Leave a comment

Tips Segar dan Bugar Selama Berpuasa

puasa lemas

Dalam bulan Ramadhan, biasanya kinerja menjadi turun karena menjalani ibadah puasa. Anda menjadi tidak terlalu fokus padahal cukup banyak pekerjaan yang harus Anda kerjakan. Kebanyakan orang menjadi lebih cepat kehabisan tenaga ketika ia berpuasa karena harus menahan rasa lapar dan haus sejak Subuh hingga waktu Maghrib tiba. Selain itu, Anda juga harus menjaga emosi dan pikiran positif yang berarti Anda harus bisa mengontrol diri secara lebih baik.

Berikut ini beberapa tips agar segar dan bugar selama berpuasa:

1. Jangan Tinggalkan Sahur

Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa? Saat menjalankan puasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi selama kurang lebih 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup.

Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Karena dengan banyak makan makanan manis di saat sahur akan membuat cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sebaliknya, makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap.

2. Ubah paradigma “puasa membuat lemas”

Ubah paradigma berpikir Anda mengenai anggapan bahwa “puasa membuat lemas”. Keadaan vitalitas fisik Anda tidak hanya tergantung dari isi perut Anda, namun juga isi pikiran Anda. Selama Anda tidak beranggapan demikian, maka Anda tidak akan merasa terhambat dalam bekerja. Ingat, bekerja juga merupakan ibadah maka jika Anda bekerja di bulan puasa, berarti Anda akan mendapatkan berkah yang lebih banyak lagi.

3. Buat skala prioritas

Untuk menghindari tekanan kerja yang berlebihan saat berpuasa, buat daftar prioritas serta bobot dari semua pekerjaan Anda. Utamakan pekerjaan Anda yang memiliki prioritas utama berbobot kecil sehingga Anda bisa mengerjakannya dengan cepat dan mudah, maka itu berarti Anda sudah terhindar dari tekanan yang bernama deadline.

4. Konsumsi Cukup Air

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, setiap organ tubuh kita membutuhkan air. Tanpa air yang cukup, tubuh akan mengalami gangguan. Untuk itu, perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar kebutuhan air tercukupi. Manusia memerlukan sekitar 8 gelas air per hari.

5. Jangan Banyak Tidur Siang

Dengan dalih “hemat energi”, tidak sedikit orang yang banyak tidur siang pada saat menjalankan puasa Ramadhan. Aktivitas siang harinya malah lebih banyak dihabiskan di atas kasur ditemani bantal dan selimut.. Kesempatan beramal dengan memperbanyak shalat sunnah maupun membaca Al-Qur’an ataupun aktivitas ibadah lainnya seolah terpinggirkan dengan banyak tidur. Padahal jika ditinjau dari sisi kesehatan dengan terlalu banyak tidur siang mengakibatkan badan menjadi lemas, loyo dan kepala jadi pusing. Tidur siang yang baik sebaiknya jangan melebihi 30 menit. Jika lebih dari itu malah akan membuat ngantuk seharian.

6. Lakukan Olahraga

Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Justru setelah sholat subuh, jangan langsung tidur lagi. Berolahraga kecil di depan rumah sambil menghirup udara segar, maka tubuh akan lebih bugar. Kalau perlu, lepas juga sandal dan berjalan di atas kerikil berukuran agak besar untuk melancarkan peredaran darah.Apabila siang hari Anda mengantuk, cobalah untuk melihat tetumbuhan hijau dan bersenam-senam meluruskan badan sejenak. Tubuh akan terasa lebih ringan dan Anda siap menanti berbuka puasa.

Namun untuk urusan ini, pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Olahraga juga bisa dilakukan menjelang waktu berbuka. Tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan shalat tarawih sama dengan membakar kalori.

7. Pelihara pikiran–pikiran positif dalam pikiran Anda

Coba redam setiap pikiran–pikran negatif yang sekiranya dapat mengganggu ibadah puasa dan pekerjaan Anda. Jangan biarkan cara pandang yang buruk memengaruhi Anda, sebab dengan begitu Anda akan sulit mendapatkan ide–ide brilian dalam bekerja dan Anda akan menjadi jengkel dan marah sehingga menimbulkan kecenderungan Anda untuk berperilaku tidak menyenangkan.

8. Menyegerakan berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secaar instan energi kita yang terkuras seharian. Sebagai contoh adalah kurma. Batasi juga konsumsi makanan yang digoreng. Karena makanan yang digoreng menyebabkan gangguan pencernaan, problem jantung, serta masalah berat badan. Usahakan juga menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

9. Makanlah Secara Bertahap

Biasanya begitu mendengar adzan maghrib, tanpa tunggu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang disediakan di atas meja. Ini bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan, setelah seharian perut kta tak terisi dan organ pencernaan beristirahat, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar. Saat tiba waktu berbuka, makan makanan manis, seperti kurma, istirahatkan sesaat, gunakan jeda itu untuk menjalankan shalat maghrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan. Baru setealh shalat dapat lanjutkan kembali makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk pauknya. Dan setelah shalat tarawih dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

Apa yang kami sebutkan ini hanya merupakan anjuran. Bisa jadi seseorang memiliki trik yang lain untuk membuat dirinya lebih segar di bulan puasa ini.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: