Leave a comment

4 Cara Mencegah Anak Dehidrasi Saat Berpuasa

anak puasa

 

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan makanan dan cairan yang cukup sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Namun asupan makanan dan cairan ini otomatis akan berkurang saat mereka berpuasa.

“Salah satu masalah yang sering dialami anak saat berpuasa adalah dehidrasi. Ini harus diatasi agar tidak mengganggu aktivitas, konsentrasi, dan kesehatan anak,” tukas pakar nutrisi Emilia Achmadi, MS, RD, dalam media gathering bersama Mead Johnson, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dehidrasi sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi banyak cairan setelah seharian berpuasa. Idealnya dalam satu hari, cairan yang masuk ke dalam tubuh adalah delapan gelas. Namun, seringkali orang tua mengalami kesulitan untuk memberi asupan cairan tambahan pada anak.

“Setelah berbuka, biasanya anak hanya akan minum sedikit air yang belum bisa mencukupi kebutuhan cairan hariannya. Selain itu, memberi minum berlebihan pada anak akan membuat perut kembung,” tukasnya.

Untuk mengatasi dehidrasi pada anak, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa diberikan:

1. Es loli
Anak-anak sangat suka menikmati es loli. Sayangnya, es loli yang banyak dijual di pasaran memiliki kandungan yang tidak cukup sehat bagi anak. Agar menarik anak untuk minum lebih banyak, buat saja es loli sendiri di rumah. Kreasikan es loli buatan Anda dengan tambahan buah-buahan yang manis. Atau agar tampilannya lebih cantik dan berwarna, gunakan jus buah yang dibekukan dengan tambahan buah segar. “Warna yang menarik, dan rasanya yang manis, akan membantu menarik perhatian anak-anak,” bebernya.

2. Jeli
Agar-agar atau jeli yang kenyal akan membantu anak menambah asupan cairan di tubuhnya. Selain mengandung air yang tinggi, kandungan serat dari rumput laut (bahan baku agar-agar) juga bisa membantu melancarkan pencernaan anak-anak.

3. Sup
Agar terhindar dari dehidrasi makanan, yang paling baik disajikan saat berbuka adalah makanan yang mengandung banyak air, seperti sup. “Konsumsi sup akan membantu meningkatkan cairan tubuh anak, bersamaan dengan waktu makan, sehingga mereka tidak akan merasa seperti terpaksa untuk minum banyak air,” jelasnya.

4. Hindari produk botolan
Konsumsi garam atau makanan yang gurih akan membuat anak mudah merasa haus. Sebaiknya saat berpuasa, kurangi mengonsumsi berbagai produk botolan seperti kecap, saus, dan lain-lain. Produk botolan ini mengandung banyak garam, sehingga akan berpotensi membuat anak dehidrasi. Perbanyak penggunaan aneka bahan alami yang tidak mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga jadi lebih sehat.

Sumber: http://female.kompas.com/read/2012/08/14/16271956/4.Cara.Mencegah.Anak.Dehidrasi.Saat.Berpuasa

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: