1 Comment

Wortel vs Kanker

wortel warna warni

 

Wortel tidak hanya bermanfaat meningkatkan fungsi penglihatan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa wortel mungkin berpotensi menjadi terapi bagi kanker.

Nutrisi yang terkandung dalam wortel diyakini mampu meringankan dan meningkatkan kondisi penderita kanker.

Agar lebih mudah dikonsumsi, wortel biasanya disajikan dalam bentuk jus. Wortel penuh dengan vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang penting untuk kesehatan.

Sayuran ini mengandung vitamin A, C, D, E, K, B1, B6, bersama dengan beta karoten, zat besi, kalsium, sulfur, tembaga, klorin, magnesium, fosfor, natrium dan kalium. Masing-masing vitamin dan mineral ini memainkan peran untuk melawan kanker.

Nutrisi Wortel untuk Melawan Kanker

Berikut adalah berbagai nutrisi wortel yang berguna memerangi kanker:

1. Vitamin E

Kandungan wortel yang efektif melawan kanker adalah vitamin E yang memiliki tiga bentuk kimia – alpha, beta dan gamma tokoferol.

Semua bentuk ini disebut sebagai vitamin E kompleks. Menurut sebuah studi, vitamin E penting untuk menjaga pertumbuhan dan pembelahan sel agar jaringan tetap sehat.

Percobaan di laboratorium menunjukkan jaringan kanker tidak mampu tumbuh saat ditempatkan dalam serum darah sarat dengan vitamin E.

Selain itu, vitamin E juga dikenal meningkatkan kekebalan dan kekuatan tubuh yang akan membantu memerangi kanker.

2. Vitamin A

Kandungan vitamin A pada woortel sudah begitu dikenal. Vitamin A dikenal mampu meningkatkan kesehatan mata.

200 gram jus wortel diketahui memiliki 50.000 unit atau lebih vitamin A.

Vitamin A juga dikenal membantu perawatan kanker. Seorang ahli diet dikatakan mampu menyembuhkan seorang wanita yang menderita kanker perut hanya dengan jus wortel.

3. Beta Karoten

Jus wortel dapat mencegah kanker payudara dan kanker kulit karena beta karoten yang dikandungnya.

Beta karoten merupakan antioksidan yang ampuh menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Zat ini juga efektif mencegah degenerasi sel yang terjadi dalam tubuh serta mampu melawan karsinogen penyebab kanker.

4. Falcarinol

Keunggulan wortel tersebut disebabkan adanya kandungan falcarinol. Antioksidan ini merangsang tubuh untuk mampu menghadapi serangan radikal bebas, termasuk yang sudah menyebabkan kanker.

Nutrisi lain

Nutrisi lain seperti vitamin B dan C pada jus wortel diketahui berguna memperlancar metabolisme, meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, menguatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, meningkatkan penglihatan, mempromosiakan kulit indah, dan lain-lain.

Cara Mengkonsumsi

Untuk mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan tubuh disarankan memasaknya dengan direbus atau dikukus. Kedua cara ini memungkinkan nutrisi di dalamnya tidak mudah rusak. Wortel kukus, misalnya, memiliki kandungan antiokasidan 34,3 persen lebih tinggi dibanding wortel mentah. Hal ini sejalan dengan hasil studi Prof Luke Howard dari Universitas Arkansas.

Dalam temuannya, wortel yang dikukus kandungan antioksidan-nya justru meningkat. Peningkatan itu memiliki skor puncak sampai satu minggu kemudian, lalu skor antioksidan akan turun. Namun nilai antioksidan wortel rebus masih tetap lebih tinggi dibanding yang mentah.

Hal ini dipicu adanya pelepasan betakaroten dari serat wortel melalui proses pemasakan yang cepat. Betakaroten yang sudah keluar dari serat lebih gampang diserap tubuh.

Jadi, cukup dengan mengonsumsi 4 batang wortel, 5 kali dalam seminggu, kita sudah mampu memangkas resiko kanker hingga 50 persen, demikian fakta yang ditemukan pada studi di Inggris pada tahun 2001 yang terdapat dalam International Journal of Cancer.

 

(Dari berbagai sumber)

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Wortel vs Kanker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: