3 Comments

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

ketombe

 

Ketombe memang bukan merupakan penyakit ganas yang bisa mematikan layaknya kanker, akan tetapi keberadaan ketombe sangatlah mengganggu penampilan seseorang belum lagi rasa gatal yang diakibatkan oleh ketombe itu sendiri, bisa jadi seharian waktu kita habis cuma sekedar untuk garuk-garuk kepala akibat ketombe yang membandel.

Masalah rambut ketombe atau dalam bahasa medisnya ptiriasis banyak diderita oleh penduduk Indonesia yang beriklim tropis, suhu tinggu dan udara lembab. Penyakit ini lebih sering dialami oleh orang yang memiliki kulit kepala berminyak. Dari bayi baru lahir sampai orang dewasa bisa menderita ketombe. Apa itu ketombe sebenarnya? Ketombe adalah salah satu pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Gejala ketombe yang umum adalah timbulnya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal dan  disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang timbul dapat bervariasi mengganggu penampilan seseorang akibat kotornya rambut. Penderita ketombe akan menghindai mengenakan baju berwarna gelap karena akan terlihat jelas rontokan ketombe yang berwarna putih.

Masalah rambut ketombe dapat diperparah dengan tumbuhnya mikroorganisme dirambut secara berlebihan. Pityrosporum ovales sebenarnya adalah flora normal dirambut. Akan tetapi berbagai keadaan suhu, kelembapan, kadar minyak yang tinggi dan penurunan imunitas tubuh, dapat memicu pertumbuhan jamur ini. Munculnya keluhan ketombe rambut biasanya diawali dengan rasa gatal dikulit kepala meski baru saja keramas. Selain itu akan terjadi kelainan kulit kepala berupa :

  1. Warna kulit kemerahan
  2. Kulit yang mengelupas berminyak dan berwarna putih kekuningan, berbatas agak kurang tegas dan terasa gatal
  3. Rambut pada tempat tersebut mempunyai kecenderungan rontok.

Masalah rambut ketombe yang sering menjengkelkan dan membuat malu dalam berpenampilan biasanya disebabkan oleh banyak faktor antara lain infeksi jamur, kelelahan, dtres dan emosional. Pada bayi yang baru lahir atau anak-anak sering mengalami keluhan ketombe karena bawaan sejak dikandungan.

Dalam masalah ini kemungkinan ada faktor kekeliruan di dalam pemakaian shampoo anti ketombe serta kurangnya perhatian serta perawatan dari rambut dan kesehatan kulit kepala itu sendiri. Disamping itu juga biasanya di akibatkan oleh pengelupasan beberapa sel kulit mati di kulit kepala yang terlalu berlebih.

Secara rinci ketombe yang dialami orang dewasa biasanya disebabkan meningkatnya produksi minyak di kulit kepala dan meningkatnya jumlah mikroorganisme di kulit kepala seperti :

  1. Ras dan genetik tertentu,
  2. Makanan berlemak tinggi,
  3. Iklim dan cuaca,
  4. Stress psikis,
  5. Obat-obatan atau kosmetik rambut,
  6. Faktor usia,
  7. Kebersihan kulit kepala yang buruk,
  8. Penyakit sistem kronik.

Prinsip pengobatan ketombe pada umumnya tiujukan untuk ;

  1. Menurunkan minyak dipermukaan kulit kepala
  2. Menurunkan jumlah mikroba penyebab ketombe
  3. Mengurangi gatal-gatal dan kerontokan rambut

 

Mengatasi Ketombe Secara Alami:

 

1.      Garam Dapur
Garam dapur yang sejatinya lebih banyak digunakan untuk menambah rasa asin dalam setiap sajian masakan atau berbagai jenis makanan. Makanan tanpa garam seperti hambar. Garam dapur yang memang kita ketahui lebih banyak digunakan sebagai penyedap rasa makanan, ternyata dapat dijadikan sebagai obat penghilang ketombe.

Langkahnya :
– Campurkan 2 sendok garam dapur kedalam segelas air dingin, kemudian aduk rata sampai garam larut dan tercampur drngan air
– Celupkan telapak tangan anda kedalam larutan garam tadi, hingga beberapa saat kemudian gosokkan tangan tersebut pada kulit kepala hingga beberapa saat sampai meresap kedalam pori-pori kulit kepala
– Sambil dipijat dengan perlahan, kemudian bilas dengan shampoo yang biasa anda gunakan hingga bersih. Cobalah mennggunakan resep tradisional ini 2x seminggu dengan giat, ketombe akan berkurang dan hilang.

 

2.      Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga dikenal sebagai obat penghilang ketombe yang baik, sudah sejak lama jeruk nipis digunakan sebagai salah satu bahan campuran shampoo yang kini sudah banyak dijual dipasaran.

Langkahnya :
– Siapkan 2 buah jeruk nipis yang masing-masing dibagi menjadi 3 bagian, kemudian gosokkan jeruk nipis pada kulit kepala dan rambut sampai rata hingga keseluruh bagian rambut
– Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk, biarkan hingga 1 malam dan keesokan harinya keramas dan bilas dengan bersih hingga tak ada serpihan jeruk nipis yang tersisa di rambut. Lakukan cara ini 3x seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal agar ketombe cepat hilang.

 

3.      Daun Kangkung
Kangkung merupakan jenis sayuran yang mengandung antioksidan yang sangat baik, juga dikenal sebagai sayuran anti kanker. Namun kangkung sebaiknya tidak boleh terlalu berlebihan dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki atau terkena reumatik. Selain itu ternyata kangkung juga dapat difungsikan sebagai sayuran untuk menghilangkan ketombe dengan cara alami.

Langkahnya :
– Ambil 2-3 genggam kangkung, kemudian potong kecil-kecil, setelah itu cuci kangkung hingga bersih
– Rendam potongan kangkung dalam wadah hingga semalaman, hingga air rendaman berubah warna menjadi kebiru-biruan
– Keesokan harinya air rendaman yang sudah berubah warnanya tersebut dipisahkan dengan kangkungnya. Gunakan air rendaman tersebut untuk keramas 2-3 kali, lalu diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan shampoo yang biasa digunakan hingga bersih.
– Apabila banyak memiliki ketombe saat keramas menggunakan rendaman air kangkung akan terasa perih. Gunakan setiap hari maka anda akan terbebas dari masalah ketombe.

 

4.      Daun Pandan
Daun pandan yang biasa digunakan sebagai pewarna makanan dan pewangi makanan seperti kue, kolak dsb. Daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dengan cara alami.

Langkahnya :
– Sediakan 7 lembar daun pandan yang masih segar, cuci bersih kemudian haluskan
– Tambahkan 1/2 cangkir air bersih sambil diremas untuk diambil sarinya dan saring
– Air perasan daun pandan tadi dioleskan secara merata keseluruh kulit kepala yang berketombe, kemudian biarkan mengering dengan sendirinya. Ulangi beberapa kali bila perlu.
– Lalu diamkan hingga 1/2 – 1 jam, kemudian bilas rambut dengan air bersih. Bila perlu lakukan setiap hari hingga ketombe menghilang dan rambut akan menjadi wangi.

 

5.      Buah Mengkudu
Buah mengkudu atau buah pace yang dikenal dengan baunya yang menyengat atau dikenal juga sebagai buah untuk mengobati darah tinggi, ternyata dapat dijadikan sebagai buah untuk menghilangkan ketombe.

Langkahnya :
– Siapkan buah mengkudu, kemudian haluskan dan oleskan seacara merata keseluruh bagian rambut hingga rata, diamkan sejenak selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih hingga bau buah mengkudu menghilang dari rambut anda.
– Gunakan resep ini, agar ketombe cepat menghilang, meskipun bau namun buah ini terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe.

 

6. Daun Pegagan dan Merang

Bahan : 1 genggam merang, 25 gr daun pegagan

Cara pembuatan :

Merang yang dibakar lalu direndam dalam air dan dihancurkan dengan cara meremas dan diamkan 1 malam. Daun pegagan dihaluskan dan campur dengan air merang lalu saring. Gunakan airnya untuk keramas tanpa menggunakan sampo lagi.

 

7. Lidah Buaya

Kupas kulit lidah buaya dan pakailah daging buahnya untuk dioleskan pada kulit kepala. Diamkan 10 menit, lalu keramas.

 

8.      Minyak zaitun

 

Campur dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan minyak almond. Oleskan sambil dipijit lalu diamkan 15 menit. Bilas hingga bersih setelah itu.

 

9.      Cuka Sari Apel

Cuci rambut dengan shampoo lalu bilas. Kemudian gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

 

10.  Santan Kelapa

Satukan santan dari setengah butir kelapa bersama satu gelas jus nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Gunakan untuk mencuci rambut dan bersihkan dengan shampoo jika sudah selesai. Lakukan tiap lima hari sekali.

 

 

[Dari berbagai sumber]

 

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

3 comments on “Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

  1. Terima kasih banyak gan, akan saya coba tips dari agan ini 🙂

  2. kalo berdasar pengalaman jeruk nipis lumayan ampuh

  3. […] sumber :  https://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/09/04/cara-mengatasi-ketombe-secara-alami/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: