Leave a comment

Pemanis Alami Makanan

Image

Gula sering disalahkan atas penyebab obesitas dan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan pemanis alami untuk makanan.

Pemanis Alami Makanan:

1. Nektar agave

Nektar tanaman ini tersedia dalam bentuk cairan dan rasanya lebih manis daripada gula.

2. Tetes

Tetes merupakan sisa penghabluran gula. Cita rasa tetes sangat kuat dan bisa dijadikan pemanis untuk sereal saat sarapan.
3. Brown rice syrup

Brown rice syrup adalah pemanis alami yang difermentasi oleh enzim dari karbohidrat menjadi maltosa. Jika dibandingkan dengan gula, brown rice syrup memang tidak terlalu manis.

4. Fruktosa

Pemanis yang satu ini terbuat dari buah-buahan. Kebanyakan ditemukan dalam bentuk butiran.

5. Gula merah

Bisa juga disebut dengan gula Jawa. Terbuat dari nira atau cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon siwalan, aren, atau kelapa.
6. Maltosa

Maltosa juga bisa disebut sebagai gula gandum. Seperti namanya, maltosa berasal dari fermentasi gandum yang bisa ditemukan dalam bentuk sirop atau kristal.
7. Stevia

Tumbuhan perdu asli dari Paraguay ini merupakan pemanis alami yang bisa dijumpai dalam bentuk bubuk maupun cairan.
8. Gula kelapa

Seperti namanya, gula kelapa berasal dari sari kuncup bunga pohon kelapa. Pemanis alami ini kaya akan kalium, magnesium zinc, zat besi, dan rendah glukosa.
9. Gula kurma

Kurma yang manis dikeringkan, kemudian dihaluskan, jadilah gula kurma. Selain manis, gula kurma mengandung berbagai vitamin, kalium, dan zat besi.
10. Ekstrak jus buah

Temukan pemanis alami ekstrak jus buah di supermarket dengan berbagai rasa dan label nutrisi.
sirop maple. Berasal dari gula pohon maple, sirop maple merupakan pemanis alami yang kaya akan kalsium.

11. Gula Turbinado

Produk gula yang satu ini dibuat dengan cara memisahkan kristal gula mentah pada mesin pemisah dan dibersihkan dengan uap sehingga menghasilkan warna cokelat.
12. Sucanat

Mirip seperti turbinado, namun sucanat dibuat dengan tidak memisahkan gula dan tetes selama proses pembuatannya.

13. Xylitol

Pemanis alami yang ditemukan pada buah dan beberapa sayuran. Xylitol dibuat dalam bentuk kristal dan biasanya dikonsumsi penderita diabetes.

Itulah berbagai pemanis alami untuk makanan. Beberapa mungkin terdengar asing bagi Anda. Namun tidak ada salahnya mencoba pemanis alami tersebut demi menjaga berat badan dan kadar gula dalam darah.

Pemanis Alami Pengganti Gula

Dalam membuat makanan seringkali kita menggunakan gula sebagai pemanis atau pemanis buatan yang dijual bebas di pasaran. Gula memang penting bagi tubuh, namun kelebihan tentunya tidak baik karena bisa memicu obesitas dan diabetes. Karena itu, sudah saatnya kita melirik bahan lain sebagai pemanis pengganti gula.

Berikut ini beberapa bahan alami yang mudah didapat di sekitar kita maupun yang dijual di pasaran yang bisa dijadikan sebagai pemanis makanan pengganti gula:

1. Madu
Madu tidak hanya manis, tapi juga memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antijamur. Jadi gunakan madu sebagai pemanis alami pengganti gula di rumah.

2. Susu organik atau krim
Suka minum kopi? Cukup tambahkan susu atau krim sebagai pengganti gula. Selain manis, juga mengandung berbagai nutrisi sehat.

3. Wortel
Membuat saus untuk pasta kadang-kadang menggunakan gula. Tapi Anda bisa menggantinya dengan wortel yang telah digiling atau diblender. Rasanya manis dan jauh lebih bernutrisi.

4. Bit Merah
Kebanyakan membuat red velvet cake menggunakan warna merah bit. Selain itu, manisnya bit juga membuat warna merah kue menjadi lezat. Jadi jangan ragu untuk menggunakan bit sebagai pemanis alami pengganti gula.

5. Buah Jeruk
Meskipun memiliki sedikit rasa asam yang kuat, jeruk ternyata juga memiliki rasa manis yang dapat digunakan untuk mengganti gula dalam salad topping.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: