2 Comments

Ramuan Alami Vitiligo

vitiligo

 

Vitiligo adalah salah satu penyakit kulit dimana warna kulit berkurang yang akan menimbulkan bercak-bercak putih pada kulit. Penyakit Vitiligo biasanya disebabkan oleh terganggunya pigmen pembuat warna kulit, hingga timbul warna bercak putih di daerah itu. Namun diduga disebabkan oleh antibodi yang mengakibatkan matinya melanosit (pembentuk pigmen kulit), yang berkaitan dengan sistem imun dan sistem saraf.

Pengobatan vitiligo umumnya memerlukan waktu lama, dan berbeda untuk tiap orang. Ada yang beberapa bulan warna kulitnya sudah kembali sama dengan sekitar, ada pula yang sampai tahunan bahkan puluhan tahun. Pada vitiligo, pigmen warna kulit yaitu melanin, tidak terbentuk, sel-sel pembuat warnanya tidak bekerja karena diserang oleh tubuh sendiri.

Penyebab Vitiligo

Mekanisme timbulnya penyakit vitiligo ini juga belum diketahui pasti. Salah satu mekanisme yang banyak diyakini adalah gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi melawan organ/jaringan tubuh sendiri dan tubuh membentuk antibodi yang merusak organ atau jaringan tersebut. Dalam hal penyakit vitiligo, organ yang dikenali sebagai ‘benda asing’ adalah melanosit, yaitu sel yang berfungsi untuk membentuk melanin (pigmen/zat warna kulit, rambut, mata).

Vitiligo adalah suatu kelainan pigmentasi, dimana melanosit (sel-sel penghasil pigmen warna kulit) pada area tertentu rusak dan hilang. Penyebab terjadinya vitiligo masih belum diketahui secara pasti, namun ada dua teori yang paling kuat tentang penyebabnya yaitu faktor genetika, dan juga adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan sel-sel tubuh menyerang sel tubuh itu sendiri (penyakit autoimun).

Penyakit yang disebabkan oleh genetika ataupun gangguan autoimun sulit didiobati, karena penyebabnya dari dalam tubuh sendiri. Namun begitu tidak usah khawatir karena vitiligo cenderung tidak berbahaya, hanya dampak estetika saja yang terganggu karena adanya perbedaan warna kulit di area tertentu. Walau demikian, pada kebanyakan kasus, vitiligo bisa menimbulkan masalah bagi kepercayaan diri sang penderitanya, misalnya pada orang-orang dengan area vitiligo yang lebih dari 50% permukaan tubuhnya, atau pada wanita, sehingga penderita Vitiligo pun perlu perhatian dan dukungan dari kerabat dan teman-teman terdekat.

Hal ini di perparah dengan faktor-faktor berikut ini :

–          Akibat luka bakar

–          Efek dari penyakit cacingan atau juga penyakit typus

–          Stress berat baik fisik maupun mental

–          Mengalami gangguan keringat cacat

–          Efek dari kosmetik yang mengandung bahan berbahaya

–          Mengalami rasa khawatir yang sangat tinggi

–          Mengalami gangguan lambung yang akut dan gastrointestinal

–          Parasite yang bias memicu timbulnya penyakit kulit

 

Ada beberapa metode “penyembuhan” vitiligo, antara lain pemberian sejenis krim kortikosteroid untuk mengembalikan warna pigmennya. Untuk pengobatan ini, Anda musti berkonsultasi dengan dokter karena pemakaian dan dosisnya harus diatur. Pada pasien dengan area vitiligo yang sangat luas, misalnya lebih dari 50%, biasanya alternatif yang diambil adalah justru depigmentasi, atau penghilangan pigmen bagian tubuh yang lain supaya tidak belang-belang. Cara lainnya lagi, ya melalui proses operasi, misalnya cangkok kulit, ataupun transplantasi melanosit (sel pigmen), tapi tentu biayanya sangat mahal.

Berdasarkan hasil penelitian, pada penderita vitiligo ditemukan kadar asam folat, vitamin B12, dan vitamin C yang rendah. Maka, suplementasi asam folat (1-10mg per hari), vitamin C (1 gram per hari), vitamin B 12 sebanyak 1000-2000 mcg setiap 2 minggu, dapat menimbulkan repigmentasi pada sebagian orang. Kalau memungkinkan disinergikan dengan paparan sinar matahari pagi, sambil berjemur atau berolahraga.

Salah diantara hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya kerusakan melanosit ini adalah dengan selalu menggunakan tabir surya yang memberikan perlindungan secara khusus dari sinar matahari pada bagian wajah, tangan dan kaki. Gunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protective Factor) 8-15 untuk kulit coklat atau gelap. Sedangkan bagi orang berkulit putih, sebaiknya menggunakan SPF 15-30. Namun penggunaan tabir surya ini juga harus diikuti dengan menjauhi sinar matahari antara pukul 11.00-15.00, menggunakan topi yang cukup lebar, dan menghindari risiko terbakar sinar matahari.

Ada 2 kemungkinan penyembuhan vitiligo. Kalau masih ada sel-sel pigmennya pada kulit/rambut, Insya Allah bisa sembuh. Tetapi kalau sel pigmennya tidak ada lagi, maka warna kulit tidak bisa kembali normal. Ada tidaknya pigmen bisa diketahui dari pemeriksaan potongan kulit dengan mikroskop (pemeriksaan histopatologik).

 

Pantangan dan Anjuran

  • Hindari secara total alias jangan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung kunyit (turmeric), baik dalam jumlah banyak maupun sedikit.
  • Hindari pula mengkonsumsi cabe hijau atau merah (hal ini berdasarkan pengalaman dan hasil penelitian).
  • Hindari/jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia sintetis, seperti pengawet atau pewarna, bahan makanan yang dimaksud seperti mie instan, teh dalam kemasan, dll.

Menurut pendapat  Prof. Dr. Karin U Schallreuter (Spesialis Dermatology and Venereology Biotechnikum Walter – Jerman),  hindari frustrasi dan emosi yang berlebihan (terutama marah & sedih). Selain beberapa jenis makanan yang harus dihindari, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk senantiasa dikonsumsi, diantaranya:

  • Sering mengkonsumsi buah-buahan segar terutama buah alpukat yang bagus buat kulit.
  • Banyak mengkonsumsi sayuran segar dan minyak zaitun.
  • Minuman yang dianjurkan seperti green tea.
  • Biasakan mengkonsumsi Vit. B Complex, omega 3, asam folat dan zink.
  • Usahakan untuk senantiasa rileks dan gembira, banyak tertawa, senantiasa berpikiran positif dan berprasangka baik.

 

Ramuan Alami Vitiligo

 

 

daun ekor kucing

Ramuan Alami Vitiligo

 

1.      Daun Ekor Kucing

  • Cuci segenggam daun segar ekor kucing dan kencur seukuran 1/2 ibu jari sampai bersih.
  • Giling sampai halus.
  • Balurkan pada bagian tubuh yang berbercak putih, lalu balut.
  • Lakukan pengobatan ini setiap hari.

 

jahe

2.      Jahe

30 gr jahe dicuci bersih kemudian dibuat jus.

Balurkan jus jahe tersebut pada bagian kulit yang terkena vitiligo.

 

[Dari berbagai sumber]

 

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

2 comments on “Ramuan Alami Vitiligo

  1. Tuhan mnurunkan pnyakit pasti ad obatx,brusaha brfkir positif saya pzti smbuh

  2. kalo aku ada bintik2 kecoklatan di telapak tangan kiri, udah 4 hari ini ga ilang 😦 belum ke dokter siih..
    awalnya mikir nyamuk, tapi beda, bukan krn gigitan nyamuk, ga gatel, ga panas, biasa aja.. akunya juga ga ngeh itu kenapa, ngehnya pas di jalan pagi berangkat kerja, malemnya masih normal loh..
    kenapa ya kira2? :’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: