6 Comments

Obat Alami Varises

Image

Varises adalah pelebaran pembuluh balik. Kata varises berasal dari bahasa Latin yang berarti memutar, “varix”. Varises (Varicose vein) merupakan pelebaran vena yang sering terjadi di vena superfisial, dan yang banyak terjadi di ekstremitas bawah.

Varises merupakan salah satu tanda bahwa terdapat masalah pada peredaran darah karena pada penyakit varises, darah terhenti di pembuluh vena dan tidak dapat mengalir kembali ke jantung. Bila varises terjadi pada kaki kita, maka kita akan sering merasakan nyeri, kelelahan, dan kekurangan energi.

Dari kacamata dunia kedokteran, menyatakan bahwa tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit varises karena obat – obatan yang ada di pasaran saat ini hanya berfungsi memperkuat dinding pembuluh darah balik agar tidak cepat melebar sehingga bisa memperburuh penyakit varises. Cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk menghambat melebarnya varises adalah dengan mengenakan stocking khusus yang berfungsi membebat tungkai untuk menghambat pelebaran pembuluh balik.

Gejala Penyakit Varises

Gejala awal penyakit varises ditandai dengan kaki dan tungkai yang terasa berat untuk digerakkan. Kemudian, otot dan bagian di sekitar kaki mudah terasa sakit, pegal, panas dan kaku dan bahkan kram walaupun ketika bersantai. Frekuensi timbulnya rasa sakit paling sering dialami ketika menjelang malam. Kaki membengkak dan perubahan warna kulit di sekitar mata kaki, bahkan luka yang sulit disembuhkan. Pembuluh darah rambut melebar seperti membentuk jaring laba-laba dan bagian betis terlihat ada urat berwarna kebiruan dan berkelok.

Penyebab Penyakit Varises

Biasanya, varises ditandai dengan adanya urat-urat halus yang kelihatan menyembul di bagian betis kaki. Penyebab varises adalah menurunnya elastisitas dinding pembuluh darah vena. Pembuluh ini harus kuat karena proses bekerjanya berlawanan arah dengan gravitasi bumi demi mengangkut darah kembali ke jantung. Ketika katup pembuluh yang berfungsi menahan darah menjadi rusak, maka darah akan berkumpul dan bergumpal sehingga aliran darah tersumbat.

Beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya hal ini adalah sebagai berikut :

  • Terlalu sering atau terlalu lama mengenakan sepatu berhak tinggi.
  • Frekuensi berdiri yang terlalu sering dan terlalu lama sehingga memaksa pembuluh darah vena untuk bekerja lebih keras.
  • Faktor genetik dan perubahan hormon.
  • Penyakit kencing manis dan kolesterol tinggi.
  • Gaya hidup tidak aktif atau kekurangan gerak.
  • Kebiasaan merokok dan minum minuman keras.
  • Kehamilan.
  • Kurang gerak.

Jenis Varises

A. Varises jenis spider navy

Varises ini tergolong ringan, biasanya akibat suhu yang terlalu panas atau dingin, terpapar sinar matahari terus menerus, sedang hamil, faktor keturunan, kebiasaan makanan sarat rempah dan pedas, serta pengobatan hormonal.

Varises jenis ini bisa terjadi di beberapa tempat, yaitu di wajah, pangkal lengan, paha, daerah lutut, pergelangan kaki dan tumit. Terapi yang digunakan biasanya dengan memakai sinar laser, sehingga pembuluh darah mengering. Ada juga terapi alat listrik dengan memasukkan zat tertentu ke dalam kulit, untuk mengecilkan atau mengerutkan pembuluh darah.

B. Varises dalam kulit

Varises ini terjadi pada pembuluh vena yang halus dan tipis di dalam kulit bagian kaki. Mengobatinya, dokter memberi obat-obatan yang menguatkan dinding vena dan memperlancar aliran darah, atau menggunakan stocking khusus varises.

Stocking ini berfungsi menekan pembuluh vena sehingga otot dan dinding vena bisa kembali bekerja maksimal. Stocking mampu mencegah, mengurangi gejala awal, dan rasa sakit penderitanya meski hanya temporer. Jadi, tetap harus minum obat.

C. Varises Reticular Varicose Veins

Ini adalah varises yang lebih parah, karena terjadi di pembuluh vena bawah kulit. Untuk mengobatinya, dokter akan melakukan beberapa tahap:

  • Memberi obat yang diminum untuk menguatkan dinding vena dan melancarkan peredaran darah.
  • Memberikan suntikan zat iritasi ke dalam pembuluh darah yang rusak atau melebar.
  • Obat tersebut akan membentuk jaringan ikat sekaligus menutup aliran darah, sehingga pembuluh darah vena akan menyempit. Darah akan mencari ‘jalan lain’ melalui pembuluh vena yang normal.
  • Setelah disuntik, Anda harus menggunakan stocking varises dan tidak boleh menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Olahraga yang dianjurkan adalah jalan kaki, berenang dan joging, agar otot kaki mampu berkontraksi dengan baik.

D. Varises kronis

Varises tahap ini akan memperlihatkan pembuluh darah yang berkelok-kelok di betis. Bila suntik tidak membuahkan hasil, maka harus dilakukan pembedahan guna memotong pembuluh vena yang rusak sehingga aliran darah kembali normal.

Ada berbagai obat-obatan yang harus Anda minum untuk menguatkan dinding vena dan melancarkan peredaran darah. Stocking varises juga harus dikenakan selama beraktivitas, tidak memakai sepatu hak tinggi dan berolahraga dengan melatih gerak otot kaki dan tungkai.

Cara Menghindari Varises

Seusai beraktivitas setiap hari, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Bagi yang sudah menderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam. untuk melancarkan peredaran darah ke jantung.

  • Lakukanlah yoga setiap hari.
  • Jangan berdiri terlalu lama.
  • Olahraga rutin untuk melatih otot kaki: jalan santai, jalan cepat; joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari).
  • Jangan memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung. Lakukan dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.
  • Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani.
  • Sering-sering duduk berselonjor kaki, tungkai dan panggul.

Obat dan Cara Alami Mengatasi Varises

1. Jeruk Nipis dan Bawang Putih

Bahan:
6 siung bawang putih, iris dan simpan di toples bersih 2 – 3 jeruk nipis, peras dan ambil airnya 2 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat: Campur semua bahan tersebut, diamkan selama minimal 12 jam kocok dahulu sebelum pemakaian

Cara penggunaan: Pijat bagian yang terkena varises selama 15 menit dengan menggunakan minyak ini Setelah selesai dipijat, bungkus bagian yang terkena varises tersebut dengan menggunakan kain katun Lakukan secara rutin setiap malam

2. Terung atau Terong

Cara 1:
250gr terung/terong ungu, masak saja sesuai selera, lalu dimakan

* Cara 2:
200gr terong, diblender ditambah bubuk umbi daun dewa secukupnya dan rebus dengan 100 cc air hingga mendidih
Campurkan kedua bahan diatas, tambahkan madu secukupnya.
Aduk dan minum 2-3 kali sehari

3. Jus Pelancar Jalan Darah

Bisa membuat jus dari campuran:
a) Wortel, seledri, dan peterseli/parsley
b) Wortel, bit, mentimun
c) Wortel, bayam, seledri

4. Kacang Hijau

Segenggam kacang hijau direbus dengan 2 gelas air.
Biarkan airnya menjadi susut menjadi 1 gelas.
Minum air rebusan ini 2x sehari, pagi dan menjelang tidur.

5. Konsumsi Makanan Kaya Lesitin

Seperti kacang kedelai; peterseli, air jahe serta pepermint yang bermanfaat memperlancar sirkulasi darah dan menguatkan dinding pembuluh darah.

6. Teh Herbal

Minum teh herbal yang terbuat dari bunga jeruk nipis, mint, ginko biloba dan grape seed (biji anggur).

7. Minyak Lavender

Pijat aroma terapi dengan bahan minyak cypress yang berkhasiat merangsang sirkulasi darah dan menguatkan dinding pembuluh darah. Pilihan lainnya: minyak lavender, rosemary, mint atau lemon.

8. Berendam di Air Panas dan Dingin

Berendam bergantian di air panas (suhu 41-43 derajat Celcius) dan air dingin (suhu 15 derajat Celcius), masing-masing selama 15-30 detik dan di ulang selama 30 menit, untuk melancarkan peredaran darah serta menguatkan dinding pembuluh darah.
Atau semprotkan kaki secara bergantian, terutama di daerah betis bagian belakang, dengan air panas dan air dingin seperti di atas.

9. Refleksi, akupunktur, akupresur

Pijat refleksi di ujung saraf telapak kaki dapat membantu membuang tumpukan kristal dari sisa metabolisme di ujung-ujung syaraf, atau lakukan akupunktur dan akupresur di titik-titik tertentu.

10. Posisi Kaki Saat Akan Tidur

Saat akan tidur, angkat kaki dan tempatkan di tempat yang lebih tinggi dari kepala.
Diamkan selama 10 – 30 menit, lakukan dengan rajin.
Insya Allah varisesnya akan berkurang dan hilang

[Dari berbagai sumber]
Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

6 comments on “Obat Alami Varises

  1. Tempat terapi sinar laser ada dimana ya??

  2. APAKAH JUGA BERLAKU UNTUK VARIKOSEL (VARISES PADA TESTIS) ?? MOHON JAWABANNYA

  3. terima kasih atas informasinya.

  4. Terimakasih infonya

  5. Sama2, semoga bermanfaat 🙂

  6. terima kasih,, nanti saya coba di rumah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: