2 Comments

18 Cara Alami Mengatasi Kantung Mata

kantung mata

 

Bayangkan jika keindahan mata Anda dirusak dengan kantung mata, pastinya kepercayaan diri Anda turun dan kecantikan berkurang. Tak hanya membuat diri Anda terlihat sangat lelah, masalah kantung mata ternyata juga bisa memicu timbulnya kerutan halus di area sekitar mata. Dengan kondisi seperti ini jangankan tampil cantik di segala kesempatan, masalah kantung mata alias dermatochalasis malah membuat Anda terlihat lebih tua darai usia yang sebenarnya.

Masalah kantung mata tidak identik lagi dengan usia tua, di atas 40 tahun, karena saat ini banyak anak-anak muda yang dihinggapi masalah serupa. Untuk mereka yang berusia tua, masalah kantung mata disebabkan karena penumpukan lemak di bagian dalam kulit di bawah mata, terjadi kekenduran otot mata dan kelebihan kulit di area mata. Sementara masalah kantung mata yang dialami anak muda terjadi karena faktor genetik dan kebiasaan kurang tidur.

Kurang tidur menyebabkan mata sembab dan hitam, sehingga mata terlihat seperti berkantung. Gangguan kesehatan juga bisa menyebabkan timbulnya masalah kantung mata. Masalah kantung mata juga dapat disebabkan oleh penyakit sinus dan influenza memicu terjadinya pembengkakan pipi yang kemudian merambat ke daerah mata. Alergi juga dapat menyebabkan kulit bagian bawah mata terlihat senja. Begitu, pula dengan gangguan ginjal, make up yang tidak tepat, serta faktor kelelahan fisik dan psikis jauh mempengaruhi bagian bawah mata.

Begitu pula dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol dan kebiasaan mengonsumsi garam yang berlebihan memicu timbulnya kantung mata. Gaya hidup yang salah ini bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi sehingga mempengaruhi area kulit di bawah mata yang terlihat lebih sembab. Paparan sinar matahari yang terlalu sering juga menyebabkan timbulnya masalah kantung mata, karena paparan sinar matahari menyebabkan lapisan kulit, termasuk di bagian bawah mata menjadi kering dan sembab. Hal tersebut lama-kelamaan membuat mata terlihat bengkak dan berkantung.

Penggunakan bulu mata buatan,  eyeliner, maskara, warna make up hanya untuk sekedar menutupi kantung mata agar tak dapat membantu mengaburkan kantung mata namun tetap saja penggunaan alat-alat kecantikan dan kosmetik ini tidak mampu meningkatkan keindahan mata kita.

 

Dibawah ini adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan kantung mata:

 

  1. Minyak Almond

Menggunakan minyak pijat yang mengandung vitamin E di daerah sekitar mata dengan menghindari kontak langsung terhadap mata anda. cara ini diperlukan sebagai proses pelancaran sirkulasi daerah sekitar mata anda, anda dapat memilih minyak almond untuk melakukan cara ini.

 

2. Concealer Make Up

Anda dapat menggunakan concealer make up, penggunaan ini sifatnya hanya sementara saja karena make-up tersebut hanya menyembunyikan kantung mata.

 

3. Cukup Tidur

Jangan tidur kurang dari 8 jam dalam sehari dan tidur secara teratur. Karena kurang tidur adalah faktor yang paling mempengaruhi terjadinya proses pembentukan kantung mata anda.

 

4. Air Putih

Jangan meremehkan Air Putih, karena segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan pasti berhubungan langsung dengan air putih. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih karena air putih merupakan minuman terbaik bagi kesehatan kita.

 

 5. Kentang

Gunakan kentang sebagai masker sebelum anda tidur setiap malam, gunakanlah parutan kentang yang telah diperas airnya lalu kenakanlah sebagai masker disekitar mata anda, atau anda dapat meletakan irisan kentang tipis lalu tempelkanlah pada mata anda. Cara ini bisa dibilang cara sederhana atau alami yang sering digunakan kaum wanita dalam kesehariannya menjelang tidur malam.

Kentang yang memiliki kandungan zat phytochemical, polifenol dan karotenoid dan vitamin C yang terkandung dalam kentang ternya bermanfaat bagi peremajaan kulit, khsusunya bagian kantung mata. Selain itu, kandungan mineral natrium dengan kadar alkalinnya yang cukup tinggi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Dengan kemampuan ini tak berlebihan jika elastisitas kulit Anda akan terus meningkat sehingga mampu meremajakan kulit kantung mata. Kentang juga memiliki kadar air yang tinggi serta kandungan vitamin B1 yang baik sebagai antioksidan bagi kulit Anda.

 

6. Sayuran Hijau

Perbanyaklah mengkonsumsi sayur hijau dan tambahkanlah sayur hijau kedalam program diet anda apabila anda sedangng melakukan program diet. Sayuran hijau adalah sayuran yang memiliki daun hijau, serta anda juga harus perbanyak makanan yang memiliki kandungan Vitamin A dan E yang tinggi.

 

 7. Olahraga Rutin

Lakukanlah olahraga setiap hari secara rutin, dalam melakukan olahraga rutin ini anda tidak perlu melakukan olahraga berat, anda cukup melakukan olahraga ringan saja asalkan teratur seperti berjalan, Jogging atau bahkan anda dapat melakukan Yoga dirumah.

 

 8. Mentimun

Gunakan irisan timun lalu tempelkan pada mata anda. penggunaan timun ini berfungsi untuk mendinginkan mata dan menghilangkan bengkak pada mata anda dimana bengkak pada mata juga menyebabkan proses terjadinya kantung mata.

Dibandingkan dengan bahan alami lainnya, mentimun dianggap sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh membantu menyamarkan masalah kantung mata. Mentimun ampuh mengatasi masalah kantung mata karenanya sifatnya yang dingin. Mentimun kaya akan kandungan zat holitosis yang bermanfaat untuk mata serta area kulit di sekitar mata.

Kandungan asam malonat yang ada di dalam mentimun juga memiliki kemampuan menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak di bawah mata. Selain itu, mentimun juga mengandung asam saponin yang mampu mengeluarkan lendir, serta vitamin E yang mampu menghambat penuaan dan menghilangkan keriput di area sekitar mata. Tak hanya itu, kandungan vocunis sativum L pada mentimun juga berfungsi untuk mengencangkan kulit area sekitar mata. Dengan kemampuan ini tak heran jika mentimun bisa digunakan untuk membantu menyamarkan kantung mata.

 

9. Air Mawar

Gunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam air mawar lalu tempelkan didaerah mata anda.

 

10. Mengurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi penggunaan garam dimakanan anda, karena dengan mengkonsumsi garam yang berlebih dapat menimbulkan retensi terhadap cairan dimana proses tersebut akan memicu terjadinya pembengkakan pada mata anda.

 

11. Mewaspadai Kosmetik

Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung zat kimia yang memiliki kandungan pemutih. Banyak wanita yang menggunakan make-up yang memiliki zat kimia pemutih karena ingin menghilangkan kantung mata yang berwarna hita, Harusnya anda hindari penggunaan kosmetik seperti ini dikarenakan kulit pada daerah sekitar mata merupakan kulit yang sensitif terutama dibagian bawah mata.

 

12. Kantung Teh Hijau Celup

Gunakan kantung teh celup yang telah dingin lalu tempelkan pada mata anda, penggunaan kantung teh ini ternyata mampu mengurangi warna hitam pada daerah sekitar mata anda.

Teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan kantung mata karena kandungan antioksidannya yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk meremajakan sel kulit kantung mata. Teh hijau yang telah dikemas menjadi kemasan teh hijau terlebih dahulu dipakai untuk membuat teh hijau ini dibiarkan beberapa saat.

Setelah dingin, bekas kemasan teh hijau ini langsung ditempelkan di area kantung mata selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin 2-3 kali sehari. Lakukan hingga kantung mata terlihat agak samar. Setelah agak samar, masker teh hijau ini cukup dioleskan 2-3 kali dalam seminggu. Teh hijau ini aman digunakan karena berbahan alami.

 

13. Air Dingin
Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan menggunakan air dingin. Gunakan lap yang telah di celupkan pada air dingin dan kompreskan pada kedua mata, diamkan selama beberapa menit. Lakukan ini secara rutin sebelum kamu tidur. Kamu bisa melihat kantung matamu sudah lenyap keesokan paginya.

 

14. Susu Cair

Ambil kapas secukupnya kemudian basahi dengan susu cair, letakkan kapas tersebut pada area kantung mata. Diamkan sekitar lima belas menit lalu bilas dengan air bersih.

 

15. Putih Telur
Untuk menghilangkan kantung mata dengan putih telur, caranya adalah mencelupkan kuas pada putih telur kemudian usapkan pada area kantung mata. Diamkan 10 menit kemudian basuh dengan air dingin.

 

 17. Wortel

Buah wortel ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan masalah kantung mata. Pasalnya kandungan vitamin A dan C bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata atau lingkar mata yang menghitam. Buah wortel segar dicuci bersih di air yang mengalir, lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil. Potongan ini langsung dimasukkan ke dalam blender, kemudian haluskan. Lalu oleskan wortel yang telah dihaluskan ke bagian kantung mata. Diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari hingga kantung mata Anda terlihat agak samar.

 

18. Es

Mengompres bagian mata dengan air es untuk mencegah sembab di bagian kulit bawah mata. Beberapa potong es, ditutup dengan kain katun lalu ditempelkan pada bawah mata selama beberapa menit. Perawatan ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

 

Lakukanlah perawatan untuk menghilangkan kantung mata ini, karena dengan perawatan secara teratur dapat membantu meredakan proses pembentukan kantung mata.

 

 

(Dari berbagai sumber)

 

 

 

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

2 comments on “18 Cara Alami Mengatasi Kantung Mata

  1. Es efektif buanget untuk kantung mata..

  2. zat holitosis pada mentimun itu apa kang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: