6 Comments

Buah Maja

Image

Setidaknya ada 3 kota yang menggunakan kata maja, yaitu kota Maja Pahit berarti buah maja yang rasanya pahit, kota Maja Lengka berarti buah Maja yang jarang / langka, dan kota Maja Laya yang berarti Buah Maja / Pohon Maja yang selalu ada.

Selama ini, yang dikenal sebagai buah maja, adalah sosok tanaman perdu, dengan buah sebesar bola volley, berwarna hijau, dengan kulit (tempurung) sangat keras. Daging buah ini memang tidak enak dimakan, dan hanya digunakan sebagai bahan herbal. Yang dimanfaatkan justru tempurungnya, yang berukuran dua kali tempurung kelapa, dengan tingkat kekerasan dan kekuatan yang juga tinggi. Tempurung buah maja digunakan untuk bahan perkakas rumah tangga. Mulai dari gayung air, takaran beras, serta tempat menyimpan aneka biji-bijian.

Selama ini, yang dikenal masyarakat luas sebagai buah maja adalah berenuk, brenuk, atau bernuk (calabash tree, huingo, krabasi, kalebas). Ada tiga spesies bernuk, yakni Crescentia cujete, Crescentia alata, dan Crescentia portoricensis. Semuanya merupakan tanaman asli Amerika Tropis. Masuk ke Indonesia karena dibawa oleh bangsa Portugis dan Belanda. Yang banyak tumbuh di Indonesia dan dikenal sebagai buah “maja” alias bernuk adalah Crescentia cujete. Karena bernuk baru ada di Jawa setelah kedatangan Belanda, tidak mungkin tumbuhan ini yang disebut sebagai “maja pahit”.

Bernuk Crescentia alata, berbentuk sama dengan Crescentia cujete, hanya ukuran buahnya agak lebih kecil. Yang buahnya berbeda adalah bernuk Crescentia portoricensis. Bentuk buahnya memanjang seperti labu air, dengan warna hijau tua. Bernuk sering dijumpai tumbuh liar di halaman rumah atau kebun, juga sebagai tanaman peneduh jalan, atau di taman perkotaan. Bentuk tanaman, tajuk serta buah bernuk, memang bisa menjadi elemen taman yang cukup menarik. Terutama apabila tanaman ini sedang berbuah sangat lebat. Bentuk buahnya yang bulat, warnanya yang hijau serta ukurannya yang besar, merupakan daya tarik tersendiri.

Buah maja asli yang ada di Indonesiaa adalah Bael (Aegle marmelos). Habitat asli tanaman ini tersebar mulai dari Pakistan, India, tenggara Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Kambodja, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Selain Bael, maja asli ini juga disebut Bilva, Bilwa, Bel, Kuvalam, Koovalam, Madtoum, buah Beli Fruit, Bengal quince, stone apple, atau wood apple. Di Jawa, tanaman maja tumbuh di dataran rendah, terutama di kawasan yang beriklim sangat kering. Kawasan sekitar Mojokerto (lokasi bekas kerajaan Majapahit), memang habitat tanaman maja.

Beda dengan tanaman bernuk yang percabangannya mengarah ke samping, maka tajuk maja tumbuh menjulang ke atas. Pohon maja bisa tumbuh sampai 20 m. Kayu maja sangat keras. Tajuknya mirip dengan tanaman kawista (Limonia swingle), dan asam keranji (Dialium indum), hanya daun maja agak sedikit lebih lebar. Koleksi tanaman maja Aegle marmelos, ada di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur, di sebelah kiri jalan raya Surabaya Malang. Bunga maja sangat harum. Hingga ketika tanaman ini berbunga, aroma wanginya bisa tercium dari jarak yang cukup jauh.

Buah maja Aegle marmelos, berbentuk bulat agak lonjong, dengan tonjolan di bagian pangkalnya, kulit halus, berwarna cokelat gelap. Diameter buah antara 5 sd. 12 cm. Sepintas, buah maja tampak mirip dengan kawista. Bedanya, buah kawista berbentuk bulat sempurna, bagian pangkalnya tidak menonjol, kulit buahnya kasar, dan warnanya abu-abu. Dua tanaman ini memang masih sama-sama famili Rutaceae. Buah maja maupun kawista juga bertempurung sangat keras. Tekstur buah serta bijinya maja juga mirip kawista. Di Pakistan, India, Srilanka, Nepal dan Bngladesh, maja merupakan buah yang cukup penting.

Di negara-negara tadi, daging buah maja biasa dikonsumsi sebagai sharbat. Ini adalah minuman tradisional, terdiri dari daging buah yang dihancurkan, dicampur dengan air, gula (atau sirup) dan es. Pucuk maja juga merupakan sayuran yang populer. Dalam ilmu pengobatan tradisional India (ayurvedic), maja dipercaya bisa mengobati gangguan pencernaan, dan demam.

Kandungan kimia pohon maja

Buah maja yang telah matang mempunyai rasa manis, harum, dan tajam di tenggorokan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam maja di antaranya zat lemak dan minyak terbang yang mengandung linonen. Daging buah maja mengandung substansi semacam minyak balsem, 2-furocoumarins-psoralen, dan marmelosin (C13H12O).

Akar maja mengandung psoralen, anthotoxin, o-methylscopoletin, scopoletin, decursinol, haplonine, dan aegelinol. Daun maja mengandung a-limonene, 56%-a-8-phellandzene, sineol, 17% cyrnene, citonellol, citiol, 5% cumin aldehyde, alkaloids, o-(3,3-dimethylallyl)-halfordinol, n-2-ethoxy-2-(4-methoxyphenyl) ethylcinna-mide, n-2-methoxy-2-(4-3,3-dimethyalloxy) phennyl, ethylcinnamamide.
Khasiat dan manfaat buah maja
  • Buah, akar, dan daun maja bersifat antibiotik.
  • Akar, daun, dan ranting digunakan untuk mengobati gigitan ular.
  • Daun dapat menyebabkan aborsi dan steril (KB alami permanen) bagi wanita.
  • Ranting digunakan sebagai racun ikan.
  • Efek farmakologis akar maja diantaranya mengobati demam.
  • Kulit batang dan akar maja untuk obat jantung, stomakikum, dan sedatif.
  • Daun maja untuk borok, kudis, eksim, bisul, abortif, demam, dan radang selaput lendir hidung.
  • Buah maja untuk disentri dan diare.
  • Kulit buahnya untuk pewangi.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

6 comments on “Buah Maja

  1. Hi… kalo buah mojolegi apa nama saintifiknya. Terima kasih

  2. trimakasih…tolong dong yang punya literatur lengkapnya..sy sangat memerlukanya…adakah yang bisa saya hubungi? trimakasih

  3. Aku mau buah maja d0nk.., tl0ng bantu..:-(
    ku dah nyari” tp gak dpet mlu..;-(

  4. di kalbar apa nama buah ny??
    bisa di dapatkan di mana?/

  5. sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: