4 Comments

Cegukan atau Sisidueun

Siapapun pasti pernah mengalami cegukan. Hiccups, singultus, sisidueun, atau keseduan  adalah beberapa istilah untuk menyebut cegukan, yaitu keadaan dimana kerongkongan kita seakan terasa tersendat.

Kondisi ini memang sering dianggap remeh. Namun, bila dibiarkan terus menerus, bukan hanya mengganggu aktifitas kita, tapi juga berbahaya bagi kesehatan.

cegukan

Mekanisme cegukan

Pada dasarnya, cegukan disebabkan oleh kontraksi/kejang yang terjadi pada diagfragma (sekat rongga tubuh) yang terjadi secara tiba-tiba, sehingga menimbulkan tarikan napas yang diakhiri dengan tertutupnya lubang di antara kedua pita suara secara refleks.

Penyebab Cegukan

  • Perubahan cuaca mendadak, dari dingin ke panas atau sebaliknya.
    Makan terlalu cepat
  • Minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas
  • Makan makanan yang terlalu panas atau pedas
  • Minum minuman beralkohol
  • Tertawa atau batuk terlalu keras
  • Terlalu banyak merokok
  • Stres

 

Cara-cara dibawah ini dapat dilakukan saat kita mengalami cegukan

  • Tahan napas selama 15-30 detik, setelah itu lepaskan secara perlahan. Cara ini biasanya ampuh untuk mengatasi cegukan.
  • Bila belum mereda, minumlah 10 teguk air putih perlahan-lahan. Hal ini bertujuan untuk menetralisir diagfragma di kerongkongan Anda.
  • Menelan sesendok gula atau sebutir gula batu sering menjadi cara mengatasi cegukan. Hal ini cukup efektif karena gerakan mengulum akan memengaruhi sistem syaraf, sehingga dapat menghentikan ritme cegukan.
  • Anda juga dapat menggunakan kantong kertas yang digembungkan, dan cobalah bernapas dengan bantuan kantong tersebut. Karbondioksida yang dikeluarkan didalam kantong akan terhirup kembali sehingga akan menekan aktifitas syaraf di otak yang menyebabkan cegukan.
  • Jika telah mencoba semua cara namun cegukan tidak juga mereda, Anda tak perlu khawatir, cegukan ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.
  • Mengeluarkan lidah
    Saat Anda mengeluarkan lidah,Anda merangsang bagian tenggorokan yang terhubung pada nasopharynx dan celah menuju pita suara. Ini ditengarai bisa meredakan cegukan.
  • Merasa kaget
    Mintalah seseorang untuk mengagetkan Anda. Merasa terkejut akan mengubah siklus napas Anda. Selain itu, mental Anda yang merasa terkejut juga bisa mempengaruhi cara kerja diafragma.
  • Pengalihan perhatian
    Mengalihkan perhatian secara fisik diketahui mampu meredakan cegukan dengan sendirinya. Reader’s Digest Kanada menyarankan Anda untuk menggenggam tangan dengan sangat erat hingga membuat Anda merasakan sensasi sakit. Kemudian alihkan perhatian Anda dari cegukan pada rasa sakit pada tangan.

Cegukan Pada Bayi

Tak perlu panik jika bayi Anda cegukan. Meski merupakan salah satu masalah paling sering pada bayi di bawah usia satu tahun, cegukan bukanlah indikasi dari suatu penyakit serius. Bila kebetulan bayi Anda mengalami cegukan, lakukan hal-hal berikut:

  • Bila ia cegukan saat menyusu, coba ubah posisi menyusui dan terus susui sampai cegukan hilang.
  • Perhatikan, apakah saat menyusu ia dalam keadaan tenang atau justru terlihat begitu semangat yang membuat udara masuk ke diafragma.
  • Cek juga posisi menyusui Anda. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan areola masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perut bayi  berhadapan dengan perut ibu.
  • Bila cegukan terus terjadi, hentikan dulu kegiatan menyusunya. Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Anda menyendawakannya. Tindakan ini  bisa mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan. Setelah cegukan berhenti, susui dia kembali.
  • Bila bayi minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.
  • Bila bayi sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan.
  • Bersendawa. Sangat penting untuk memancing sendawa bayi setelah ia selesai menyusui. Caranya adalah angkat tubuh bayi dan posisikan berdiri di bahu Anda. Tepuk-tepuk ringan punggungnya.
  • Pijit punggungnya. Berikan massage pada punggung bayi dengan jemari Anda. Perlahan saja. Tak perlu menggunakan minyak apapun, cukup hangatnya tangan Anda saja.
  • Makan teratur. Pastikan jam makan si kecil ini teratur. Jangan sampai membuatnya terlalu lapar atau sampai terlambat makan. Dalam beberapa kasus, cegukan muncul karena ada problem pada pencernaan dan dapat menyebabkan mual.
  • Jangan diberi makan saat cegukan. Hentikan ASI atau makannya saat ia cegukan. Ia perlu waktu untuk berhenti cegukan sehingga tidak sampai muntah. Coba beberapa langkah di atas yang dapat membuatnya nyaman dan meredakan cegukannya.

Walaupun terdengar sepele, kita perlu berhati-hati jika mengalami cegukan dalam jangka waktu yang lama. Cegukan yang dialami hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan merupakan gejala adanya gangguan di otak, seperti gejala tumor pada batang otak, gejala stroke, infeksi di otak, gangguan metabolik pada penderita diabetes, atau juga akibat pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Karenanya, cegah sebelum terlambat. Atasi segera cegukan saat kondisinya masih ringan.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

4 comments on “Cegukan atau Sisidueun

  1. kalau saya cara menghilangkan cegukan gini sambil minum sambil menengok ke kiri

  2. Saran saya, saat cegukannya kambuh dicoba saja dulu dengan cara di atas. Jika belum ada perubahan, artinya ada bagian di daerah kepalanya yang terganggu.

  3. Kang mohon sarannya, tetangga saya ada yang sering cegukan sudah setahun, sekarang kelas 3 SMK. katanya suka dipukul kepalanya sama ayahnya. kalau sudah seperti itu harus bagaimana ya Kang, kondisinya memang berbeda dengan anak normal lainnya. terimakasih.

    • coba dech..gigit ujung cabe rawit..terus langsung telen, memang terasa sedikit pedas,
      tapi manjur buat cegukan…sampe sekarang tetap aku praktekan ..alhamdulillah lansung hilang apabila aku kena cegukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: