3 Comments

Khasiat dan Manfaat Buah Apel

khasiat buah apel

 

 

Sejak 300 SM apel sudah mulai ditanam, pada saat itu ditemukan apel di wilayah Asia berbentuk kerdil. Kemudian dibawa ke Eropa diteliti dan dikembangkan hingga dapat dibudidayakan. Di wilayah Eropa, apel hanya dipetik pada akhir musim gugur dan disimpan pada tempat tertentu. Menurut catatat, apel adalah buah yang pertama kali menjadi tanaman pertanian.

 

Jenis Apel

 

Apel sendiri memiliki berbagai jenis tapi hanya 6 jenis yang paling sering dijumpai dan dikonsumsi oleh seseorang, antara lain:

1. Apel Kuning (Golden Delicious) ini berasal dari Amerika, biasanya dikonsumsi untuk pai dan dibuat saus apel.

2. Apel Merah (Red Delicious) jenis yang paling sering dijumpai baik secara langsung maupun ditelevisi karena memiliki warna yang menggoda.

3. Apel Fuji (Gala) asalnya dari Selandia Baru adalah buah apel yang memiliki rasa paling segar dan paling manis diantara apel yang lain.

4. Granny Smith sepertinya kurang familiar dimata orang Indonesia, buah yang berasal dari Australia ini memiliki rasa yang asam, warna hijau, berukuran sedang, biasanya dibuat untuk masakan.

5. Apel Manalagi (lokal) paling sering dijumpai berwarna hijau

6. Apel Malang (lokal) buah yang satu ini dibuat keripik oleh pengusaha makanan.

 

Apel Dalam Hadis Rasulullah SAW

Apel adalah buah yang di samping mengandung khasiat asupan makanan yang banyak, juga memiliki khasiat obat yang dianjurkan oleh dokter semenjak zaman dahulu hingga masa kini.

Sehubungan dengan khasiat dan manfaat buah apel di samping pandangan para dokter, terdapat hadis Nabi SAW:

“Makanlah apel pada pagi hari sebelum sarapan karena ia adalah pembersih perut.”

Atau riwayat yang lain dari Amirul Mukminin Ali RA:

“Makanlah buah apel karena ia membersihkan perut.”

Riwayat yang disebutkan di atas terdapat pada Makârim al-Akhlâk, juga diriwayatkan pada kitab Bihâr al-Anwâr  karya Allamah Majlisi dan Mustadrak al-Wasâil karya Muhaddits Nuri.

Sumber: Muhammad Baqir Majlisi, Bihâr al-Anwâr, jil. 63, hal. 177, Muassasah al-Wafa, Beirut, 1404 H; Mirza Husain Nuri, Mustadrak al-Wasâil, jil. 16, hal. 397, Muassasah Ali al-Bait, Qum, 1408 H.

 

Demikian juga Imam Shadiq RA sehubungan dengan khasiat buah apel:

“Sekiranya orang-orang tahu khasiat apa yang terkandung dalam buah apel maka mereka akan mengobati penyakit-penyakit mereka hanya dengan buah apel.”

Sumber: Muhammad bin Ya’qub Kulaini, al-Kâfi, jil. 6, hal. 356, Dar al-Kutub al-Islamiyah, Teheran, 1365.

قالَ الصّادِقُ علیه السلام: «لَوْ یعْلَمُ النّاسُ ما فِی التُّفّاحِ ما داوُوا مَرْضاهُمْ إِلاّ بِهِ».

 

Riwayat ini, merupakan penjelasan khasiat dan manfaat buah apel. Apa yang nampaknya membuat Anda takjub sehubungan dengan riwayat ini dan semisalnya adalah pertanyaan apakah buah apel telah ada pada masa Rasulullah SAW di tanah Arab?

Disebutkan bahwa buah ini bukanlah sebuah temuan baru, karena buah ini memiliki usia yang panjang dalam perjalanan sejarah.

Anggapan bahwa karena daerah Arab merupakan daerah tandus sehingga orang-orang Arab tidak pernah melihat buah apel merupakan anggapan yang tidak benar. Negara Arab juga memiliki daerah-daerah dan lahan-lahan subur yang dijadikan sebagai lahan untuk bertani dan bercocok tanam di antaranya apel.  Juga terdapat kemungkinan orang-orang yang berasal dari tempat lain yang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang buah ini dan Rasulullah SAW menjawab pertanyaan tersebut.

Apabila Anda perhatikan dalam kitab-kitab riwayat, Anda akan jumpai banyak riwayat yang menyebutkan nama buah apel, sebagai contoh dalam kitab al-Kâfi yang disusun kurang lebih ribuan tahun silam, terdapat sebuah pasal bernama, “Bab al-Tuffah” atau “Bab Buah Apel.” Dalam pasal tersebut disebutkan lebih dari sepuluh riwayat yang bercerita tentang buah apel.

Sumber: Muhammad bin Ya’qub Kulaini, al-Kâfi, jil. 6, hal. 355, Dar al-Kutub al-Islamiyah, Teheran, 1365.

 

Manfaat Lengkap Buah Apel:

 

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Studi ini tidak dilakukan langsung pada manusia melainkan pada binatang bernama tikus. Dibuat ekstrak apel khusus yang diberikan pada tikus dan hasilnya mengejutkan. 43% tikus yang diberi ekstrak apel  ternyata beresiko lebih rendah terkena kanker usus. Jika ekstrak tersebut berefek pada tikus kemungkinan besar juga  berefek pada manusia.

2. Menyehatkan Buah dada Wanita

Manfaat buah apel yang satu ini memang menjadi salah satu harapan bagi wanita yang ingin memiliki Buah dada sehat. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur maka kanker buah dada wanita dapat dicegah sedini mungkin.

 

3. Menyehatkan Hati

Bukan seperti “Obat Hati” seperti judul lagunya “Opick” tapi ini benar – benar dapat menyehatkan hati atau lever miliki Anda. Zat antioksidan alami pada apel dapat dimanfaatkan untuk melindungi hati dari serangan kanker.

 

4. Menurunkan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari telah dipercaya dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jahat yang tidak sehat bagi tubuh ini dapat berkurang sebanyak 16% jika apel dikonsumsi secara teratur.

 

5. Menetralisir Kadar Gula darah

Diabetes adalah momok paling menakutkan saat ini, berbeda dengan 20 – 30 lalu dimana penyakit degeneratif masih sangat jarang. Bahkan diabetes saat ini merupakan salah satu penyakit paling sering menyerang orang dengan perilaku tidak sehat. Kabar baiknya ternyata apel meski memiliki rasa yang manis dapat mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif, walaupun diabetes tersebut disebabkan karena faktor keturunan. Hal yang juga sama kita jumpai ketika melihat dan mengamati .

6. Menurunkan Berat Badan

Ingin tampil sehat, langsing dan cantik ? Untuk Anda wanita yang menginginkannya sebaiknya konsumsilah Apel setiap hari secara teratur karena konsumsi apel dapat melancarkan pencernaan usus. Apel memiliki serat yang dapat membantu proses pencernaan.

 

7. Membantu Kerja Usus Halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.

 

8. Mencegah Pikun

Kandungan quercetin pada apel ternyata juga dapat melindungi otak dari radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit al-zheimer. Studi ini dilakukan oleh sebuah Universitas ternama bernama Cornell.

 

9. Mengobati dan Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin untuk meningkatnya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.

 

10. Mengembalikan Stamina Tubuh

Bagi seseorang yang gemar olahraga atau sedang stress membuat asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika tidak segera diatasi maka akan mengganggu organ dan kesehatan tubuh. Nah, apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan saat olahraga dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.

 

11. Mengembalikan Tubuh Yang Lesu

Anda saat ini sedang tidak fit, segar, atau sedang merasa lesu lemas lunglai. Sebaiknya belilah apel sekarang juga di toko buah karena apel dapat mengembalikan kelehaman tubuh akibat berbagai macam faktor. Sayang baik dikonsumsi oleh pasien yang sedang dalam masa penyembuhan. Keseimbangan kesehatan tubuh dapat dicapai dengan mengkonsumsi apel secara teratur.

12. Merawat Gigi

Jika saat ini Anda memiliki gigi yang sehat putih berseri sebaiknya jaga kondisi tersebut dengan mengkonsumsi apel setiap hari. Dengan mengkonsumsi apel setiap hari maka gigi Anda akan senantiasa bersih, bakteri dan virus perusak gusi dan gigi bisa dihilangkan dengan konsumsi apel.

 

13. Merawat Jantung

Jantung adalah hidup manusia, jika jantung terganggu maka kehidupan seseorang juga akan terganggu. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah pada kesehatan jantung sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel setiap hari.

 

14. Mencegah dan mengobati rematik

Kandungan nutrisi pada apel sudah dipercaya sejak lama dapat mengobati rematik. Penyakit yang sering disebut asam urat ini sering menimpa orang lanjut usia. Namun, baru – baru ini jika tubuh tidak dijaga dengan pola hidup sehat usia 40an sudah ada yang terkena asam urat.

15. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian pelindung tubuh manusia dan juga sebagai organ kecantikan. Bagi wanita kulit adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Untunglah apel memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit sehingga dengan mengkonsumsi apel setiap hari maka dapat menyehatkan kulit agar tetap cantik dan berseri. Tak hanya kulit tubuh, tapi kulit wajah juga menjadi lebih sehat. Maka tak jarang beberapa orang memanfaatkan apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan beberapa diantaranya juga memanfaatkan apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

 

16. Menekan Tumbuhnya Sel Kanker Pada Paru – Paru

Informasi ini diambil pada sebuah studi yang melibatkan 10.000 partisipan. Seluruh partisipan tersebut mengkonsumsi apel dengan jumlah yang berbeda. Nah, uniknya partisipan yang mengkonsumsi apel dengan jumlah lebih banyak tidak beresiko terkena kanker paru – paru sebanyak 50%. Sampai saat ini masih diteliti lebih lanjut apakah zat bernama flavonoid, quercetin dan lain sebagainya yang mempengaruhi hal ini. Sama seperti Manfaat Sirsak yang dapat mengobati segala jenis kanker.

 

17. Menyehatkan Mata

Rabun senja adalah momok paling menakutkan bagi manusia karena dapat mengurangi ketajaman indera penglihatan. Jika Anda merasa sudah tidak bisa fokus melihat saat senja hari sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel karena Manfaat Buah Apel dipercaya dapat menyehatkan mata kembali.

 

18. Mencegah dan Mengobati Ashma

Jus apel sangat banyak manfaatnya, minuman segar ini sangat disukai oleh anak – anak. Baru – baru ini telah diteliti jika seorang anak mengkonsumsi jus apel setiap hari maka tidak terserang oleh penyakit ashma. Gangguan pernafasan ini memang tidak mengenal usia dapat menyerang seseorang mulai usia anak – anak sampai dewasa sekalipun.

 

19. Merawat Tulang Dari Kerapuhan ( Osteoporosis )

Masa tua tidak bisa dihindari oleh seluruh umat manusia, jika saat ini muda cantik dan tampan suatu saat pasti mengalami masa tua yang keriput dan rapuh. Untuk itu perlu adanya pengetahuan yang menunjang ketika masa tua datang. Untunglah saat ini sudah ada internet yang membuat orang dengan mudah mengakses informasi apapun salah satunya informasi kesehatan. Baru – baru ini penelitian mengindikasikan bila Manfaat Buah Apel dapat melindungi tulang dari kerapuhan.

20. Mencerdaskan Otak

Selain mencegah timbulnya penyakit alzeimer kandungan Asetilkolin dalam buah apel dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan mengkonsum apel secara teratur daya ingat otak akan semakin meningkat. Jadi buku bacaan yang dibaca orang dengan konsumsi apel setiap hari akan diserap secara utuh dan tidak mudah dilupakan.

 

[Dari berbagai sumber]

 

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

3 comments on “Khasiat dan Manfaat Buah Apel

  1. Apakah khasiat buah apel lebih banyak terdapat pd kulitnya ?

  2. ternyata apel banyak khasiatnya..bisa untuk menjaga kesehatan juga…tengkyu infonya

  3. Reblogged this on 1000bulan and commented:
    Buah Fav,, ternyata bukan hanya untuk asma aja 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: