Leave a comment

Bahan Alami Pembersih Perabotan Dapur

dapur

Sebagai wilayah yang selalu dipakai untuk mengolah makanan, maka dapur harus menjadi tempat yang bersih sekaligus bebas dari racun. Hal yang sering terjadi adalah dapur dibersihkan dengan berbagai bahan kimia yang tidak aman jika tercampur dengan makanan. Karena itulah Anda perlu berbagai bahan alami untuk menciptakan dapur yang bersih sekaligus aman.

Inilah bahan-bahan alami yang ampuh membersihkan dapur:

1. Tea Tree Oil

Minyak esensial yang sering digunakan untuk mengusir jerawat ini merupakan antiseptik yang sempurna untuk membersihkan berbagai perkakas dapur, permukaan kompor misalnya. Masukkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam botol semprot dan campur dengan air. Siap digunakan kapan saja.

2. Garam Kasar + Lemon

Larutkan garam kasar bersama lemon untuk membersihkan wastafel pencuci piring. Selain itu, garam kasar bisa dipakai untuk menyikat wajan besi. Gosok lembut garam kasar dengan bantuan spons pada wajan besi lalu cuci wajan seperti biasa.

3. Cuka Putih

Kaca dapur atau lantai dapur Anda kotor dan dipenuhi bekas minyak? Tak perlu bingung! Campur sabun pencuci piring cair dengan cuka putih secukupnya dalam sebuah botol semprot, campuran bahan tersebut dapat membersihkan kaca dan lantai sampai berkilau.

4. Lemon

Jika lemari es butuh dibersihkan, oleskan bola kapas atau spons yang telah dicelupkan di jus lemon. Lalu, tinggalkan di dalam lemari es selama beberapa jam untuk menetralisasi bau.

Meja marmer mudah kotor, namun dengan potongan jeruk yang dibubuhi garam dan digosokkan kuat-kuat akan dengan mudah menghilangkan kotoran apa pun. Atau dengan menyemprotkan perasan jeruk ke tempat-tempat yang biasa didatangi serangga. Seperti ambang pintu atau jendela untuk mengusir semut.

Bisa juga menggunakan jus dari empat lemon dan dua liter air untuk mencegah bau kecoa dan kutu agar lantai bersih.

5. Garam

Anda bisa menaburkan garam pada spons untuk membersihkan teko kopi, mug, atau gelas. Itu lebih baik dibanding yang mesin cuci piring lakukan. Di samping itu, Anda bisa mengawetkan spons dapur kotor dengan merendam semalam di seperempat cangkir berisi air seliter dan garam.

Jika besi panci tetap karatan setelah dicuci, tuangkan sekitar seperempat cangkir berisi air garam panas lalu gosok dengan sikat kawat. Kemudian, bersihkan hingga bersih.

6. Air mendidih

Air mendidih akan melunturkan lemak yang menempel, lebih baik dari pembersih kebanyakan. Celupkan kain dalam air mendidih dan gunakan cukup tenaga untuk menghapus noda di kompor dan microwave.

Untuk mengatasi kotoran lengket, campur sedikit baking soda dengan air sebagai pasta, lalu gosokkan.

 

7.   Minyak Zaitun
Untuk mencuci perabotan yang berbahan stainles, cukup menggunakan campuran bahan yang terdiri dari minyak zaitun dan cuka putih, serta kain pembersih. Siapkan dua potong kain, semprotkan cuka dan minyak zaitun di tiap sisinya. Kemudian bersihkan peralatan stainles dan biarkan mengering sendiri.

 

8. Teh

Air teh yang pekat dapat Anda gunakan untuk merendam peralatan besi yang berkarat. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan peralatan dapur Anda. Cukup didihkan satu atau dua panci teh pekat dan rendam peralatan Anda yang berkarat selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan alat tersebut.

 

9. Gliserin

Gliserin merupakan hasil hidrolisis minyak atau lemak yang berasal dari hewan, Saat ini, banyak sabun yang mengandung gliserin. Anda bisa menggunakan gliserin untuk membersihkan sisa lilin yang menempel di meja atau furnitur. Gunakan kapas atau kain yang dicelupkan ke gliserin, kemudian bersihkan meja atau furniture Anda.

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: