1 Comment

Makanan Anti Kanker

wortel 2

Setiap hari satu orang terdiagnosis kanker. Banyak penelitian menunjukkan kanker dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat.

Memilih makanan yang sehat dan olahraga rutin bukan hanya dapat mencegah kanker, melainkan penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tepat dapat menghentikan perkembangan sel kanker.

12 Makanan Yang Bisa Melawan Kanker:

1. Kacang Tanah
Kaya akan vitamin E yang menurunkan risiko kanker kolon, paru-paru, hati, dan kanker lainnya. Selai kacang yang nikmat pada roti gandum utuh akan membantu Anda melawan kanker.

2. Grapefruit
Jeruk, grapefruit, dan brokoli kaya akan vitamin C. Elemen ini penting untuk mencegah pembentukan senyawa nitrogen yang merupakan penyebab kanker. Makanan mengandung vitamin C tinggi ini menurunkan risiko kanker esofagus, kandung kemih, payudara, serviks, lambung, dan usus besar. Jadi, jangan lupakan makanan-makanan ini dalam diet Anda sehari-hari.

3. Berry
Buah berry merupakan pelawan kanker yang tangguh. Kandungan antioksidannya yang tinggilah yang menyebabkan demikian.

4. Ubi Jalar
Ubi jalar kaya beta karoten yang dapat menurunkan risiko kanker kolon, lambung, dan paru-paru. Studi menunjukkan, ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga setengahnya.

5. Salmon Liar
Salmon, terutama ikan yang ditangkap liar, merupakan sumber vitamin D yang baik. Makanan yang kaya vitamin D membantu menghalangi perkembangan pembuluh darah yang memberi makan tumor tumbuh dan membantu menghentikan proliferasi sel kanker dan prakanker.

6. Biji Lenan
Asam lemak omega-3 mencegah pertumbuhan sel kanker, selain itu juga dapat mengurangi inflamasi. Selain ikan, biji lenan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

7. Kunyit
Kurkumin, bahan aktif dari kunyit yang berperan dalam anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin juga dapat menjadi penghalang dari komunikasi sel-sel kanker sehingga mencegah perkembangannya.

8. Teh
Teh mengandung senyawa katekin yang menghambat pertumbuhan kanker. Sebuah studi di China mengatakan, peminum teh hijau memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan kanker dibandingkan mereka yang tidak.

9. Sayuran
Buah dan sayur mengandung fotonutrien yang sama pentingnya dengan mineral dan vitamin. Sayuran seperti kembang kol dan kubis mengandung fitonutrien yang dapat membantu menghambat metabolisme karsinogen dan merangsang tubuh untuk memproduksi enzim detoksifikasi.

10. Tomat
Studi pada tahun 2009 yang dimuat dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan bahwa tomat mengandung likopen yang membantu mencegah kanker prostat. Likopen merupakan antioksidan kuat yang juga dapat mencegah pelbagai jenis kanker lainnya.

11. Delima
Delima kaya akan asam elagik yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Asam elagik juga menonaktifkan senyawa penyebab kanker.

12. Bawang Bombai
Bawang bombai kaya akan senyawa anti-kanker. Bawang bombai dapat dimakan mentah ataupun sebagai campuran makanan.

Makanan Yang Dapat Membantu Memulihkan Pasien Kanker Payudara

1.      Jamur  Hericium

Para ahli mengemukakan, jamur Hericium kaya polisakarida dan polipeptida, zat tersebut memiliki efek penghambatan kuat pada sel-sel kanker payudara, tetapi juga akan menghasilkan interferon. Oleh karena itu, makan jamur Hericium ini dapat meningkatkan sel darah putih pada pasien kanker payudara, meningkatkan imunitas, berperan hingga pencegahan dan pengobatan kanker payudara.

2.      Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu makanan kondusif untuk membantu memulihkan pasien kanker payudara. Bawang putih mengandung selenium yang tinggi, yang dapat memainkan peran dalam pencegahan kanker. Dalam penggunaannya, yang terbaik adalah memakan mentah. Dalam keadaan normal, dalam kurun waktu seminggu makan beberapa kali, anda dapat mendapatkan pencegahan.

3.      Wortel

Penelitian menunjukkan, setelah karoten ke dalam tubuh manusia, akan berubah menjadi vitamin A. Zat ini mampu mempertahankan struktur normal dan fungsi jaringan epitel manusia, akan menyulitkan karsinogen untuk masuk, dengan demikian dapat memainkan peran pencegahan pada kanker payudara. Dalam mengkonsumsi, sebaiknya dimasak dengan baik baru dimakan, dengan demikian karoten dapat diserap.

4.      Asparagus

Asparagus juga merupakan salah satu makanan yang dapat memulihkan kanker payudara. Makanan ini kaya akan protein. Ini adalah nutrisi anti kanker, dan dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Pada saat yang sama, mengandung asam folat, selenium, asam nukleat dan zat lain yang berguna untuk mencegah perkembangbiakan sel kanker. Oleh karena itu, sering makan asparagus secara kondusif dapat mengobati dan memulihkan pasien kanker payudara.

Makanan Anti Kanker Prostat:

1. Tomat dan Produk Turunannya

Jika warna pink (pita pink) melambangkan  perlawanan terhadap kanker payudara, warna merah mungkin bisa menjadi simbol sebagai pelawan kanker prostat. Sebuah antioksidan yang terkadung pada tomat, biasa disebut likopen dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan kanker prostat.

Dalam melakukan tugasnya, likopen bekerja dengan cara mencegah aktivitas radikal bebas dalam merusak sel-sel, termasuk di dalam DNA. Kerusakan DNA dapat menyebabkan sel-sel sehat berubah menjadi kanker. Sebuah studi menunjukkan kebiasaan diet dan gaya hidup dari 50.000 laki-laki, yang makan setidaknya dua porsi saus tomat dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker prostat sebesar 23 persen.

2. Tahu, Susu Kedelai dan Produk Kedelai Lainnya

Tahu dan makanan yang terbuat dari kedelai lainnya mengandung senyawa mirip estrogen yang disebut isoflavon. Zat ini mempunyai fungsi sebagai penghambat perkembangan sel kanker dan bahkan dapat membuat sel-sel kanker menghancurkan dirinya sendiri.

Studi yang dilakukan selama tiga bulan di Cander Research Center of Hawaii menemukan, risiko kemungkinan seseorang mengidap kanker prostat turun sebesar 14 persen pada pria yang makan dua porsi kedelai per setiap harinya.

Sementara itu, studi lain yang melibatkan 12.000 pria yang dilakukan di Loma Linda University California menemukan, pria yang mengonsumsi lebih dari satu porsi susu kedelai setiap hari, 70 persen lebih rendah mengidap kanker prostat ketimbang pria yang tidak pernah meminumnya.

3. Teh Hijau

Sebuah riset menunjukkan, senyawa kuat dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) mampu memblok proses perkembangan kanker. Studi populasi mengklaim, senyawa ini mungkin dapat menjadi pelindung dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, lambung, kolon, dan payudara. Bahkan sebuah studi di Cina menemukan bahwa pria yang minum lebih dari tiga cangkir teh hijau setiap hari, dapat menekan risiko kanker prostat lebih dari 70 persen.

4. Jus Delima

Jus buah delima penuh dengan bahan kimia alami yang disebut polifenol. Ini adalah sejenis antioksidan kuat, dan karena alasan itulah mengapa jus delima dikatakan cukup baik dalam melawan kanker. Beberapa studi awal menunjukkan, polifenol dalam jus muncul untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mendorong sel-sel kanker untuk membunuh diri mereka sendiri.

5. Salmon, Makarel, Sarden

Mengonsumsi beberapa jenis ikan laut dapat melindungi prostat Anda. Sebuah riset yang dilakukan para ilmuwan asal Swedia terhadap lebih dari 6.000 pria (diamati selama 30 tahun) menemukan bahwa mereka yang diet kaya asam lemak omega 3 dalam jumlah yang moderat, memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena kanker prostat.

Catatan: Cobalah untuk mendapatkan asam lemak esensial dari makanan, bukan pil. Sejauh ini penelitian menunjukkan, konsumsi ikan dapat melindungi prostat, tapi tidak untuk mereka yang mengambil suplemen minyak ikan.

6. Brokoli, Kubis dan Sayuran Lainnya

Sayuran seperti brokoli dan kubis mengandung beberapa senyawa antikanker yang membantu membersihkan tubuh dari zat-zat yang dapat merusak sel dalam tubuh. Data dari Health Professionals Follow-Up Study menunjukkan bahwa makan lima atau lebih porsi sayuran setiap minggu dapat menurunkan risiko Anda mengalami kanker prostat hingga 20 persen.

7. Bawang Putih

Meski menimbulkan bau yang kurang sedap di mulut, tetapi bawang putih dan berbagai jenis bawang lainnya dapat membantu mencegah tumor dengan menghilangkan zat penyebab kanker sebelum mereka merusak sel. Bawang juga dapat mendorong sel-sel kanker untuk menghancurkan diri mereka sendiri.

Peneliti dari National Cancer Institute menemukan,  mereka yang makan sedikitnya 10 gram bawang putih atau bawang merah setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker prostat sebesar 49 persen. Bahkan, pria yang mengonsumsi sedikitnya lima siung bawang putih setiap minggunya dapat menurunkan risiko kanker prostat hingga 53 persen.

Makanan Pencegah Kanker Serviks:
1. Makanan Yang Mengandung Vitamin A, C, E, dan Kalsium

Vitamin A, C, dan E, mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan secara tidak langsung juga mencegah kanker serviks. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menemukan, pasien yang mengonsumsi multivitamin memiliki risiko kanker serviks yang lebih rendah. Selain vitamin tersebut, kalsium dan asam folat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral tersebut, misalnya jeruk, wortel, telur, hati, tuna, dan produk susu lainnya.

2. Makanan Yang Mengandung Vitamin B dan Folat

Makanan kaya vitamin B dan asam folat juga harus sering dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks. Folat dapat menurunkan kadar homosistein, zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Makanan kaya vitamin V dan folat termasuk di antaranya brokoli, kembang kol, kubis, dll.

3. Buah Alpukat

Avokad dikenal sebagai antioksidan dan karena kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Makan avokad dapat mencegah pertumbuhan kanker serviks.

4. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Makanan seperti cabai atau jalapeno juga diduga mampu menetralisir nitrosamin yang menyebabkan kanker serviks.

5. Makanan Yang Mengandung  Polifenol dan Flavonoid

Makanan yang mengandung polifenol dan flavonoid seperti teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, tomat, dan paprika hijau diduga dapat mencegah kanker leher rahim dan menghambat pertumbuhan kanker.

6. Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Makanan kaya antioksidan termasuk blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan. Makanan ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di leher rahim.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Makanan Anti Kanker

  1. Selain membuat masakan lebih sedap, bawang putih juga bisa mencegah kanker rupanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: