh.

Tubuh langsing, kencang, kulit halus lembap tanpa kerut, dan bebas penyakit menjadi idaman setiap orang khususnya kaum wanita. Beberapa penelitian menganjurkan untuk mengonsumsi protein kualitas tinggi sejumlah 1 g/kg berat badan. Maka, jangan lupakan kedelai si penghasil fitoestrogen yang banyak berperan sebagai faktor anti-aging. Anda pasti sudah tahu dari mana kita dapat memperolehnya: tahu, tempe, susu kedelai, dll.

Minimalkan lemak dan hindari lemak trans

Satu gram lemak menghasilkan 9 kilokalori, sedangkan protein dan karbohidrat 4 kilokalori. Jadi, lemak patut diwaspadai saat memilih makanan karena dalam proses metabolismenya menghasilkan banyak radikal bebas yang akan mempercepat penuaan. Saat menumis (pan frying) dengan api kecil atau sedang, minimalkan penggunaan minyak. Lebih baik gunakan minyak yang menggunakan asam lemak tak jenuh tunggal/ganda (biasanya disebutkan pada label). Gunakan minyak baru atau minyak yang bebas asam lemak jenis trans saat membuat gorengan (deep frying).

Sedapat mungkin hindari margarin, biskuit, dan kue-kue karena kandungan lemak trans-nya sangat tidak baik bagi kesehatan. Lemak trans ini sangat berbahaya, bahkan lebih berbahaya daripada lemak jenuh dalam daging merah dan dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit seperti kanker, aterosklerosis, jantung, kencing manis, dll.

Sebaliknya, kita juga jangan sampai kekurangan asupan lemak baik yang banyak terdapat dalam ikan laut, kacang-kacangan, dll, yang kaya akan asam lemak esensial, yaitu omega-3. Asuplah ikan 2 – 3 kali per minggu sedangkan daging merah batasi 1 – 2 kali saja per minggu.

Antioksidan kunci anti-aging

Sebagian besar makanan anti-aging adalah makanan yang mengandung antioksidan, si penggempur radikal bebas perusak sel-sel tubuh dan yang menyebabkan seseorang menjadi tua. Radikal bebas itu terus-menerus dibentuk oleh tubuh sehingga antioksidan pun diperlukan sepanjang waktu. Segelas jus buah atau semangkuk buah segar berwarna untuk sarapan, secangkir lalapan sayur mentah saat makan siang dan secangkir sayuran saat makan malam, dapat mencukupi kebutuhan antioksidan. Akan lebih baik lagi bila makanan selingan pun dipilih berupa buah segar. Vitamin A, C, dan E, adalah antioksidan yang penting dalam regenerasi sel, termasuk kolagen. Produksi kolagen yang berkurang akan menurunkan massa otot termasuk otot jantung, padahal kalau massa otot menurun artinya tubuh jadi kendur, bukan? Selain itu kulit menjadi kasar, kusam, bersisik, dan kering, tulang dan gusi gigi pun terganggu. Maka hindari makanan cepat saji yang miskin antioksidan, perbanyak asupan buah berwarna dan sayuran hijau  merupakan pilihan yang baik dalam anti-aging

Mulailah dengan air putih

Walaupun kedengarannya sepele, minum air putih tetap merupakan kebiasaan baik yang banyak sekali manfaatnya. Setelah semalaman saluran pencernaan diistirahatkan, saat bangun tidur di pagi hari minumlah segelas air putih. Anjuran untuk minum 2 liter air dalam sehari tetap perlu dipertahankan. Air diperlukan untuk memperlancar pembuangan hasil-hasil metabolisme tubuh yang tidak diperlukan lagi melalui feses, air seni, dan keringat. Oleh karena itu, jadikan kebiasaan berbekal air minum ke mana pun pergi.

Diet harus disertai aktivitas fisik

Menangkal proses penuaan ternyata dapat disamakan dengan menghadapi musuh yang ulet dan tangguh. Harus diserang dari segala penjuru secara kompak. Semua hal yang mempunyai pengaruh dalam menangkal proses penuaan harus berjalan bersamaan. Pengaturan pola makan, walaupun sangat ideal, namun kalau tidak disertai aktivitas fisik tidak menjamin tercapainya umur panjang yang berkualitas.

Aktivitas fisik yang cukup tentu akan memperlancar aliran darah. Pada gilirannya, aliran darah yang lancar akan menjamin suplai zat-zat gizi yang dipelrukan oleh setiap sel tubuh untuk memperbaiki dan menggantikan sel-sel yang rusak sehingga regenerasi berlangsung dengan baik.

Di samping itu, aktivitas fisik menjamin pengeluaran energi sehingga kalori yang masuk melalui makanan menjadi seimbang dengan pengeluarannya. Hasilnya, kelebihan berat badan atau kegemukan dapat dihindari. Kita tentu tahu bahwa kegemukan merupakan penyebab berbagai penyakit dan mempercepat proses penuaan dengan terjadinya kerusakan sel-sel tubuh akibat produksi radikal bebasnya.

Makanan Yang Membantu Proses Regenerasi Sel Tubuh

Istilah penuaan berkaitan dengan deregenerasi tubuh akibat kerusakan yang terjadi pada makromolekul, sel, jaringan dan organ.

Jika makanan disebut memiliki sifat anti penuaan, bisa jadi makanan ini memiliki satu atau lebih dari mekanisme anti penuaan yaitu:

a) Secara berkala mengganti jaringan yang rusak dengan yang sehat.
b) Membawa perbaikan molekul merosot sel dan jaringan.
c) Mengadung anti-oksidasi penurunan tingkat produksi radikal bebas dan kerusakan setelah DNA sel.

Mengutip timeofindia, ahli gizi Shamita Gupte dan Hiral Sejpal memberi daftar 20 makanan yang bisa memperlambat penuaan.

1. Biji-bijian

Sereal utuh seperti gandum mengandung serat yang tinggi, menjadi sumber vitamin B-kompleks yang memastikan fungsi metabolisme yang sehat dan mencegah kelainan DNA.

2. Susu dan produk olahan susu

Kaya akan protein yang mencegah kerutan dan kulit kendur.

3. Buncis dan kacang-kacangan

Kaya akan protein dan rendah lemak yang mengandung antosianin dan isoflavon zat untuk anti penuaan.

4. Kecambah

Mencegah stroke, penebalan dinding arteri, kanker dan menjaga sistem pencernaan yang sehat.

5. Sayuran seperti kubis, kembang kol, dan brokoli

Menjaga mencegah kelelahan, kelemahan otot, gagal jantung dan gangguan neurologis. Kandungan quercetin melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab penuaan.

6. Sayuran berdaun

Kaya akan vitamin K dan asam folat yang ditemukan membantu memperbaiki kerusakan DNA dan menjaga sel-sel tetap sehat dan optimal.

7. Sayuran berdaun hijau

Mengandung karotenoid dan selenium untuk meningkatkan energi, kekuatan otot dan fungsi neurologis yang berkaitan dengan kepikunan.

8. Sayuran putih dan buah-buahan

Seperti bawang, lobak putih dan buah-buahan seperti apel dan pisang. Mengandung antioksidan yang kuat untuk menghancurkan zat kanker dalam tubuh. Bawang untuk kekebalan khususnya di usia lanjut.

9. Sayuran dan buah-buahan berwarna kuning dan orange

Seperti wortel, ubi jalar, labu, jagung manis, pepaya, persik , mangga dan melon memberikan banyak betakaroten, vitamin A dan vitamin C. Selain itu juga mengandung zeaxanthin, flavonoid,likopen sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

10. Sayuran dan buah-buahan berwarna ungu dan pink

Seperti terung, lobak merah muda, ubi jalar, anggur ungu, Ini mengandung flavanols, antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dan menjaga warna kulit serta elastisitas produksi kolagen.

11. Sayuran berwarna coklat

Seperti kentang dengan kulitnya, jamur, kismis, aprikot. Ini mengandung senyawa fenolik yang menangkal bakteri, virus dan patogen mikroorganisme sehingga meningkatkan kekebalan yang membantu menunda kerusakan sel-sel yang memicu penuaan itu sendiri.

12. Sayuran dan buah-buahan berwarna merah

Seperti tomat, jeruk, semangka, buah delima. Mengandung lycopene yang merupakan senjata ampuh untuk melawan radikal bebas. Melindungi dari paparan sinar matahari yang bisa mempercepat penuaan. Sifat antioksidan pada buah delima untuk regenerasi sel kulit sehingga mencegah keriput, kulit kendur.

13. Jeruk

Sifat anti-inflamasi pada jeruk, limau manis, lemon memberi peran penting untuk bermain melawan penyakit degeneratif seiring pertumbuhan usia seperti jantung, arthritis.

14. Beries, blueberry, cherry, cranberry, raspberry, strawberry

Membantu mempertahankan energi sel dan menjaga kulit sehat dan lentur

15. Kacang-kacangan

Tinggi lemak dan sumber energi juga omega-3, pitosterol yang melindungi terhadap demensia, gangguan mata degeneratif dan peradangan terkait penuaan.

16. Bawang putih

Sarat dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi untuk mengurangi gejala terkait penuaan, kesehatan jantung, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan perlindungan terhadap virus dan bakteri.

17. Kunyit

Faktor anti-penuaan yaitu rempah-rempah. Mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan sehingga digunakan secara tradisional untuk kulit bersinar sehat. Serta menghancurkan pro-karsinogen, sehingga melindungi terhadap kanker.

18. Jahe

Faktor lingkungan seperti polusi, radiasi dan merokok melepaskan radikal bebas ke udara, menyebabkan kerusakan kulit dan penampilan penuaan dipercepat. Jahe dapat memperlambat proses penuaan dengan menghilangkan racun radikal bebas dari tubuh, merangsang sirkulasi dan meningkatkan kulit.

19. Teh hijau

Kolagen dan elastin adalah dua serat struktural penting di kulit Anda yang membutuhkan perlindungan untuk memperlambat proses penuaan.

Ini diberikan oleh teh hijau karena berperan sebagai anti-kolagenase dan sifat anti-elastase yang mencegah kerusakan serat ini.

20. Air

Air sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan dan kulit sehat. Air memainkan peran penting dalam pembongkaran racun yang membahayakan tubuh.

Minimal sekitar 2 liter harus dikonsumsi setiap hari.

 

 

[Dari berbagai sumber]

Leave a comment

Makanan Yang Tidak Bisa Disimpan Di Dalam Kulkas

jangan disimpan di kulkas

Kita pasti berpikir bahwa cara yang tepat untuk menyimpan sayur adalah dengan dimasukkan ke kulkas supaya tetap segar. Namun ternyata tidak semua bahan makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang tidak bisa disimpan di kulkas:

1. Tomat
Ok, secara teknis tomat adalah buah, namun lebih dekat disebut sebagai sayur. Jika kamu pernah menanam tomat, maka kamu akan tahu bahwa tomat suka panas dan benci dingin. Ternyata walaupun setelah dipetik, tomat masih tidak tahan dingin. Kulkas bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan tomat. Tomat yang disimpan dalam kulkas menjadi layu dan meskipun masih bisa dipakai untuk dimasak namun tidak untuk dimakan segar. Simpanlah di meja dapur (namun tidak terkena sinar matahari langsung) dan nikmati saat sudah ranum.

2. Kemangi
Sama seperti tomat, kemangi juga suka panas, jadi jika disimpan di tempat dingin akan menyebabkan kemangi layu secara dini. Kemangi akan berada dalam kondisi maksimal jika disimpan di atas meja dapur dan dirawat seperti bunga segar. Setangkup kemangi dapat disimpan dalam sebuah cangkir berisi air (ganti airnya setiap sehari atau dua hari sekali) dan jauhkan dari sinar matahari. Bungkus longgar dengan kantong plastik untuk menjaganya tetap lembap (namun pastikan plastik mempunyai lubang untuk jalan masuk udara segar).

3. Kentang
Kentang baik disimpan pada suhu yang dingin namun bukan suhu dingin yang dapat membuatnya beku. Kentang baik disimpan dalam suhu sekitar 7,2 derajat Celcius, sekitar 10 derajat lebih hangat daripada kulkas pada umumnya. Sebagian besar dari kita tidak memiliki ruang penyimpanan bawah tanah (tempat yang gelap dan bersuhu dingin untuk menyimpan sayuran umbi akar seperti kentang), jadi menyimpan kentang di dalam kantong kertas di tempat dingin (seperti dalam lemari makanan) adalah yang terbaik.

Kenapa kertas? Karena kertas lebih memiliki pori-pori untuk benapas, tidak seperti plastik. Jadi kentang tidak akan membusuk dengan mudah. Dan kenapa bukan kulkas? Menyimpan kentang di dalam kulkas dapat mengubah zat tepungnya menjadi gula dengan mudah, yang dapat memengaruhi rasa, tekstur, dan proses kematangannya.

4. Bawang
Bawang keluar dari tanah dengan kulit pelindung yang tipis. Untuk membuat dan menjaga lapisan kulit yang tipis, bawang butuh “disembuhkan” dan disimpan di tempat yang kering seperti lemari penyimpan makanan, yang tidak selembap kulkas. Selain itu, kekurangan sirkulasi udara dapat membuat bawang menjadi busuk. Oleh karena itu bawah sebaiknya tidak disimpan di dekat kentang, yang mengeluarkan gas dan kelembapan dan dapat menyebabkan bawang lebih cepat busuk.

Simpanlah bawang di ruangan yang dingin, kering, gelap, dan memiliki ventilasi yang baik. (Cahaya dapat menyebabkan rasa bawang menjadi pahit). Namun tak semua bawang harus diperlakukan sama. Daun bawang dan kucai memiliki kadar air yang tinggi dan lebih mudah rusak, jadi harus disimpan di dalam kulkas.

5. Avokad atau Alpukat
Saat kita membeli avokad yang sekeras batu, jangan simpan avokad itu di dalam kulkas, karena akan memperlambat proses pematangannya. Namun jika kita memiliki avokad yang telah matang dan tidak akan langsung dikonsumsi, simpanlah di dalam kulkas untuk mencegahnya cepat busuk.

Jadi inti dalam penyimpanan avokad adalah, simpan avokad yang belum matang dalam lemari, dan simpan avokad yang telah matang dalam kulkas apabila buah tersebut tak akan dimakan saat itu juga.

6. Saus sambal

Bahan makanan ini akan tahan hingga tiga tahun di ruangan terbuka, tentunya sampai batas kadaluarsa.

7. Roti

Suhu kulkas menyebabkan roti kering. Lebih baik disimpan di dapur dengan suhu ruangan. Bila masih tersisa setelah empat hari, maka bekukan di dalam kulkas.

8. Kopi

Kulkas dan freezer mempengaruhi rasa kopi, baik kopi bubuk ataupun biji kopi. Lebih baik simpan di dalam toples kedap udara.

9. Makanan musim dingin

Beberapa jenis bahan makanan, seperti labu, mentega kacang, dan spaghetti kering tahan sampai satu bulan atau lebih bila disimpan di dapur pada suhu ruangan.

10. Mangga
Terutama mangga yang belum matang. Lebih baik simpan pada suhu ruangan agar cepat matang. Selain itu, menyimpan mangga juga dapat membuat kulitnya mengkerut dan daging buahnya menipis, sehingga mengurangi kelezatan rasanya.

11. Semangka
Menyantap semangka segar yang didinginkan di siang hari, siapa yang tidak ingin? Walau dapat membuat rasanya semakin segar, memasukkan semangka ke dalam kulkas ternyata kurang baik. Semangka yang dibiarkan dalam suhu ruangan akan memiliki kadar likopen 40 persen lebih tinggi daripada disimpan di dalam lemari es.

12. Buah Persik
Simpan buah persik dalam suhu ruangan tanpa menghilangkan batangnya untuk mencegah busuk. Buah persik atau peach memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin A dan C, serta mineral niasin dan potasium yang bisa meningkatkan kolesterol baik. Begitu buah ini matang, segera konsumsi atau simpan dalam kulkas. Nikmati buah persik dengan kulitnya untuk mendapatkan lebih banyak vitamin, fitokemikal, dan serat.

13. Pisang

Pisang yang telah matang  jika disimpan terlalu lama dikulkas maka pisang itu akan menghitam dan bonyok.  Pisang berubah menjadi cokelat/hitam di dalam lemari es terutama karena reaksi kimia dalam kulit pisang. Pisang yang masih hijau dan tidak di kupas, mengandung senyawa/gas etilena. Inilah mengapa banyak petani pisang yang menyimpan pisang dalam senyawa karbida (baca: karbit). Senyawa kimia ini bertanggung jawab dalam membantumematangkan pisang menjadi warna kuning. Pada saat yang sama, beberapa asam alami jugasedang diproduksi yang mengatur proses pematangan dan membuat manis pisang (di dalam pisang, sejumlah besar enzim melalui Siklus Kreb mengkonversi asam sitrat, asam mallat danasam oksalat menjadi glukosa, yang membuat pisang manis selama proses pematangan).Ketika kita menyimpan pisang di lemari es, produksi asam melambat sebagai akibatdari suhu dingin, dan sebagai hasilnya, proses pematangan daging pisang melambat.

Namun, dalam suhu dingin, keadaan fisik membran sel dalam kulit pisang berubah dan menyebabkan kebocoran polyphenoloxidase enzim yang mengoksidasi senyawa fenolik yang dihasilkan darivakuola sel (enzim ini mempolimerisasi senyawa fenolik menjadi polifenol mirip dengan struktur melanin yang berwarna cokelat seperti kulit manusia), itulah karena proses ini menghasilkan warna gelap pada kulit dan daging pisang.

[Dari berbagai sumber]

Leave a comment

Dampak Perilaku Buruk Terhadap Kesehatan (1) : Stress

Berfikir positf

Stress dan tekanan hidup saat ini hampir dialami oleh semua orang. Nyatanya bagi sebagian orang kondisi ini bahkan bisa sangat membahayakan kesehatannya. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan adanya beberapa efek stress terhadap kesehatan mental dan fisik.

Ketika sedang stress, suatu bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol menaikkan gula darah.

Definisi pengertian stress adalah merupakan suatu kondisi ketegangan yang akan bisa mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.

Secara umum, orang bisa mengalami stress dari faktor eksternal atau internal.
Faktor penyebab stress terdiri dari :

  1. Stress eksternal. Ini muncul dari kondisi lingkungan yang kurang baik seperti suhu panas dan dingin. Atau stress akibat kondisi lingkungan hidup seperti kondisi kerja yang buruk atau kehidupan yang berantakan.
  2. Stress internal. Hal ini bisa berasal dari kondisi fisik seperti infeksi, radang dan penyakit lain. Atau kondisi psikologis seperti rasa khawatir tentang kecelakaan, phobia terhadap sesuatu dan penyebab lainnya.

Psikosomatis adalah sekumpulan gejala atau gangguan fisik yang disebabkan oleh stress. Efek yang bisa ditimbulkan akibat stress, antara lain:

1. Kanker dan gangguan kekebalan tubuh

Sistem imun alami tubuh dirancang untuk melindungi kita dari bahaya langsung. Stress kronis dapat merusak sistem tersebut dan justru menghambat kerja sistem imun. Akibatnya, risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

2. Penyakit jantung

“Masyarakat sepertinya lupa bahwa stress merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung,” ungkap Chauncey Crandall, MD, salah satu ahli jantung.

Salah satunya seperti kasus penyakit jantung yang terjadi pada Mantan Presiden AS, George W. Bush. Tim dokternya meyakini bahwa penyakit jantungnya muncul karena efek stress yang ia alami saat masih menjabat sebagai presiden.

3. Masalah berat badan 

Stress dapat membuat seseorang menjadi makan berlebihan. Makan berlebihan ini pun biasanya berupa makanan yang tinggi kalori. Padahal obesitas dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, kanker dan depresi.

4. Depresi dan kecemasan 

Stress memiliki dampak langsung dan nyata pada kesehatan mental. Stress kronis menyebabkan depresi, atau justru memperburuk depresi yang ada sebelumnya.

5. Rambut rontok

Kerontokan rambut juga sering terjadi akibat stress. Saat stress, efek yang diberikan terhadap rambut antara lain alopecia areata (sel darah putih ‘menyerang’ folikel rambut); telogen effluvium (rambut berhenti tumbuh); dan trikotilomania (kerontokan ekstrem akibat stress, cemas, tegang, kesepian, atau frustrasi).

6. Sindrom metabolik

Orang yang mengalami stress kronis berada pada risiko lebih besar untuk terkena sindrom metabolik, yang merupakan kombinasi dari diabetes, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol abnormal. Jika terjadi bersamaan, maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

7. Gigi dan gusi

Stress bisa membuat Anda tanpa sadar terus-menerus menggertakkan atau menggerus gigi. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah pada sendi di rahang Anda. Gusi pun tidak luput dari penyakit, baik akibat dari kebiasaan ini maupun karena kurangnya kebersihan mulut. Orang yang stres cenderung tidak peduli dengan kebersihan tubuh.

8. Emosi

Anda akan mudah merasa frustasi dan cepat kehilangan kesabaran. Penderita stress berat mudah menangis bahkan dalam situasi yang sebenarnya biasa saja.

9. Otak

Stress dapat menghambat dan memperlambat proses berpikir Anda. Saat mengalami stress berat, memutuskan untuk makan malam apa dan di mana atau mengingat jalan pulang saja terasa sulit.

10.  Perut

Pernahkah Anda merasa sakit perut saat berada dalam tekanan? Ya, stress memang dapat membuat penderitanya sering mual, muntah, dan diare. Bahkan, orang yang sudah menderita gangguan pencernaan (misalnya GERD atau tukak lambung) akan merasakan gejala yang lebih parah ketika stress.

11. Kulit

Stress bisa mengakibatkan berbagai gangguan kulit, seperti: gatal-gatal tanpa sebab yang jelas, keriput, kulit menjadi kering atau bahkan berkeringat secara berlebihan.

Langkah-langkah antisipasi terhadap stress:

  1. Miliki sikap hidup yang optimis terhadap kehidupan. Yakinlah bahwa jalan hidup itu tidak selamanya lurus dan berlika-liku atau mendatar dan naik turun, tapi variasi dari keduanya. Kebahagiaan dan keindahan hidup adalah saat ini, ketika kita menikmati tahap demi tahap dari semua proses kehidupan.
  2. Berhentilah membicarakan tentang keterpurukan Anda. Lakukan sesuatu yang untuk menenangkan pikiran Anda seperti mendengarkan musik.
  3. Latihan teratur seperti ke gym, berjalan-jalan, latihan pernapasan atau yoga. Olahraga secara teratur akan meningkatkan produksi endorphin dan neurotransmitter secara alami, yang akan mengurangi tingkat stress. Keduanya dapat meningkatkan mood dan menurunkan resiko depresi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.
  4. Bertemu dengan teman-teman, kerabat, atau bergabung dengan organisasi yang membuat Anda bisa berkomunikasi dengan orang yang Anda sayangi.
  5. Konsumsi makanan yang sehat terutama yang kaya akan omega-3, misalnya ikan dan kacang-kacangan.
  6. Ambillah istirahat di sela-sela pekerjaan, cobalah untuk mewakilkan tugas untuk sementara. Jangan menanggung seluruh beban kerja pada diri sendiri. Anda harus memiliki daftar pekerjaan yang harus dilakukan sehingga anda tidak dibebani dengan tugas yang lebih berat. Anda harus memiliki prioritas yang jelas. Melakukan tugas-tugas penting sebelum tugas yang kurang penting.

(Dari berbagai sumber)

Leave a comment

Manfaat Berbuat Baik Bagi Kesehatan

berbuat baik

Berbuat baik kepada sesama merupakan salah satu kebiasaan dan kepribadian seseorang yang mencerminkan kebaikan dan keberhasilan jika dilakukan secara ikhlas. Berbuat baik untuk orang lain merupakan kebajikan yang sebaiknya dilakukan sejak dini, agar semua hal dapat berjalan dengan baik ketika sudah menginjak remaja dan dewasa.

Berbuat baik tidak bisa diremehkan. Selain akan berujung pada kepuasan batin atau terbantunya orang lain, berbuat baik juga mempengaruhi kesehatan pelakunya. Beberapa studi telah menunjukkan hal tersebut. Berbagai jenis perbuatan baik turut membawa kebaikan kepada siapa pun.

  1. Memiliki angka harapan hidup lebih tinggi. Sebuah review yang dilakukan tahun 2013 dari 40 studi internasional menemukan, bahwa berbuat baik menurunkan kematian sampai 22 persen. Studi lain menemukan, manula yang memberikan 100 jam untuk membantu sesama lebih rendah mengalami kematian dengan sebab apapun. Penulis studi, Elizabeth Lightfoot, PhD, mengatakan yang jadi patokan bukan jamnya namun kemauan untuk melakukan kebaikan secara teratur.
  2. Memiliki suasana hati yang lebih baik. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang telah menyelesaikan lima kebaikan dalam satu hari selama seminggu, lebih mungkin untuk mendapatkan mood yang paling baik. Ini terjadi karena tubuh merangsang produksi hormon dopamin yang mempengaruhi suasana hati. Contoh berbuat baik dalam hal ini adalah membantu teman, mengunjungi kerabat, atau mengucapkan terima kasih. Orang lebih banyak memberikan respons positif dari sikap baik dan itu berpengaruh pada mood.
  3. Mengurangi rasa sakit. Pada studi Pain Management Nursing ditemukan bahwa orang yang menderita penyakit kronis dan saling memberikan dukungan satu sama lain, mengalami penurunan rasa nyeri. Dalam skala 0 sampai 10, rasa nyeri yang awalnya berada di level hampir 6 dapat turun hingga di bawah 4 setelah mereka saling berdiskusi dalam sebuah kelompok kecil. Kemauan untuk saling mendukung ini memberikan kepercayaan diri pada setiap pasien dan berujung pada naiknya semangat untuk bertahan. Salah satu efeknya rasa sakit yang dirasakan akan berkurang.
  4. Menurunkan tekanan darah. Studi yang dipublikasikan jurnal Psychology and Aging pada tahun 2013 menemukan, orang dewasa di atas usia 50 tahun yang secara sukarela memberikan waktunya hingga 200 jam berbuat baik lebih mungkin memiliki 40 persen tekanan darah lebih rendah. Rodlescia Sneed, penulis studi, mengatakan bahwa peneliti belum sepenuhnya paham mengapa menolong orang berpengaruh terhadap tekanan darah. Namun diperkirakan ini berhubungan dengan rendahnya tingkat stres yang dialami oleh para sukarelawan.
  5. Memberikan rasa nyaman. Melakukan kebaikan secara ikhlas, bahkan untuk hal kecil kepada orang lain, seperti tersenyum, memberikan jalan pada penyebrang saat berkendara, atau memberikan uang receh kepada pengemis akan memberikan sebuah perasaan tertentu yang membuat diri Anda akan terasa lebih baik serta lebih nyaman. Pada studi psikologi tentang berbuat kebaikan dengan menolong orang lain secara ikhlas, disebutkan bahwa pada bagian otak tertentu terdapat sebuah system mesombolic yang dapat memicu rasa penghargaan terhadap diri.
  6. Bertambahnya rasa menghargai diri. Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa hubungan melakukan kebaikan dengan harga diri seseorang? Dijelaskan oleh para ahli bahwa semakin tinggi perasaan keterhubungan sosial, dalam hal ini melalui cara membantu seseorang, maka akan semakin bertambah pula perasaan lebih menghargai diri, dan akan memberikan manfaat atau efek bersamaan dengan meningkatnya rasa percaya diri.
  7. Mempererat persahabatan. Berbanding lurus dengan kebaikan yang telah Anda lakukan, maka rasa persahabatan akan terjalin semakin erat antara Anda dengan seseorang yang merasakan kebaikan dari diri Anda. Menurut sebuah studi oleh National Institutes of Health kedua belah pihak (si pemberi kebaikan serta penerimanya) akan memberikan kontribusi untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan.
  8. Memberikan ketentraman pada batin. Dalam sebuah studi oleh United Group Health, 78% orang yang secara sukarela menjadi relawan selama 12 bulan, mengungkapkan bahwa kegiatan amal yang mereka lakukan dapat menurunkan stres mereka, juga memberikan perasaan lebih tenang dan damai. Hal ini membuktikan dengan melakukan kebaikan, maka manfaat yang akan didapatkan adalah pengaruh positif pada ketrentraman batin seseorang.
  9. Kebaikan akan selalu menularkan kebaikan. Dijelaskan oleh para peneliti di University of California (Amerika), University of Cambridge (Inggris) serta University of Plymouth (Inggris), bahwa setiap seseorang melihat orang lain berbuat kebaikan, maka akan memberikan perasaan yang positif (baik) baginya, selain itu akan juga “menularkan” keinginan untuk melakukan kebaikan mencontoh pada kebaikan yang dilihatnya. Dengan demikian, jika seseorang semakin sering berbuat baik, maka ia akan semakin sehat, secara tidak langsung maka kebaikan dan kesehatannya akan ditiru dan menular pada orang lain.

(Dari berbagai sumber)

Leave a comment

Bahaya Kutek Sintetis dan Solusi Alaminya

kutek

 

Hampir semua perempuan mana ingin tampil cantik dan menarik. Salah satu cara untuk tampil menarik bagi perempuan adalah mengenakan cat kuku (kuteks). Kalau zaman dahulu cat kuku hanya terdiri dari satu warna, kini terdapat variasi warna dan corak yang semakin mempercantik jari lentik wanita. Namun, dibalik keindahan yang ditawarkan, ternyata cat kuku (kuteks) juga beresiko menyebabkan gangguan kesehatan tertentu.

Toxic Trio
Tiga bahan berbahaya yang biasa ada dalam cat kuku adalah tolueneformaldehyde, dan etil asetat.

Toluene merupakan pelarut zat kimia lain dalam cat kuku yang berfungsi mempertajam warna. Toluene dapat merusak sistem saraf jika digunakan dalam jangka panjang. Dalam jangka pendek, pengguna juga dapat merasakan gejala seperti iritasi mata, pusing, dan mudah lupa. Meskipun sudah dilarang penggunaannya, namun sebagian besar produsen cat kuku masih menggunakan bahan ini.

Formaldehyde

Selain toluene, bahan kimia cat kuku juga dilarutkan dengan formaldehyde. Zat kimia yang sering disebut formalin ini dapat berwujud gas maupun cairan. Formalin tidak hanya berbahaya saat dikonsumsi saja, namun juga ketika kita menghirupnya. Jika digunakan dalam waktu yang lama, formaldehyde (formalin) akan menyebabkan timbulnya berbagai jenis kanker, sakit kepala, iritasi pada mukosa hidung, mulut, dan tenggorokan, kerusakan kulit, serta kematian.

Formaldehyde (formalin) dalam bentuk gas justru lebih berbahaya daripada saat dikonsumsi. Mengapa demikian? Karena dalam bentuk gas formaldehyde ini akan langsung masuk ke paru-paru dan berikatan dengan gas yang lain. Padahal, gas dalam paru-paru akan diambil dan dialirkan melalui peredaran darah. Senyawa formaldehyde dengan oksigen ini dapat meracuni tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit secara mendadak.

Etil asetat

Zat berbahaya yang terakhir adalah etil asetat. Zat kimia ini digunakan untuk mengeraskan cat kuku. Padahal, zat ini dapat menyebabkan gangguan saraf dan organ dalam seperti ginjal, jantung, dan paru-paru. Zat kimia mirip etil asetat yang juga digunanakan untuk cat kuku adalah metil asetat. Zat ini tidak kalah berbahaya dengan etil asetat.

 

Cat Kuku dan Kehamilan

Anda pasti setuju dengan anjuran untuk menjaga kehamilan sebaik-baiknya, bukan? Yah, masa kehamilan adalah masa rawan yang memerlukan perhatian dan ekstra hati-hati, termasuk dalam menggunakan kosmetika. Cat kuku yang sering Anda gunakan mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menembus barier plasenta dan merusak janin. Ingat! janin Anda lebih rentan daripada tubuh Anda sendiri.

Zat kimia yang digunakan produsen dalam cat kuku dapat membahayakan janin Anda. Misalnya toluene yang selalu terdapat pada cat kuku dapat merusak saraf janin. Padahal, kehidupan intrauterine (dalam rahim) merupakan masa keemasan dalam pembentukan saraf otak. Sangat disayangkan bila ternyata otak janin Anda harus terganggu akibat cat kuku yang tidak seberapa penting.

Toluene dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacat janin dan keguguran. Kasus yang ditemukan di lapangan memang masih jarang. Namun, percobaan pada hewan telah terbukti bahwa toluene dapat mengganggu sistem reproduksi dan kehamilan. Tidak ada salahnya menahan diri untuk tidak mengenakan cat kuku selama sembilan bulan demi buah hati tercinta.

Bagaimana Cat Kuku Meracuni Anda?

Cat kuku tidak masuk ke dalam tubuh melalui lapisan kuku Anda. Kuku cukup tebal untuk menjadi barier antara cat kuku dengan kulit di bawahnya. Namun, siapa dapat menjamin bahwa cat kuku yang Anda kenakan tidak masuk ke dalam mulut? Bukan berarti Anda dengan sengaja mengonsumsinya, namun cat tersebut sangat mungkin larut dalam makanan yang tanpa sengaja bersentuhan dengan cat kuku tersebut.

Cat kuku juga dapat meracuni tubuh melalui udara. Formaldehyde, etil asetat, dan toluene dapat berubah bentuk dari zat cair menjadi gas. Buktinya, saat memakai cat kuku, Anda pasti mencium aroma khas yang menusuk. Nah, aroma tersebut dapat masuk ke paru-paru yang meracuni tubuh. Bagi sebagian orang yang peka, aroma yang mirip dengan bensin tersebut dapat membuat pusing, sedangkan sebagian yang lain tidak merasakannya. Meski tidak merasakannya, zat-zat kimia tersebut tetap membahayakan jika digunakan dalam jangka panjang.

 

Cara Membuat Kutek Alami

Bahan-bahan:

Sediakan segenggam daun pacar kuku, kapur atau gambir, wadah, batu, tali dan daun atau plastik.

Wadah yang digunakan untuk menumbuk daun sebaiknya yang tidak mudah pecah. Di kampung, biasanya orang menggunakan tempurung kelapa.

Tali disediakan sebanyak jumlah jari yang akan diwarnai karena untuk mengikat.

Daun digunakan untuk menutupi kuku yang telah ditempeli dengan daun pacar. Daun yang dipilih sebaiknya daun yang cukup lebar dan tidak mudah robek. Jika tidak punya, bisa dengan menggunakan plastik

Cara Membuat:

  1. Bersihkanlah daun pacar dan kemudian tumbuh dengan batu dalam wadah tadi. Daun pacar harus ditumbuk sampai halus.
  2. Jangan lupa memasukkan sedikit kapur atau gambir. Jika tidak ada bisa diganti dengan jeruk nipis. Ini diyakini bisa mengoptimalkan hasil yang diperoleh nantinya.
  3. Setelah halus, taruhlah beberapa daun pacar ke kuku. Sebaiknya sebesar permukaan kuku sehingga tidak mewarnai kulit di sekitar kuku. Sebaiknya memakai sarung tangan agar kulit tangan tidak ikut berwarna.
  4. Tutup dengan daun atau plastik. Sebelumnya, guntinglah plastik atau daun sedemikian rupa lebar dan panjangnya sehingga bisa menutupi kuku. Lipatkanlah daun atau plastik ke kuku dan jari. Menutup bagian kuku saja dikhawatirkan daun pacar akan mudah jatuh dan berserakan. Dengan menutup kuku hingga ¼ jari, daun pacar akan lebih terjaga di kuku.
  5. Ikatlah dengan tali kuku jari yang telah ditutup atau dibungkus dengan daun tadi. Ikat dengan sedikit lebih kuat sehingga tidak mudah lepas.
  6. Tunggu sekitar 15-30 menit. Kemudian bukalah dan lihatlah kuku Anda apakah sudah berwarna atau belum.

Usahakanlah hasil tumbukan daun pacar tidak terlalu berair tapi sedikit padat. Siasati dengan menggunakan daun pacar dalam jumlah yang banyak.

Jika menggunakan jeruk nipis, jangan terlalu banyak agar campuran tidak cair. Ramuan kutek yang cair akan lama kering dan akan mengalir di bagian kulit lainnya. Hasilnya tidak akan maksimal.

Selain tanpa efek samping, pemakaian kutek alami juga sangat murah dan mudah. Tanaman yang memiliki nama latin lawsonia inermis L ini digemari oleh wanita dari berbagai negara. Selain untuk mewarnai kuku juga biasanya digunakan untuk mewarnai rambut.

 

Membersihkan Kutek Secara Alami

Para pemakai kuteks tentunya tidak asing lagi dengan aseton yang bermanfaat sebagai pembersih cat kuku. Namun, tahukah Anda bahwa pembersih kuku dapat memberi efek samping untuk kuku karena terbuat dari cairan kimia.

Penggunaan aseton yang berlebihan dapat membuat anda sakit kepala, iritasi mata, dan mual, seperti dikutip dari laman Bold Sky. Selain itu kuku jadi kering dan kehilangan kelembabannya. Terkadang kuku juga mudah berubah warna menjadi kekuningan dan tidak putih lagi.

Berikut adalah dua teknik menghapus cat kuku tanpa aseton:

Gunakan semangkuk air panas

  • Anda dapat menghapus cat kuku dengan merendam jari Anda dalam semangkuk air panas.
  • Pakailah air yang cukup panas namun tidak menyakitkan untuk jari Anda, celupkan kuku selama 15 menit.
  • Saat cat kukunya mulai lembek dan luntur, gosok kuku dengan handuk kering.
  • Garuk-garuk sisa cat kuku Anda hingga hilang.

Gunakan Deodoran, body spray, dan hair spray

  • Semprotkan tiga cairan itu ke kapas lalu gosokkan pada kuku.
  • Bila cat kuku sudah berhasil dihapus, pijat kuku dengan body lotion dan diamkan sementara.

 

(Dari berbagai sumber)

Leave a comment

Penyakit Tapi Bukan Penyakit (21): Alergi

alergi

Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat yang biasanya tidak berbahaya di lingkungan. Substansi ini (serbuk sari jamur, bulu binatang, dan masih banyak lainya) disebut alergen. Seseorang dikatakan memiliki alergi jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi abnormal terhadap zat yang tidak menimbulkan efek bagi kebanyakan orang.

 

Gejala – Gejala Umum Pada Penderita Alergi

  1. Pada sistem pernafasan. Gejala alergi pada sistem pernafasan adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, sesak nafas, mengi suara, mimisan, sakit telinga, kemerahan telinga, tenggorokan gatal san sesak nafas.
  2. Pada sistem pencernaan. Gejala alergi terjadi terhadap sistem pencernaan : nyeri perut, diare, sulit buang air besar, kembung dan sering kentut.
  3. Pada kulit. Gejala alergi pada kulit bisa gatal, kulit merah bintik-bintik, kulit menebal, eksim, kulit menjadi kebiruan / hitam, bibir menjadi bengkak.
  4. Pada mata. Gejala alergi pada mata adalah : mata gatal, mata merah, mata berair, mata belekan, warna kehitaman di bawah mata, bintitan.

Faktor Penyebab Alergi

  1. Faktor genetika yaitu dari keturunan
  2. Faktor makanan (seperti susu, telur, udang, ikan, kacang-kacangan)
  3. Faktor fisik (kelelahan, stress)
  4. Faktor lingkungan (debu rumah, spora jamur, serbuk sari, asap kendaraan, obat, asap rokok, bau cat)
  5. Faktor cuaca (udara panas, udara lembab, perubahan cuaca)
  6. Serangga (seperti semut, nyamuk, tawon, ulat)

Berat-ringannya reaksi alergi bervariasi:

  1. Gejala ringan mungkin tidak begitu kentara, hanya membuat Anda merasa sedikit,
  2. Sedangkan gejala dapat membuat Anda merasa sakit, seolah-olah Anda mendapat flu atau bahkan kedinginan.
  3. Parah reaksi parah, alergi sangat tidak nyaman, bahkan bisa melumpuhkan.

Kebanyakan gejala reaksi alergi pergi tak lama setelah berhenti eksposur.

Reaksi alergi yang paling parah disebut anafilaksis. Dalam anafilaksis, alergen menyebabkan reaksi alergi seluruh tubuh yang dapat mencakup:

  1. Gatal-gatal dan gatal-gatal di seluruh (bukan hanya di daerah terbuka)
  2. Mengi atau sesak napas
  3. Suara serak atau sesak di tenggorokan
  4. Kesemutan di tangan, kaki, bibir, atau kulit kepala

Anafilaksis bisa mengancam jiwa dan memerlukan perhatian medis segera. Gejalanya dapat berkembang pesat, sehingga perlu dibawa ke ruang gawat .

Apakah Semua Orang Memiliki Alergi?

Tidak semua orang memiliki alergi. Orang-orang mewarisi kecenderungan untuk menjadi alergi, meskipun tidak mengacu pada alergen tertentu. Bila salah satu orangtua alergi, anak mereka memiliki kesempatan 50% memiliki alergi. resiko itu melompat hingga 75% jika kedua orang tua memiliki alergi.

Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi

  1. Perhatikan Aliran Udara

Menjaga udara dalam ruangan agar bebas dari pemicu alergi dapat membantu meringankan reaksi alergi hidung Anda. Instalasi filter udara khusus dalam sistem AC dapat menghilangkan 90% sampai 95% partikel dari udara dalam ruangan Anda. Menutup pintu dan jendela ketika jumlah serbuk sari atau asap di luar ruangan tinggi dapat  membantu menjaga alergen lain tidak memasuki rumah Anda

  1. Pertimbangkan Terapi Alternatif

Walaupun hasil penelitian masih bertentangan, beberapa orang menemukan herbal tertentu dan suplemen membantu meredakan alergi musiman. Salah satu bukti terbaik adalah Butterbur atau petasites yang dari beberapa penelitian menunjukkan dapat membantu mengurangi gejala alergi hidung. Penelitian lain menunjukkan Butterbur dapat bekerja dengan baik sebagai antihistamin pada beberapa orang. Tanaman ini hanya tumbuh di daerah utara garis khatulistiwa, umumnya di Amerika dan Eropa dan sudah dibuat dalam bentuk pil. Bisa dibeli online.

  1. Hilangkan Alergen

Setiap kali Anda selesai bepergian dan kembali ke rumah, Anda membawa serta partikel-partikel dari dunia luar. Setelah berada di alam terbuka, maka pakaian, sepatu, rambut, dan kulit ditutupi dengan partikel kecil dari tempat yang Anda kunjungi. Dengan mandi dan mengganti pakaian maka Anda akan dapat menghilangkan alergen. Melepas sepatu Anda di pintu akan membantu menjaga agar alergen tidak masuk ke rumah Anda.

  1. Tingkatkan Vitamin D Anda

Banyak studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D mungkin menyebabkan gejala alergi atau membuat alergi bertambah buruk. Jika Anda memiliki alergi, cobalah untuk mendapatkan setidaknya 200 IU vitamin D setiap hari. Sumber vitamin D adalah minyak ikan dan lemak ikan, seperti tuna dan salmon, atau suplemen jika Anda tidak bisa mendapatkan vitamin D dari pola makan Anda. Meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, Anda harus memakai tabir surya dengan SPF minimal 15, yang dapat memblokir vitamin D dan menghalangi sinar UV.

  1. Gunakan Masker

Masker dapat mencegah alergen memasuki saluran pernapasan ketika Anda tidak dapat menghindari alergi pemicu tertentu, seperti ketika sedang memotong, menyapu, atau membersihkan. Masker Respirator N95, yang banyak tersedia di toko obat dan toko peralatan medis, akan dapat memblokir 95% partikel kecil, seperti serbuk sari dan alergen lainnya.

  1. Makan dengan Pola Makan Sehat

Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang makan dengan pola makan kaya sayuran segar, buah-buahan, dan kacang, khususnya anggur, apel, jeruk, dan tomat,  memiliki gejala alergi lebih sedikit. Sementara para peneliti terus mencari tahu hubungan antara pola makan dan alergi hidung, secara umum diketahui bahwa makan makanan yang sehat memiliki banyak keuntungan bagi tubuh. Sebagai langkah awal. coba tambahkan setidaknya satu buah segar dan sayuran setiap kali makan.

  1. Gunakan Pembilas Hidung

Pembilas hidung membersihkan lendir dari hidung Anda dan dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Hal ini juga dapat membilas bakteri, lendir tipis, dan membantu mengurangipostnasal drip. Beli perangkat bilas atau membuatnya menggunakan Neti pot atau nasal bulb. Campurkan 1/2 sendok teh garam 1/2 dengan sejumput baking soda dalam 8 ons air hangat. Kemudian bungkuk di atas wastafel, siram dengan lembut satu lubang hidung sambil menjaga lubang hidung lainnya ditutup dan biarkan cairan mengalir. Lakukan hal yang sama untuk lubang hidung lainnya.

  1. Minum Lebih Banyak Cairan

Jika Anda merasa sesak atau memiliki postnasal drip dari alergi Anda, cobalah minum lebih banyak air, jus, atau cairan lainnya. Minum cairan tambahan dapat membantu mengencerkan lendir di hidung Anda dan mungkin meredakan sesak. Cairan panas, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat menenangkan karena ada tambahan manfaat uap.

  1. Pelajari Cara Membersihkan yang Aman

Menjaga kebersihan rumah Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk menjauhi alergen dari dalam ruangan. Akan tetapi membersihkan dengan bahan kimia berat dapat memperburuk alergi dan memicu gejala alergi. Coba bersihkan dengan produk rumah tangga biasa seperti cuka atau baking soda. Dan gunakan vacuum cleaner yang memiliki filter HEPA untuk menangkap alergen. Jika alergi Anda parah, sebaiknya minta tolong orang lain untuk melakukan pembersihan.

  1. Coba Uap Panas

Menghirup uap panas adalah cara sederhana untuk mengurangi ketidaknyamanan hidung tersumbat dan dapat meringankan pernapasan ketika Anda mengalami alergi. Siapkan mangkuk berisi air panas dan kemudian arahkan kepala ke atas mangkuk tersebut dengan handuk di atas kepala Anda untuk menjaga uap panas agar tidak keluar. Atau duduk di kamar mandi dengan pancuran air panas menyala. Anda dapat menggunakan uap panas beberapa kali sehari untuk meringankan gejala alergi.

  1. Hindari Asap Rokok dan Asap Lainnya

Asap rokok dapat memperburuk gejala alergi Anda, memperburuk hidung yang tersumbat dan mata berair. Jika Anda merokok, maka berhentilah dan juga meminta orang lain di rumah Anda untuk berhenti merokok. Cobalah untuk menghindari tempat-tempat di mana orang merokok, memilih restoran, klub malam dan kamar hotel yang bebas asap rokok. Lebih baik juga untuk menghindari asap lain yang dapat memperburuk gejala alergi, seperti semprotan aerosol dan asap dari pembakaran kayu perapian.

  1. Rencanakan Untuk Berolahraga

Saat berolahraga mungkin anda sulit bernapas dan menghirup udara terasa lebih berat daripada ketika Anda, katakanlah nonton TV. Dengan menghirup udara lebih saat anda menarik napas, maka serbuksari dan spora diudara juga akan lebih banyak terhisap. Maka lebih baik berolahraga di dalam ruangan, untuk menghindari terjadinya alergi dimana banyaknya serbuk sari dan spora yang terbentuk diluar. Namun Jika anda lebih suka berolahraga diluar, cobalah untuk meminimalkan gejala alergi anda. dengan meminum antihistamin sebelum berolahraga. pilihlah jalan yang sedikit mengandung alergen, seperti pepohonan dan rumput.
Asap dari knalpot juga dapat memperburuk gejala alergi, kata Malcolm N. Blumenthal, MD, direktur Program Asma dan Alergi di University of Minnesota Medical School di Minneapolis.

  1. Waspadai Alergi Bukan Musiman

Bulu hewan dan tungau debu juga dapat menjadi alergen yang sangat potensial, Waspadai lantai dari karpet, permadani, selimut dan tirai, yang merupakan habitat terbaik bagi tungau debu. Cuci karpet, seprai dan gorden dengan air panas (lebih dari 80°C) untuk membunuh tungau.
Untuk Ruangan dalam Gunakan dehumidifier untuk mengeringkan basement Anda, dan gunakan Exhaust fan di daerah yang rentan terhadap kelembaban dan jamur, seperti dapur dan kamar mandi. Cuci kamar mandi secara berkala, dan jangan terlalu banyak bercocok tanam (pot tanaman) disekitar rumah.

  1. Gunakan Pakaian Dengan Bahan Alami

Hindari pakaian berbahan sintetis seperti polyester, siapa yang mengira bahwa ketika kain sintetis bergesekan satu sama lain, mereka menciptakan suatu muatan listrik yang dapat menarik serbuk sari yang ternyata juga bermuatan listrik, kata Gailen D. Marshall, MD, PhD, direktur klinik imunologi dan alergi di University of Mississippi.
Bahan Serat alami seperti kapas baik bagi pernapasan, mereka tetap kering dimana jamur tidak dapat berkembang biak dengan baik

  1. Suka Berkebun?

Cara terbaik untuk menangani pekerjaan halaman adalah dilakukan orang lain. minum antihistamin atau cromolyn sodium sekitar setengah jam sebelum berkebun, pakailah masker saat berkebun. Pertimbangkan untuk menanam pohon yang tidak banyak memproduksi serbuk sari ringan seperti apel, pohon ceri dan azalea, mereka menghasilkan serbuk sari lilin yang terlalu berat untuk terbawa angin.

  1. Cucilah Tubuh Anda

Ketika Anda di luar, serbuk sari dan spora jamur dapat hinggap ke rambut, alis, bulu mata, dan kulit anda. cucilah atau mandilah setelah bepergian keluar rumah, hal ini juga berlaku bagi hewan peliharaan anda

  1. Minumlah Teh Hijau

Secangkir teh hijau dapat mencegah sakit jantung, kanker, dan menambah kekebalan terhadap alergi juga.
Penelitian di Jepang menemukan bahwa EGCG, senyawa antioksidan yang berlimpah dalam teh hijau, dapat membantu menghentikan respon tubuh Anda terhadap berbagai alergi, termasuk serbuk sari, bulu binatang peliharaan, dan debu. Seduhan dua atau tiga cangkir sehari teh hijau membantu memperkuat pertahanan tubuh, kata Lester A. Mitscher, PhD, seorang profesor kimia obat di University of Kansas dan penulis The Green Tea Book : China’s Fountain of Youth.

  1. Lakukan Yoga Secara Teratur

“Stress dapat membangkitkan peradangan, yang dapat meningkatkan respons alergi tubuh Anda,” kata Tina Sindwani, MD, asisten klinis profesor kedokteran di University of California di San Francisco. “Yoga terbukti efektif mengurangi stress, sehingga dapat memberi pertolongan. Selain itu, berbagai teknik pernapasan yoga dapat membantu membuka saluran pernapasan lebih baik, dan pose tertentu dapat memperluas paru-paru.”

  1. Cari Tahu Pemicu Alergi Anda

Hal ini mungkin terdengar sederhana, tetapi untuk menghindari pemicunya, maka pertama-tama Anda perlu tahu apa saja pemicunya. Ahli alergi pediatrik Louisville James Sublett, MD mengatakan: “Saya pernah mendengar orang menyingkirkan hewan peliharaan kesayangan mereka dan kemudian mengetahui bahwa  hewan peliharaan tersebut tidak menyebabkan alergi.” Karena itu, buatlah janji dengan ahli alergi untuk melakukan tes alergi kulit. Tes alergi kulit ini dapat membantu menemukan pemicu alergi Anda.

 

(Dari berbagai sumber)

Leave a comment

Makanan Penetralisir Nikotin Bagi Perokok Pasif

delima

Nikotin adalah zat kimia yang terdapat dalam daun tembakau. Nikotin adalah zat potent nerve poison atau toksin saraf mujarab yang dipakai produsen obat pembunuh serangga. Zat inilah yang bikin beberapa perokok aktif kecanduan. Nikotin didalam darah akan tidak betul-betul hilang walau perokok itu sudah berhenti. Diperlukan saat sampai bertahun-tahun untuk betul-betul bersih dari nikotin.

Bagaimana cara menetralisir nikotin bagi perokok pasif, yaitu orang-orang yang tidak merokok tapi terpapar dan sering menghirup asap rokok yang mengandung nikotin? Karena menurut suatu penelitian terungkap bahwa nikotin yang terkonsentrasi di tubuh perokok pasif tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

Ternyata banyak makanan menyehatkan yang secara medis terbukti ampuh menolong membersihkan darah dari zat nikotin. Di bawah ini 6 makanan penetralisir nikotin dalam darah, yakni:

1. Delima

Buah delima yang juicy ini populer dengan anti-oksidan yang tinggi. Buah delima bakal dapat tingkatkan aliran darah serta jumlah beberapa sel darah pada badan serta sangatlah efisien untuk bersihkan nikotin dalam darah.

2. Kiwi

Saat Anda menghisap asap rokok, Anda bakal kehilangan sangat banyak vitamin, tersebut penyebab mengapa kulit beberapa perokok aktif dan pasif tampak tak sehat. Buah kiwi memiliki kandungan sangat banyak vitamin A, C serta E yang sangatlah menolong menetralkan nikotin pada badan. Ingat, perokok pasif juga bisa mengakibatkan serangan jantung, dengan konsumsi buah kiwi yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi jadi kesehatan jantung Anda bakal terbangun.

 3. Jeruk

Bukanlah rahasia lagi, kandungan vitamin C dalam jeruk di kenal sangatlah tinggi. Dengan konsumsi jeruk, jadi metabolisme badan bakal terbangun serta kandungan stres bakal alami penurunan, hingga dampak nikotin akan mudah dinetralisir. Air dari jeruk nipis memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi kadar nikotin yang berada pada asap rokok sebesar 70,65%.

 4. Wortel

Zat nikotin dari sebatang rokok bakal bertahan dalam darah sepanjang 3 hari. Wortel kaya vitamin A, C, K, serta B yang efisien melawan nikotin pada badan serta melawan kulit kusam disebabkan merokok.

 5. Brokoli

Seperti jeruk, brokoli juga memiliki kandungan banyak vitamin C serta B5. Dengan konsumsi brokoli sehari-hari jadi konsentrasi nikotin dalam darah bakal terurai.

6. Sayuran berdaun hijau

Zat klorofil dalam sayuran hijau dapat dibuktikan memiliki kandungan banyak kandungan vitamin serta asam folat. Sayuran seperti bayam dapat dibuktikan ampuh menolong menetralkan konsentrasi nikotin pada badan.

 7. Buah beri

Buah-buahan seperti stroberi sangat efektif membantu mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Termasuk nikotin.

8. Air bening

Paparan nikotin dalam tubuh bisa memicu dehidrasi. Karenanya, mereka yang aktif merokok atau tinggal di lingkungan dengan asap rokok, sebaiknya tak meremehkan pentingnya asupan air minum yang cukup setiap hari.

9. Bawang Putih

Sebagai salah satu makan detoksifikasi, bawang putih memiliki banyak manfaat. Bawang putih berfungsi membersihkan  dan menurunkan lemak di dalam darah, meiliki sifat antibiotik dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu bawang putih dapat merangsang produksi enzim detoks di hati, yang bertugas menyaring residu toksin yang disebabkan oleh rokok.

10. Teh Hijau

Meminum teh hijau sangat disarankan bagi perokok pasif sebagai pembersih alami racun di dalam tubuh.Teh hijau sarat dengan antioksidan, khususnya catechin, yang dapat membantu meningkatkan fungsi hati. Selain membersihkan racun dari tubuh, teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan kadarkolesterol dan mengurangi peradangan.

11. Seafood

Seafood merupakan makanan yang kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Omega 3 yang terdapat pada seafood ini mampu memperbaiki fungsi dari paru-paru, sehingga saat paru-paru Anda rusak gara-gara asap rokok yang Anda hirup, makan konsumsilah seafood ini. Makanan yang mengandung omega 3 seperti: Salmon, teri, tuna, sarden, kepiting, kerang, lobster, udang dan lain-lain

12. Kacang Kedelai

Jika Anda merasa sesak nafas akibat dari asap rokok yang Anda hirup, maka konsumsilah makanan atau minuman yang berbahan kedelai. Manfaat dari kedelai ini dapat memperbaiki fungsi paru-paru serta menghilangkan rasa sesak nafas kronis Anda. Kedelai ini mengandung Flavonoid, yang akan berfungsi sebagai anti peradangan pada paru-paru, serta menjaga paru-paru Anda dari racun yang ada pada asap rokok yang Anda hirup.

13. Vitamin C

Menurut penelitian perokok pasif mengalami pengikisan vitamin E yang sangat serius, perokok pasif mengalami penurunan vitamin E sampai 45%. Padahal seperti kita ketahui vitamin E berfungsi sebagai antioksidan pelawan radikal bebas yang meningkat di dalam tubuh perokokpasif. Radikal bebas menyebabjan kerusakan sel di dalam membran paru-paru dan lapisan lainnya.  Namun berita baik bagi Anda studi menunjukan vitamin C dapat mencegah terjadinya pengikisan vitamin E.

Para peneliti di Oregon State University menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap harinya dapat melindungi tubuh dari kehilangan Vitamin E. Mengkonsumsi vitamin C dan E dapat membantu tubuh memerangi kerusakan yang disebabkan oleh nikotin selain itu kedua vitamin terxsebut juga dapat bekerja sama di dalam tubuh untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Melemahnya kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh nikotin dapat menyebabkan peningkatan penyakit dan gangguan kesehatan yang serius (penyakit jantung), oleh karena itu buah dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin C (brokoli, jeruk, stroberi dll) dan makanan kaya vitamin E (telur, sereal biji-bijian, dll.) wajib bagi Anda para perokok baik aktif maupun pasif.

14. Vitamin A

Selain vitamin E para perokok pasif juga kehilangan vitamin A yang seharusnya bertugas melindungi paru-paru dari infeksi. Mengkonsumsi vitamin A mungkin bisa membantu Anda terhindar dari kerusakan paru-paru yang dapat memicu terjadinya kanker, tetapi tidak sampai di situ saja penelitian (American Cancer Society) menemukan bahwa perokok pasif yang kekurangan vitamin A memiliki resiko kanker tiga kali lebih besar jika dibandingkan dengan perokok pasif yang kandungan vitamin A nya tercukupi.

Terlepas benar atau tidak vitamin A dapat melindungi perokok pasif dari kerusakan paru-paru, mencukupi tubuh Anda dengan vitamin dapat meningkatkan kesehatan Anda dan mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh rokok. Vitamin A dapat Anda peroleh dari produk berbahan dasar susu (keju, mentega, butter) dan telur.

 

(Dari berbagai sumber)

2 Comments

Penyakit Tapi Bukan Penyakit (20): Cegukan

Cegukan 1

Apa Itu Cegukan?

Dalam dunia medis, cegukan atau hiccups dikenal dengan istilah singultus. Cegukan ditandai dengan bunyi ‘hik’, seperti suara tercekik. Sumber terjadinya cegukan ini berasal dari diafraghma. Hal ini bisa terjadi karena adanya kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba pada daerah diafraghma dimana udara lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup  dan terus  berulang-ulang. Kondisi seperti ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara yang tertutup, namun udara masih tetap bisa lewat. Inilah dia yang mnyebabkan bunyi ‘hik’ setiap kali cegukan.
Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan cegukan:

  1. Kurangnya Asupan Cairan Tubuh.

Kondisi cegukan bisa saja terjadi ketika tubuh kekurangan asupan cairan yang menyebabkan makanan tidak sepenuhnya terdorong kedalam perut. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan anda.

  1. Makan Tergesa-gesa.

Tak heran jika cegukan akan lebih banyak menyerang mereka yang makan dengan tergesa-gesa atau sambil berbicara panjang sewaktu makan. Hal ini dikarenakan, masuknya oksigen yang mendesak secara tiba-tiba ke dalam paru-paru yang dapat mempengaruhi kondisi diagfragma. Dan disinilah terjadi sedak yang diikuti dengan cegukan.

  1. Perubahan Suhu Secara Tiba-Tiba.

Perubahan suhu ekstrim secara tiba-tiba bisa berpotensi menyebabkan cegukan. Untuk itulah, tidak dianjurkan, mengkonsumsi makanan panas dan minuman dingin secara bersamaan.

  1. Penggunaan Bumbu Dan Penyedap Rasa Makanan.

Seseorang yang tidak tahan pedas, memiliki kemungkinan lebih besar mengalami cegukan ketika menyantap makanan pedas. Begitupula bila pemakaian bumbu pada makanan terlalu asin atau asam. Hal ini sudah tentu akan membuat diagfragma mengalami berkontraksi dengan tiba-tiba, yang artinya mengundang cegukan.

  1. Menelan Terlalu Banyak Udara.
  2. Keadaan Emosional Seperti Stress atau Gembira.

 

Cegukan 2

 

Berapa Lama Cegukan Berakhir?

Cegukan normal biasanya terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur dan berlangsung selama 10-30 menit. Cegukan biasanya berhenti dalam beberapa menit atau bahkan jam. Namun, cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Cegukan yang bertahan lebih lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun sangat jarang terjadi, cegukan keras dapat menyebabkan kelelahan, kurang tidur, dan penurunan berat badan. Cegukan yang terjadi terus-menerus merupakan pertanda masalah kesehatan yang lebih serius dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Bagaimana cara mengobati/mengatasi cegukan?

Umumnya, cegukan hilang sendiri dalam beberapa menit atau jam dan tidak memerlukan pengobatan apa pun. Namun, apabila cegukan tidak sembuh-sembuh Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya, seperti:

  1. Meminum air hangat hingga rongga mulut terisi penuh, kemudian membungkuk (posisi ruku’) tutup hidung/tahan nafas. Sambil berdiri tegak telan air pelan-pelan dengan hidung tetap ditutup.
  2. Minum air perasan jerus lemon atau nipis. Atau bisa pula dengan menghisap daging jeruk nipis dengan lidah. Penelitian membuktikan cara ini lebih cepat dibandingkan dengan menahan napas.
  3. Tarik nafas dalam-dalam dan buang/tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih 1 menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut, maksudnya untuk menahan dan meningkatkan kadar CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan.
  4. Tidur berbaring dengan kedua lulut ditekuk ke arah perut.lakukan teknik ini berulang-ulang hinga cegukan hilang.
  5. Atur nafas dan rileks. Tariklah nafas dalam kemudian keluarkan  perlahan-lahan. Ulangi hingga beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung dan keluarkan dari lubang hidung yang lainnya. Ulangi secara bergantian.
  6. Menelan gula batu atau satu sendok gula pasir mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur
  7. Pijat bagian belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit.

 

Meskipun cegukan tidak tergolong sebagai keluhan yang membahayakan, namun jika waktu berlangsungnya sudah dibatas wajar bisa jadi itu adalah pertanda adanya kelainan pada tubuh anda. Untuk itu, sebaiknya segera dapatkan perhatian medis, apabila cegukan yang anda alami berlangsung lebih dari 30 menit dan disertai rasa sakit yang terlalu dibagian leher.

 

Mengatasi Cegukan Pada Bayi

 

  1. Ubah Posisi Menyusui

Apabila si kecil cegukan pada saat sedang disusui, cobalah untuk mengubah posisi menyusui Anda dan terus susui si kecil sampai cegukannya hilang.

  1. Tenangkan Bayi

Jika pada saat disusui, si kecil terlalu bersemangat dan kurang tenang yang membuat udara jadi masuk ke dalam diafragmanya. Yang perlu Anda lakukan ialah menenangkan si kecil. Kemudian gosoklah punggung bayi dengan lembut dan perlahan sambil membuatnya tenang sehingga cegukannya berangsur-angsur akan menghilang.

  1. Pastikan Anda Menyusuinya Dengan Benar

Posisi menyusui bayi yang benar ialah puting dan areola masuk ke dalam mulut bayi, dan posisi bayi berada di dalam garis lurus dengan lengannya, serta bagian perut bayi berhadapan langsung dengan perut ibu.

  1. Hentikan Dulu Proses Menyusui Bayi

Jika cegukan bayi terus terjadi meskipun Anda sudah mengubah posisinya, sebaiknya hentikan dulu kegiatan Anda untuk menyusuinya. Sandarkan si kecil tegak menghadap pada Anda dengan kepalanya pada bahu Anda, kemudian tepuk-tepuk dengan lembut bagian punggungnya seperti apabila Anda menyendawakannya. Tindakan seperti ini dapat mendorong udara dari diafragma ke atas dan bisa menghentikan cegukan. Setelah cegukannya berhenti, Anda dapat menyusuinya kembali.

  1. Peluk Bayi

Peluk serta dekaplah si kecil

ketika ia sedang mengalami cegukan. Kadang-kadang, dalam beberapa menit cegukannya akan mereda dan kemudian hilang.

  1. Pilih Botol Susu Yang Tepat

Jika bayi Anda minum dengan menggunakan botol susu, coba perhatikan apakah botolnya mempunyai regulator dan juga lubang pada dot bayi. Sebaiknya Anda memilih botol dengan lubang dot-nya yang lebih kecil supaya bayi dapat mengatur ritme dalam meminum susunya agar tidak cegukan.

  1. Beri Bayi Makan Sedikit Demi Sedikit

Makanan pendamping ASI, sebaiknya berikan dia makanan sedikit demi sedikit dan juga dengan perlahan-lahan agar tidak cegukan.

  1. Beri Bayi Makan Dengan Teratur

Berilah bayi makan sebelum ia merasa terlalu lapar dan perutnya mengandung banyak gas. Cegukan bisa juga menjadi tanda bahwa ada masalah di perut si kecil. Apabila cegukan pada bayi disebabkan masalah pada lambung, biasanya sering disertai dengan muntah. Jika ini yang terjadi, segera bawa bayi ke dokter.

 

(Dari berbagai sumber)

2 Comments

Membuat Sendiri Air Alkalin (Basa) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Air Lemon 2

 

Merupakan suatu yang hal sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang memenuhi kebutuhan tubuh. Sifat ’asam’ diperoleh jika pH kurang dari 7, sedangkan ’basa’ berarti mengandung pH lebih dari 7. Kadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35-7.45, yakni sedikit alkaline. pH atau Potential Hydrogen merupakan konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat yang menentukan tingkat keasaman atau basa. Standar pH adalah 0-14. Sedangkan pH ideal atau normal untuk manusia adalah 7-7,4. Tubuh manusia memang sedikit basa. Dengan pH ideal tubuh akan lebih kuat menahan penyakit. Tes uji pH bisa dilakukan dengan urine atau air liur.

Makanan diklasifikasikan sebagai pembentuk asam atau pembentuk basa tergantung pada pengaruhnya terhadap tubuh. Sebuah makanan pembentuk asam mengkontribusikan ion hidrogen pada tubuh, sehingga mengakibatkan asam. Sedangkan sebuah makanan pembentuk basa menghilangkan ion hidrogen dari tubuh, sehingga mengakibatkan basa. Penting untuk dimengerti bahwa klasifikasi ini berdasarkan pada efek makanan terhadap tubuh setelah melewati proses pencernaan, bukan pada keasaman atau kebasaan intrinsik dari makanan itu sendiri (rasa makanan di lidah kita).

Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah jika makanan terasa asam di lidah, maka makanan tersebut memiliki efek pembentuk asam pada tubuh. Hal ini tidak selalu benar. Kebanyakan, makanan yang terasa asam merupakan pembentuk basa pada tubuh. Contohnya adalah buah lemon. Memang buah lemon terasa asam di lidah, namun buah lemon adalah pembentuk basa karena residu (mineral) yang ditinggalkan setelah proses pencernaan membantu menghilangkan ion hidrogen, sehingga mengakibatkan efek basa pada tubuh.

Untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang optimal, dibutuhkan pH tubuh sedikit diatas 7.0 (sedikit basa). Dan ketika kita mampu menjaga angka pH tubuh pada angka optimal, maka metabolisme, enzim-enzim, sistem imun dan perbaikan akan dapat bekerja dengan efektif. Dengan mempertahankan pH pada angka tersebut diatas, berarti tubuh kita memiliki mineral-mineral yang memadai untuk menyeimbangkan kondisi asam di dalam tubuh.

Cara kerja program Acid-Alkaline Diet adalah menyeimbangkan pH hingga tingkat optimal, lalu membangun sel dan jaringan tubuh, sehingga badan menjadi sehat. Dengan cara ini, berarti juga telah melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), sehingga sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik. Metode  ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya meningkatkan energi, memperbaiki pencernaan, menurunkan berat badan, serta mengurangi nyeri. Tak hanya itu, tekanan darah tinggi dan kadar gula dalam darah juga dapat diatasi.

 

Kenapa Tubuh Bisa Menjadi Terlalu Asam?
Pakar kesehatan menduga pola makan dan gaya hidup stres dapat mempengaruhi langsung tingkat pH dan yang menentukan seberapa baik sistem kekebalan tubuh berfungsi. Sistem kekebalan tubuh yang lemah berarti gampang terinfeksi. Asam yang tinggi juga memungkinkan kolesterol buruk atau LDL (Low Density Lipoprotein) menumpuk cepat dalam arteri yang merusak dinding pembuluh darah dan menciptakan penumpukan plak.

Tubuh menjadi terlalu asam ketika seseorang terlalu sering makan makanan olahan, makanan kemasan, makanan manis, pasta, produk susu (susu, keju, es krim), minuman beralkohol, obat-obatan, garam meja. Makan daging juga meningkatkan keasaman tubuh.

Sementara stres ikut memainkan peranan penting dalam menciptakan tubuh yang terlalu asam. Ini menjawab mengapa orang yang terus hidup dalam ketegangan dan kekakuan cenderung memiliki asam yang banyak.

Jika seseorang mengalami kurang tidur, kurang olahraga, menghadapi peristiwa yang mengubah hidup seperti kehilangan pekerjaan, perceraian atau pindah ke kota baru, tubuh biasanya akan memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.

 

Apa Akibatnya Jika Tubuh Terlalu Asam?
Jika ph di bawah 7 maka itu artinya tubuh terlalu asam. Ini sangat berbahaya karena tubuh tidak bisa mentolerir ketidakseimbangan asam dalam waktu lama. Jika pH terlalu rendah itu artinya terjadi penumpukan karbondioksida dalam darah. Karbondioksida yang tinggi akan membuat pernafasan jadi sulit.

Kondisi tubuh yang asam menyebabkan kelelahan, nyeri, kulit melepuh, sakit kepala, mengantuk, alergi, pilek dan flu, masalah sinus. Kadar oksigen menurun akibat penumpukan karbondioksida dalam darah. Jika oksigen turun sel-sel tubuh akan mati.

Orang yang memiliki tubuh terlalu asam lebih gampang terkena bakteri atau virus. Asal tahu saja, sel kanker lebih mudah berkembang jika tubuh dalam kondisi asam yang berlebihan.

Darah yang asam akan memblokir penyerapan vitamin, membuat racun tersumbat dalam sel, memperlambat fungsi organ, mengganggu sistem pencernaan yang baik, mengeluarkan banyak gas dan perut kembung, menyebabkan kenaikan berat badan tidak sehat dan mempercepat proses penuaan.

 

Memulihkan Tingkat pH Tubuh
Melakukan perubahan pola makan dan minum dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH. Sebagai permulaan, cobalah makan lebih banyak buah dan sayuran segar, almond serta yogurt. Mulailah mengurangi keju, minuman bersoda, alkohol, makanan olahan, pemanis dan gunakan madu sebagai gantinya. Kira-kira 75 persen pola makan yang baik harus terdiri dari makanan yang memproduksi basa.

 

Jika perubahan pola makan ini terlalu sulit bisa mempertimbangkan menggunakan suplemen basa. Sebuah penelitian pernah dilakukan bahwa suplemen basa bisa meningkatkan pH yang asam menjadi normal. Tapi ilmuwan lebih menyarankan untuk mengurangi keasaman tubuh dengan makanan sehat.
Untuk menurunkan tingkat stres agar pH kembali ke batas normal bisa juga mencoba melakukan latihan pernapasan dan makan makanan mengandung basa. Berjalan kaki 10 menit setiap hari juga bisa mengurangi stres dan memulihkan keseimbangan.

 

Membuat “Air Alkalin”

Bagaimana cara paling mudah dan murah membuat Air Alkalin? Berikut ini uraiannya: taruh 2-3 irisan tipis lemon di dalam cangkir yg berisi air minum. Air itu akan menjadi “Air Alkali”. Minum sepanjang hari dengan hanya menambahkan air. Jadikan itu sebagai minuman sehari-hari. Hal ini baik untuk kesehatan.

Lemon merupakan buah dengan vitamin C yang tinggi (80-90 mg). Berdasarkan penelitian Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C.Charles Street Baltimore, MD1201. erdasarkan penelitian Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C.Charles Street Baltimore, MD1201, lemon adalah makanan yang bersifat asam, padahal tubuh yang sehat bersifat basa. Tetapi ketika masuk ke dalam tubuh, lemon akan bersifat basa dan kandungan asam sitrat dalam lemon tidak menciptakan keasaman dalam metabolisme tubuh. Sehingga pH dalam tubuh anda tetap seimbang dengan mengonsumsi lemon.

Ini adalah penemuan terbaru dibidang pengobatan, efektif untuk kanker. Lemon (Citrus) adalah produk alami  ajaib untuk membunuh sel kanker yang 10,000 kali lebih kuat dari chemotherapy Mengapa kita tidak tahu tentang ini? Karena ada beberapa laboratorium yangg lebih tertarik untuk membuat versi sintetik yang menghasilkan keuntungan besar.

Sekarang anda dapat menolong teman-teman anda dengan memberi tahu bahwa lemon juice adalah menguntungkan dalam mencegah penyakit. Rasanya enak dan tidak menimbulkan akibat yang mengerikan seperti chemotherapy. Anda dapat memakan buah ini dengan berbagai cara: anda dapat memakan ampasnya, sebagai juice, sorbets (eskrim), dll. Walaupun mempunyai banyak khasiat, tapi yang sangat menarik adalah akibatnya terhadap kista dan tumor. Tanaman ini sudah terbukti adalah obat untuk memberantas macam-macam kanker. Dikatakan juga baik untuk mengatur tekan darah tinggi, anti depresi dan stress.

Informasi yang didapatkan dari perusahaan obat terbesar didunia mengatakan bahwa sesudah melalui 20 test di laboratorium sejak tahun 1970, ekstrak dari buah lemon ini menghancurkan sel-sel ganas dari 12 macam kanker termasuk usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas. Dan yang mengagumkan lagi ialah bahwa terapi macam ini dengan ekstrak dari lemon hanya menghancurkan sel-sel kanker yang ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel yang sehat.

Lemon mengandung 22 senyawa antikanker termasuk limonene, yaituminyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor dan kanker. Lemon juga mengandung zat yang disebut sebagai glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.

Menurut BBC, meminum segelas teh hitam atau hijau dengan buah lemon bisa menurunkan sekitar 70% resiko kanker kulit. Kandungan dari kombinasi teh dan lemon melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari (penyebab utama kanker kulit). Anda harus meminum daun teh yang baru diseduh bersama buah lemon segar. Es teh tidak seefektif pada pencegahan kanker karena air dari es yang mencair melarutkan zat efektif yang ada di lemon dan teh.

 

Manfaat Minum Air Lemon

 

1. Membantu turunkan berat badan

Minum air lemon pertama kali di pagi hari sebelum Anda mengonsumsi makanan atau minuman lainnya diketahui bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Caranya mudah, Anda tinggal mencampurkan lemon dengan air hangat kuku, namun jangan tambahkan gula di dalamnya.

Menurut Dr. Karl S Kruszelnicki dari ABC Science, konsentrasi asam sitrat dalam lemon tidak cukup untuk membakar lemak dengan sendirinya. Namun lemon meningkatkan metabolisme, menghasilkan panas internal untuk membakar lemak.
Jus lemon yang dikombinasi dengan sedikit air dan madu dipercaya mampu membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Jus lemon kaya akan vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi sedangkan madu memiliki nutrisi dan mineral yang larut lemak.

Jika anda ingin mencoba mengambil manfaat lemon untuk diet, berikut ini resep yang mungkin bisa anda gunakan, cara membuatnya :

Siapkan 1 gelas air hangat kemudian tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam air tersebut. Aduk hingga madu larut sepenuhnya dalam air. Potong lemon menjadi beberapa bagian kemudian peraskan airnya ke dalam gelas yang berisi air madu. Aduk hingga rata. Minum larutan air madu dan lemon tersebut sebelum makan.

Untuk penderita diabetes, cukup campurkan lemon dengan air hangat saja. Tidak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata asamnya lemon juga bisa mengurangi mulai dari sisa racun dari obat dan alkohol,mengurangi stres,membantu memproduksi darah merah,megurangi reaksi alergi,hingga membantu pembentukan kolagen,mengurangi penyakit lambung dan baik untuk liver (karena sifat basanya).

Lemon juga memiliki kandungan serat pektin yang tinggi, yang membuat anda tidak mudah merasa lapar. Oleh karena itu, lemon dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk membantu anda menurunkan berat badan. Kita boleh mengkonsumsi lemon setiap hari karena buah kuning ini tidak akan memberikan efek samping. Tapi agar kesehatan dan sensitifitas gigi tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu berkumur dengan air putih setiap kali kita selesai mengkonsumsi lemon. Lemon organik memiliki kadar vitamin C 40% lebih tinggi dari yang non organik.

 

2.      Mendetoks tubuh

Lemon dikenal dengan kemampuannya untuk menjauhkan manusia dari zat beracun. Begitu juga air lemon. Mengonsumsi air lemon setiap pagi akan membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh Anda, serta zat kimia yang bisa merusak kesehatan tubuh.

3.      Membersihkan liver

Tak hanya menghilangkan racun dari dalam tubuh secara keseluruhan, air lemon terutama membantu membersihkan organ penting yaitu liver dari zat beracun yang menumpuk di dalamnya. Liver bekerja dengan memproduksi protein dan zat bio-kimia yang membantu proses pencernaan. Mengonsumsi air lemon di pagi hari akan meningkatkan produksi enzim liver dan membantu tubuh untuk lebih sering buang air kecil. Dengan begitu tak hanya liver yang bersih, tetapi juga ginjal Anda. Hal ini pastinya juga mencegah infeksi dari dalam tubuh.

4.      Mengobati masalah pernapasan
Jika Anda memiliki asma dan alergi yang gejalanya berkaitan dengan pernapasan, maka air lemon bisa menjadi sahabat baru Anda. Selain membantu mengatasi batuk, lemon juga bisa menjadi obat alami untuk mengurangi gejala asma atau alergi. Daripada harus terus minum obat, bukankah lebih baik menggunakan bahan yang lebih alami seperti lemon?

 

5.      Mencegah penuaan

Ini adalah manfaat lain dari minum air lemon di pagi hari. Lemon yang kaya asam sitrat akan membantu Anda mengurangi kerutan di kulit serta mencegah munculnya jerawat. Tapi jangan lupa, Anda harus minum air lemon setiap pagi sebelum minum atau makan makanan lainnya.

 

6.      Kesehatan mulut

Buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk adalah bahan alami yang bisa membantu Anda mengatasi bau mulut. Namun tak hanya itu, lemon juga membantu Anda mencegah kerusakan diri atau karies yang membuat gigi berlubang. Air lemon juga baik untuk menghilangkan sakit gigi.

 

7.      Mengatasi morning sick

Bagi wanita hamil, mengalami morning sick bisa jadi siksaan setiap pagi. Namun dengan mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari, ibu hamil tak perlu terlalu khawatir mengalami morning sick. Air lemon akan mengatasi rasa mual dan mencegah ibu mengalami morning sick yang parah.

 

8.      Membersihkan usus
Minum air lemon setiap pagi adalah cara alami untuk membersihkan sistem pencernaan, terutama usus. Air lemon juga bisa digunakan untuk membantu masalah pencernaan yang terhambat, seperti pergerakan usus yang tak teratur. Selain itu, air lemon juga membantu membersihkan dan mengeluarkan racun dari organ pencernaan Anda.

 

9.      Mengobati infeksi tenggorokan
Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, berkumurlah dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari secara teratur. Jangan ragu untuk membiasakan diri Anda minum air lemon setiap pagi. Namun pastikan untuk tidak menambahkan gula dan lakukan sebelum Anda mengonsumsi makanan atau minuman lainnya.

 

Bagi orang yang memiliki masalah dengan asam lambung, terutama maag, mengonsumsi buah sitrus seperti lemon bisa mengkhawatirkan mereka. Ross Bridgeford dalam Energize for Life menjelaskan bahwa setelah lemon yang dicampur dengan air hangat tak lagi menambah keasaman dalam tubuh, melainkan bisa menambah tingkat alkali. Meski begitu, jika masalah asam lambung dan maag Anda cukup kronis, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba kebiasaan minum air lemon di pagi hari ini.

 

Tips Memilih Lemon Yang Baik :

Bobot dari buah lemon yang dipilih harus terasa berat dan buahnya agak sedikit keras.
Pilih buah lemon yang kulitnya berwarna kuning.

 

(Dari berbagai sumber)

4 Comments

Pengaruh Asam Basa Dalam Makanan Terhadap Kesehatan

ph spectrum

Istilah asam (acid) berasal dari bahasa Latin acetum yang berarti cuka. Seperti diketahui, zat utama dalam cuka adalah asam asetat. Basa (alkali) berasal dari bahasa Arab yang berarti abu.

Seperti halnya dengan sabun, basa bersifat kaustik (licin), selain itu basa juga bersifat alkali (bereaksi dengan protein di dalam kulit sehingga sel-sel kulit akan mengalami pergantian). Rasa pahit merupakan salah satu sifat zat yang bersifat basa.

 1. Asam

Asam merupakan salah satu penyusun dari berbagai bahan makanan dan minuman, misalnya cuka, keju, dan buah-buahan. Menurut Arrhenius, asam adalah zat yang dalam air akan  melepaskan ion H+. Jadi, pembawa sifat asam adalah ion H+ (ion hidrogen), sehingga rumus kimia asam selalu mengandung atom hidrogen. Ion adalah atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik. Kation adalah ion yang bermuatan listrik positif. Adapun anion adalah ion yang bermuatan listrik negatif.

Sifat khas lain dari asam adalah dapat bereaksi dengan berbagai bahan seperti logam, marmer, dan keramik. Reaksi antara asam dengan logam bersifat korosif. Contohnya, logam besi dapat bereaksi cepat dengan asam klorida (HCl) membentuk Besi (II) klorida (FeCl2).

Tabel beberapa contoh Asam

Tabel Asam

Berdasarkan asalnya, asam dikelompokkan dalam 2 golongan, yaitu asam organik dan asam anorganik. Asam organik umumnya bersifat asam lemah, korosif, dan banyak terdapat di alam. Asam anorganik umumnya bersifat asam kuat dan korosif. Karena sifat-sifatnya itulah, maka asam-asam anorganik banyak digunakan di berbagai kebutuhan manusia.

2. Basa

Dalam keadaan murni, basa umumnya berupa kristal padat dan bersifat kaustik. Beberapa produk rumah tangga seperti deodoran, obat maag (antacid) dan sabun serta deterjen mengandung basa.

Basa adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air (larutan) dapat melepaskan ion hidroksida (OH-). Oleh karena itu, semua rumus kimia basa umumnya mengandung gugus OH.

Jika diketahui rumus kimia suatu basa, maka untuk memberi nama basa, cukup dengan menyebut nama logam dan diikuti kata hidroksida.

Tabel beberapa contoh Basa

Tabel Basa

Pada dasarnya rasa makanan, minuman atau zat tertentu yang terasa asam, pahit, getir, asin dan manis disebabkan karena sifat zat tersebut, yaitu sifat yang berkaitan dengan asam, basa dan garam. Rasa asam terkait dengan suatu zat yang dalam ilmu kimia digolongkan sebagai asam. Rasa pahit terkait dengan bahan lain yang digolongkan sebagai basa. Namun, tidak semua yang mempunyai rasa pahit merupakan basa.

Basa dapat dikatakan sebagai lawan dari asam. Jika asam dicampur dengan basa, maka kedua zat itu saling menetralkan,sehingga sifat asam dan basa dihilangkan. Hasil reaksi antara asam dengan basa kita sebut garam. Adapun rasa manis terkait dengan kehadiran sifat asam dan basa secara bersama-sama.

 

Keseimbangan Asam-Basa

 

Keseimbangan asam basa jaringan tubuh dan darah manusia harus berada pada pH 7,3 – 7,5 artinya kondisi tubuh bersifat agak basa atau alkalin, agar tetap sehat dan berfungsi optimal. Di atas pH 7,8 atau di bawah pH 6,8 akan menimbulkan gangguan metabolisme, yang pada akhirnya juga gangguan pada kesehatan.

 

Tubuh kita mengandung 80% basa dan 20% asam. Tubuh kita bekerja  keras  untuk mempertahankan  level  dari  pH  tersebut. Darah di dalam vena  tubuh kita memiliki  pH yang bervariasi, tergantung  dari apa  yang  kita  konsumsi, apakahkebanyakan  makanan  yang  mengandung  mineral  basa  atau  kebanyakan makanan       yang  mengandung  asam. Tapi, sudah diketahui  bahwa 95%   makanan kita adalah bersifat  asam. Untuk menjaga kondisi tubuh tersebut, sebaiknya komposisi menu terdiri dari 70% makanan pembentuk basa (alkaline forming food) dan 30% makanan pembentuk asam (acid forming food).

 

Oleh sebab itu tubuh memerlukan lebih banyak makanan pembentuk basa daripada makanan pembentuk asam. Contoh makanan pembentuk basa adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Sedangkan contoh makanan pembentuk asam adalah nasi dan aneka lauk daging. Keasaman dan kebasaan tubuh terhadap makanan dipengaruhi antara lain oleh kandungan protein dan jenis mineral yang paling dominan pada makanan.

Kemampuan pencernaan manusia terbatas, dan tidak mampu mencerna lebih dari dua jenis zat gizi utama yang kadarnya sama-sama dominan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini disebabkan karena setiap makanan mulai dicerna pada tempat yang berbeda, dalam kurun waktu yang berbeda, serta memerlukan jenis enzim pencerna yang berbeda juga yang bekerja dalam derajat keasaman atau pH yang berbeda pula. Zat pati atau hidrat arang kompleks, protein dan lemak adalah unsur gizi yang sangat mempengaruhi proses pencernaan, tidak boleh dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan.

 

Siklus Sistem Pencernaan

Secara umum siklus sistem percernaan terbagi dalam tiga bagian aktivitas yang bekerja secara teratur dan sistematis setiap 24 jam sehari. Ketiga bagian aktivitas ini secara simultan terus aktif bekerja, tetapi pada setiap siklus, salah satu bagian aktivitas akan lebih intens bekerja dibandingkan dengan bagian aktivitas yang lainnya.

Ketiga bagian aktivitas ini adalah :
• Aktivitas pencernaan, secara intensif bekerja pada jam 12.00 – 20.00
• Aktivitas penyerapan/asimilasi, secara intensif bekerja pada jam 20.00 – 04.00
• Aktivitas pembuangan, secara intensif bekerja pada jam 04.00 – 12.00
 

Tubuh bekerja otomatis  untuk menyeimbangkan asam basa dalam tubuh melalui:
1. Ginjal kita melakukan kerja yang baik dengan mengeluarkan limbah asam dan urin kita bersifat asam dengan  pH 4 – 6.

2. Olah raga  membantu  mengeluarkan  limbah  asam  melalui  kulit  dan  keringat ( bersifat  asam). Akan   tetapi, apa yang terjadi ketika  kita  makan  terlalu banyak makanan yang bersifat  asam, dan  makan  terlalu  sedikit  sayuran  serta kurang berolahraga? Limbah  asam tidak  semuanya  akan  keluar  dari  sistem tubuh  kita  dan  limbah  asam  akantertimbun di dalam  tubuh. Ketika limbah  asam  tertimbun  dalam  aliran darah, darah kita  akan mengental. Ini  akan  mengakibatkan tidak lancarnya  peredaran darah, dan  kadang-kadang  terjadi  penyumbatan  darah

 

Metabolisme tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan : 
• Proses penyerapan gizi tidak optimal, sehingga energi yang terbentuk menjadi sedikit,
• Proses pembuangan sisa makanan dan sisa metabolisme lainnya tidak optimal, sehingga memungkinkan menyebabkan resiko toksemia, yaitu keracunan akibat toksin yang berlebihan di dalam tubuh.
• Proses pembelahan sel menjadi lebih cepat dan sering, yang akan menyebabkan berkurangnya kemampuan manusia untuk berumur panjang (degenerasi) dan dapat menambah berat badan.
Berkurangnya energi dan bertambahnya toksin dapat menyebabkan peradangan pada organ-organ vital, alergi yang berkepanjangan, dan kekebalan tubuh yang menurun, sehingga tubuh sangat rentan terhadap gangguan penyakit, kelebihan berat badan, dan penuaan dini.

 

Ragam Makanan

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka pola makan kita sebaiknya sebagai berikut:

• Menu sarapan hanyalah buah, baik dipotong ataupun dijus, dengan takaran yang cukup mengenyangkan, di makan secara perlahan-lahan dan sedikit-sedikit
• Buah tidak dimakan bersamaan atau sesudah makanan sumber protein dan zat pati. Makanlah buah dulu sekitar 10 sampai 30 menit, barulah makan makanan yang lainnya.
• Untuk makan siang dan makan malam, makanlah makanan sumber protein atau zat pati, tapi tidak dimakan secara bersamaan. Misalkan untuk makan siang makan makanan yang didominasi sumber protein, maka malamnya makan makanan yang didominasi oleh sumbet zat pati, sehingga dalam sehari semua zat gizi tercukupi.
• Protein sebaiknya satu macam saja misalkan ikan atau daging saja. Zat pati boleh lebih dari satu macam, seperti nasi dengan perkedel kentang, atau mie goreng dengan jagung.
• Sayuran harus disertakan pada saat makan sumber protein dan zat pati untuk menjaga keseimbangan asam- basa. Porsi sayuran sebaiknya antara dua sampai tiga kali lipat dari porsi sumber protein atau zat pati, dengan memasukkan sayuran mentah, baik itu sebagai lalapan, salad, atau dijus.
• Hindari makanan-makanan yang banyak diolah, seperti makanan siap saji, makanan kalengan, makanan awetan, sebaiknya makan makanan yang masih segar.

 

pH chart

 

Makanan Pembentuk Asam

  1. Makanan pembentuk asam mengandung lebih banyak mineral non-logam seperti sulfur (S), fosfor (P) dan klor (Cl). Sedangkan makanan yang dapat menurunkan keasaman tubuh atau membentuk efek basa mengandung lebih banyak mineral logam, seperti potassium/kalium (K), sodium/ natrium(Na), magnesium (Mg), zat besi (Fe) dan kalsium (Ca).
  1. Sebaliknya, makanan pembentuk asam rasanya belum tentu asam. Contohnya : buah-buahan rasa masam belum tentu asam (seperti jeruk, nanas atau strawberry) memberi pengaruh basa pada tubuh, karena hampir semua buah-buahan segar mengandung lebih banyak elemen-elemen logam.
  2. Makanan pembentuk asam mengandung lebih banyak mineral non-logam seperti sulfur (S), phosphor (P) dan klor (CL). Sedangkan makanan yang dapat menurunkan keasaman tubuh atau membentuk efek basa mengandung lebih banyak mineral logam, seperti: potassium/kalium (K), sodium/natrium (Na), magnesium (Mg), zat besi (Fe) dan kalsium (Ca).
  3. Makanan pembentuk asam umumnya juga mengandung sejumlah besar protein dan sedikit air. Hampir semua makanan protein dan biji-bijian (beras, jagung, gandum dsb) termasuk produk olahannya, memberi reaksi kimiawi asam pada tubuh kecuali susu mentah, yogurt, kacang almond dan millet.
  4. Sebaliknya makanan pembentuk basa cenderung berkadar  air tinggi dan mengandung sejumlah kecil protein. Semua jenis buah dan sayuran (termasuk selada, umbi-umbian dan sayuran rambat) adalah makanan pembentuk basa kecuali tomat (terutama yang masak)
  5. Cara pengolahan makanan dapat mengubah keasaman dan kebasaan suatu makanan. Makanan yang dimasak tersendiri, kurang lebih sama seperti ketika masih mentah. Contohnya, kentang yang dikukus atau hanya direbus dengan air, pengaruhnya akan tetap basa pada tubuh. Lain halnya jika kentang diolah menjadi sambal kentang goreng. Kombinasi minyak dan santan meningkatkan kadar protein dan lemak
  6. Makanan pembentuk asam tidak ada hubungannya dengan makanan asam. Apa yang dimaksud dengan  Basa dan Asam adalah keberadaan Mineral Basa di dalam larutan
  7. Makanan asam adalah makanan yg rasanya masam, asam manis atau kecut. Asam ini bisa mempengaruhi atau bisa juga tidak mempengaruhi tingkat keasaman tubuh, sehingga disebut juga asam bebas.
  8. Porsi nasi dan lauk protein seperti daging, ikan atau telur umumnya lebih besar daripada buah dan sayuran segar. Sariawan, nyeri lambung, flua atau kelebihan berat badan merupakan gejala tingkat keasaman tubuh sudah mulai meninggi. Kondisi ini bisa semakin buruk jika ditambah dengan kebiasaan makan makanan rendah energi dan kurang bergizi, merokok, minum alkohol, penggunaan narkotik, stress, kurang istirahat serta perbagai pola hidup tidak sehat lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap sample darah 600 orang pasien penyakit kanker, sebanyak 85% diantara mereka menunjukkan ber pH asam yang tinggi. Bagaimana menjaga darah yang ber pH basa rendah adalah langkah yang pertama untuk menghindari penyakit kanker.

Kondisi darah ber pH asam mengambarkan hal-hal berikut :

  1. Kulit tidak bersinar.
  2. Penyakit kaki karena kutu air.
  3. Cepat merasa lelah setelah olahraga ringan dan mengantuk setelah naik bis.
  4. Setelah naik turun tangga terengah-engah.
  5. Lamban bergerak dan lesu

 

Mengapa kondisi darah dalam tubuh bisa berubah menjadi ber pH asam?
Terlalu banyak meminum susu dan memakan mentega dan keju.
Daging, makanan seperti susu, mentega, keju, telur, daging sapi, daging babi asin, dll adalah makanan yang ber pH asam.

Terlalu banyak makanan ber pH asam akan menyebabkan pH darah asam dan kental, sehingga peredaran darah tidak lancar ke ujung pembuluh darah , mengakibatkan kaki/lutut dingin, bahu berat dan susah tidur.
Untuk orang-orang muda boleh mengkomsumsi daging dengan porsi yang wajar tetapi untuk orang-orang tua, agar mengkomsumsi sayur-sayuran dan ikan dengan porsi kecil.

Kehidupan tidak teratur menyebabkan kondisi fisik tubuh dengan darah ber pH Asam.
Kehidupan tidak teratur menyebabkan tekanan terhadap pisik dan mental.
Menurut statistik, orang yang terlambat tidur kemungkinannya mengalami penyakit kanker 5 kali lebih besar dibanding dengan orang yang tidur tepat waktu. Manusia pada dasarnya adalah hidup secara teratur di dunia ini. Tidak boleh mengakumulasi tidur dalam waktu yang lama dan memakan makanan dalam jumlah yang banyak dan tidak mungkin hidup menantang ritme alam.

Organ-organ dalam tubuh manusia dikontrol oleh syaraf autonomi. Pada siang hari adalah aktivitas utama dari syaraf simpatik dan pada waktu malam hanya syaraf para-simpatik yang berfungsi. Jika aturan ini terganggu dan diputarbalikkan, maka akan menghadapi semua jenis penyakit.

Sebelum operasi, perlu memeriksa apakah ginjal berfungsi secara normal. Jika korteks adrenalin bocor atau tekanan yang diakibatkan oleh operasi melebihi kemampuan korteks adrenalin maka akan mengakibatkan kematian atau dampak yang berlawanan.

 

Jika muka pasien gembung, perlu menanyakan secara rinci kepada pasien riwayat penyakitnya dan status pengobatannya. Untuk pasien yang dalam pengobatan hormon korteks adrenalin, perawatan ekstra perlu diperhatikan ketika menjalani perawatan akupungtur. Menghidari tekanan oleh karena terlalu capek bekerja atau berolahraga, atau pun bermain judi dan menyetir sepanjang malam, dll.

 

Bahan Makanan Yang ber pH Asam dan Basa

Makanan yang ber pH asam tinggi: kuning telur, keju, roti manis, telur ikan, minyak ikan.

Makanan yang ber pH asam sedang: daging (paha) babi yang diasinkan (ham), daging babi yang diasin dan dikukus (bacon), daging ayam, ikan cumi-cumi, daging babi, belut, daging sapi, roti, gandum, mentiga, daging kuda.

Makanan yang ber pH asam rendah: nasi putih, kacang, bir, alkohol, tahu goreng, rumput laut, remis besar (kerang), ikan gurita, ikan janggut (berkumis), dll.

Makanan yang ber pH basa rendah: kacang merah, lobak, apel, sayur kubis atau kol, bawang, tahu, dll.

Makanan yang ber pH basa sedang: lobak kering, kacang kedele, wartel, tomat, pisang, jeruk, labu, buah delima, putih telur, prem kering, jeruk limun,bayam, dll.

Makanan yang ber pH basa tinggi: buah anggur, daun teh, minuman anggur, taoge laut, ganggang laut, dll. Khususnya jenis ganggang hijau mengandung banyak zat hijau daun (chlorophyl) sebagai makanan kesehatan yang sangat baik dan ber pH basa tinggi. Jangan terlalu banyak minum teh tetapi sebaiknya minumlah teh pada pagi hari.
Jenis-jenis Makanan Super Penawar Racun Terbaik :
1. Singkong
2. Kacang Hijau
3. Gandum
4. Umbi
5. Beras Merah
6. Beras Tumbuk Kasar
7. Kacang Merah
8. Wortel
9. Asparagus
10. Bawang Bombai
11. Akar Teratai
12. Lobak Putih
13. Daun Singkong
14. Daun Wortel
15. Yogurt.

 

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh manusia jauh lebih sering mengalami dan berpotensi menderita kelebihan asam (acidosis) dibandingkan kelebihan basa (alkalidosis).

Segenap tubuh dapat bekerja dengan baik yang menandakan tubuh kita sehat jika keasaman darah dan jaringan bersifat netral cenderung basa (pH 7,35 – 7,45). Dalam lingkungan yang bersifat alkali tubuh mampu mendetoksifikasi dan menyingkirkan zat-zat pencemar dengan lebih efesien dibanding lingkungan yang bersifat asam.
Jika darah dan jaringan sel kita terlalu asam menyebabkan tubuh akan menjadi tidak sehat, karena organ dan jaringan tidak dapat bekerja dengan baik.

Apa tanda-tanda tubuh kita sudah terlalu asam (acidosis) ?
– Gampang/sering sakit kepala, pilek, batuk, flu
– Sering sakit lambung, kembung, sembelit
– Kelebihan berat badan
– Jerawatan, kulit kusam, eksim dan penyakit kulit lainnya
– Nafas dan keringat bau kurang sedap
– Sering nyeri otot dan persendian
– Kelelahan kronis
– Keputihan (bagi wanita), dll

Acidosis juga sangat berpotensi menyebabkan penyakit degeneratif, antara lain :
– Berbagai penyakit kanker
– Tekanan darah tinggi, hiperkolesterol, stroke & gangguan jantung
– Asam urat (gout), nyeri sendi (arthritis)
– Kencing manis (diabetes) dan batu ginjal
– Kerapuhan tulang (osteoporosis)
– Penyakit autoimmune
– Pembengkakan prostat
– Gangguan horman dan infertilitas
– Penuaan dini, katarak & praktis semua penyakit karena penuaan.

Menurut Andang Gunawan, ND. Pakar nutrisi dan penulis buku “Food Combining” keseimbangan asam basa hanya dapat dicapai dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan pembentuk basa daripada makanan pembentuk asam, dengan porsi 2/3 dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari adalah makanan pembentuk basa.
Apa yang mendominasi konsumsi makanan sehari-hari Anda ?
Fakta menunjukkan bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari mayoritas adalah pembentuk asam, maka tidak mengherankan kalau kita sering mengalami gejala-gejala acidosis atau mungkin mengalami penyakit degeneratif akibat acidosis.
Kurangi makanan asam, ganti dengan makanan bersifat basa (Alkaline base) :

  1. Makanan asam kuat : kuning telur, keju, kue yang dibuat dari gula putih, atau buah kesemek, telur ikan, ikan kayu, dll.
  2. Makanan semi asam : ham, bacon, daging ayam, ikan tuna, daging babi, belut, daging sapi, roti, gandum kecil, mentega, daging kuda, dll.
  3. Makanan asam lemah : beras, kacang tanah, bir, arak, tahu goreng, rumput laut, kerang batik, gurita, ikan gabus.
  4. Makanan basa lemah : Kacang merah, lobak, apel, bawang bombay, tahu,dll.
  5. Makanan semi basa : antara lain kismis, kacang
    besar, wortel, tomat, pisang, labu, jeruk, strawberry, putih telur, sayur asin.
  6. Makanan basa kuat : anggur, daun teh, rumput laut. (Terutama rumput laut jenis Chlorela alami yang mengandung zat hijau daun yang tinggi, adalah makanan kesehatan bersifat basa yang terbaik, teh jangan dikonsumsi berlebihan, sebaiknya diminum pagi hari.)
  7. Hindari air yang sudah melewati proses distilasi karena mengandung asam. Minuman yang bersifat alkali telah terbukti bisa mencegah keasaman yang tingi. air lemon, jus sayuran hijau, jus buah-buahan berwarna-warni yang tidak terlalu manis menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi tiap hari. Air kelapa, alpukat, timun, seledri, paprika, wortel, lemon, brokoli, bayam, caisim, buah delima, dan aloevera. Semua sayuran atau buah dengan kadar glukosa rendah.
  8. Bila pH suatu zat lebih tinggi dari 7, berarti makin bersifat basa atau alkali, dan lebih kaya akan oksigen. Bila pH suatu zat lebih rendah dari 7, berarti bersifat  asam dan mengandung lebih sedikit oksigen. Dalam kondisi sehat dan normal, tubuh manusia bersifat  basa  atau alkali dengan pH sama dengan 7,4. Bila tubuh manusia  bersifat  asam, maka tubuh mulai sakit, yaitu :Pada tingkat pH 6,9 tubuh mulai rentan terhadap infeksi virus yang umum seperti demam, batuk dan flu. Sel-sel kanker tumbuh dengan subur di dalam tubuh pada kondisi pH 5,5. Asam urat, kadar gula darah yang tinggi, dan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh yang berasal dari garam, gula, bahan pengawet, dan makanan yang bersifat asam akan membuat tubuh menjadi asam. Bila tidak diobati dengan makanan basa, akan mulai terjadi kekurangan energi pada elemen dan organ tubuh, dan pH akan terus turun.

 

(Dari berbagai sumber)

Leave a comment

Makanan Bagi Penderita Osteoporosis

osteoporosis

 

 

Osteoporosis merupakan berkurangnya kepadatan tulang yang prgresif sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Tulang terdiri dari mineral-mineral seperti kalsium dan fosfat sehingga tulang menjadi keras dan padat. Jika tubuh tidak mampu mengatur kandungan mineral dalam tulang, maka tulan menjadi kurang padat dan rapuh sehingga terjadilah osteoporosis.

The osteoporosis Istilah ini diciptakan oleh Johann Lobstein pada sekitar awal abad ke-19, tetapi ia menggambarkan gangguan mungkin osteogenesis imperfecta. Pada tahun 1940, dokter Amerika dan endokrinologi Fuller Albright menggambarkan osteoporosis postmenopausal dan mengusulkan bahwa itu adalah konsekuensi dari pembentukan tulang terganggu karena kekurangan estrogen.

Sekitar 80% penderita penyakit osteroporosis adalah wanita, termasuk wanita muda yang mengalami penghentian sikluas menstruasi (amenorrhea). Hilangnya hormon estrogen setelah menopause meningkatkan resiko terkena osteoporosis . Dengan begitu dapat dikatakan bahwa osteoporosis ini adalah penyakit khusus perempuan meskipun beberapa laki-laki, khususnya yang sudah berusia lanjut, juga mempunyai resiko yang sama. Namun, sekali lagi volume laki-laki lebih kecil daripada perempuan. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen yang kemudian menyebabkan perbedaan antara keduanya dalam serangan atau resiko osteoporosis.cara menyembuhkan osteoporosis

Osteroporosis bukan hanya sekedar penyakit yang dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, tetapi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan berkurangnya jumlah jaringan tulang dan tidak normalnya struktur atau bentuk mikroskopik tualng. Kualitas dan kuantitas tulang yang tidak normal membuat tulang tersebut lemah dan mudah patah, bahkan ketika mengalami trauma ringan.

Osteoporosis dapat ditandai dengan kegagalan fungsi tulang yang serupa dengan proses perkembangan penyakit gagal jantung setelah bertahun-tahun menderita tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Tidak ada bukti yang terdokumentasi yang menyatakan bahwa keropos tulang atau berkurangnya jaringan tulang yang kemudian disertai kejadian patah tulang berkaitan dengan rasa sakit atau gejala-gejala lainnya.

Banyak faktor resiko yang berhubungan dengan osteoporosis. Berikut ini adalah yang paling umum:

  • Usia: Pada wanita menopause, resiko patah tulang naik dengan pertambahan usia. Baik pria maupun wanita berusia 70 dan lebih tua memiliki peningkatan resiko fraktur.
  • Jenis kelamin perempuan: Osteoporosis enam kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Selain itu, osteoporosis dimulai lebih awal dan cenderung lebih parah pada wanita.
  • Berat badan: Orang dengan massa tubuh rendah memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih rendah. Obesitas mengurangi resiko osteoporosis.
  • Gaya hidup tidak aktif, banyak duduk.
  • Faktor genetik
  • Fraktur sebelumnya
  • Merokok
  • Obat-obatan dan suplemen: vitamin A, heparin, antasida yang mengandung aluminium, dan medroksiprogesteron meningkatkan resiko, sedangkan diuretik thiazide, estrogen, dan androgen bersifat melindungi.
  • Sering mengkonsumsi alkohol
  • Menopause dini
  • Kalsium atau kekurangan vitamin D
  • Faktor pola makan
  • Hindari minuman berkafein (kopi atau teh) atau makanan yang dapat membuang kalsium seperti daging merah.

 

Beberapa Makanan Sumber Kalsium Untuk Mencegah dan Mengobati Osteoporosis.

1.  Teri tawar kering

2. Udang kering ukuran kecil

3. Udang rebon segar

4. Teri segar

5. Jamur kuping kering

6. Kepiting

7. Udang segar

8. Kerang

9. Tempe

10. Tahu

11. Yogurt

12. Wortel. Wortel kaya akan alpha-carotene, beta carotene dan betacryptoxanthin yang baik untuk mempertahankan kekuatan tulang. Cuci bersih buah wortel dan makanlah dalam keadaan masih mentah. Wortel mentah punya manfaat lebih baik bila dibandingkan yang sudah dimasak matang. Anda juga dapat mengonsumsi wortel sebagai campuran salad.

13. Susu dan produk susu seperti keju, yogurt, atau susu skim adalah konsumsi wajib bagi Anda yang tidak mau terserang osteoporosis. Sebab di dalam makanan tersebut terkandung kalsium dan protein yang memperkuat dan menyehatkan tulang.

14. Kacang. Jangan malas makan kacang yang kaya kalsium, magnesium, mangan, dan fosfor. Terutama jenis kacang almond, kacang hijau dan pistachio yang merupakan sumber kalsium terbaik.

15. Sayuran. Termasuk di dalamnya brokoli, kembang kol, dan bit sebaiknya rutin dikonsumsi setiap hari demi menguatkan tulang.

16. Ragi. Ragi setidaknya memiliki 330-350 miligram kalsium setiap 100 gram berat keringnya.

17. Kurma. Suka makan kurma? Berita baik bagi Anda. Sebab kurma sumber kalsium dan magnesium yang meningkatkan kepadatan tulang tubuh Anda.

18. Buah-buahan, misalnya jeruk, jambu, strawberry, dan nanas. Buah-buahan tersebut menyediakan vitamin C yang mampu memperkuat tulang. Jangan lupakan juga pisang dan apel.

19. Sayuran hijau gelap adalah salah satu makanan pelawan osteoporosis. Namun waspadai sayuran bayam. Sebab ternyata di dalamnya ada senyawa oxalate yang ternyata mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.

20. Telur. Selain protein, telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami.

21. Omega-3. Anda bisa menemukannya dalam biji labu, biji rami, atau minyak ikan. Selain osteoporosis, omega-3 juga akan melawan penyakit rematik dan nyeri sendi.

22. Makanan berkalsium lain, contohnya jus jeruk, minuman yang terbuat dari kedelai, produk tahu, dan juga tajin. Semuanya adalah sumber kalsium terbaik untuk melawan osteoporosis.

 

Asupan makanan sehat osteoporosis ini sebaiknya diimbangi dengan olah raga teratur, tubuh terpapar sinar matahari terutama sinar ultraviolet selama 5 – 15 menit/ hari.  Rutin melakukan aktivitas fisik juga mencegah tulang melemah. Maka dari itu jangan malas memilih naik tangga daripada menggunakan lift di gedung bertingkat. Dan berpola hidup sehat.

 

 Makanan dan minuman yang harus dihindari:
Jangan sampai asupan kalsium Anda semakin menipis karena dicuri makanan berikut :

  • Kopi
    Hati-hatilah bila Anda termasuk salah satu penggemar kopi karena kebiasaan ini dapat merugikan kesehatan tulang Anda. Kandungan kafein yang berlebihan di dalam tubuh akan mengganggu proses penyerapan kalisum di dalam usus dan meningkatan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh. Untuk itu, kurangilah konsumsi minuman ini jika Anda tak mau tabungan kalsium di dalam tubuh Anda semakin terkuras.
  • Makanan yang banyak mengandung natrium
    Menyantap makanan yang banyak mengandung natrium ternyata tidak hanya memicu penyakit hipertensi, namun juga menyebabkan pengeroposan tulang. Mengapa? Karena ternyata makanan ini akan meningkatkan pembuangan kalsium melalui urine. Jenis makanan yang bernatrium tinggi adalah garam dapur dan makanan yang menggunakan olahan garam, seperti ikan asin, telur asin, sayur asin, dan pengawet natrium benzoat.
  • Makanan yang banyak mengandung fosfor
    Salah satu penyebab osteoporosis adalah terganggunya keseimbangan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Rasio normal antara kalsium dan fosfor (Ca:P) di dalam tubuh adalah 2:1. Pada kondisi rasio yang ideal ini, penyerapan terhadap kalsium menjadi optimal. Namun, keseimbangan rasio kalsium dan fosfor ini dapat terganggu apabila terjadi peningkatan asupan fosfor di dalam tubuh. Akibatnya, penyerapan kalsium akan terhambat yang menyebabkan terjadinya penurunan massa tulang dan akhirnya osteoporosis. Batas yang konsumsi fosfor dianjurkan untuk pria dan wanita di atas 30 tahun adalah 700 mg. Konsumsi fosfor lebih dari 4000 mg selama masa remaja sampai usia 70 tahun sangat tidak disarankan. Produk yang mengandung fosfor tinggi contohnya soft drink dan minuman berkarbonasi lainnya
  • Makanan yang banyak mengandung asam oksalat atau asam fitat
    Oksalat dan asam fitat dapat berikatan dengan kalsium sehingga membentuk senyawa kalsium oksalat dan kalsium fitat yang tidak larut dan menyebabkan kalsium sulit diserap. Salah satu makanan yang banyak mengandung oksalat adalah bayam, sedangkan asam fitat banyak ditemukan pada biji-bijian. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan ini. Hanya saja, jangan mengkonsumsi kalsium Anda bersamaan dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini.
  • Makanan hewani
    Makanan hewani merupakan sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebih, dampaknya bisa merugikan tubuh. Pada saat proses konversi protein menjadi energi, akan terbentuk sulfat. Sulfat inilah yang menyebabkan hilangnya kalsium yang sudah dikonsumsi. Untuk itu, batasilah konsumsi steak, kambing guling, ayam goreng, dan masakan lainnya yang menggunakan daging sebagai bahan baku utamanya demi kesehatan tulang Anda.

 

(Dari berbagai sumber)

1 Comment

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka

semangka

Buah tembikai atau yang lebih dikenal dengan nama semangka tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus yang identik dengan kadungan air yang melimpah nan segar. Tak ayal buah semangka menjadi buah favorit dalam Cuaca apapun, apalagi saat musim panas seperti ini. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

 

Buah semangka bersifat dingin dan basah, daging buah semangka juga rendah kalori, buah semangka banyak mengandung air yaitu sebesar 93,4 %, protein 0,5 %, karbohidrat 5,3 %, lemak 0,1 %, serat 0,2 %, abu 0,5 %. Semangka juga mengandung aneka macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C.  Selain itu juga mengandung asam amino sitrulin, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dektrosa dan sukrosa.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

 

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

 

Manfaat semangka untuk kesehatan

 

1. Mencegah diabetes

Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.

 

2. Mencegah kanker

Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita di haruskan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.

 

3. Menjaga kesehatan ginjal

Pada umumnya kesehatan ginjal dapat terganggu akibat kotoran atau racun yang terdapat pada ginjal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara banyak mengkonsumsi semangka karena buah semangka banyak mengandung kalium. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

 

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat lain yang kita dapatkan dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).

 

5. Menyehatkan jantung

Menurut penelitian semangka merupakan salah satu buah penghasil likopen yang cukup banyak. Likopen juga mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat serta mencegah kerusakan sel tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

 

6. Menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan

Dehidrasi di sebabkan oleh kandungan air yang kurang pada tubuh. Sedangkan semangka sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air, sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.

 

7. Melindungi dari sinar Ultraviolet

Karena sebagian besar komposisi semangka adalah air dan serat, serta likopen maka buah ini sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Semangka juga dapat melindungi kulit tubuh dari sinar UV. Karena kandungan likopen membantu kulit mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari sebanyak 40%.

 

8. Mengatasi cacing pita di sistem pencernaan

Biji dari buah semangka ternyata juga bermanfaat. Biji semangka ini dapat dihancurkan dan dikeringkan. Hasilnya bisa dijadikan sebagai teh. Teh biji semangka ini dapat membantu membunuh dan mengurangi cacing pita yang terdapat pada sistem pencernaan.

 

9. Membuat kulit sehat berseri

Semangka kaya akan vitamin C dan A yang menjadi nutrisi baik bagi kulit. Memakan 2-3 potong buah semangka setiap hari memberikan manfaat baik bagi kulit. Asam amino yang terdapat dapat mengobati luka pada kulit dengan cepat.

 

10. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke

Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

 

11. Berfungsi sebagai antioksidan

Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

 

12. Mencegah sariawan

Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

 

13. Menjaga kesehatan rambut

Di dalam buah semangka kandungan gizi dan nutrisi yaitu zat zinc. Secara ilmiah zinc memiliki manfaat menjaga kesehatan rambut khususnya memperkuat rambut dari kerontokan.

 

14. Menurunkan demam

Buah semangka bisa digunakan untuk menurunkan demam dengan cara memakan daging buah semangka segar sebanyak  500 – 1000 gram dan dilakukan 2 – 3 kali sehari dan dapat juga dicampur dengan jahe.

 

15. Menyehatkan mata

Ini dikarenakan, buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan anda.

 

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

 

17. Memperkuat tulang

Semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

 

18. Mengurangi lemak pada tubuh

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

 

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

  1. Mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu yang sedang hamil.
  2. Berfungsi untuk penambah cairan di dalam tubuh, karena buah semangka kaya akan kandungan airnya.
  3. Mencegah terjadinya kram otot. Hal ini sering terjadi pada kehamilan trisemester pertama.
  4. Mengurangi rasa panas pada perut ibu yang sedang hamil.
  5. Membantu perkembangan otak, penglihatan dan sistem imun pada bayi.
  6. Setelah melahirkan melalui proses bedah caesar, usus membutuhkan sedikit waktu agar kembali ke fungsi normal. Karenanya, fokuslah pada makanan yang tidak  memproduksi gas dan menyebabkan sembelit. Semangka adalah salah satu pilihan yang baik untuk dimasukkan ke pola makan  setelah melahirkan

 

[Dari berbagai sumber]

 

 

2 Comments

Bahaya Menaruh Dompet Di Saku Celana Belakang

dompet

Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.

Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama ‘hip-pocket syndrome’ atau ‘wallet-neuropathy’.

Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini.

“Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul,” ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.

Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Umumnya, keluhan yang muncul hanya seputar kesemutan dan pegal-pegal di daerah pinggang ke bawah.

“Jika lebih parah, biasanya disebabkan bukan karena terlalu lama menyimpan dompet di saku belakang. Tetapi ada masalah lain pada struktur anatomi, misalnya pada bagian tulang punggung,” jelas dr Ega.

Berbagai keluhan yang muncul akibat kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang sering disebut wallet sciatica. Menurut dr Ega, sciatica sendiri merupakan sekumpulan gejala yang memengaruhi 3 kerja saraf, yakni sensorik, motorik, dan refleks.

Jika seseorang meletakkan dompet di saku belakang, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang dan yang paling penting adalah sistem saraf. Ketidakseimbangan ini membuat seseorang duduk cenderung miring dan mencoba untuk tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada panggul.

Kondisi ini kemungkinan melibatkan satu atau dua kurva kompensasi dari tulang belakang yang membuat posisinya menjadi tidak sejajar. Secara tidak sadar hal ini akan membuat bahu menjadi merosot. Itulah sebabnya meletakkan dompet di saku belakang bisa menyebabkan nyeri pada leher, punggung dan juga bahu.

Jika segera beritahu pasangan, keluarga atau kerabat pria Anda berpikir untuk menghindari kebiasaan tersebut. Meski demikian ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko gangguan saraf, seperti dikutip dari siouxcityjournal.com yaitu:

1. Melakukan sedikit peregangan sebelum duduk
2. Mengeluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk meskipun dompet tersebut tidak tebal
3. Meletakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas
4. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga tidak mengganggu saraf dan struktur tulang serta ototnya benar
5. Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.

Pakar kesehatan tulang dan sendi dari RS Siloam Surabaya, dr Benedictus Megaputera, SpOT menjelaskan bahwa sciatic adalah nama saraf yang terdapat di sepanjang sumsum tulang belakang. Saraf ini memanjang hingga kaki, dan jika mengalami tekanan saat duduk bisa menjadi masalah.

“Dompet yang diletakkan di saku belakang bisa mengganggu sciatic nerve karena penekanan tersebut, khususnya saat posisi duduk dengan celana ketat,” kata dokter yang akrab disapa dr Ega ini kepada detikHealth, Selasa (26/8/2014).

Ahli Chiropractic asal New Zealand Joanna Wilson, D.c dari Chiropractic Indonesia, menyimpan dompet di saku belakang akan menyebabkan seseorang lebih cepat lelah, kesemutan, maupun nyeri sendi.

“Saya selalu menyarankan pria pada khususnya untuk menyimpan dompet di saku depan bukan belakangnya. Ini akan membuat tulang panggulnya bergeser. Dan ini akan membahayakan kesehatannya,” kata Joanna kepada Liputan6.com.

Jadi di mana sebaiknya menyimpan dompet. Dengan alasan kesehatan, dr Ega menyarankan untuk menyimpan dompet di dalam tas atau di saku depan. Lagipula, menyimpan dompet di saku belakang cenderung lebih rentan kecopetan.

 

(Dari berbagai sumber)

 

 

 

Leave a comment

Tanaman Peningkat Kualitas Udara Perkotaan

Seiring dengan semakin tingginya bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor, perlu adanya pohon-pohon yang berfungsi sebagai penyerap dan penjerat bahan pencemar dan debu di udara yang dihasilkan kendaraan bermotor. Pohon sering disebut sebagai paru-paru kota. Sejumlah pohon berdaun lebar diyakini dapat menjerat bahan-bahan pencemar udara. Sel-sel daun berfungsi menangkap karbondioksida dan timbal untuk kemudian diolah dalam sistem fotosintesis.

Tanaman peneduh merupakan tanaman yang ditanam sebagai tanaman penghijauan. Selain berhijau daun, pemilihan jenis tanaman penghijauan seyogyanya juga mempertimbangkan fungsinya sebagai peneduh yang dapat memperbaiki iklim mikro, dan juga dapat berfungsi sebagai barrier/penahan terhadap penyebaran polusi udara dari kendaraan. Adapun tanaman peneduh yang ditanam di pinggir jalan raya selain berfungsi sebagai penyerap unsur pencemar secara kimiawi, juga berfungsi sebagai peredam suara baik kualitatif maupun kuantitatif.

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih jenis tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Penahan dan penyaring partikel padat dari udara. Fungsi ini dilakukan oleh tajuk pohon melalui proses jerapan dan serapan, sehingga partikel padat di udara akan berkurang. Hal ini terjadi karena partikel padat akan terjerap (menempel) pada permukaan daun, khususnya daun yang berbulu dan permukaannya kasar. Sebagian partikel yang lain akan terserap masuk ke dalam ruang stomata daun.  Manfaat lain dari tajuk tanaman adalah menjadikan udara lebih bersih dan sehat karena daun melakukan proses fotosintesis. Dengan demikian fungsi ini akan tercapai apabila tajuk daun lebar seperti pada pohon angsana (Pterocarpus indicus), ketapang (Terminalia catappa), dan mahoni (Swietenia mahagoni).
  2. Penyerap dan penjerap partikel Pb. Kendaraan bermotor merupakan sumber utama Pb yang mencemari udara daerah perkotaan.

angsana

Angsana (Pterocarpus indicus)

ketapang

Ketapang (Terminalia catappa)

mahoni

Mahoni (Swietenia mahagoni)

glodogan

Glodogan (Polyalthea longifolia)

Tanaman angsana ternyata mempunyai kemampuan kecil dalam menyerap CO2 (11,12 kg/pohon/tahun). Hal ini berbeda dengan kemampuan tanaman trembesi (28.488,39), akasia (5.295,47), kenanga (756,59), serta lainnya yang mempunyai kemampuan baik dalam menyerap CO2. Tetapi adanya angsana ini dimungkinkan mampu sebagai penjerap yang baik untuk Pb, dikarenakan Pb pada lokasi penelitian sangat kecil (0,021 – 0,054 ppm) jauh di bawah baku mutu yang ditentukan (2 ppm).

trembesi

Trembesi (Albizia saman )

SONY DSC

Kenanga (Cananga odorata)

Syarat-syarat pohon perkotaan menurut Sobirin dari Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) seperti yang tercantum dalam blog-nya “Tidak Semua Pohon Peneduh Aman” yaitu:

Pohon Peneduh

Ditanam berbaris pada jalur tanaman di sepanjang jalan, percabangan 2 meter di atas tanah, bentuk percabangan tidak merunduk, bermassa padat, jenis tanaman: Kiara payung (Filicium decipiens), Tanjung (Mimusops elengi), Angsana (Pterocarpus indicus).

kiara payung

Kiara payung (Filicium decipiens)

tanjung

Tanjung (Mimusops elengi)

pohon buah tanjung

Daun dan buah Pohon Tanjung

Pohon Penyerap Polusi Udara

Beberapa jenis pohon, perdu/semak, tidak mudah rusak atau mati terkena pencemaran udara, bermassa padat, jarak tanam rapat, jenis tanaman: Angsana (Pterocarpus indicus), Akasia daun besar (Acacia mangium), Oleander (Nerium oleander), Bogenvil (Bougainvillea sp), Teh-tehan pangkas (Acalypha sp).

akasia

Akasia (Acacia mangium)

daun dan buah akasia

Daun dan buah akasia (Acacia mangium)

oleander

Oleander (Nerium oleander)

boungenvil

Boungenvil (Bougainvillea sp)

teh-tehan pangkas

Teh-tehan pangkas (Acalypha sp)

Pohon Penyerap Kebisingan

Beberapa jenis pohon, perdu/ semak, membentuk massa, berdaun padat, jenis tanaman: Kiara payung (Filicium decipiens), Tanjung (Mimusops elengi), Teh-tehan pangkas (Acalypha sp), Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis), Bogenvil (Bougenvillea sp), Oleander (Nerium oleander).

Pohon Pemecah Angin

Tanaman tinggi, perdu/semak, tahan hembusan angin kuat, bermassa daun padat, ditanam berjajar atau membentuk massa, jarak tanam rapat, jenis tanaman: Kiara payung (Filicium decipiens), Tanjung (Mimusops elengi), Angsana (Pterocarpus indicus), Cemara (Casuarina equisetifolia), Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis).

cemara

Cemara (Casuarina equisetifolia)

daun dan buah cemara

Daun dan buah cemara (Casuarina equisetifolia)

kembang sepatu

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

 

Sumber:
http://mengintipstomata.wordpress.com/2014/03/10/mengenal-tanaman-yang-berjasa-meningkatkan-kualitas-udara-perkotaan/

Leave a comment

Penyakit Tapi Bukan Penyakit (Bagian 19): Mata Berair

 

mata berair

Air mata diproduksi secara terus menerus oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di bawah kelopak mata bawah. Air mata sangat penting karena melapisi permukaan depan mata dengan lapisan transparan tipis dan mencegah mata menjadi kering. Biasanya, air mata dengan cepat mengalir keluar dari mata melalui sistem saluran kompleks yang berawal dari sudut terdalam kelopak mata ke hidung. Sistem saluran kompleks ini disebut sistem drainase lakrimal. Jika terdapat gangguan pada ekuilibrium ini, terjadilah kondisi yang disebut Kelainan Air Mata. Seringnya, gangguan pada sistem drainase lakrimal adalah penyebab air mata berlebihan.

Kenapa mata terus berair?

Peran utama air mata adalah menjaga kelembaban mata serta membersihkan mata dari segala benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi mata yang berair bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan lansia, serta bisa terjadi pada satu mata atau keduanya.

 

Penyebab Mata Terus Berair

  1. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering membuat sakit mata, tidak nyaman dan terasa kering, maka itu dapat menyebabkan sekresi air mata berlebihan.

  1. Saluran Nasolacrimal Terganggu

Ketika air mata yang dihasilkan, air mengalir ke saluran air mata melalui kelopak mata dan membuat jalan keluar melewati mata. Air mata kemudian berjalan ke saluran nasolacrimal yang berada pada bagian dalam hidung, dan kemudian membuat jalan keluar melalui hidung. Hal inilah yang merupakan penyebab hidung kita seperti terkena pilek ketika kita menangis. Ketika ada fungsi yang  tidak normal dari kelenjar air mata atau jalur di mana air mata terganggu salurannya, kelebihan air mata tidak bisa lewat melalui hidung sehingga mengalir lebih banyak dari mata.

  1. Blepharitis

Blepharitis pada dasarnya adalah peradangan pada kelopak mata yang menyebabkan disfungsi kelenjar pada kelopak mata di mana bulu mata tumbuh. Kerusakan kelenjar ini menyebabkan pertumbuhan bakteri tertentu di dekat akar bulu mata yang dapat menyebabkan mata berair, kelopak mata merah bersisik dan rontoknya bulu mata.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah, tidak lain adalah infeksi dari membran yang dikenal sebagai konjungtiva di dekat lapisan kelopak mata. Infeksi virus atau bakteri, paparan bahan kimia tertentu, penggunaan lensa kontak, dsb adalah beberapa penyebab konjungtivitis. Gejala konjungtivitis meliputi penglihatan kabur, sakit mata, mata berair, kepekaan terhadap cahaya.

  1. Iritasi

Apa pun yang mengganggu mata dapat menyebabkan air mata diproduksi. Ketika ada partikel asing memasuki mata, maka menyebabkan iritasi pada mata. Partikel asing ini diantaranya bisa debu, asap, mascara, eyeliner, serbuk sari, angin atau lensa kontak dan cairannya.

  1. Trichiasis

Trichiasis adalah suatu kondisi dimana bulu mata tumbuh ke dalam.

  1. Alergi

Tetes mata antibiotik biasanya diresepkan untuk alergi dan infeksi mata lainnya. Jika terdapat lendir di mata, maka hal itu menandakan penyumbatan pada saluran nasolacrimal. Alergi mata juga dapat diobati dengan menggunakan antihistamin. Jika anda mempunyai masalah mata berairyang parah, segeralah kunjungi dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan menentukan jenis pengobatan yang perlu dilakukan.

  1. Kelilipan

Kelilipan atau tidak sengaja menyentuh bola mata atau sclera dengan jari bias juga sebagai penyebab keluarnya air mata.

  1. Ectropion

Ectropion adalah sebuah kondisi di mana kelopak bawah mata bagian dalam tertarik keluar.

10. Mata Lelah

Terlalu lama menatap komputer ataupun aktifitas lainnya yang memicu mata bekerja lebih ekstra dapat membuat mata menjadi lelah.

 

Mencegah Agar Mata Tidak Selalu Berair
1. Jangan menggosok mata dengan kedua tangan Anda. Hal ini bisa mendorong bakteri masuk lebih dalam sehingga membuat mata lebih gatal.

2. Cuci tangan dengan bersih setiap waktu.

3. Jaga kebersihan handuk Anda, jangan membagi pakainya dengan orang lain, termasuk anggota keluarga Anda.

4. Kalau tidak terlalu perlu, hindara maskara ataupun penjepit bulu mata.

5. Kalau masih bisa memakai kacamata, tidak disarankan memakai lensa kontak. Penggunaan lensa kontak dapat membuat retina menjadi kering.

 

Cara Mengatasi Mata Berair

1. Potongan Kentang Mentah
Iris kentang mentah dan letakkan di atas mata. Gunakan irisan kentang dingin agar mata bisa lebih rileks sehingga dapat menghilangkan rasa gatal, mata merah dan berair.

2. Jangan Terlalu Lama di Depan Komputer atau Laptop
Mata akan menjadi sensitif jika kita terus berada di depan laptop/komputer sehingga bisa terjadi iritasi. Bila terjadi mata berair atau gatal, kurangi penggunaan komputer atau laptop. Jika Anda harus menggunakannya, jangan lupa beristirahat sejenak untuk membuat mata lebih rileks.

3. Omega 3 Fish Oil
Minyak ikan mengandung Omega 3 bermanfaat untuk mengatasi mata kering dan berair. Omega 3 bekerja dengan menekan reaksi peradangan yang sering terjadi pada sindrom ini. Menurut penelitian di USA, konsumsi 5 takaran saji ikan tuna setiap minggunya, dapat mengurangi risiko DES pada wanita sebanyak 63%. Dengan demikian, perbanyak konsumsi ikan. Namun, jika memilih untuk mengkonsumsi suplemen Omega 3, dosis yang disarankan adalah 500 – 1000 mg, diminum 2- 3 kali sehari.

4. Menggunakan Kunyit
Ambil kunyit dan potong -potong, kemudian masukan kedalam segelas air. Rendam sekitar 10 menit. Dan hasilnya teteskan pada mata anda secara rutin.

5. Menggunakan Daun Sirih
Caranya ambil 2-3 daun sirih, masukan kedalam wadah dan seduh dengan air hangat setelah itu diamkan sampai air terasa dingin. Gunakan air tersebut untuk mencuci mata anda dengan cara meneteskannya secara rutin.

 

(Dari berbagai sumber)

1 Comment

Makanan Super (Superfood) Murah di Sekitar Kita

 

superfoods

 

Superfood atau makanan super adalah semua jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan dapat menunjang kesehatan tubuh manusia. Contoh superfood yang telah diakui adalah acai berry dan rumput laut spirulina. Acai berry merupakan makanan yang kaya akan antioksidan. Sementara spirulina adalah salah satu makanan super dengan gizi lengkap. Namun keduanya cukup sulit ditemukan apalagi di indonesia. Jikapun ada, harganya sangat mahal.

Namun tidak selamanya superfood itu mahal. Buktinya, banyak superfood diantara kita yang mudah ditemukan dan didapat dengan harga murah. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tempe

Tempe adalah salah satu makanan super dengan kandungan gizi cukup lengkap. Beberapa pendapat bahwa tempe merupakan makanan rakyat kecil adalah salah kaprah. Di Eropa, tempe menjadi menu spesial di berbagai restoran. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam tempe antara lain kalium, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B kompleks.

2. Wortel

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik yang sangat bermanfaat untuk organ penglihatan. Selain itu, wortel juga merupakan sumber dari beberapa vitamin dan gizi lainnya, yaitu vitamin K, vitamin C, serat, kalium, mangan, dan vitamin B6. Vitamin C dan A merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru, mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara.
Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 – 5 kali lipat.

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar. Mereka yang rajin makan wortel, kulitnya yang semula kering dan mengeras secara perlahan akan tampak sehat dan cemerlang.

Kandungan dalam wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus. Kalsium yang terkandung pada wortel akan meningkatkan ASI, menguatkan tulang dan gigi.
3. Ubi Jalar

Jenis umbi-umbian yang satu ini memang termasuk makanan yang sangat bergizi. Warna oranye di dalamnya mengandung beta-karoten yang berguna untuk pengolahan vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, kolin, dan serat, serta memiliki kandungan protein-antioksidan yang sangat berkualitas tinggi. Ubi jalar sangat mudah untuk diolah sebagai menu makanan yang bergizi, salah satunya bisa direbus maupun digoreng.

4. Bayam

Kandungan gizi dari superfood berwarna hijau tua ini telah diakui sebagai salah satu yang terbaik. Bayam merupakan “gudang” zat-zat penting yang berguna bagi tubuh, seperti: mangan, folat, magnesium, besi, kalsium, kalium, dan tryptophan. Bayam juga mengandung vitamin A, K, C, dan B2. Warna hijau tua dari bayam memiliki keistimewaan karena mengandung antioksidan yang sangat khas.

5. Jamur

Jamur memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Protein merupakan nutrisi terbesar yang dimiliki jamur. Rata-rata jamur mengandung 14-54 persen protein. Untuk kandungan vitaminnnya, rata-rata jamur pangan memiliki kandungan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (panthothenate), dan B7 (biotin). Jamur juga mengandung beberapa mineral, diantaranya selenium, magnesium, zinc, mangan dan kalium.

6. Strawberry

Sebenarnya semua jenis berry telah memiliki kemampuan yang baik sebagai antioksidan, tetapi jenis berry lainnya agak sulit untuk ditemukan di pasaran di Indonesia. Strawberry kaya akan vitamin A, C, dan K serta mengandung mineral penting seperti folat, kolin, serat, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

7. Kubis

Kubis adalah sumber dari meniral seperti mangan , kalsium dan kalium. Selain itu, meneral yang terkandung dalam kubis adalah  zat besi, fosfor, magnesium. Kubis  juga merupakan sumber dari serat, folat dan omega-3 yang sangat baik. Kandungan lainnya adalah, natrium, seng dan tembaga ditemukan dalam jumlah yang baik. Kubis merupakan makanan rendah lemak jenuh,  kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. Menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.

Kubis juga dikenal sebagai pelawan  kanker. Kubis penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat.

8. Teh

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan di Jepang dan Rusia ada beberapa nilai nutrisi dan manfaat yang dapat diperoleh dari teh terutama teh hijau dan teh hitam. Karena daun teh mengandung beberapa zat kimia yang dapat digolongkan menjadi 4 . Keempat golongan itu adalah : substansi fenol (katekin, flanavol), bukan fenol (karbohidrat, pektin, alkaloid, protein, asam amino, klorofil, asam organik), senyawa aromatis, dan enzim.

Adapun beberapa manfaat teh antara lain:

A. Mengurangi Resiko Keracunan Makanan, maupun menekan tumbuh nya sel kanker ataupun tumor.

Unsur Catechin (salah satu unsur dalam polyfenols), telah terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Demikian juga Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

B. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.

Mengapa demikian?
Vitamin C yang dikandungnya berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam darah berperan membantu kesehatan jantung dan diperlukan juga untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit. Disamping itu teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU untuk 1 cangkir teh, yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

9. Jeruk

Kandungan vitamin C tinggi dlm buah jeruk, bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah tubuh dari serangan penyakit flu, mencegah infeksi pada telinga, dapat membantu mengusir radikal bebas yang dapat merusak DNA sehingga resiko kanker usus pada tubuh bisa dihindarkan.

Antioksidan pada buah jeruk berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas sebagai penyebab rusaknya kulit. Kandungan vitamin B6 dalam buah berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan mendukung hemoglobin dlm tubuh. Kandugan seratnya dapat mencegah diabetes, serta dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

10. Apel

Serat di dalam buah apel yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, dapat menghindari dari serangan diare atau konstipasi. Gunanya serat juga untuk mengurangi lemak dan kolesterol tubuh sehingga baik dijadikan menu dalam program diet.

Apel mangandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari radikal bebas. Kulit apel dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada lever, usus besar, dan sebagainya. Apel juga dapat melindungi mata dari penyakit katarak dan menurunkan resiko terserangnya Alzheimer pada otak.

11. Telur

Telur aya akan protein, energi yang anda gunakan selama seharian, anda bisa menggantinya dengan menggunakan telur. Dengan mengkosumsi telur setiap hari dengan teratur, bisa bermanfaat sebagai pengencang kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan kekeringan pada kulit.

Vitamin yang terkandung dalam telur sangat banyak, satu diantaranya Vitamin B yang bisa mengubah telur menjadi energi penting di dalam tubuh, Vitamin E juga bekerja sama dengan Vitamin C bisa mencegah kerusakan pada tubuh anda dari radikal bebas, dan trakhir vitamin A yang menjaga kesehatan pengelihatan dan membantu pertumbuhan sel dan mejaga kulit tetap sehat.

Dan bagi yang mempunyai kolestrol tinggi, sangat tidak dianjurkan untuk mengkosumsi telur, karena di dalam kandungan kuning telur, terdapat kolestrol yang cukup tinggi. Jadi, jika anda masih ingin mengkosumsi telur, maka silakan berhati-hati.

 

(Dari berbagai sumber)

 
 

 

Leave a comment

Penyakit Tapi Bukan Penyakit (Bagian 18): Menguap

 

Menguap

 

Menguap adalah tindakan refleks yang terjadi pada semua orang, biasanya dilakukan untuk menghirup udara dalam jumlah banyak dan diikuti dengan pernapasan.

Tindakan refleks ini seringkali dikaitkan dengan stres, kelelahan, terlalu banyak kerjaan, kebosanan dan mengantuk. Menguap juga bisa terjadi bila ada kelebihan karbondioksida atau kelangkaan oksigen dalam aliran darah.

Studi terbaru menunjukkan menguap bukan saja sebagai tanda seseorang ingin tidur, tubuh kecapean atau karena bosan. Tapi tujuan menguap untuk mendinginkan otak sehingga dapat beroperasi lebih efisien dan membuat seseorang tetap terjaga.

Jika seseorang menguap, maka ada tahapan yang terjadi adalah:

  1. Dimulai dengan mulut terbuka
  2. Rahang bergerak ke bawah
  3. Memaksimumkan udara yang mungkin dapat diambil ke dalam paru-paru
  4. Menghirup udara
  5. Otot-otot perut berkontraksi
  6. Diafragma didorong ke bawah paru-paru
  7. Terakhir beberapa udara ditiupkan kembali.

1. Menguap Bisa Menular

Ini benar, dan mungkin Anda juga pernah mengalaminya. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika ditunjukkan video orang yang tengah menguap, sekitar 50 persen orang akan ikut menguap. Hal ini bahkan terjadi pada hewan! Sebuah penelitian tahun 2004 menemukan bahwa hewan juga ikut menguap ketika melihat hewan lain atau bahkan manusia menguap.

Namun tampaknya hal ini bukan hal yang aneh. Robert Provine, seorang psikolog dan ahli saraf menjelaskan bahwa beberapa reaksi manusia memang bisa menular pada orang lain seperti tawa dan kebiasaan menguap. Orang yang mudah ‘tertular’ ketika melihat orang lain menguap juga dianggap memiliki rasa empati dan kepedulian sosial yang tinggi.

“Kami berpikir penyebab menguap itu menular karena dipicu oleh mekanisme empatik yang berfungsi untuk menjaga kewaspadaan kelompok. Karenanya menguap adalah tanda empati,” ujar seorang peneliti Dr Gordon Gallup, seperti dikutip dari BBCNews, Kamis (8/4/2010).

Penyebab lain menularnya menguap karena aktifnya sistem saraf cermin (mirror neurons system) yaitu neuron yang terletak di bagian depan setiap belahan otak vertebrata tertentu

Ketika menerima stimulus (rangsangan) dari spesies yang sama, maka spesies tersebut juga akan mengaktifkan daerah yang sama di otak. Hal inilah yang menyebabkan seseorang akan menguap jika melihat oang lain menguap.

Sistem saraf cermin ini bertindak sebagai penggerak untuk meniru dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran manusia. Karenanya menguap sering dianggap sebagai cabang dari impuls (gerakan) tiruan yang sama.

Jika pusat dari sistem neuron cermin tidak aktif saat melihat seseorang menguap, maka hal ini tidak akan memiliki hubungan dengan keinginan merespons untuk menguap.

2. Menguap Lebih Menular Antar Sahabat

Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa tak semua kebiasaan menguap bisa menular. Menguap bisa sangat menular antar sahabat atau seseorang dengan hubungan yang dekat. Peneliti menunjukkan bahwa semakin dekat hubungan Anda dengan seseorang maka semakin besar kemungkinan Anda akan tertular ketika mereka menguap. Hal ini masuk akal mengingat adanya teori empati pada poin pertama.

Semakin kuat seseorang ingin menguap, maka semakin kuat aktivasi dari bagian otak periamygdalar kiri. Hasil temuan ini merupakan tanda neurofisiologis pertama yang mengungkapkan bahwa menguap bisa menular. Daerah periamygdalar adalah zona yang terletak di samping amigdala dan struktur bentuknya seperti kacang almond yang terletak jauh di dalam otak.

Aktivasi beberapa bahan kimia yang ditemukan di otak, misalnya, serotonin, dopamin, glutamin, asam glutamat dan oksida nitrat, dapat pula meningkatkan frekuensi menguap. Sedangkan beberapa bahan kimia lain seperti endorfin justru bisa mengurangi frekuensi menguap.

 

3.Menguap Bisa Jadi Tanda Sebuah Penyakit

Menguap mungkin bukan tanda penyakit yang sangat serius atau berbahaya. Namun jika Anda terus-terusan menguap, ini bisa menandakan ada hal yang salah dengan kesehatan Anda. Bisa jadi berhubungan dengan otak, jantung, saraf, atau masalah tidur.

Beberapa studi menunjukkan manfaat dari menguap yaitu dapat menstabilkan tekanan di kedua sisi gendang telinga atau mirip dengan peregangan, melenturkan otot dan sendi pada tubuh serta meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

Menguap berlebihan jika dalam 1 menit seseorang menguap 1-4 kali. Menguap berlebihan bisa jadi tanda penyakit serius.

“Ada beberapa hal yang terjadi ketika menguap. Rahang yang terbuka dan memungkinkan menghirup napas panjang. Hal ini, meski sesaat, menciptakan tekanan besar di paru-paru,” papar staf pengajar di Departemen Neurologi FK Unair ini.

Sebagian besar gangguan yang berhubungan dengan menguap berasal dari sistem saraf pusat, yakni epilepsi, radang otak, atau tumor otak. Menguap juga menjadi tanda dari reaksi vasovagal. Bisa juga menjadi tanda kecemasan atau rasa bosan.

“Orang menguap untuk berbagai macam alasan. Tidak selalu berarti mengantuk,” tuturnya.

Menurut Prof. Machfoed, ilmuwan percaya menguap dapat membantu kita menjadi lebih waspada untuk segera memasukkan oksigen ke otak. Karena menguap adalah salah satu tanda jumlah oksigen di otak menurun yang bisa membuat kita sulit konsentrasi.

Ilmuwan lain beranggapan, menguap justru membantu mengatur suhu tubuh. Dengan menguap, terjadi proses menaikkan tensi dan laju jantung.

Umumnya, menguap tidak berbahaya, walau bisa juga menjadi pertanda kondisi medis yang serius. “Orang-orang yang memiliki penyakit saraf seperti multiple sclerosis dan amyotropic lateral sclerosis (ASL) akan menguap lebih sering dari orang normal,” tuturnya.

Orang dengan tekanan darah rendah, misalnya sekitar 90/60 mmHg, juga cenderung Bering menguap yang diikuti rasa mengantuk. Tekanan darah rendah juga membuat orang sering pusing, cepat lelah, dan penglihatan kabur.

Tekanan darah rendah membuat kurangnya darah yang dipompa jantung. Jika darah yang dipompa jantung semakin sedikit, akan semakin rendah tekanan darahnya. Akibatnya, jantung atau otak kekurangan pasokan oksigen dan yang bersangkutan menjadi Bering menguap, pusing, atau lelah.

Banyak menguap, diungkapkan, juga bisa karena reaksi terapi radiasi untuk kanker, atau konsumsi obat-obatan seperti untuk penyakit parkinson. Beberapa antidepresan seperti paroxetine dan setraline bisa menyebabkan menguap berlebihan. Yang menarik, pengidap skizofrenia justru jarang menguap.

Hampir semua makhluk vertebrata selalu menguap. Bahkan, janin manusia mulai menguap ketika berusia 11 minggu. Namun, jika Anda kerap menguap, 1-4 kali dalam satu menit, jangan Began untuk ke dokter.

Sering menguap juga bisa dikarenakan kondisi kelelahan yang teramat sangat. Kelelahan ternyata bisa juga berhubungan dengan adanya infeksi saluran kencing, akibat kontaminasi bakteri Escherichia coli. Bila Anda Sering menguap melebihi Batas normal, cobalah memeriksakan urin ke dokter. Siapa tahu mengalami UTI (urinary tract infection).

Diet ketat sampai tubuh tak cukup mendapat asupan gizi, juga bisa mencetuskan kelelahan. Kalori sama halnya dengan energi. Mengonsumsi makanan dalam porsi seimbang akan membuat kadar gula darah terjaga normal, dan rasa kantuk enggan mendekat.

Disarankan memilih karbohidrat kompleks agar mendapatkan energi yang cukup. Terlalu banyak menyantap nasi putih, mi, kue, atau roti, yang termasuk dalam deretan karbohidrat sederhana, malah mengundang kantuk.

Kelelahan juga bisa disebabkan asupan makanan yang dapat memicu alergi. Selain itu, konsumsi kafein bisa pula membuat tubuh yang sudah letih menjadi semakin letih.

 

4.  Janin Juga Bisa Menguap

Tumbuh dari embrio menjadi manusia yang utuh adalah sebuah proses panjang. Berkat perkembangan teknologi Ultrasonografi, para ilmuwan dapat mengetahui bahwa janin yang tumbuh di dalam rahim bukan cuma cegukan, menelan atau menggeliat, tapi juga menguap.

Menggunakan pemindaian USG 4 dimensi, para peneliti mengamati 15 janin sehat. Hasil pengamatan itu mengungkapkan bahwa menguap mungkin termasuk dalam proses perkembangan janin.

Sebelumnya beberapa ilmuwan tidak sependapat kalau janin menguap. Menurut mereka, janin hanya sedang belajar membuka mulut. Namun dalam jurnal PLOS ONE, para ilmuwan dari Inggris menyebutkan bahwa aksi membuka mulut janin itu memang sedang menguap dilihat dari lamanya ia membuka mulut.

Menurut Nadja Reissland dari Durham University yang memimpin penlitian ini, belum diketahui manfaat menguap pada janin. Tetapi mungkin hal itu berkaitan dengan perkembangan janin. Dengan demikian, nantinya dokter bisa memeriksa apakah janin menguap atau tidak untuk memprediksi kesehatannya.

“Tidak seperti kita, janin tak menguap karena mereka mengantuk. Malah, frekuensi menguap mereka berkait erat dengan pematangan otak di kandungan,” katanya.

Penelitian itu dilakukan terhadap 8 janin perempuan dan 7 janin laki-laki berusia 24-36 minggu kehamilan. Frekuensi janin menguap akan berkurang di usia 28 minggu.

5. Durasi Menguap = 6 Detik

Mungkin belum ada penelitian yang bisa menjelaskan teori ini, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa rata-rata seseorang menguap selama enam detik. Selama enam detik itu, detak jantung meningkat. Sebuah penelitian tahun 2012 juga menunjukkan bahwa psikologis dan tubuh manusia berubah sebelum dan setelah menguap. Tubuh dan mental berubah hanya dalam waktu enam detik. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa efek menguap pada tubuh ini tak bisa digantikan dengan apapun, bahkan dengan cara menarik napas panjang.

6. Efek Menguap Pada Penderita Autis

Belakangan ini, sebuah studi lain di tahun 2007 mengemukakan bahwa anak dengan gangguan autism tidak mengalami peningkatan frekuensi menguap setelah melihat video orang-orang yang menguap. Hasil ini berkebalikan dengan hasil anak lain yang normal. Dari studi ini, mereka menyimpulkan bahwa penularan menguap disebabkan oleh empati.

7. Efek Menguap Pada Binatang Peliharaan

Setelah mengetahui seluk-beluk mengenai menguap pada manusia, ternyata penularan menguap juga dapat terjadi pada hewan. Sebuah studi lain di Universitas London menunjukkan bahwa menguap dapat menular dari manusia ke anjing. Hasil studi tersebut adalah dari 29 anjing yang dilakukan percobaan di mana seseorang menguap di depan mereka, ternyata ada 21 anjing yang ikut menguap juga. Hal ini tidak terjadi ketika orang tersebut hanya membuka mulutnya, tidak menguap. Mungkin Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.
8. Menguap Tanda Otak Panas

Para peneliti dari Austria, seperti dikutip situs Health Day edisi 8 Mei 2014, menemukan bahwa jumlah kuapan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada temperatur udara. Karena itu, orang jarang menguap di luar ruangan karena temperatur di luar biasanya sangat panas atau sangat dingin.

Dalam penelitian terbaru, tim yang dipimpin oleh Jorg Massen dari University of Vienna mendata kebiasaan menguap orang-orang yang beraktivitas di udara terbuka di Vienna, Austria, selama musim panas dan musim dingin. Para ilmuwan kemudian membandingkan hasil tersebut dengan eksperimen sejenis yang dilakukan di Arizona. Partisipan dalam semua studi itu diminta melihat gambar orang yang menguap untuk mencari tahu ihwal “kuap yang menular”, dan kemudian melaporkan perilaku menguap mereka sendiri.

Orang-orang di Vienna ternyata menguap lebih banyak pada musim panas ketimbang musim dingin, sementara hal yang sebaliknya terjadi di Arizona. Para ilmuwan juga menemukan bahwa kuap yang menular lebih kerap terjadi saat suhu udara sekitar 68 derajat Fahrenheit. Kuap jarang muncul saat suhu udara lebih tinggi dari itu, atau sekitar 98,6 derajat Fahrenheit selama musim panas di Arizona atau sekitar titik beku selama musim dingin di Vienna. Hasil riset ini dipublikasikan secara online di jurnal Physiology & Behaviour.

Seperti yang diijelaskan oleh para peneliti, kuap untuk mendinginkan otak tidak terjadi ketika suhu di udara terbuka sepanas suhu tubuh seseorang atau malah lebih panas. Bahkan, kata Massen, pendinginan otak ada kemungkinan tidak terjadi pada musim dingin. Pendinginan otak bisa meningkatkan kemampuan otak sehingga kuap yang menular bisa menjadi kebiasaan evolusioner yang berarti meningkatkan kesiagaan secara menyeluruh sekelompok orang.

 

(Dari berbagai sumber)
 

Leave a comment

Penyakit Tapi Bukan Penyakit (Bagian 17): Mabuk Perjalanan

 

mabuk perjalanan

Satu diantara masalah yang umum dialami oleh mereka yang melakukan perjalanan jauh adalah mabuk perjalanan. Suatu kondisi yang tidak menyenangkan karena menyebabkan tubuh menjadi lemas, bahkan tidak jarang malah sakit setibanya di tujuan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan, dalam ranah medis dikategorikan sebagai penyakit Vertigo (Inggris: motion sickness), dengan gejala pusing, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen sistem tersebut yaitu sistem syaraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors), tidak bekerja secara sinkron.

Misalnya saat kita membaca buku di dalam mobil yang sedang bergerak, mata dan tubuh tidak memberikan sinyal adanya pergerakan ke otak, sementara telinga bagian dalam merespon gerakan kendaraan dan memberitahukannya ke otak, konflik informasi yang diterima otak inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk kendaraan. Demikian jugalah yang terjadi saat kita mabuk laut, udara dan saat melakukan permainan wahana gerak seperti Roller Coaster.

Kondisi mabuk perjalanan ini juga dipicu atau diperparah oleh bau-bau tajam seperti asap rokok dan wewangian, kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata.

Mabuk pejalanan dapat dialami oleh siapa saja dan dari berbagai usia, bergantung kepada daya tahan tubuh dan kebiasaan dalam melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

  1. Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya berdo’a untuk keselamatan dan ketenangan selama di perjalanan, serta pastikan tubuh dalam keadaan prima atau sehat.
  2. Sebelum berangkat, sebaiknya perut tidak dalam keadaan kosong dan juga tidak kenyang.
  3. Hindari makan besar, memakan makanan berat yang butuh waktu lama dicerna, mengandung banyak lemak, pedas atau beraroma kuat, dan makanan yang mengandung banyak kuah seperti soto. Isilah perut dengan makanan yang relatif ringan seperti sedikit nasi dengan tempe atau tahu.
  4. Di dalam kendaraan, usahakan untuk tidak terlalu fokus menatap objek yang dekat misalnya menggunakan gadget dan membaca majalah, sesekali melihat objek-objek jauh di luar kendaraan terutama pada pemandangan bagian depan kendaraan. Benda atau obyek yang berada di kejauhan tidak akan bergerak secepat benda-benda yang berada pada jarak dekat kala mobil melaju. Begitu pun sebaliknya. Bila terlalu sering melihat benda yang cepat bergerak, syaraf pada mata akan dipaksa bekerja secara cepat. Ini menjadi penyebab pusing.
  5. Pilihlah tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan kendaraan, misalnya di dekat jendela dan di samping supir. Salah satu penyebab utama mabuk perjalanan, khususnya anak-anak, adalah posisi duduk dan arah pandangan yang salah. Pada umumnya mereka duduk dengan posisi seenaknya dan tidak searah dengan laju kendaraan. Posisi duduk menyamping atau membelakangi arah laju mobil akan cepat memicu rasa mual atau pusing.
  6. Menghisap permen jahe, mint atau permen jamu.
  7. Pehatikan dan siapkan tubuh mengikuti arah gerak kendaraan.
  8. Jangan biarkan kendaraan tertutup, bukalah jendela secukupnya untuk sirkulasi udara dan agar ada terpaan angin, hingga otak terstimulasi bahwa tubuh kita sedang bergerak.
  9. Fokus dan menikmati musik dari media player sambil memejamkan mata.
  10. Untuk kendaraan pribadi, berhenti dan beristirahatlah secara teratur setiap 4-5 jam perjalanan.
  11. Jangan mengkonsumsi makanan berbumbu keras karena bisa menyebabkan gangguan lambung.
  12. Hindari mencium wewangian (pengharum) kendaraan atau benda-benda yang beraroma tajam (misal durian), karena bisa menimbulkan rasa mual.
  13. Untuk perjalanan dengan kapal laut, coba anda berada di dek kapal agar dapat menghirup udara segar dan melihat lautan luas.
  14. Jika membawa anak-anak, untuk mencegah mabuk perjalanan atau ketika mereka merasa mual hendak muntah, berikan segera buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, pear atau pisang. Buah jeruk paling efektif karena aromanya saja bisa mengurangi rasa mual.
  15. Cegah rasa bosan. Bila laju kendaraan melambat karena jalanan yang padat, lakukan permainan bersama anak-anak untuk menghindari rasa bosan. Pasalnya, kebosanan bisa memicu stres. Sedangkan stres bisa menyebabkan mual atau mabuk perjalanan. Namun, harus diingat, pilih jenis permainan yang aman dan tetap menyenangkan. Tebak-tebakan, menyusun kalimat dalam bahasa asing pada papan scrable, menggambar, atau permainan lainnya yang memerlukan keterampilan atau ketangkasan bisa menjadi pilihan.
  16. Dan terakhir, tips terbaik saya adalah tidur, untuk itu sebelum berangkat sebaiknya minum jamu yang menyebabkan kantuk dan obat-obatan anti mabuk, bisa juga meminum obat sakit kepala yang dapat menyebabkan kantuk.

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Apabila gejala-gejala mabuk perjalanan sudah terjadi:

  1. Kalau memungkinkan hentikan kendaraan dan beristirahat.
  2. Bila mual tidak juga reda, coba gerakkan semua jari tangan dan kaki, seperti gerakan mencengkram lalu lepaskan secara berulang-ulang, tujuan dari gerakan ini adalah agar jalan darah ke otak menjadi lancar.
  3. Bila muntah, bersihkan mulut dari sisa muntahan dengan cara berkumur-kumur dengan air putih.
  4. Minumlah sedikit air putih atau minuman berkarbonasi atau meminum larutan herbal (jahe-jahean) dan memakan sedikit cracker kering.
  5. Bernafas secara teratur, melakukan pernafasan perut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan menggembungkan perut, lepaskan melalui mulut perlahan-lahan.
  6. Mengoles minyak kayu putih di bagian leher dan sekitar dada.
  7. Apabila kondisinya agak mengkhawatirkan, terutama pada anak-anak (2-5 tahun) seperti yang pernah dialami anak balita saya dengan ciri-ciri keringat dingin yang berlebihan, lemas, nyaris pingsan, sebaiknya hentikan dulu perjalanan.

 

(Dari berbagai sumber)

Leave a comment

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

 

garam

 

Saat hidung bayi yang baru lahir (0 – 3 bulan) atau balita tersumbat, orang tua biasanya panik dan bingung. Benarkah, bayi baru lahir tidak boleh diberikan balsem pelega napas. Adakah cara aman untuk membantukan bernapas lancar kembali?

Jika bayi sedang mengalami sakit pilek yang berakibat hidungnya tersumbat, pada saat itu biasanya bayi mengalami kesulitan untuk tidur, rewel, dan juga kesulitan untuk bernapas. Orang tua harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi tersumbatnya hidung pada bayi.

Hidung tersumbat adalah gejala awal influenza atau flu. Hidung bayi biasanya banyak mengandung lendir di momen seperti ini. Tapi karena udara yang keluar masuk lewat hidung, ingus pun menjadi kering di dalam hidung. Ini menutup dan menyumbang saluran nafas di hidung bayi. Saat itulah bayi sulit bernafas karena hidung tersumbat.

Ada beberapa cara tradisional dan aman yang dapat ibu lakukan di rumah. Ini dia yang cara yang paling umum dilakukan ketika hidung bayi tersumbat, antara lain :

1. Penguapan Secara Alami

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan cara penguapan atau inhalasi. Anda dapat melakukan cara inhalasi yang alami ini di rumah. Caranya anda dapat memberikan uap dari air panas yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Ini sangat mudah, anda hanya harus meletakan ember kecil yang berisi air panas dan telah ditetesi sedikit minyak telon di pojokan ruangan. Biarkan bayi anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini sedikitnya bisa membantu bayi anda dalam melegakan hidung yang tersumbat. Dan juga dapat menggendong bayi anda dengan membantunya untuk telungkup pada kedua tangan anda serta posisikan bayi anda dengan wajah berada di atas ember yang berisi air hangat. Hal tersebut dapat membantu bayi untuk menghirup uap dari air hangat tersebut.

2. Hangatkan Tubuh Bayi

Berikan selalu rasa hangat pada bayi yang hidungnya tersumbat. Ini dapat melegakan pernafasan dan memberikan kenyamanan pada bayi anda. Anda dapat memandikan bayi anda menggunakan air hangat kemudian menjemur bayi pada saat matahari masih pagi. Dengan cara seperti itu bayi dapat merasakan kehangatan juga dapat membantu mengurangi tersumbatnya hidung pada bayi. Pada saat bayi anda tertidur, sebaiknya anda mengatur suhu ruangan anda. Disarankan anda untuk tidak menggunakan AC. Suhu rendah pada AC akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Sebelum pergi tidur, anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada perut, punggung dan juga area dada sang bayi, sertai dengan pijatan yang lembut.

3. Pijat Hidung Bayi

Pijatlah dengan lembut hidung bayi pada area atas hidung dan alis dengan sedikit mengoleskan minyak telon, ini sangat membantu dalam melegakan tersumbatnya hidung bayi, agar lendir yang ada di dalam hidung bayi keluar.

a. Anda dapat membantu bayi melegakan pernafasan dengan memijat lembut hidung dan sekitarnya dengan bahan lembut sambil membersihkan ingus. Pijatan lembut merilekskan pernafasan bayi, ini membantu lendir keluar dengan mudah.
b. Bersihkan hidung dari bekas lendir yang mengering menggunakan cotton bud basah. Hidung yang bersih membantu bayi bernafas dengan lancar. Hati-hati saat membersihkan, jangan masukkan cotton bud terlalu dalam.

4. Atur Posisi Tidur Bayi

Pada saat hidung bayi anda tersumbat, mengatur posisi tidur yang baik pada bayi akan sedikit melegakan sistem pernafasan bayi. Miringkan badan bayi ketika tidur, jadi pada saat hidung kiri bayi anda tersumbat anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kanan, jika hidung kanan yang tersumbat anda dapat memiringkannya ke samping kiri. Namun usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.

5. Larutan Garam

Sejak dari dulu air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Juga memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan juga mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung.

a. Anda bisa mendapatkan larutan obat tetes NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) di apotik, contohnya salah satu mereknya adalah Breathy. Fungsinya, untuk melembabkan selaput dalam saluran pernafasan bayi, melancarkan sumbatan hidung, dan mengencerkan ingus agar mudah dikeluarkan. Cara memberikannya adalah dengan memasukkan sedikit bagian ujung pipet lalu teteskan lembut.
b. Anda juga bisa membuat sendiri larutan NaCl dengan cara melarutkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1/2 gelas air hangat. Gunakan pipet untuk meneteskannya. Pipet bisa Anda dapatkan di apotik. Apabila Anda membeli yang sekali pakai, bersihkan menggunakan air hangat.
c. Setelah ingus encer, bantu bayi mengeluarkannya menggunakan penyedot ingus. Ikuti langkah-langkah di poin 1.
d. Lakukan setiap harinya minimal 3 kali. Disarankan sangat berhati hati dalam melakukannya apalagi untuk ibu baru sebaiknya meminta bantuan orang tua anda yang telah berpengalaman melakukan ini.

6. Balsem Pelega Pernafasan dan “Nebulizer” Sederhana

a. Anda bisa mengoleskan balsem pelega pernapasan khusus bayi, di bagian dada, leher dan punggung, sambil memijat lembut. Contoh, salah satu merek balsem bayi adalah Transpulmin. Selain memberi rasa hangat, uap balsem juga akan melonggarkan hidung tersumbat.
b. Cara lain adalah dengan membuat semacam “nebulizer” sederhana dengan cara meneteskan minyak kayu putih ke dalam mangkuk berisi air panas di salah satu sudut ruangan, terutama di area kamar yang merupakan wilayah pertukaran udara. Selain berfungsi membersihkan udara yang sarat virus flu, uap hangat kayu putih juga membantu bayi bernapas dengan lega.

7. Penyedot Ingus

Ini adalah cara terakhir, jika ingus bayi belum juga bisa keluar dan tetap menyumbat pernapasan bayi, kamu bisa menggunakan penyedot ingus  (nasal aspirator) khusus bayi. Biasanya penyedot ingus bayi ini dijual bebas di apotik. Bentuknya botol karet kecil dengan ujung plastik yang berfungsi sebagai penyedot. Jangan menyedot ingus bayi dengan cara oral melalui mulut, karena bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam hidung bayi.

a. Gunakan penyedot ingus (nasal aspirator) khusus untuk bayi. Bentuknya serupa pipet atau pipa plastik yang lembut dengan ujung berupa karet penyedot. Dijual di apotek, dengan merek khusus untuk bayi, seperti Pigeon, Chicco, Dreambaby dan lain-lain.
b. Bersihkan bagian yang akan dimasukkan ke hidung bayi dengan cara disteril (dengan alat steril botol) atau kapas yang diolesi alkohol 70%.
c. Tenangkan bayi sebelum penyedotan dilakukan agar Anda dapat memasukkan alat dengan tepat.
d. Masukkan alat ke dalam hidung bayi, tetapi jangan terlalu dalam. Saat memasukkan penyedot, ujung karet yang berfungsi untuk menyedot harus dalam keadaan ditekan, lalu lepas perlahan saat sudah di dalam hidung. Lakukan dengan lembut, agar hidung bayi tidak teriritasi.

 

(Dari berbagai sumber)

1 Comment

MSG vs Penyedap Rasa Alami

penyedap rasa alami

 

Rata-rata ibu rumah tangga tidak akan puas dengan rasa masakan yang dihasilkan kalau tidak ditambahkan dengan penyedap rasa bernama MSG. MSG (Monosodium Glutamate) atau yang bisa disebut dengan vitsin atau juga micin merupakan suatu zat penguat rasa yang ditemukan oleh pakar kimiawi di masa lampau.

Sebenarnya, penggunaan penyedap rasa MSG sangat tidak dianjurkan karena terbuat dari bahan kimia yang tentu saja akan mengganggu fungsi tubuh, atau bisa mengganggu jaringan otak. Hal ini akan sangat berbahaya bagi perkembangan otak anak, tetapi MSG masih bisa digunakan selama dalam batas aman (tidak berlebihan) hanya sekitar 3gr/hari batas msg yg mampu diterima tubuh.

Monosodium glutamat, atau MSG, telah digunakan selama kurang lebih 100 tahun. MSG lazim digunakan sebagai penyedap rasa berbagai masakan.

Namun beberapa puluh tahun terakhir, kontroversi juga berkembang seputar penggunaan MSG, terutama kaitannya dengan risiko kesehatan yang mungkin timbul. MSG dikenal sebagai zat yang juga aktif secara neurologis akibat komposisi kimia yang dimilikinya.

Memahami komposisi kimia zat ini penting untuk mengetahui apa itu MSG.

Komposisi Kimia Dasar

Monosodium glutamat merupakan sejenis garam-garaman, artinya MSG terdiri dari atom dan molekul yang telah terionisasi, sehingga menjadi bermuatan listrik. Satu unit monosodium glutamat berisi lima atom karbon, empat atom oksigen, delapan atom hidrogen, dan satu atom natrium. Semua atom selain natrium bergabung menjadi satu molekul yang dikenal sebagai asam glutamat, terikat bersama-sama menjadi ikatan kovalen.

Struktur Kimia Asam Glutamat

Molekul utama dalam monosodium glutamat adalah asam glutamat, salah satu asam amino nonesensial. Rumus kimia asam glutamat adalah HOOC-(CH2) 2-CH (NH2)-COOH. Namun salah satu atom hidrogen di akhir ikatan hilang ketika molekul bergabung dengan natrium untuk membentuk garam.

Sifat Asam Glutamat

Asam glutamat, atau glutamat, ditemukan secara alami dalam berbagai protein, pada semua produk hewani dan sejumlah protein tumbuhan seperti pada tomat, kedelai, dan jagung. Asam glutamat diperlukan untuk berbagai proses tubuh, misalnya, dalam detoksifikasi amonia di otak. Asam glutamat juga dapat dikombinasikan dengan asam amino lainnya untuk membentuk polipeptida dan protein untuk melakukan berbagai fungsi terutama sebagai neurotransmitter.

Monosodium glutamat terpisah menjadi komponen ion yang berbeda – natrium dan asam glutamat – ketika kontak dengan air liur. Kedua senyawa ini secara alami terdapat dalam tubuh dan diperlukan agar fungsi tubuh dapat berfungsi optimal.

Namun, karena peran asam glutamat sebagai neurotransmitter rangsang, dosis tinggi MSG bisa merangsang otak secara berlebihan dan menimbulkan reaksi tertentu pada orang yang sensitif terhadap senyawa ini.

Reaksi sensitivitas MSG yang mungkin timbul diantaranya adalah sakit kepala, mual, jantung berdebar-debar dan berkeringat. Meskipun menimbulkan reaksi jangka pendek pada sebagian orang, penggunaan MSG masih dianggap aman oleh FDA (BPPOM Amerika).

 

MSG dan kesehatan

Orang Jepang menggunakan MSG dari tahun 1920, oleh sebab MSG sudah merebak keseluruh Dunia, para ilmuwan sudah mengadakan berbagai percobaan, bahaya atau tidaknya MSG ini. Pada awalnya yang dipakai percobaan itu anak Ayam, anak Bebek, Kelinci dan Monyet.

SHIMIZHU dkk, yang mengadakan penelitian pada tahun 1971 melaporkan bahwa MSG yang diberikan kepada anak ayam yang dicampurkan pada air minumannya menyebabkan matinya anak ayam tersebut disebabkan ginjalnya rusak.

GREENBERG dkk. (1973) melaporkan hahwa Tikus kecil yang diberi pakan MSG ketahuan sel-sel darah putihnya berubah berupa sel-sel kanker.

SNAPIR dkk. (1973 ) melaporkan bahwa anak ayam sudah diberi MSG, jumlah sel otaknya berkurang 24% dibanding dengan anak ayam yang normal tanpa diberi MSG.

Institut Penelitian Dan Pencegahan. Untuk kesehatan Nasional dari Kementrian Kesehatan Jepang sudah mengadakan percobaan dengan jalan memberi larutan MSG 2% terhadap beberapa anak ayam. Ketahuan hahwa anak Ayam tersebut semuanya mati.

Sedang yang dilaporkan oleh Baptist (1974) yaitu : ” MSG di Singapura menyebabkan penyakit radang hati dan menurunkan tingkat kecerdasan (IQ) bagi anak-anak sekolah. “

Penelitian di Indonesia yang dilakukan oleh Dr. Iwan T. Budiarso yang hasilnya yaitu : anak Ayam dan Anak Bebek yang diberi MSG itu mati. Sedangkan anak Ayam yang sudah agak besar seperti yang dibius, jalannya tidak normal, dan rupa-rupa gejala lainnya.

Masih banyak penilitian-penelitan yang membuktikan bahwa MSG itu positif menimbulkan kelainan terhadap hewan-hewan yang dibuat percobaan.

Sedangkan penelitian yang mengatakan MSG itu tidak menyebabkan mengganggu kesehatan, datangnya dari catatan ilmiah Dr. Achmad Ramli. Kctua Majelis Pertimbangan Kesehatan dan Syara Dep. Kes. R.I. juga dari Lembaga Farmasi Nasional Kesehatan R.I. dan Kepala Balai Penelitian Kimia P.N. NUPIKAYASA menyatakan bahwa MSG tidak menimbulkan hahaya terhadap kesehatan kalau dalam pemakaiannya sewajarnya.

Tapi ini penelitian pada tahun 1962 sedangkan penelitian yang menemukan adanya pengaruh itu pada tahun 1969 . Oleh sebab itu tentu penelititahun 1962 perlu ditanya akan bonafiditasnya.

WHO pun tidak tinggal diam, hasil penelitian yang berupa rekomendasi yang disampaikan pada sidang CODEX ALIMENTARY COMMISSION (CAC) tahun 1970 menyebutkan hahwa MSG berupa makanan sehari-hari, bisa dipakai paling banyak 6 mg/kg berat badan manusia dewasa. Jadi kalau berat hadannya 50kg, seharinya tidak boleh lebih dari 2 gram.

Di Amerika, dan di Singapura ada peraturan yang menyebutkan tidak boleh ditambahkan terhadap makanan bayi dan terhadap makanan yang sudah jadi (instant). Makanan harus memakai takaran yang sudah ditentukan dan menyampurkannya pun harus dibatasi.

 

Penyedap Rasa Alami

1. Bawang putih
Memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya.

2.Udang, teri atau ebi
Makanan laut memiliki ‘vetsin’ alami dalam tubuhnya, menghasilkan rasa gurih dan nikmat baik ketika dimasak sendiri ataupun dicampurkan ke dalam bahan lain. Untuk udang, teri atau ebi kering, Anda bisa mengeringkannya dengan oven, kemudian menggerusnya dengan food processor untuk mengubah bentuknya menjadi bubuk.

3. Kaldu ayam atau sapi
Kaldu dari ayam atau sapi paling pas untuk semua masakan. Anda bisa menggunakan tulang belulang atau daging yang direbus dalam air mendidih selama beberapa waktu untuk membuat kaldu ini. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat.

4. Gula pasir
Sudah bukan rahasia jika gula pasir bisa menjadi pengganti MSG. Tambahkan sedikit saja gula pasir ke dalam masakan Anda, maka rasa gurih masakan justru akan keluar. Jangan terlalu banyak ya, agar masakan Anda tidak menjadi manis.

5. Garam
Ada beberapa rahasia yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan penyedap rasa alami. Bila Anda suka rasa gurih, Anda bisa menggunakan garam pada masakan dan tak perlu memakai mecin lagi. Namun untuk mengurangi pemakaian secara berlebihan, kaldu atau stock buatan sendiri bisa menjadi pilihan.

6. Keju
Keju selain kaya nutrisi, juga bisa digunakan untuk masakan karena rasanya yang asin.

7. Tempe
Tempe bisa menjadi penyedap rasa alami yang dapat diandalkan. Selain sehat, tempe juga sudah terbukti sebagai sumber protein dan kalsium yang tinggi. Sebab tempe terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang difermentasikan. Jika Anda ingin membuatnya sebagai penyedap rasa maka sebaiknya ambil tempe yang belum diolah atau belum diberi bumbu apa pun. Cukup Anda potong-potong kecil tempe segar ini. Nah, tumisan kangkung atau tumisan aneka sayuran lainnya jadi gurih sekali. Jangan lupa masakannya tambahkan bubuk lada putih halus.

8. Lada putih dan garam
Campuran lada putih dan garam menghasilkan rasa gurih yang alami. Sediakan selalu campuran perpaduan bahan ini dalam stoples kaca atau plastik. Perbandingannya adalah satu banding satu, misalnya satu mangkuk kecil lada dan satu mangkuk kecil garam. Campurkan dua bahan jadi satu dan masukkan dalam wadah bersih dan kering. Jadilah penyedap rasa alami yang sehat, mudah dan paktis. Gunakan campuran ini sebagai penyedap rasa. Sayur asam menjadi tambah gurih jika pakai penyedap rasa jenis ini.

9. Tomat merah
Irisan tomat merah segar adalah penyedap rasa alami yang luar biasa. Kaum ibu di Timur Tengah, selalu menambahkan tomat merah segar dalam berbagai menu masakannya. Tomat merah memang dapat membuat gurih masakan. Tak heran di dalam lemari pendingin para ibu di Timur Tengah pasti tersedia tomat merah dalam jumlah melimpah.

10. Terasi
Bagi Anda yang suka terasi, ini merupakan kekayaan penyedap rasa tradisional yang kita miliki. Terasi umumnya terbuat dari udang atau ikan yang dihaluskan bersama garam. Selain untuk menyedapkan sambal, saya pernah mencoba, ternyata terasi sangat gurih jika ditambahkan ke dalam sup ayam atau daging. Bisa juga untuk tumisan aneka sayuran misalnya tumis kangkung, kacang panjang, tumis bayam, tumis brokoli, tumis sawi, labuh siam, nasi goreng, dan tentu saja sayur lodeh serta sayur asam.

11. Ikan tongkol/cakalang
Ikan tongkol atau cakalang yang telah dikukus atau dipindang, dapat digunakan sebagai penyedap makanan, terutama untuk penyedap sayuran yang ditumis/dicah.  Ambil daging tongkol/cakalang secukupnya, buang duri-durinya. Kemudian ikan ini dicincang atau disuir-suir kecil. Masukkan tongkol/cakalang bersama bumbu tumisan untuk sayuran yang akan dimasak (boleh untuk tumisan kangkung, tumisan daun pepaya, tumisan daun singkong, tumisan sawi, dan lain sebagainya sesuai selera).

 

(Dari berbagai sumber)

2 Comments

18 Cara Alami Mengatasi Kantung Mata

kantung mata

 

Bayangkan jika keindahan mata Anda dirusak dengan kantung mata, pastinya kepercayaan diri Anda turun dan kecantikan berkurang. Tak hanya membuat diri Anda terlihat sangat lelah, masalah kantung mata ternyata juga bisa memicu timbulnya kerutan halus di area sekitar mata. Dengan kondisi seperti ini jangankan tampil cantik di segala kesempatan, masalah kantung mata alias dermatochalasis malah membuat Anda terlihat lebih tua darai usia yang sebenarnya.

Masalah kantung mata tidak identik lagi dengan usia tua, di atas 40 tahun, karena saat ini banyak anak-anak muda yang dihinggapi masalah serupa. Untuk mereka yang berusia tua, masalah kantung mata disebabkan karena penumpukan lemak di bagian dalam kulit di bawah mata, terjadi kekenduran otot mata dan kelebihan kulit di area mata. Sementara masalah kantung mata yang dialami anak muda terjadi karena faktor genetik dan kebiasaan kurang tidur.

Kurang tidur menyebabkan mata sembab dan hitam, sehingga mata terlihat seperti berkantung. Gangguan kesehatan juga bisa menyebabkan timbulnya masalah kantung mata. Masalah kantung mata juga dapat disebabkan oleh penyakit sinus dan influenza memicu terjadinya pembengkakan pipi yang kemudian merambat ke daerah mata. Alergi juga dapat menyebabkan kulit bagian bawah mata terlihat senja. Begitu, pula dengan gangguan ginjal, make up yang tidak tepat, serta faktor kelelahan fisik dan psikis jauh mempengaruhi bagian bawah mata.

Begitu pula dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol dan kebiasaan mengonsumsi garam yang berlebihan memicu timbulnya kantung mata. Gaya hidup yang salah ini bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi sehingga mempengaruhi area kulit di bawah mata yang terlihat lebih sembab. Paparan sinar matahari yang terlalu sering juga menyebabkan timbulnya masalah kantung mata, karena paparan sinar matahari menyebabkan lapisan kulit, termasuk di bagian bawah mata menjadi kering dan sembab. Hal tersebut lama-kelamaan membuat mata terlihat bengkak dan berkantung.

Penggunakan bulu mata buatan,  eyeliner, maskara, warna make up hanya untuk sekedar menutupi kantung mata agar tak dapat membantu mengaburkan kantung mata namun tetap saja penggunaan alat-alat kecantikan dan kosmetik ini tidak mampu meningkatkan keindahan mata kita.

 

Dibawah ini adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan kantung mata:

 

  1. Minyak Almond

Menggunakan minyak pijat yang mengandung vitamin E di daerah sekitar mata dengan menghindari kontak langsung terhadap mata anda. cara ini diperlukan sebagai proses pelancaran sirkulasi daerah sekitar mata anda, anda dapat memilih minyak almond untuk melakukan cara ini.

 

2. Concealer Make Up

Anda dapat menggunakan concealer make up, penggunaan ini sifatnya hanya sementara saja karena make-up tersebut hanya menyembunyikan kantung mata.

 

3. Cukup Tidur

Jangan tidur kurang dari 8 jam dalam sehari dan tidur secara teratur. Karena kurang tidur adalah faktor yang paling mempengaruhi terjadinya proses pembentukan kantung mata anda.

 

4. Air Putih

Jangan meremehkan Air Putih, karena segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan pasti berhubungan langsung dengan air putih. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih karena air putih merupakan minuman terbaik bagi kesehatan kita.

 

 5. Kentang

Gunakan kentang sebagai masker sebelum anda tidur setiap malam, gunakanlah parutan kentang yang telah diperas airnya lalu kenakanlah sebagai masker disekitar mata anda, atau anda dapat meletakan irisan kentang tipis lalu tempelkanlah pada mata anda. Cara ini bisa dibilang cara sederhana atau alami yang sering digunakan kaum wanita dalam kesehariannya menjelang tidur malam.

Kentang yang memiliki kandungan zat phytochemical, polifenol dan karotenoid dan vitamin C yang terkandung dalam kentang ternya bermanfaat bagi peremajaan kulit, khsusunya bagian kantung mata. Selain itu, kandungan mineral natrium dengan kadar alkalinnya yang cukup tinggi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Dengan kemampuan ini tak berlebihan jika elastisitas kulit Anda akan terus meningkat sehingga mampu meremajakan kulit kantung mata. Kentang juga memiliki kadar air yang tinggi serta kandungan vitamin B1 yang baik sebagai antioksidan bagi kulit Anda.

 

6. Sayuran Hijau

Perbanyaklah mengkonsumsi sayur hijau dan tambahkanlah sayur hijau kedalam program diet anda apabila anda sedangng melakukan program diet. Sayuran hijau adalah sayuran yang memiliki daun hijau, serta anda juga harus perbanyak makanan yang memiliki kandungan Vitamin A dan E yang tinggi.

 

 7. Olahraga Rutin

Lakukanlah olahraga setiap hari secara rutin, dalam melakukan olahraga rutin ini anda tidak perlu melakukan olahraga berat, anda cukup melakukan olahraga ringan saja asalkan teratur seperti berjalan, Jogging atau bahkan anda dapat melakukan Yoga dirumah.

 

 8. Mentimun

Gunakan irisan timun lalu tempelkan pada mata anda. penggunaan timun ini berfungsi untuk mendinginkan mata dan menghilangkan bengkak pada mata anda dimana bengkak pada mata juga menyebabkan proses terjadinya kantung mata.

Dibandingkan dengan bahan alami lainnya, mentimun dianggap sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh membantu menyamarkan masalah kantung mata. Mentimun ampuh mengatasi masalah kantung mata karenanya sifatnya yang dingin. Mentimun kaya akan kandungan zat holitosis yang bermanfaat untuk mata serta area kulit di sekitar mata.

Kandungan asam malonat yang ada di dalam mentimun juga memiliki kemampuan menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak di bawah mata. Selain itu, mentimun juga mengandung asam saponin yang mampu mengeluarkan lendir, serta vitamin E yang mampu menghambat penuaan dan menghilangkan keriput di area sekitar mata. Tak hanya itu, kandungan vocunis sativum L pada mentimun juga berfungsi untuk mengencangkan kulit area sekitar mata. Dengan kemampuan ini tak heran jika mentimun bisa digunakan untuk membantu menyamarkan kantung mata.

 

9. Air Mawar

Gunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam air mawar lalu tempelkan didaerah mata anda.

 

10. Mengurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi penggunaan garam dimakanan anda, karena dengan mengkonsumsi garam yang berlebih dapat menimbulkan retensi terhadap cairan dimana proses tersebut akan memicu terjadinya pembengkakan pada mata anda.

 

11. Mewaspadai Kosmetik

Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung zat kimia yang memiliki kandungan pemutih. Banyak wanita yang menggunakan make-up yang memiliki zat kimia pemutih karena ingin menghilangkan kantung mata yang berwarna hita, Harusnya anda hindari penggunaan kosmetik seperti ini dikarenakan kulit pada daerah sekitar mata merupakan kulit yang sensitif terutama dibagian bawah mata.

 

12. Kantung Teh Hijau Celup

Gunakan kantung teh celup yang telah dingin lalu tempelkan pada mata anda, penggunaan kantung teh ini ternyata mampu mengurangi warna hitam pada daerah sekitar mata anda.

Teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan kantung mata karena kandungan antioksidannya yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk meremajakan sel kulit kantung mata. Teh hijau yang telah dikemas menjadi kemasan teh hijau terlebih dahulu dipakai untuk membuat teh hijau ini dibiarkan beberapa saat.

Setelah dingin, bekas kemasan teh hijau ini langsung ditempelkan di area kantung mata selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin 2-3 kali sehari. Lakukan hingga kantung mata terlihat agak samar. Setelah agak samar, masker teh hijau ini cukup dioleskan 2-3 kali dalam seminggu. Teh hijau ini aman digunakan karena berbahan alami.

 

13. Air Dingin
Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan menggunakan air dingin. Gunakan lap yang telah di celupkan pada air dingin dan kompreskan pada kedua mata, diamkan selama beberapa menit. Lakukan ini secara rutin sebelum kamu tidur. Kamu bisa melihat kantung matamu sudah lenyap keesokan paginya.

 

14. Susu Cair

Ambil kapas secukupnya kemudian basahi dengan susu cair, letakkan kapas tersebut pada area kantung mata. Diamkan sekitar lima belas menit lalu bilas dengan air bersih.

 

15. Putih Telur
Untuk menghilangkan kantung mata dengan putih telur, caranya adalah mencelupkan kuas pada putih telur kemudian usapkan pada area kantung mata. Diamkan 10 menit kemudian basuh dengan air dingin.

 

 17. Wortel

Buah wortel ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan masalah kantung mata. Pasalnya kandungan vitamin A dan C bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata atau lingkar mata yang menghitam. Buah wortel segar dicuci bersih di air yang mengalir, lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil. Potongan ini langsung dimasukkan ke dalam blender, kemudian haluskan. Lalu oleskan wortel yang telah dihaluskan ke bagian kantung mata. Diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari hingga kantung mata Anda terlihat agak samar.

 

18. Es

Mengompres bagian mata dengan air es untuk mencegah sembab di bagian kulit bawah mata. Beberapa potong es, ditutup dengan kain katun lalu ditempelkan pada bawah mata selama beberapa menit. Perawatan ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

 

Lakukanlah perawatan untuk menghilangkan kantung mata ini, karena dengan perawatan secara teratur dapat membantu meredakan proses pembentukan kantung mata.

 

 

(Dari berbagai sumber)

 

 

 

1 Comment

Wortel vs Kanker

wortel warna warni

 

Wortel tidak hanya bermanfaat meningkatkan fungsi penglihatan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa wortel mungkin berpotensi menjadi terapi bagi kanker.

Nutrisi yang terkandung dalam wortel diyakini mampu meringankan dan meningkatkan kondisi penderita kanker.

Agar lebih mudah dikonsumsi, wortel biasanya disajikan dalam bentuk jus. Wortel penuh dengan vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang penting untuk kesehatan.

Sayuran ini mengandung vitamin A, C, D, E, K, B1, B6, bersama dengan beta karoten, zat besi, kalsium, sulfur, tembaga, klorin, magnesium, fosfor, natrium dan kalium. Masing-masing vitamin dan mineral ini memainkan peran untuk melawan kanker.

Nutrisi Wortel untuk Melawan Kanker

Berikut adalah berbagai nutrisi wortel yang berguna memerangi kanker:

1. Vitamin E

Kandungan wortel yang efektif melawan kanker adalah vitamin E yang memiliki tiga bentuk kimia – alpha, beta dan gamma tokoferol.

Semua bentuk ini disebut sebagai vitamin E kompleks. Menurut sebuah studi, vitamin E penting untuk menjaga pertumbuhan dan pembelahan sel agar jaringan tetap sehat.

Percobaan di laboratorium menunjukkan jaringan kanker tidak mampu tumbuh saat ditempatkan dalam serum darah sarat dengan vitamin E.

Selain itu, vitamin E juga dikenal meningkatkan kekebalan dan kekuatan tubuh yang akan membantu memerangi kanker.

2. Vitamin A

Kandungan vitamin A pada woortel sudah begitu dikenal. Vitamin A dikenal mampu meningkatkan kesehatan mata.

200 gram jus wortel diketahui memiliki 50.000 unit atau lebih vitamin A.

Vitamin A juga dikenal membantu perawatan kanker. Seorang ahli diet dikatakan mampu menyembuhkan seorang wanita yang menderita kanker perut hanya dengan jus wortel.

3. Beta Karoten

Jus wortel dapat mencegah kanker payudara dan kanker kulit karena beta karoten yang dikandungnya.

Beta karoten merupakan antioksidan yang ampuh menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Zat ini juga efektif mencegah degenerasi sel yang terjadi dalam tubuh serta mampu melawan karsinogen penyebab kanker.

4. Falcarinol

Keunggulan wortel tersebut disebabkan adanya kandungan falcarinol. Antioksidan ini merangsang tubuh untuk mampu menghadapi serangan radikal bebas, termasuk yang sudah menyebabkan kanker.

Nutrisi lain

Nutrisi lain seperti vitamin B dan C pada jus wortel diketahui berguna memperlancar metabolisme, meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, menguatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, meningkatkan penglihatan, mempromosiakan kulit indah, dan lain-lain.

Cara Mengkonsumsi

Untuk mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan tubuh disarankan memasaknya dengan direbus atau dikukus. Kedua cara ini memungkinkan nutrisi di dalamnya tidak mudah rusak. Wortel kukus, misalnya, memiliki kandungan antiokasidan 34,3 persen lebih tinggi dibanding wortel mentah. Hal ini sejalan dengan hasil studi Prof Luke Howard dari Universitas Arkansas.

Dalam temuannya, wortel yang dikukus kandungan antioksidan-nya justru meningkat. Peningkatan itu memiliki skor puncak sampai satu minggu kemudian, lalu skor antioksidan akan turun. Namun nilai antioksidan wortel rebus masih tetap lebih tinggi dibanding yang mentah.

Hal ini dipicu adanya pelepasan betakaroten dari serat wortel melalui proses pemasakan yang cepat. Betakaroten yang sudah keluar dari serat lebih gampang diserap tubuh.

Jadi, cukup dengan mengonsumsi 4 batang wortel, 5 kali dalam seminggu, kita sudah mampu memangkas resiko kanker hingga 50 persen, demikian fakta yang ditemukan pada studi di Inggris pada tahun 2001 yang terdapat dalam International Journal of Cancer.

 

(Dari berbagai sumber)