Leave a comment

Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

bibir

 

Saat menjalani ibadah puasa, kurangnya air yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan kulit cenderung lebih kering. Hal ini juga berdampak pada penampilan kulit yang kurang menarik termasuk bagian bibir. Dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya, kulit pada bagian bibir akan mudah kering dan pecah-pecah.

Ada banyak alergi yang bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Termasuk, alergi terhadap kobalt dan nikel. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin B12, maka anda akan memiliki kelebihan kobalt dan mengakibatkan bibir kering dan tampak berkerak.

Jika anda alergi terhadap nikel, pastikan anda tidak menempatkan logam di dekat mulut anda, termasuk klip kertas. Jika anda berencana untuk memasang cincin bibir, pastikan itu tidak mengandung nikel.

Bahan-bahan dalam lipstik dan pasta gigi juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Jika pasta gigi anda mengandung guaiazulane, atau jika lipstik anda mengandung gallate propil atau salisilat fenil (salol), maka bibir pecah-pecah anda mungkin akibat dari alergi terhadap zat-zat itu.

Alangkah baiknya jika anda berhenti menggunakan produk-produk tersebut. Alergi terhadap makanan atau bahan makanan, seperti buah ara atau pewarna merah makanan, juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

Penyebab lain bibir kering dan pecah-pecah adalah karena dehidrasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi masalah ini. Selain harus banyak minum air putih saat sahur dan berbuka, untuk mengembalikan cairan tubuh.

 

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa:

1. Pengelupasan Kulit Bibir
Minimal seminggu sekali anda harus mengelupaskan kulit mati dibibir. Caranya, basahi bibir dengan air hangat lalu gosok bibir dengan sikat gigi berbulu lembut. Lakukan perlahan agar tidak melukai bibir. Lebih baik lagi menggunakan produk pengelupas untuk bibir. Biasanya berbentuk seperti lip balm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah terekelupas.

2. Menggunakan Lip Balm (Pelembab Bibir)
Cara lain mencegah bibir kering adalah rajin mengaplikasikan lip balm. Carilah lip balm yang kaya moisturizer, mengandung minyak alami dan terdapat label SPF (sun protecting factor). Kandungan tersebut dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang merupakan salah satu pemicu bibir kering.

3. Hindari Makan Pedas dan Asin
Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.

4. Hindari Menjilat Bibir
Menjilat bibir sama sekali tidak membantu. Malahan dapat memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang menempel, membuat bibir semakin kering. Oleh karenanya, hindari menjilat bibir.

5. Madu
Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Masalahnya Anda tidak bisa mengoleskan bibir di tengah hari. Oleskan madu menjelang tidur. Saat sahur, minumlah madu sebanyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.

6. Konsumsi Vitamin C
Cara lain untuk melebabkan bibir kamu bisa mengosumsi Vit C ,Vit C bisa anda dapat kan dari memakan sayur, buah atau suplement tambahan saat buka dan sahur.

7. Hindari Rokok Dan Minuman Asam
Hindari merokok saat sahur, karna akan membuat bibir kamu kelihatan hitam saat menjalankan ibadah puasa dan hindari minuman – minuman asam seperti orange juice karna akan membuat bibir kamu iritasi dan pedis ketika bibir sedang pecah-pecah. Air putih lebih baik untuk mengatasi bibir yang sedangtidak prima.

8. Gunakan Timun
Timun juga dapat menjadi pelebab bibir paling alami karna timun mengandung banyak air yang dapat memberikan pelembab ekstra pada bibir, cara mengunakan nya potong timun lalu taruh di bibir dengan sedikit di tekan agar sari timun nya keluar. Timun juga dapat membuat bibir terlihat lebih halus.

 

9. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Saat makan malam dan sahur, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin E, C, A, antioksidan dan asam lemak esensial. Selain bisa menyembuhkan bibir kering, juga bisa melembabkan kulit.

10. Hindari Bernafas Dengan Mulut

Aliran udara panas yang keluar dari mulut bisa menjadikan bibir kering, untuk itu biasakan bernafas melalui hidung. Jika Anda sedang sakit hidung tersumbat atau flu, segera berobat.

11. Hindari minuman berkafein

Jauhi minuman berkafein sebisa mungkin. Kafein cenderung menghalangi manfaat air bagi tubuh Hal ini terjadi karena kafein justru menghilangkan kelembaban. Jika Anda membutuhkan minuman hangat, lebih baik memilih teh herbal seperti teh hijau atau chamomile. Teh hijau mengandung antioksidan yang bagus dan mampu membersihkan tubuh. Teh chamomile memberikan efek menenangkan. Jika Anda tak suka minum teh herbal panas, masukkan teh tersebut ke dalam kulkas dan minum setelah dingin.

 

[Dari berbagai sumber]

 

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: