Leave a comment

Makanan Pereda Stress dan Depresi

makanan pereda stress dan depresi

Stress bisa disebabkan oleh beban kerja berat dan tekanan dari berbagai pihak dapat menyebabkan depresi pada seseorang. Akibatnya orang akan merasa sedih, sering merasa kelelahan, kehilangan semangat hidup dan pola tidur terganggu.

Anda harus tahu kapan mengalami depresi. Ada banyak cara untuk mendeteksi depresi, di antaranya adalah dengan melakukan tes darah untuk mendeteksi depresi. Sementara, ada banyak jenis obat untuk mengobati depresi. Tetapi, semua jenis obat memiliki efek samping yang berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Mengatasi depresi dapat dilakukan dengan cara yang lebih sehat, misalnya dengan meningkatkan nutrisi ke otak.

Makanan Pereda Stress dan Depresi:

1.      Cokelat

Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari di dunia, apalagi bagi anak-anak. Cokelat mempunyai cita rasa yang nikmat dan mampu meningkatkan serotonin dalam otak, sehingga anda akan merasa bahagia setelah memakannya. Cokelat juga mempunyai kandungan phenethylamine, yang mampu membuat anda selalu merasa jatuh cinta. Oleh karena itu cokelat sangat identik dengan ulang tahun dan valentine.

2.      Daging Kalkun

Seperti halnya cokelat, daging kalkun juga dapat melepaskan hormon serotonin yang membuat anda tenang dan senang setelah memakannya, karena di dalam daging kalkun mengandung asam amino triptofan. Daging ayam berbadan besar ini memang jarang ditemui di sembarang tempat, kecuali di daerah-daerah tertentu.

3.      Ikan

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak yang baik bagi kesehatan anda, misalnya omega 3, vitamin B6 dan B12. Omega 3 sangat baik untuk otak karena mampu membantu kelancaran kerja otak anda. Sedangkan B12 baik untuk menghindari depresi dan dan stress, karena jika tubuh kekurangan vitamin tersebut maka akan lebih berpotensi mengalami stress atau depresi.

4.      Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan serat mampu mengatur gula darah dalam tubuh anda, misalnya buah jeruk, mangga, berry, jambu, dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi makanan antioksidan tersebut maka anda akan lebih tenang dan stabil dalam emosi.

5.      Sayuran

Sayuran juga sangat baik untuk menghilangkan stress anda, selain itu sayuran juga mengandung serat yang tinggi. Dua jenis sayuran yang paling baik untuk menghilangkan stress adalah asparagus dan brokoli, dua sayuran super yang sangat baik untuk tubuh. Mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi dan juga asam folat dan vitamin B. Asam folat membantu menghilangkan stress, mengurangi rasa cemas dan depresi.

6. Minyak ikan

Berdasarkan penelitian tahun 2002, yang dipublikasikan pada Archives of General Psychiatry, orang yang depresi sering kekurangan asam lemak yang disebut EPA. Minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3 ini dapat meningkatkan EPA dalam tubuh. Omega-3 juga terkandung dalam kenari, biji rami, dan ikan salmon atau tuna.

7. Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan vitamin B1, vitamin B3, dan asam folat. Beras ini merupakan jenis karbohidrat yang melepaskan glukosa ke dalam aliran darah secara bertahap, sehingga dapat mengendalikan perubahan suasana hati. Beras merah juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seratnya yang tinggi dapat memperlancar sistem pencernaan dan menurunkan kolesterol.

8. Ragi

Ragi mengandung vitamin B1, B2, B3, 16 asam amino dan 14 mineral. Asam amino sangat penting bagi sistem syaraf, yang membuat ragi mampu mengatasi depresi. Ragi dapat dicampur ke dalam jus yang dikonsumsi sehari-hari.

9. Havermut

Havermut mengandung asam folat, asam pantotenat dan vitamin B6 serta B1 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, mengendalikan mood pada saluran pencernaan.

10. Kubis

Kubis mengandung vitamin C dan asam folat. Makan kubis bisa mencegah stress, infeksi dan penyakit jantung, serta berbagai jenis kanker, demikian menurut American Association for Cancer Research.

11. Teh Hijau

Jika stres menyerang, pilihlah untuk meminum teh hijau dibanding soft drink apalagi minuman yang mengandung alkohol. Banyak sekali kandungan di dalam teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan menyehatkan mata.

Ada juga asam amino thenine yang dipercaya dapat menenangkan otak. Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering Jepang menemukan fakta bahwa kakek nenek yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari jarang mengalami depresi, sekalipun mereka hanya tinggal sendirian jauh dari kerabat dan teman.

12.  Brokoli

Menyantap sop brokoli sehabis meeting ternyata dapat meredakan stres. Alasannya sederhana. Menurut seorang ahli gizi asal India yang bernama Maithili Kelkar,brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu ,Vitamin B, terutama Folic Acid yang terkandung di dalamnya juga terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

13.  Susu

Siapa bilang khasiat susu hanya cocok bagi anak kecil? Meskipun kita sudah dewasa, mengonsumsi susu niscaya bisa mengurangi stres yang hinggap. Hal ini sendiri didasari oleh penelitian Mary Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Fransisco, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kandungan kalsium sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf. Namun, mengingat usia sudah tidak lagi muda, pilihlah susu jenis low-fat agar lemaknya tidak menumpuk di dalam tubuh.

14.   Blueberry

Memenuhi pancake Anda dengan topping blueberry adalah langkah yang tepat. Selain baik untuk diet karena rendah kalori, keluarga buah berry ini salah satu stress-soother lho. Menurut data dari Nurses’ Health Study, buah yang banyak tumbuh di Amerika Serikat ini memiliki antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat. Namun, jika Anda kesulitan mencari buah ini, menggantinya dengan buah strawberry bisa jadi pilihan.

15.  Ice Cream

Ice cream memang stress relieve yang paling manjur.! Jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya ice cream dinilai mampu mendinginkannya. Hal tersebut disetujui oleh para peneliti dari University of Califronia. Susu dan krim yang banyak terkandung dalam ice cream diyakini memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak kita. Namun, (lagi-lagi) pilihan ice cream berjenis low fat adalah solusi terbaik agar lemak di tubuh tidak bertambah.

16.  Kedelai

Tempe, tahu, atau susu kedelai juga bisa menjadi pilihan Anda untuk meredakan stres. Bukan hanya karena harganya yang tidak terlalu mahal dan mengenyangkan, namun menurut Prevention Magazine’s Nutrition Advisor, kadar protein, Vitamin B, kalsium, dan magnesium yang terkandung di dalam kedelai mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Stres hilang, kesehatan Anda pun juga terjaga.

17.      Gandum

Coba gantilah sarapan pagi Anda dengan menu all about whole grain. Hal tersebut disarankan oleh Elisa Zied, penulis buku Nutrition at Your Fingertips, yang menemukan fakta bahwa kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi produksi hormon serotonin sehingga bisa menenangkan otak. Makanan satu ini sendiri termasuk dalam kategori low-fat, yang tentunya tidak akan menambah lemak dan gula di tubuh.

18.  Almon

Menurut Carolyn Chambers Clark dalam bukunya Holistic Assertiveness Skills for Nurses, almon adalah kacang dengan kandungan yang menyehatkan. Selain memiliki kandungan Vitamin B yang sangat baik sebagai obat stress relieve, almon juga memiliki kandungan zat besi dan Vitamin E yang ampuh melawan stres sekaligus radikal bebas di dalam tubuh.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: