1 Comment

Makanan Super (Superfood) Murah di Sekitar Kita

 

superfoods

 

Superfood atau makanan super adalah semua jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan dapat menunjang kesehatan tubuh manusia. Contoh superfood yang telah diakui adalah acai berry dan rumput laut spirulina. Acai berry merupakan makanan yang kaya akan antioksidan. Sementara spirulina adalah salah satu makanan super dengan gizi lengkap. Namun keduanya cukup sulit ditemukan apalagi di indonesia. Jikapun ada, harganya sangat mahal.

Namun tidak selamanya superfood itu mahal. Buktinya, banyak superfood diantara kita yang mudah ditemukan dan didapat dengan harga murah. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tempe

Tempe adalah salah satu makanan super dengan kandungan gizi cukup lengkap. Beberapa pendapat bahwa tempe merupakan makanan rakyat kecil adalah salah kaprah. Di Eropa, tempe menjadi menu spesial di berbagai restoran. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam tempe antara lain kalium, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B kompleks.

2. Wortel

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik yang sangat bermanfaat untuk organ penglihatan. Selain itu, wortel juga merupakan sumber dari beberapa vitamin dan gizi lainnya, yaitu vitamin K, vitamin C, serat, kalium, mangan, dan vitamin B6. Vitamin C dan A merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru, mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara.
Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 – 5 kali lipat.

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar. Mereka yang rajin makan wortel, kulitnya yang semula kering dan mengeras secara perlahan akan tampak sehat dan cemerlang.

Kandungan dalam wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus. Kalsium yang terkandung pada wortel akan meningkatkan ASI, menguatkan tulang dan gigi.
3. Ubi Jalar

Jenis umbi-umbian yang satu ini memang termasuk makanan yang sangat bergizi. Warna oranye di dalamnya mengandung beta-karoten yang berguna untuk pengolahan vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, kolin, dan serat, serta memiliki kandungan protein-antioksidan yang sangat berkualitas tinggi. Ubi jalar sangat mudah untuk diolah sebagai menu makanan yang bergizi, salah satunya bisa direbus maupun digoreng.

4. Bayam

Kandungan gizi dari superfood berwarna hijau tua ini telah diakui sebagai salah satu yang terbaik. Bayam merupakan “gudang” zat-zat penting yang berguna bagi tubuh, seperti: mangan, folat, magnesium, besi, kalsium, kalium, dan tryptophan. Bayam juga mengandung vitamin A, K, C, dan B2. Warna hijau tua dari bayam memiliki keistimewaan karena mengandung antioksidan yang sangat khas.

5. Jamur

Jamur memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Protein merupakan nutrisi terbesar yang dimiliki jamur. Rata-rata jamur mengandung 14-54 persen protein. Untuk kandungan vitaminnnya, rata-rata jamur pangan memiliki kandungan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (panthothenate), dan B7 (biotin). Jamur juga mengandung beberapa mineral, diantaranya selenium, magnesium, zinc, mangan dan kalium.

6. Strawberry

Sebenarnya semua jenis berry telah memiliki kemampuan yang baik sebagai antioksidan, tetapi jenis berry lainnya agak sulit untuk ditemukan di pasaran di Indonesia. Strawberry kaya akan vitamin A, C, dan K serta mengandung mineral penting seperti folat, kolin, serat, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

7. Kubis

Kubis adalah sumber dari meniral seperti mangan , kalsium dan kalium. Selain itu, meneral yang terkandung dalam kubis adalah  zat besi, fosfor, magnesium. Kubis  juga merupakan sumber dari serat, folat dan omega-3 yang sangat baik. Kandungan lainnya adalah, natrium, seng dan tembaga ditemukan dalam jumlah yang baik. Kubis merupakan makanan rendah lemak jenuh,  kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. Menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.

Kubis juga dikenal sebagai pelawan  kanker. Kubis penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat.

8. Teh

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan di Jepang dan Rusia ada beberapa nilai nutrisi dan manfaat yang dapat diperoleh dari teh terutama teh hijau dan teh hitam. Karena daun teh mengandung beberapa zat kimia yang dapat digolongkan menjadi 4 . Keempat golongan itu adalah : substansi fenol (katekin, flanavol), bukan fenol (karbohidrat, pektin, alkaloid, protein, asam amino, klorofil, asam organik), senyawa aromatis, dan enzim.

Adapun beberapa manfaat teh antara lain:

A. Mengurangi Resiko Keracunan Makanan, maupun menekan tumbuh nya sel kanker ataupun tumor.

Unsur Catechin (salah satu unsur dalam polyfenols), telah terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Demikian juga Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

B. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.

Mengapa demikian?
Vitamin C yang dikandungnya berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam darah berperan membantu kesehatan jantung dan diperlukan juga untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit. Disamping itu teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU untuk 1 cangkir teh, yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

9. Jeruk

Kandungan vitamin C tinggi dlm buah jeruk, bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah tubuh dari serangan penyakit flu, mencegah infeksi pada telinga, dapat membantu mengusir radikal bebas yang dapat merusak DNA sehingga resiko kanker usus pada tubuh bisa dihindarkan.

Antioksidan pada buah jeruk berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas sebagai penyebab rusaknya kulit. Kandungan vitamin B6 dalam buah berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan mendukung hemoglobin dlm tubuh. Kandugan seratnya dapat mencegah diabetes, serta dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

10. Apel

Serat di dalam buah apel yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, dapat menghindari dari serangan diare atau konstipasi. Gunanya serat juga untuk mengurangi lemak dan kolesterol tubuh sehingga baik dijadikan menu dalam program diet.

Apel mangandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari radikal bebas. Kulit apel dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada lever, usus besar, dan sebagainya. Apel juga dapat melindungi mata dari penyakit katarak dan menurunkan resiko terserangnya Alzheimer pada otak.

11. Telur

Telur aya akan protein, energi yang anda gunakan selama seharian, anda bisa menggantinya dengan menggunakan telur. Dengan mengkosumsi telur setiap hari dengan teratur, bisa bermanfaat sebagai pengencang kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan kekeringan pada kulit.

Vitamin yang terkandung dalam telur sangat banyak, satu diantaranya Vitamin B yang bisa mengubah telur menjadi energi penting di dalam tubuh, Vitamin E juga bekerja sama dengan Vitamin C bisa mencegah kerusakan pada tubuh anda dari radikal bebas, dan trakhir vitamin A yang menjaga kesehatan pengelihatan dan membantu pertumbuhan sel dan mejaga kulit tetap sehat.

Dan bagi yang mempunyai kolestrol tinggi, sangat tidak dianjurkan untuk mengkosumsi telur, karena di dalam kandungan kuning telur, terdapat kolestrol yang cukup tinggi. Jadi, jika anda masih ingin mengkosumsi telur, maka silakan berhati-hati.

 

(Dari berbagai sumber)

 
 

 

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Makanan Super (Superfood) Murah di Sekitar Kita

  1. ya ya ya pak.. wortel adalah makanan yang aku butuhkan pak karena katanya bagus untuk mata pak,, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: