Leave a comment

Makanan dan Minuman Sahabat Ginjal

Image

Walaupun ukurannya kecil, ginjal sangat berarti bagi kesehatan kita seperti menyaring darah, menghasilkan hormon, menjaga keseimbangan asam basa dan lainnya. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal?

 

Berikut beberapa makanan yang baik untuk ginjal:

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

2. Berries
Berries seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry sangat ramah pada ginjal. Berries mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

3. Paprika merah
Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat yang menjaga ginjal sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

4. Kecambah
Kecambah membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan batu ginjal. Lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak terlebih dahulu.

5. Kubis
Kubis meningkatkan fungsi ginjal dan sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

6. Apel
Anggur, ceri dan apel adalah buah-buahan yang sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Anda harus rutin menyantap apel setiap harinya.

7. Minyak zaitun
Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik yang baik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal.

8. Bawang merah
Bawang dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.

9. Cherry
Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

10. Ikan
Ikan banyak mengandung Omega-3 mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga melindungi ginjal dari penyakit. Ikan salmon, mackerel, herring dan tuna merupakan jenis ikan sehat yang baik untuk ginjal.

11. Putih Telur
Protein yang rendah fosfor bisa ditemukan pada putih telur. Protein ini baik untuk ginjal yang bermasalah. Konsumsilah putih telur namun jauhilah bagian kuning telur.

12. Kembang Kol
Kembang kol disarankan untuk para penderita gangguan ginjal. Sayuran ini mengandung indole, glucosinolete, dan thiocynate yang berfungsi menyingkirkan racun pada tubuh.

13. Jus
Jus buah atau sayur bisa membantu pemecahan limbah makanan. Jus sayur sendiri berfungsi penyucian darah yang baik. Untuk itu, jika anda menginginkan ginjal yang sehat sebaiknya mengkonsumsi jus buah dan sayur.

 

 

Makanan Pembersih Ginjal:

1. Air Kelapa

Air kelapa muda merupakan cairan isotonik alami. Air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang sama dengan air susu ibu. Orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda selain resep dari dokter. Air kelapa akan melunakkan kerak atau lendir yang terbentuk dalam ginjal.

2. Berry
Buah berry sangat kaya akan antioksidan. Buah ini juga dikenal bisa melawan berbagai penyakit. Dan buah cranberry merupakan buah yang paling baik diantara semua keluarga buah berry. Mereka memiliki kemampuan untuk membilas urea dan asam urat dari ginjal. Buah anggur juga sangat baik untuk ginjal.

3. Ketumbar
Ini adalah salah satu makanan terbaik yang bagus untuk menghilangkan racun dari ginjal. Ketumbar juga bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal, dan juga digunakan dalam sejumlah obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan ginjal. Masukan ketumbar dalam resep masakan.

4. Jahe
Baik jahe mentah atau jahe rebus semuanya bagus untuk ginjal. Jahe memiliki kemampuan untuk membersihkan dan memurnikan darah dan ginjal dari semua racun. Dan juga sangat baik bagi penderita diabetes. Jadi memiliki sepotong jahe setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Anda.

5. Kunyit
Kunyit kaya akan antiseptik dan digunakan dalam berbagai jenis obat. Hal ini bisa membersihkan ginjal. Sediakan kunyit setiap hari dalam masakan Anda untuk mendapatkan ginjal yang bersih.

6. Yogurt
Probacteria dalam yoghurt membantu menjaga kesehatan ginjal. Bakteri baik akan membantu ginjal menjadi kebal terhadap penyakit.

7. Biji Labu
Biji labu merupakan makanan yang baik untuk ginjal karena mereka kaya akan antioksidan, mineral dan vitamin. Ini bisa melindungi ginjal dari radikal bebas. Konsumsi biji tersebut untuk membersihkan ginjal dan tetap sehat.

 

 

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: