Leave a comment

Penyakit Tapi Bukan Penyakit (Bagian 19): Mata Berair

 

mata berair

Air mata diproduksi secara terus menerus oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di bawah kelopak mata bawah. Air mata sangat penting karena melapisi permukaan depan mata dengan lapisan transparan tipis dan mencegah mata menjadi kering. Biasanya, air mata dengan cepat mengalir keluar dari mata melalui sistem saluran kompleks yang berawal dari sudut terdalam kelopak mata ke hidung. Sistem saluran kompleks ini disebut sistem drainase lakrimal. Jika terdapat gangguan pada ekuilibrium ini, terjadilah kondisi yang disebut Kelainan Air Mata. Seringnya, gangguan pada sistem drainase lakrimal adalah penyebab air mata berlebihan.

Kenapa mata terus berair?

Peran utama air mata adalah menjaga kelembaban mata serta membersihkan mata dari segala benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi mata yang berair bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan lansia, serta bisa terjadi pada satu mata atau keduanya.

 

Penyebab Mata Terus Berair

  1. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering membuat sakit mata, tidak nyaman dan terasa kering, maka itu dapat menyebabkan sekresi air mata berlebihan.

  1. Saluran Nasolacrimal Terganggu

Ketika air mata yang dihasilkan, air mengalir ke saluran air mata melalui kelopak mata dan membuat jalan keluar melewati mata. Air mata kemudian berjalan ke saluran nasolacrimal yang berada pada bagian dalam hidung, dan kemudian membuat jalan keluar melalui hidung. Hal inilah yang merupakan penyebab hidung kita seperti terkena pilek ketika kita menangis. Ketika ada fungsi yang  tidak normal dari kelenjar air mata atau jalur di mana air mata terganggu salurannya, kelebihan air mata tidak bisa lewat melalui hidung sehingga mengalir lebih banyak dari mata.

  1. Blepharitis

Blepharitis pada dasarnya adalah peradangan pada kelopak mata yang menyebabkan disfungsi kelenjar pada kelopak mata di mana bulu mata tumbuh. Kerusakan kelenjar ini menyebabkan pertumbuhan bakteri tertentu di dekat akar bulu mata yang dapat menyebabkan mata berair, kelopak mata merah bersisik dan rontoknya bulu mata.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah, tidak lain adalah infeksi dari membran yang dikenal sebagai konjungtiva di dekat lapisan kelopak mata. Infeksi virus atau bakteri, paparan bahan kimia tertentu, penggunaan lensa kontak, dsb adalah beberapa penyebab konjungtivitis. Gejala konjungtivitis meliputi penglihatan kabur, sakit mata, mata berair, kepekaan terhadap cahaya.

  1. Iritasi

Apa pun yang mengganggu mata dapat menyebabkan air mata diproduksi. Ketika ada partikel asing memasuki mata, maka menyebabkan iritasi pada mata. Partikel asing ini diantaranya bisa debu, asap, mascara, eyeliner, serbuk sari, angin atau lensa kontak dan cairannya.

  1. Trichiasis

Trichiasis adalah suatu kondisi dimana bulu mata tumbuh ke dalam.

  1. Alergi

Tetes mata antibiotik biasanya diresepkan untuk alergi dan infeksi mata lainnya. Jika terdapat lendir di mata, maka hal itu menandakan penyumbatan pada saluran nasolacrimal. Alergi mata juga dapat diobati dengan menggunakan antihistamin. Jika anda mempunyai masalah mata berairyang parah, segeralah kunjungi dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan menentukan jenis pengobatan yang perlu dilakukan.

  1. Kelilipan

Kelilipan atau tidak sengaja menyentuh bola mata atau sclera dengan jari bias juga sebagai penyebab keluarnya air mata.

  1. Ectropion

Ectropion adalah sebuah kondisi di mana kelopak bawah mata bagian dalam tertarik keluar.

10. Mata Lelah

Terlalu lama menatap komputer ataupun aktifitas lainnya yang memicu mata bekerja lebih ekstra dapat membuat mata menjadi lelah.

 

Mencegah Agar Mata Tidak Selalu Berair
1. Jangan menggosok mata dengan kedua tangan Anda. Hal ini bisa mendorong bakteri masuk lebih dalam sehingga membuat mata lebih gatal.

2. Cuci tangan dengan bersih setiap waktu.

3. Jaga kebersihan handuk Anda, jangan membagi pakainya dengan orang lain, termasuk anggota keluarga Anda.

4. Kalau tidak terlalu perlu, hindara maskara ataupun penjepit bulu mata.

5. Kalau masih bisa memakai kacamata, tidak disarankan memakai lensa kontak. Penggunaan lensa kontak dapat membuat retina menjadi kering.

 

Cara Mengatasi Mata Berair

1. Potongan Kentang Mentah
Iris kentang mentah dan letakkan di atas mata. Gunakan irisan kentang dingin agar mata bisa lebih rileks sehingga dapat menghilangkan rasa gatal, mata merah dan berair.

2. Jangan Terlalu Lama di Depan Komputer atau Laptop
Mata akan menjadi sensitif jika kita terus berada di depan laptop/komputer sehingga bisa terjadi iritasi. Bila terjadi mata berair atau gatal, kurangi penggunaan komputer atau laptop. Jika Anda harus menggunakannya, jangan lupa beristirahat sejenak untuk membuat mata lebih rileks.

3. Omega 3 Fish Oil
Minyak ikan mengandung Omega 3 bermanfaat untuk mengatasi mata kering dan berair. Omega 3 bekerja dengan menekan reaksi peradangan yang sering terjadi pada sindrom ini. Menurut penelitian di USA, konsumsi 5 takaran saji ikan tuna setiap minggunya, dapat mengurangi risiko DES pada wanita sebanyak 63%. Dengan demikian, perbanyak konsumsi ikan. Namun, jika memilih untuk mengkonsumsi suplemen Omega 3, dosis yang disarankan adalah 500 – 1000 mg, diminum 2- 3 kali sehari.

4. Menggunakan Kunyit
Ambil kunyit dan potong -potong, kemudian masukan kedalam segelas air. Rendam sekitar 10 menit. Dan hasilnya teteskan pada mata anda secara rutin.

5. Menggunakan Daun Sirih
Caranya ambil 2-3 daun sirih, masukan kedalam wadah dan seduh dengan air hangat setelah itu diamkan sampai air terasa dingin. Gunakan air tersebut untuk mencuci mata anda dengan cara meneteskannya secara rutin.

 

(Dari berbagai sumber)

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: