1 Comment

Minuman Sampah Wedang Uwuh Yang Menyehatkan

wedang uwuh

Sejarah pengobatan tradisional Jawa memang menyimpan beragam cerita. Banyak jenis jamu yang lahir dari hasil kreativitas atau coba-coba. Wedang Uwuh yang kini sedang digemari banyak orang hanya salah satunya. Meski artinya sampah, wedang ini mampu menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Rasanya pun begitu unik.

Wedang Uwuh sudah digunakan oleh para prajurit kerajaan Mataram jaman. Awalnya mungkin mereka mencari ramuan untuk menghangatkan badan. Maklum dalam melindungi Keraton, prajurit kan harus memiliki stamina prima. Baik saat berperang maupun ketika harus keluar masuk hutan. Mungkin dalam perjalanan tercetus ide untuk mengumpulkan bahan-bahan yang terdapat disekitar untuk digunakan. Jadilah warisannya resep maupun khasiatnya bisa dinikmati sekarang.

Ada banyak ragam minuman dalam tradisi masyarakat Jawa yang menyehatkan. Ada wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, dan sebagainya. Khasiat minuman tersebut, selain menghangatkan tubuh, ada pula yang mampu meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang kini sedang digemari banyak orang, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya adalah Wedang Uwuh. Popularitas wedang ini ternyata juga sudah menembus Ibu Kota dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya. Tak sedikit orang yang membawa oleh-oleh Wedang Uwuh siap seduh, sehabis bertandang ke Yogyakarta. Mungkin Anda juga pernah mencicipinya.

Uwuh dalam bahasa Jawa artinya sampah. Dijuluki uwuh karena ampas atau bahan-bahan minuman ini ketika sudah bercampur tampak seperti sampah tak berguna. Berbagai jenis herba yang menjadi isi kandungan Wedang Uwuh di antaranya adalah rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah.

 
Dilirik dari bahan dasarnya, tidak heran bila Wedang Uwuh memiliki manfaat untuk kesehatan. Dari mulai jahe, rimpang yang satu ini lebih dari sekadar bumbu dapur. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat.

Dr Michael dari Herbacure menilai, berbagai kandungan bahan dalam Wedang Uwuh jika diuraikan satu per satu memang memiliki manfaat beragam. Manfaat itu terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

wedang uwuh 1

Bahan Wedang Uwuh memang mirip sampah

Bahan Bahan Yang Ada Di Dalam Wedang Uwuh

1.      Jahe

Dalam banyak penelitian, jahe adalah bersifat antikoagulan (anti penggumpalan darah), artinya Jahe ini mampu digunakan sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah, yang merupakan pemicu stroke, serta mencegah serangan jantung. Jahe juga digunakan sebagai penurun kadar kolesterol serta meminimalisasi penyerapan kolesterol pada darah dan hati.

 

2.      Kayu Secang

Kayu ini lah yang memberikan warna merah pada Wedang Uwuh. Masyarakat Yogyakarta telah lama mengenal Kayu Secang (Caesalpinia sappan), kayu ini digunakan dalam ramuan untuk pengobatan seperti sifilis, batuk darah, dan radang. Kayu Secang ini juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, serta melegakan pernapasan.

 

3.      Cengkeh

Semua yang ada dalam pohon Cengkeh, baik itu bunga, batang, serta daun sudah sejak lama terbukti memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, dan lain-lain.

 

4.      Kayu Manis 

Kayu manis dan Daun Kayu manis ini lah yang memberikan “Wedang Uwuh” memiliku aroma segar dan khas. Campuran jahe dan kayu manis berkhasiat memiliki fungsi sebagai penambah daya tahan tubuh, ini dikarenakan kandungan antioksidannya tinggi.

 

5.      Pala

Pala dan daun pala memiliki keharuman semerbak, ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan kimia flavonoid, saponin dan polifenol dapat mengatasi batuk berlendir, membantu pencernaan, penghilang kejang otot, menghilangkan nyeri, mengobati masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), bersifat stomakik (memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan), melancarkan sirkulasi darah, karminatif (memperlancar buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual mau muntah karena masuk angin), nyeri haid, rematik dll.

 

6.      Akar Sereh dan Daun Sereh

Akar Sereh sejak lama digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

 

7.      Kapulogo 

Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk dan untuk mencegah keropos tulang.

 

8.      Gula Batu 

Gula batu memberikan rasa manis yang khas tanpa menghilangkan aroma dan citarasa asli bahan-bahan ramuan “Wedang Uwuh” ini.

wedang uwuh 2

Begitu airnya mendidih, langsung merah oleh Kayu Secang

Cara membuat Wedang Uwuh ini gampang saja. Semua bahan cukup diseduh dengan air mendidih atau direbus jika ingin membuat dalam ukuran banyak. Beragam bahan dalam wedang itu jika telah menyatu dan direbus akar menghasilkan minuman berwarna cokelat kemerahan yang terbentuk dari warna dominan secang. Bau harum menguar dari aroma kayu manis. Rasa hangat, pedas, manis, berasal dari jahe dan rempah lainnya.

Penasaran ingin menikmati sajian Wedang Uwuh? Anda bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahannya pun tidak sulit didapat. Hampir setiap kios bahan jamu di pasar tradisional menjual bahan-bahan tersebut. Sebagian besar bahan, seperti kayu manis, jahe, kayu secang, gula batu, dan cengkeh juga tersedia di pasar swalayan.

Atau bila Anda berkunjung ke Imogiri, jangan lupa membeli oleholeh bahan ramuan Wedang Uwuh lengkap yang sudah dikemas. Harga per bungkus relatif murah.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Minuman Sampah Wedang Uwuh Yang Menyehatkan

  1. Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Minuman ramuan tradisional khas Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan Wedang Uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Varian Produk Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    1. Rempah / Original
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus.
    •Netto 40 gram untuk 1gls besar.
    •Netto 65 gram untuk 5-6 gls besar

    2. Instan
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram untuk 4gls.

    3. Instan Ekstra Pedas (Rasa Lebih Pedas)
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan rasa lebih pedas, cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram, untuk 4gls

    4. Celup
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dikemas menjadi kantung celup (seperti teh celup) dengan penyajian diseduh.
    •Kemasan tas isi 10 kantung, per kantung dapat untuk 3gls besar.

    Profil Angkringan Jogja

    Pusat produsen dan Pusat Grosir penjualan Wedang Uwuh bermerk dagang Angkringan Jogja minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari 100% rempah alami.
    Produk ” Wedang Uwuh ” dikemas dengan Kemasan Plastik & Kantung Tas Kertas Klasik.

    Pembelian & Pemesanan Produk

    Sedia untuk pemesanan , penjualan produk, kerjasama Distributor, Agen, Reseller dan Grosir.

    Kontak & SMS :
    – +6281392977979 ( Telkomsel )
    – +6285642335089 ( Indosat )
    – +6281904131899 ( XL )
    – +622747849189 ( Flexi )
    – 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    BB PIN : 316454c4

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com
    http://www.wedang-uwuh.com

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Twitter @angkringanjogj

    Alamat :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta 55783

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: