4 Comments

Makanan dan Minuman Perusak Kulit

gorengan
Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa memengaruhi tampilan di luar. Ada beberapa makanan yang bisa melembabkan, menghaluskan serta mencegah kulit dari kerusakan. Tapi ada pula makanan yang bisa merusak kecantikan kulit.Meskipun efeknya tidak terlalu signifikan, tapi dalam jangka panjang akan terlihat. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. “Semua dermatologist sependapat bahwa diet sehat akan memperkuat sistem daya tahan tubuh dan juga sedikit berpengaruh pada kondisi kulit,” ujar Dr. Bobby Buka, seorang dermatologist yang praktek di New York City, seperti dikutip dari Huffington Post.

 

Berikut ini daftar makanan yang dapat merusak kesehatan kulit, yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya:

 

1. Garam

Pernah bangun tidur dengan mata sembap dan agak bengkak? Kemungkinan karena di siang atau malam harinya Anda mengonsumsi terlalu banyak garam. Kadar garam yang berlebihan bisa menyebabkan penumpukan cairan, yang berakibat pembengkakan pada tubuh. Karena kulit di sekitar mata sangat tipis, area tersebut lebih mudah bengkak. Efek kelebihan garam biasanya dipengaruhi faltor usia. Biasanya banyak terjadi di usia 30an ke atas.

 

2. Makanan Laut

Makanan laut seperti udang, kepiting dan lobster  tinggi kandungan iodin. Kelebihan iodin bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Namun jangan khawatir, Anda tidak akan serta merta berjerawat begitu mengonsumsi makanan laut beriodin tinggi. Timbulnya jerawat lebih disebabkan karena iodin yang terakumulasi selama bertahun-tahun. Jadi, jika wajah Anda cenderung mudah berjerawat sebaiknya kurangi makanan laut. Jangan setiap hari, cukup satu-dua kali dalam sebulan.

 

3. Susu

Meskipun kecil, beberapa produk susu olahan juga bisa membuat kulit bermasalah. Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi banyak susu, khususnya susu skim dengan timbulnya jerawat. Gangguan kulit ini biasanya dialami orang yang mengalami intoleransi laktosa. Pada beberapa orang, susu juga bisa menimbulkan gatal dan merah-merah.

 

4. Makanan dengan Glycemic Index Tinggi

Roti putih, pasta, cake dan sirup jagung merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat terutama bagi orang yang memiliki wajah berminyak. Makanan dengan kadar glycemic index tinggi bisa menyebabkan gula darah naik. Studi yang dilakukan di Australia menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar glycemic index rendah bisa bantu kurangi jerawat. Jika wajah Anda berjerawat setelah makan french fries, mungkin itu disebabkan karena kandungan karbohidratnya, bukan minyak.

 

5. Gula

Makanan/minuman manis menaikkan kadar gula dalam darah. Kondisi ini bisa merusak kulit karena gula darah tinggi dapat merusak jaringan kulit, salah satunya kolagen. Akibatnya kulit jadi lebih cepat keriput.

 

6. Alkohol

Minuman beralkohol bersifat diuretik, yaitu memicu keluarnya urin lebih sering. Semakin banyak minum, Anda akan makin dehidrasi. Alkohol juga ‘menyerap’ kelembaban alami dari kulit sehingga kerutan dan garis halus muncul lebih cepat.

7. Lemak

Lemak dapat ditemukan pada makanan seperti kentang goreng, burger, makanan cepat saji dan masih banyak makanan lezat lainnya. Dampak yang ditimbulkan oleh makanan yang satu ini sama halnya dengan gula yaitu penuaan kulit. Bedanya, lemak akan membuat urat kaku dan pembuluh darah mengecil.

 

8. Kopi

Walaupun sering minum kopi agar tetap segar dan tidak ngantuk, sebenarnya minuman berkafein merupakan pemicu badan mengalami dehidrasi dan merusak elastisitas kulit.

 

9. Permen

Makanan yang satu ini memang enak, tapi ketahuilah, kadar gula dalam permen menyebabkan radang dalam tubuh dan membuat kulit tampak tua serta berkerut.

 

10. Pemanis buatan

Jika sering mengalami sakit kepala atau nyeri sendi, mungkin Anda kebanyakn mengkonsumsi pemanis buatan. Kandungan aspartame di dalamnya memang tidak baik bagi kinerja tubuh, termasuk diantaranya merusak jaringan epitel kulit.

 

11. Minuman berenergi

Selama ini Anda mengira minuman energi berefek baik bagi tubuh? Ternyata efek sampingnya menyebabkan kerusakan pada enamel gigi delapan kali lebih parah dibandingkan soda. Erosi ini menyebabkan gigi tampak kuning dan tidak sehat.

 

12. Karbohidrat

Kelebihan mengkonsumis karbohidrat dan merusak kolagen dan serat dalam kulit. Jadi bagi Anda pencinta nasi dan roti, aturlah porsi makan yang wajar dan tidak berlebihan.

 

13. Gorengan

Makanan berminyak ini mungkin salah satu makanan yang paling mudah di dapat, cepat dan enak. Walaupun lezat dan mengenyangkan, namun kadar minyak yang masuk ke tubuh dapat merusak kolagen dalam kulit.

 

14. Minuman bersoda

Menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil sangat penting bagi kesehatan kulit. Gula yang tinggi bisa menyebabkan jerawat dan munculnya tanda-tanda penuaan lebih cepat. Untuk itu batasi asupan gula terutama minuman bersoda, karena efeknya sangat buruk bagi kondisi kulit Anda.

 

15. Daging olahan

Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging olahan, seperti kornet, sosis atau ham. Daging olahan memicu keriput muncul lebih cepat. Peneliti memperkirakan bahan kimia yang digunakan untuk mengolah daging menyebabkan inflamasi.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

4 comments on “Makanan dan Minuman Perusak Kulit

  1. aq ud kurus,tp kenapa y prutku buncit?

  2. aq ud olah raga n ud kurus tp perutku ko masih buncit aj y…gmna mngatasi nya y pak/bu?

  3. Coba lakukan beberapa langkah berikut ini:

    1. Menurunkan Berat Badan

    Dengan menurunkan berat badan, sebenarnya Anda menghilangkan lemak-lemak yang tidak diinginkan termasuk trigliserida.

    Makan sehat dan seimbang, serta olahraga secara teratur bisa mempercepat hilangnya lemak dari tubuh.

    2. Makan Terkendali

    Makan terlalu banyak berarti Anda menambahkan banyak lemak dan trigliserida dalam tubuh.

    Saat mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, maka kalori ini akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam tubuh sebagai trigliserida.

    Oleh karena itu, langkah terbaik adalah mengontrol kebiasaan makan untuk mencegah terbentuknya trigliserida dalam tubuh.

    3. Hindari Lemak Trans (Trans Fats) dan Lemak Jenuh

    Kedua jenis lemak ini biasanya banyak terdapat dalam junk food, makanan olahan, dan makanan gorengan.

    Oleh karena itu, hindari jenis makanan tersebut karena bisa meningkatkan kadar trigliserida.

    4. Olahraga Teratur

    Langkah lain untuk mengurangi kadar trigliserida adalah dengan olahraga teratur. Minimal 30 menit selama 5 hari dalam 1 minggu.

  4. Cara mengatasi na bagaimana kang? Terutama kadar Lemak dalam darah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: