7 Comments

Melancarkan Sirkulasi Darah Secara Alami

jalan darah

Penyakit jantung, stroke, hipetensi, gangguan ginjal dan komplikasi diabetes merupakan penyakit-penyakit bahaya dan berhubungan dengan kurang lancarnya aliran darah, gangguan ada peredaran darah ini sering di tandai dengan gejala yang ringan seperti pegal-pegal, lesu, kesemutan, mudah lemas, sering pusing dan sukar berkonsentrasi, keluhan tersebut terjadi akibat terhambatnya asupan oksigen dan nutrisi ke organ-organ tubuh, berikut penyebab gangguan pada peredaran darah:

  • Kekurangan zat-zat gizi esensial yang membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kualitas sel darah merah, seperti asam amino, asam lemak Omega-3 dan Omega-6, atau antioksidan seperti vitamin A, C, E, bioflavonoid, selenium, zinc.
  • Tingginya tingkat keasaman tubuh akibat terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan olahan dan kurangnya aktivitas. Semakin asam kondisi tubuh, maka darah akan semakin lengket. Untuk mengimbanginya, tubuh memerlukan bahan makanan netral yang cenderung basa, seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Peningkatan kadar dan aktivitas radikal bebas.kadar dan aktivitas radikal bebas dalam tubuh dapat meningkat karena kurangnya olahraga, diet yang tidak seimbang, polusi (asap kendaraan, rokok, zat tambahan makanan, pestisida, dll.), stress, dan sebagainya. Radikal bebas akan merusak sistem peredaran darah secara keseluruhan dan mengakibatkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan baik.

 

Kiat Menjaga Kelancaran Sirkulasi Darah

 

1. Berolahraga rutin

Mulailah dengan berolahraga selama 30 menit secar rutin setiap hari, minimal tiga sampai empat kali seminggu. Bertahap, tingkatkan frekwensi. Yang ringan, misalnya berjalan kaki, sudah cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Alternatif olahraga ini bisa berupa olahraga aerobik ataupun olahraga an-aerobik.

lahraga aerobik adalah olahraga yang dilakukan secara terus-menerus dimana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi tubuh. Sebagai contoh olahraga aerobik adalah gerak jalan cepat, joging, lari, senam, renang, dan bersepeda. Olahraga aerobik merupakan latihan intensif yang menggerakkan dua tangan dan kedua kaki seperti jogging, bulu tangkis, berenang gaya krol (bukan gaya katak), bersepeda aktif  (bukan sepeda statis).

Olahraga an aerobik adalah olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh, contohnya; angkat besi, lari sprint 100 M, tenis lapangan, bulu tangkis dan olahraga pernapasan.

2. Hindari rokok dan polusi

Rokok mengandung begitu banyak bahan kimia berbahaya. Merokok 4 batang per hari saja bisa meningkatkan resiko serangan jantung hingga 50%. Asap pembakaran dari kendaraan bermotor juga berperan dalam menghambat kelancaran aliran darah.

 

3. Terapkan pola makanan sehat

Kebiasaan menyantap makanan berlemak dapat menyebabkan tubuh menimbun kolesterol dan memicu aterosklerosis. Hindari makanan tinggi lemak trans dan lemak jenuh. Tingkatkan asupan makanan berserat, sayuran dan buah-buahan. 

4. Kelola stres 

Terbukti, stres erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular, gangguan tidur, serta sakit sistem otot. Pada sebuah studi di Universitas Milan yang dimuat pada jurnal Hypertension, penderita stres banyak mengalami ketidakteraturan denyut jantung, serupa dengan yang dialami pasien hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Jaga berat badan ideal

Orang yang kegemukan beresiko tinggi mengalami gangguan sirkulasi darah. Banyak kondisi medis telah dihubungkan dengan kegemukan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke serta beberapa jenis kanker.

 

 Sirkulasi Darah dan Makanan

 

Pola makan sehat buat sirkulasi darah lancar dan jantung kuat. Untuk itu perlu diatur makanan yang memancing selera dan mengandung zat gizi yang membuat jantung sehat.

Jika jantung sehat, sirkulasi darah melalui arteri dan vena sangat efisien dan optimal. Penyempitan salah satu pembuluh darah saja, dapat menghambat peredaran darah. Bila orang terkena hipertensi, jantung akan bekerja sangat berat. Akibatnya bisa terjadi penyakit jantung.

Ketika usia bertambah, kita harus mengurangi konsumsi lemak, garam, kolesterol, serta menjaga berat badan agar tetap normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Jantung mungkin dalam kondisi yang baik untuk memompa darah dan mengalirkannya ke arteri, tetapi jika muncul plak dan terjadi penyempitan arteri oleh kolesterol, akan berpengaruh besar pada kesehatan jantung Anda. Jantung akan bekerja lebih keras agar darah tetap dapat mengalir ke seluruh tubuh.

Agar jantung dan arteri sehat, Anda perlu menjaga pola makan Anda agar bebas dari kolesterol jahat yang menyumbat darah. Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang memiliki manfaat untuk membersihkan arteri Anda.

Makanan Yang Bermanfaat Memperlancar Peredaran darah:

1. Alpukat
Sebuah studi pada tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di Meksiko menemukan bahwa orang yang makan alpukat setiap hari selama satu minggu dapat mengalami penurunan tingkat kolesterol dalam darah hingga 17 persen. Selain dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah, alpukat juga dapat meningkatlkan kolesterol baik (HDL).

2. Gandum Utuh
Serat larut ditemukan dalam biji-bijian seperti roti gandum, beras merah dan oatmeal yang dapat mengikat kolesterol dalam makanan Anda dan membawanya keluar dari tubuh. Sehingga, ketika tubuh Anda membutuhkan manfaat dari kolesterol, tubuh akan menarik pasokan kolesterol dari darah, efektif menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.

3. Minyak Zaitun
Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang pada usia 65 atau lebih tua yang secara teratur mengonsumsi minyak zaitun baik untuk masakan terhindar dari risiko penyakit stroke hingga 41 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun sama sekali.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah camilan yang sehat untuk jantung. Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat, sementara kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati yang disebut alpha-linolenic acid. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Lemak Ikan Salmon
Lemak ikan seperti makarel, herring, tuna, dan salmon yang penuh dengan asam lemak omega-3. Makan ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan membantu meningkatkan tingkat HDL Anda.

6. Asparagus
Asparagus merupakan salah satu jenis makanan yang terbaik untuk arteri. Asparagus bekerja dalam 100.000 mil pembuluh darah dan melepaskan tekanan pada arteri, sehingga memungkinkan tubuh mengakomodasi peradangan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

7. Buah Pome
Pomegranate mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan. Sebuah studi pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa jus pomegranate kaya akan antioksidan yang dapat merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang memperlancar aliran darah dalam arteri.

8. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin K, yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan membantu untuk menjaga agar kalsium tidak merusak arteri. Belum lagi, brokoli penuh dengan serat, dan penelitian menunjukkan diet tinggi serat juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

9. Kunyit
Kunyit adalah anti inflamasi alami yang kuat. Kunyit juga mengandung kurkumin yang menurunkan peradangan penyebab utama arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bahwa kurkumin dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam arteri sebanyak 26 persen.

10. Kesemek
Makan buah kesemek setiap hari adalah cara yang lebih baik untuk kesehatan arteri. Penelitian menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

11. Jus Jeruk
Sebuah studi 2011 yang diterbitkan secara online di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum dua cangkir jus jeruk setiap hari dapat membantu mengurangi tekanan darah diastolik. Jus jeruk mengandung antioksidan untuk membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

12. Ganggang Spirulina
Sebanyak 4.500 mg ganggang biru-hijau yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk kapsul suplemen atau bubuk, dapat membantu mengendurkan dinding arteri dan menormalkan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu hati Anda menyeimbangkan kadar darah, menurunkan lemak kolesterol LDL Anda sebesar 10 persen dan meningkatkan kolesterol HDL sebesar 15 persen.

13. Kayu Manis
Hanya satu sendok teh kayu manis sehari yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi lemak dalam aliran darah, membantu mencegah berkembangnya plak di arteri dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 26 persen.

14. Kopi
Menurut peneliti di Belanda, orang yang minum lebih dari dua, tapi tidak lebih dari empat, cangkir kopi sehari selama 13 tahun memiliki risiko penyakit jantung sekitar 20 persen lebih rendah daripada orang yang minum kopi lebih banyak atau kurang dari dua cangkir. Kafein adalah stimulan yang dapat menyebabkan peningkatan sementara dalam tekanan darah. Tetapi jika konsumsi kopi terlalu berlebihan, dapat menyebabkan jantung berdetak tidak teratur.

15. Keju
Percaya atau tidak, keju bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda. Sebuah penelitian terbaru di Women ‘s Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi keju yang rendah lemak susu sehari memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah dibandingkan yang makan lebih sedikit.

16. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan catechin, senyawa yang telah terbukti menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh Anda.

17. Semangka
Semangka juga dapat membantu melindungi jantung Anda. Sebuah studi di Florida State University menemukan bahwa orang diberi 4.000 mg suplemen L-citrulline (asam amino yang ditemukan dalam semangka) mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam waktu enam minggu. Para peneliti mengatakan bahwa asam amino dalam semangka dapat membantu tubuh Anda memproduksi oksida nitrat, yang memperlebar pembuluh darah.

18. Bayam
Kandungan potasium dan folat yang ditemukan dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

19. Pegagan

Pegagan (latin: Centella Asiatica) merupakan tanaman yang berkhasiat bagi otak. Pegagan memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin; juga memiliki kandungan garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi; hingga mempunyai khasiat yang luar biasa untuk melancarkan sirkulasi darah.

20. Jahe

Jahe mengandung berbagai senyawa volatile yang berfungsi memberikan aroma jahe yang menyegarkan, senyawa non volatile (gingerol) yang berfugnsi memberi rasa pedas, serta minyak atsiri yang banyak manfaat. Jahe membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Jahe mempunyai kemampuan melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga darah dapat melancarkan peredaran darah.

21. Secang

Bagian secang yang banyak dimanfaatkan adalah batangnya (kayu). Pemanfaatan kayu secang biasanya sebagai pewarna dan bahan minuman penyegar. Kayu secang mengandung anti-bakteri, anti-koagulasi (anti penggumpalan), serta mengandung antioksidan. Secang dapat berfungsi untuk memperlancar aliran darah, mengobati gangguan perut, dan memberi efek rileks.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

7 comments on “Melancarkan Sirkulasi Darah Secara Alami

  1. thanks gan untuk informasinya sangat bermanfaat sekali, saya tunggu tips” menarik lainnya,,,salam sukses gan.,!!!

  2. artikel yg sangat menarik dan bermanfaat , terimakasih kang

  3. trims…artikel bagus,sangat bermanfaat.Selamat berkarya bang Dedi..

  4. Sungguh artikel ini sangat bermanfaat bagi semua orang…jika kita memang benar-benar ingin hidup sehat bahagia lahir bathin…trim bang dedimisbahatori… salaam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: