9 Comments

Makanan dan Cara Untuk Menambah Tinggi Badan

Image

Banyak referensi mengatakan pertumbuhan tubuh terhenti di usia 21 tahun. Tapi tenang, Anda masih memiliki kesempatan menambah tinggi badan di atas usia itu. Caranya, kombinasikan asupan makanan, latihan fisik, dan tidur teratur hingga usia 30 tahun. Gaya hidup sehat hingga selepas masa remaja, masih memungkinkan seseorang tumbuh paling sedikit 5-10 sentimeter secara alami.

Tulang rangka manusia merupakan bangunan tubuh yang memberi bentuk dan sebagai penyangga tubuh. Tulang tumbuh karena adanya lapisan pertumbuhan karena adanya lapisan pertumbuhan tulang ( Epifise dan Diafise ) pada bentuk tulang panjang. Tingkat kematangan / pertumbuhan tulang ditandai dengan bersatunya Epifise dan Diafise dimana Epifise distalis bersatu pada usia 17-19 tahun, sedangkan Epifise lateralis bersatu pada usia 19-20 tahun.

 

Cara Mengukur tinggi badan :

1. Lepas sepatu atau alas kaki.

2. Berdiri tegak, pandangan lurus kedepan, telapak kaki menapak pada alas

3. Ukur tinggi badan mulai dari tumit sampai puncak tengkorak dengan tongkat pengukur.

4. Catat Hasil Yang ditunjukan tongkat pengukur dalam satuan ( cm ).

 

Cara menghitung tinggi badan yang ideal:

Berat badan + 110 = tinggi ideal

Misal seorang pria memiliki tinggi badan 167 cm dan berat badan 60 kg. Perhitungannya adalah

60 + 110 = 170

Toleransi adalah lebih atau kurang 5cm. Jika ia memiliki tinggi badan 167 cm, berarti ia termasuk memiliki tinggi badan ideal.

 

 

Makanan Penambah Tinggi Badan

1. Vitamin D

Untuk membantu memaksimalkan tinggi badan, Anda wajib mengonsumsi vitamin D agar kalsium diserap tulang dengan baik. Vitamin D ini fungsinya untuk pembentukan tulang yang akan menyokong dan menjadi dasar tubuh Anda. Bila tulangnya kuat, maka tinggi badan bukan lagi masalah bagi Anda.

Makanan yang kaya akan vitamin D, yaitu: ikan, sereal, telur, tofu, susu kedelai, kedelai, jamur, sosis, dan kacang almond.

2. Protein

Telah disebutkan di atas bahwa protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan agar tinggi badan maksimal. Protein ini akan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak dan menyediakan sel-sel tubuh baru sehingga tubuh memiliki perkembangan yang maksimal.

Makanan yang kaya akan protein, yaitu: susu, keju, kacang hijau, lentils, ayam, oatmeal. ikan laut dalam, daging, kedelai, dan sebagainya.

3. Vitamin A

Agar menjaga seluruh bagian tubuh tetap segar dan berfungsi dengan baik, Anda membutuhkan vitamin A. Vitamin A juga membantu tubuh memaksimalkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan tulang.

Makanan yang kaya akan vitamin A, yaitu: bayam, bit, wortel, ayam, pepaya, peach, susu, tomat, dan lain sebagainya.

4. Kalsium

Nah, kalsium sendiri bermanfaat agar tulang tetap kuat dan perkembangannya baik. Konsumsi kalsium ini dapat diperoleh dari keju, yogurt, telur, dan lain sebagainya.

5. Mineral lainnya

Mineral-mineral lain yang dibutuhkan tubuh membantu perkembangan tulang serta memperlancar peredaran darah. Mineral-mineral penting ini biasanya terdapat pada kacang hijau, brokoli, bayam, kol, labu kuning, kacang-kacangan, pisang, anggur, dan lain sebagainya.

 

 

Latihan Untuk Menambah Tinggi Badan

Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan tinggi badan. Lakukan latihan berikut untuk mendorong pertumbuhan, memperpanjang tulang belakang, meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot perut:

1. Lari cepat jarak pendek (sprint)
Latihan ini bermanfaat meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. Penekanan pada otot kaki selama latihan berdampak pada pemanjangan tulang dan otot.
Tetapi jangan terlalu sering melakukannya karena dapat menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon. Sprint dianjurkan pada permukaan alami seperti lantai atau rumput, bukan beton.

2. Menendang
Berdiri dengan kaki lebar dan angkat satu kaki kemudian lakukan tendangan. Ulangi minimal 20 tendangan pada satu kaki dan kemudian beralih ke kaki yang lain. Lakukan latihan ini selama 20 kali, karena dapat memperpanjang tulang kering dan paha.

3. Lompat
Berdirilah di depan bangku atau tangga setinggi kaki. Untuk memulai, lompat dengan satu kaki dalam sepuluh hitungan. Lalu, ulangi dengan kaki lain. Lakukan gerakan melompat hingga tiga kali. Anda bisa beristirahat di sela latihan.

4. Bersepeda
Gerakan mengayuh sepeda membuat jari kaki terus mencapai pedal. Ini merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Lakukanlah selama sekitar 10-15 menit. Anda juga dapat menggunakan sepeda statis atau stationary cycle.

5. Berenang
Olahraga satu ini memang sangat efektif untuk membuat tubuh fit dan lebih fleksibel. Lakukan renang gaya dada dan lakukan minimal 20 menit.

6. Lompat tali
Latihan ini sangat menyenangkan, apalagi jika Anda sambil mendengarkan musik menghentak. Lakukan sebanyak 300 kali setiap hari.

7. Berayun
Gunakan penahan atau ambang pintu yang tinggi. Anda dapat membelinya di toko peralatan olahraga. Awali posisi dengan berdiri lalu biarkan tubuh berayun. Posisi kaki bisa lurus atau ditekuk, buatlah tubuh senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 kali dalam sehari.

8. Free Hand
Berdirilah tegak dalam ruangan yang luas dan tarik napas dalam-dalam. Angkat tangan letakan di tingkat bahu, lalu dorong tangan sejauh mungkin dan lepaskan napas. Ulangi 8 -10 kali.

Tarik napas dan kembali memosisikan tangan. Lalu, angkat tumit sambil berdiri jinjit, hembuskan napas, ulangi 80-10 kali. Tarik napas dan angkat lengan terentang di atas kepala. Lalu ayunkan ke dalam dengan arah melingkar dan buang napas. Ulangi 80-10 kali.

Pilih salah satu latihan yang paling cocok untuk Anda. Syaratnya harus dilakukan secara teratur dan konsisten. Cobalah untuk memiliki waktu teratur untuk latihan Anda sehingga dapat merasakan efeknya.

Pola tidur juga harus teratur, dari cara tidur harus lurus, lama tidur yang paling bagus antara 8-10 jam secara teratur. Jangan lupa gunakan kasur yang baik juga, itu akan mempengaruhi kenyamanan anda untuk beristirahat.

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

9 comments on “Makanan dan Cara Untuk Menambah Tinggi Badan

  1. adakah kombinasi latihan untuk menambah tinggi badan atau semua latihan tersebut harus di lakukan satu persatu?

  2. Tapi Kalo Udah 25, Apa masih bisa tambah tinggi

  3. gada salhnya mencoba gan,
    thnks banyak hahaha

  4. Terimakasih atas saranya….
    Saya sangat berterimakasih kepada anda yang telah membagikan informasi yang sangat berharga….

  5. Wow tipsnya komplit banget mas. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari tips-tips ini. Memang banyak jenis makanan yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita.
    Terimakasih

  6. Makasih gan infonya, saya akan coba deh, soalnya badanku kurang berisi

  7. ijin copas ya 🙂 makasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: