4 Comments

Obat Alami Penyakit Kutu Air

kutu air

 

Kutu Air merupakan istilah bagi suatu penyakit disebabkan oleh Jamur Tricophyton dan Jamur Dermatophytes. Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala. Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.

Penyebab Kutu Air

Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur.

Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Gejala Kutu Air

Sebagian besar gejala kutu air mirip dengan penyakit kulit lainnya seperti kurap. Berikut adalah tanda dan gejala kutu air:

  • Kulit gatal dan merah
  • Kulit kering dan bersisik
  • Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki
  • Lepuh yang mungkin berisi nanah
  • Pembengkakan kulit

Selain ini, jamur Onychomycosis juga dapat berkembang yang membuat kuku kaki menjadi tebal, rapuh, dan berubah warna.

Apakah Kutu Air Menular?

Kutu air termasuk penyakit menular yang dapat menyebar dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia. Pada manusia, penularan terjadi ketika terjadi kontak kulit langsung. Di sisi lain, jamur kutu air juga bisa menyebar dari berbagai medium. Sebagai contoh, penularan jamur bisa terjadi dari air kolam renang dan air mandi. Demikian pula, menggunakan pakaian atau handuk milik orang yang terinfeksi juga dapat menyebarkan kutu air.

 
Obat Alami Kutu Air

1. Singkong
Cara pertama untuk mengobati kutu air adalah menggunakan singkong. Caranya, kupaslah singkong anda kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya parutlah singkong lalu tempelkan ke kulit yang terkena kutu air. Diamkan hingga singkongnya kering. Lakukan cara ini beberapa hari sekali. Dengan cara ini setidaknya bila dilakukan dua hari kutu airnya mulai sembuh.

2. Daun Talas
Daun talas juga bisa digunakan untuk mengobati kutu air. Ambillah kulit ari daun talas, kemudian jadikan pembalut pada kaki yang terkena kutu air. Hal ini dipercaya dapat mengobati kutu air yang anda alami dengan cepat, insya Allah.

3. Bawang Putih
Dengan kandungan antibiotiknya bawang putih dipercaya dapat mengobati kutu air. Caranya irislah bawang putih kemudian gosokkan kebagian yang terkena kutu air beberapa kali sehari. Atau bisa juga anda lakukan dengan menumbuk bawang putih hingga lumat kemudian oleskan ke bagian yang terkena kutu air. Lakukan langkah ini selama beberapa hari sampai sembuh.

4. Daun Sirih
Siapkan 10 lembar daun sirih. Lumatlah menggunakan tangan atau diiris pakai pisau. Rebus ke dalam air mendidih kemudian tambahkan sesendok garam. Tunggu sampai aroma sirih tercium yang menandakan zat pada daun sirih mulai keluar. Angkat dan masukkan air rebusan ke dalam ember.

Kemudian tambahkan air dingin sampai dirasa aman bagi kulit. Lalu rendamlah kaki anda dengan air daun sirih tersebut. Rendam selama 10-15 menit. Lakukan cara ini selama 3 hari berturut-turut atau sampai dirasa kutu air sembuh. Sebaiknya dilakukan sebelum tidur karena selain dapat mengobati kutu air, air rendaman ini juga bisa menghilangkan pegal sehingga tidur andapun akan lebih nyenyak.

5. Garam
Mengobati kutu air dengan garam cukup mudah. Campurlah air hangat dengan garam. Kemudian rendamlah kaki anda yang terkena kutu air selama kurang lebih 15-20 menit ke dalam air campuran ini.

Campuran air hangat dan garam dapat membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat mengobati kutu air. Lakukan cara ini selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan untuk terapi, lakukan cara ini sekali seminggu. Selain dapat membunuh kuman juga dapat membuat rileks otot-otot kaki dan menghilangkan pegal pada kaki.

6. Soda Kue
Campurkan soda kue ke dalam air hangat, lalu rendamlah kaki anda selama 15-20 menit. Kemudian cuci bersih kaki anda. Lakukan cara ini selama beberapa hari atau sampai dirasa kaki anda sembuh dari kutu air.

7. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki Asam Laurat yang bersifat anti jamur, sehingga sangat efektif untuk mengobati kutu air. Cukup oleskan ke area yang terkena kutu air beberapa kali sehari. Lakukan cara ini selama beberapa hari sampai kutu airnya sembuh.
8. Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)
Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah Tea Tree Oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit.

9. Cuka Apel
Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit. Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari.

10. Teh
Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung Asam Tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

 

 

[Dari berbagai sumber]

 

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

4 comments on “Obat Alami Penyakit Kutu Air

  1. Penyakit kutu air sangatlah membuat tidak nyaman selain sakit rasanya, bau yan ditimbulkan juga membuat tidak nyaman,,,terimakasih gan untuk tips cara mengatasinya sangat bermanfaat sekali !!!

  2. Temenku ada yang kena kutu air, dia tak saranin sama persis kayak No.5 direndam pake air garam hangat, kata dia udah dilakukan tapi gak sembuh-sembuh. itu kira-kira kenapa ya?

  3. [g̲̅u̲̅e̲̅] kena kutu air, kaaampreeeeeeetttt..

  4. mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: