Leave a comment

Ramuan Alami Peredam Rasa Sakit dan Kram Saat Haid atau Menstruasi

nyeri haid

Setiap bulan perempuan usia subur kedatangan ‘tamu’ yakni menstruasi. Berbagai keluhan menyertai datangan tamu ini. Salah satunya adalah keluhan kram. Tapi jangan khawatir, ada cara alami untuk mengatasi kram saat menstruasi menjelang.

Kram digambarkan sebagai nyeri di perut bagian bawah. Kram yang dialami sebelum atau di hari-hari awal menstruasi disebut dismenorea. Menurut pakar gizi Dr Daemon Jones, salah satu penyebab sakit yang dialami perempuan saat menstruasi adalah ketidakseimbangan hormonal.

“Ketika perempuan merasa nyeri, saya selalu membuat pendekatan jangka pendek dan jangka panjang untuk mengatasi masalahnya,” ujar dokter yang akrab disapa Dr Dae itu, seperti dikutip dari Empowher, Kamis (21/3/2013).

Pendekatan jangka pendek maksudnya Dr Dae membantu mereka untuk menghilangkan nyeri menstruasi secepat mungkin. Sedangkan dalam pendekatan jangka panjang, Dr Dae ingin memperbaiki masalah hormonal secara permanen.

“Dalam strategi jangka pendek untuk mengatasi kram adalah dengan menghilangkan nyerinya. Nyeri itu disebabkan karena kram pada otot rahim seperti menumpahkan lapisan dalam yang disebut endometrium,” terang Dr Dae.

Pendarahan yang terjadi setiap bulan atau menstruasi terjadi karena pembuluh darah yang berguna untuk menyalurkan zat makanan di endometrium luruh akibat tidak terjadi pembuahan ovum oleh sel sperma. Saat peristiwa itu terjadi, otot-otot rahim berkontraksi berulang kali selama beberapa hari.

“Inilah sebabnya mengapa wanita mengalami nyeri sebelum menstruasi mereka dimulai. Selama proses ini tubuh kita memproduksi hormon seperti zat yang disebut prostaglandin yang dapat meningkatkan rasa sakit dan peradangan di dalam rahim. Semakin tinggi tingkatannya dalam tubuh kita, rasa sakit akan lebih banyak dihasilkan selama PMS,” papar Dr Dae.

Dia menyarankan untuk mengurangi rasa sakit akibat kram, maka ada baiknya para perempuan mengonsumsi suplemen dan makanan yang bisa mengurangi rasa sakit. Karena terkadang obat terbaik adalah makanan.

Makanan apa yang harus dimakan? “Buah aneka warna dan sayuran, protein tanpa lemak, ikan perairan dalam dan protein nabati adalah pilihan yang baik,” ucap Dr Dae.

Selain itu makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium juga bisa membantu meringankan kontraksi otot. Contoh makanan yang tinggi magnesium adalah bayam, labu, biji labu, brokoli dan sayuran berdaun hijau. Sedangkan makanan yang kaya kalsium adalah kacang-kacangan, almond dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam.

Sementara suplemen yang bisa dikonsumsi adalah yang mengandung vitamin D, kalsium, magnesium, omega-3, dan vitamin E. “Saya sarankan sebelum Anda mengonsumsi suplemen, konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa suplemen tersebut tidak mengganggu pengobatan yang sedang Anda jalani,” saran Dr Dae.

Tips Mengantisipasi Rasa Sakit dan Kram Saat Haid

1.      Hindari Diet Berat

Saat menstruasi berlangsung dianjurkan pada wanita untuk menghindari diet berat. Bukan hanya saat menstruasi saja, tapi sebelum dan sesudah menstruasi wanita tidak dianjurkan untuk melakukan diet berat. Pasalnya saat menstruasi wanita sangat membutuhkan banyak asupan gizi sehingga diperlukan untuk mengkonsumsi banyak makanan seperti buah-buahan dan sayuran hijau yang bermanfaat untuk meningkatkan energi. Saat menstruasi, darah yang keluar sangat banyak, sehingga energi yang diperlukan pun cukup banyak untuk menggantikan energi yang terkuras akibat menstruasi. Selain itu, kunyit bisa dijadikan obat herbal yang bisa meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

2.      Hindari Minuman Dingin

Semua yang berbau dingin seperti es ataupun air dingin dianjurkan untuk dihindari saat menstruasi. Mengkonsumsi air es maupun berendam di air dingin membuat rasa kram saat menstruasi menjadi lebih parah.  Suhu dingin menyebabkan stagnasi darah dalam tubuh atau berhentinya aliran darah dalam tubuh untuk waktu sesaat. Hal tersebut akan memperburuk kelancaran keluarnya darah kotor ketika menstruasi.

3.      Konsumsi makanan berkarbohidrat dan hindari junk food

Wanita yang sedang menstruasi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai karbohidrat tinggi. Pasalnya karbohidrat sangat bermanfaat untuk meringankan rasa kram saat menstruasi. Karbohidrat memberikan keseimbangan pada tubuh. Selain itu, karbohidrat mempunyai serat yang tinggi dan mampu untuk membersihkan hormone estrogen dalam tubuh. Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah tertentu bisa memberikan ketenangan dan rileks pada wanita yang mengalami rasa kram saat menstruasi. Hindari makanan junk food, karena kandungan yang terdapat pada makanan junk food tidak baik untuk wanita yang sedang menstruasi.

4.  Masukkan jadwal latihan olah raga ke dalam aktivitas harian

Berolahraga pada saat menstruasi akan membuat stres dan kram berkurang. Latihan kardiovaskular sangat ideal untuk meningkatkan denyut jantung.

5. Pertahankan berat badan ideal dan makan makanan yang bergizi

Sertakan makanan kaya serat, gandum, sayuran, buah-buahan, serta makanan rendah lemak dan garam.

Hindari makanan berlemak karena dapat menghasilkan estrogen. Kadar estrogen dalam tubuh yang tidak seimbang  akan menyebabkan kram rahim.

6. Gunakan pemanas untuk mengurangi kram

Panas dapat memberi rasa nyaman dan melemaskan otot-otot. Anda dapat menempatkan bantal pemanas pada perut  bagian bawah atau bisa pula dengan berendam di air hangat.

7. Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein dapat membuat kram semakin memburuk.  Minumlah air putih untuk membantu menjaga  hormon agar tetap seimbang.

8.      Yoga

Gaya dalam beryoga dapat menjadikan tubuh santai dan rileks, dengan melenturkan otot-otot di bagian perut. Bernapas yang dalam saat melakukan gaya yoga ternyata dapat membuat otot untuk rileks, termasuk otot uterus.

9.      Kurangi Produk susu

Dengan mengurangi memakan produk dari bahan susu seperti keju, yogurt, dan es krim saat anda sedang menstruasi dapat meredakan kram dan nyeri menstruasi. Dan hal tersebut dapat menjadi salah satu cara mengatasi nyeri perut saat menstruasi.

Ramuan Alami Pereda Nyeri/Sakit Haid

 

1.      Daun Beluntas

Campurkan daun beluntas, asam jawa dan garam, lumatkan lalu rebus sampai mendidih. Saat sudah mendingin, saring dan minum sehari 2 gelas (pagi dan sore) sampai sakitnya mereda.

2. Jus Nanas

Buah nanas mengandung sangat banyak kandungan bromelain yang dapat berguna untuk membantu untuk meredakan nyeri dan kram otot ketila sedang menstruasi.

3. Jus Lidah Buaya

Sifat Alami pada lidah buaya adalah sebagai penghilang dan pereda rasa sakit. Untuk dapat mengatasi nyeri haid yang luar biasa , anda cukup mengkonsumsi jus lidah buaya ini 3 kali sehari. Cara membuat Jus lidah buaya cukup mudah, anda cukup mengambil bagian dalam dari lidah buaya ini lalu campurkan dengan madu sebanyak satu sendok teh, aduk-aduk hingga campuran rata kemudian diminum.Selain dapat untuk mengatasi nyeri haid, jus lidah buaya ini juga sangat baik digunakan untuk membantu anda melancarkan peredaran darah ketika periode menstruasi.

4.      Air Jahe

Jahe juga memiliki cukup banyak memiliki khasiat yang baik, salah satunya khasiat dari jahe adalah dapat digunakan untuk meringankan sakit ketika datang bulan. Cara membuatnya sama saja jika kita akan membuat cairan jahe biasa. Minum 3 kali dalam sehari sampai rasa sakit yang dialami anda berangsur hilang.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: