5 Comments

Obat Alami Bisul

Image

Bisul  (skin abscess) adalah nanah yang berkumpul di rongga yang telah terinfeksi pada mulanya apakah dikarenakan parasit, bakteri atau benda asing layaknya tikaman atau tembakan serta kerap menyebabkan rasa nyeri. Bisul sendiri adalah reaksi ketahanan tubuh pada benda asing. Organisme atau benda asing yang masuk ke didalam tubuh mengakibatkan toksin keluar. Toksin tersebut menyebabkan radang pada kulit yang disusul dengan aliran sel darah putih ke area tersebut hingga berlangsung layaknya gelembung.

Jenis Bisul:

1. Bisul ( furunkel )

Bisul yang dikatakan sebagai furunkel yaitu kulit yang meliputi folikel rambut serta jaringan subkutaneus yang alami infeksi. Penyebab furunkel yaitu bakteri stafilokokus, tetapi tidak menutup kemungkinan dikarenakan oleh bakteri lain atau apalagi jamur. Bisul layaknya ini kerap ditemukan di bokong, muka, payudara serta tempat leher. Disamping itu, dapat juga nampak di hidung, telinga serta jari tangan tetapi rasa nyerinya lebih sakit.

Awalannya bisul ini berupa benjolan keras berwarna merah, yang lantas berfluktuasi serta jadi putih atau kuning dibagian tengahnya, dimaksud juga pustula. Bisul ini lalu dapat pecah dengan spontan serta mengeluarkan nanah serta kadang-kadang dibarengi darah. penyakit bisul lalu terkadang dibarengi demam serta tidak enak badan.

2. Karbunkel

Karbunkel adalah sekumpulan bisul yang dikarenakan oleh bakteri stafilokokus yang mengakibatkan kulit terkelupas serta terbentuk jaringan parut. Bisul karbunkel ini dapat mengakibatkan demam serta badan capek. Kerap berlangsung pada pria yaitu dibagian leher belakang serta umumnya lebih mudah berlangsung pada mereka yang memanglah mengidap penyakit diabetes, dermatitis serta alami masalah sistem kekebalan tubuh. Bisul karbunkel lalu lebih sukar sembuh daripada bisul tunggal dikarenakan sebagian bisul yang bersatu, mempunyai sebagian titik nanah serta lebih didalam dibawah kulit. karbunkel juga dapat menular ke sisi tubuh yang lain serta orang lain.

Karbunkel bisa mengakibatkan keropeng bila pecah serta jadi kering. Oleh dikarenakan itu, amat dianjurkan untuk menggunakan sabun anti-bakteri, antibiotik per-oral serta antibiotik topikal layaknya cream atau salep. Berikut sebagian penyebab karbunkel :

  • Memiliki tingkat kebersihan yang jelek.
  • Kondisi tubuh yang memanglah tidak fit.
  • Bergesekan dengan pakaian.
  • Pencukuran.

3. Acne kista

Bisul yang disebabkan oeh tersumbatnya kelenjar minyak, lalu berlanjut kepada terjadinya infeksi dinamakan “acne kista”. Bisul ini kebanyakan menyerang remaja pada kulit wajah mereka.

4. Hidradenitis suppurativa

Ada lagi bisul pada tubuh yang disebabkan karena peradangan local pada kelenjar keringat, yang dinamakan “hidradenitis suppurativa”. Bisul jenis ini kebanyakan menyerang daerah pangkal paha dan ketiak dengan jumlah yang banyak, timbulnya lebih dari satu.
5. Kista pilonidal

Satu lagi bisul dengan sebab yang sama dengan bisul pada umumnya, yaitu infeksi folikel rambut. Namun karena posisinya yang berada di lipatan bokong, membuat semakin iritasi dan terjadi tekanan saat duduk, maka terjadilah bisul yang disebut “kista pilonidal”

Gejala Penyakit Bisul

  • Pertama timbul layaknya jerawat atau benjolan kecil, semakin lama makin membesar serta jadi tambah luas.
  • Kulit terlihat membengkak keras serta agak kemerah-merahan.
  • Merasa panas serta sakit agak didalam.

Penyebab Penyakit Bisul

Penyebab bisul dapat amat beragam. Penyebab utamanya yaitu bakteri. Jika kulit anda tergolong peka, anda mesti waspada jika di kulit anda ada luka. Luka yang terbuka serta tidak dirawat dengan baik dapat mengundang bakteri serta dapat menyebabkan bisulan.

Penyebab bisul yang lain yaitu dikarenakan darah kotor. Perihal ini terkait jamant dengan konsumsi makanan atau minuman yang anda mengonsumsi. Jika makanan tertentu masuk ke didalam tubuh anda serta makanan tersebut tidak pas dengan golongan darah anda, maka kemungkinan besar anda dapat alami bisulan. Bisulan dapat nampak dibagian tubuh anda, terutama pada lipatan-lipatan tubuh, layaknya ketiak, pangkal paha, serta juga pantat. tetapi, hati-hati, bisul terlampau gampang untuk menyebar ke sisi tubuh yang lain, terlebih jika anda menggaruknya.

Obat Alami Bisul

1. Daun Cabe Merah

a. Bahan:
– Daun cabe merah sebanyak satu genggam
– Minyak kelapa sebanyak satu sendok makan

b. Cara pembuatan Resep obat alami secara tradisional untuk penyakit bisul
Daun cabe dicuci, ditumbuk hingga halus.Daun cabe yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Kemudian aduk hingga larut.

c. Cara pemakaian Resep obat alami secara tradisional untuk penyakit bisul
Tempelkan ramuan diatas pada bagian tubuh yang terdapat bisulnya.mata biusul jangan ditutup. Jika sudah kering ganti dengan yang baru. Lakukan hingga bisul pecah.

2. Daun Bayam Duri

a. Bahan :
–  Daun bayam duri sebanyak satu genggam
–  Garam dapur secukupnya

b. Cara pembuatan obat alami secara tradisional untuk penyakit bisul
Daun bayam dicuci hingga bersih kemudian di tumbuk hingga halus. daun bayam yang telah halus kemudian ditambah dengan garam, aduk  – aduk hingga kedua bahan tersebut menjadi padu atau menyatu.

c. Cara pemakaian obat alami secara tradisional untuk penyakit bisul
Tempelkan ramuan diatas pada bagian tubuh yang terdapat bisulnya, dimana mata bisul jangan ditutup. Jika sudah kering ganti dengan yang baru. Lakukan hingga bisul pecah.

3. Daun Srikaya

Daun kembang telang biru 1/3 genggam, daun srikaya 1/4 genggam, daun nangka belanda 1/3 genggam, daun senokombang 1/4 genggam, gula enau 3 jari. Kesemua bahan-bahan ini dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebuslah dengan air bersih 3 gelas. Setelah airnya tinggal kira-kira 3/4 -nya dinginkan dan saringlah. Minumlah ramuan herbal ini sebanyak 2 kali sehari 1/2 gelas.

4. Asam Jawa

Asam jawa  3 jari, rimpang temulawak 1 jari, biji kasturi 3 biji, gula enau 2 jari. Semua bahan dicuci bersih lalu digiling dan ditumbuk hingga halus. Setelah halus rebuslah dengan air bersih 3 gelas. Didihkan terus hingga airnya tinggal 3/4-nya. Sesudah dingin lalu disaring dan minumlah ramuan ini 2 kali sehari 1/2 gelas.

5. Daun Kangkung

Daun kangkung 20 lembar, dicuci bersih dan digiling halus. Berilah air garam secukupnya. Gunakanlah untuk mengurap bisul dan sekelilingnya kemudian dibalut. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

6. Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek 6 lembar, Dicuci dan digiling halus. Bubuhilah dengan garam secukupnya. Gunakanlah untuk  mengurap bisul dan sekelilingnya kemudian dibalut. lakukan hal ini sebanyak 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

7. Daun Sirih

Daun sirih 5 lembar.
Dicuci bersih dan digiling hingga halus.
Gunakanlah untuk  mengurap bisul dan sekelilingnya kemudian dibalut. Lakukan hal ini sebanyak 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Mitos dan Fakta Penyebab Bisul

Banyak orang yang memiliki pemahaman yang keliru mengenai penyebab penyakit bisul, salah satu anggapan yang salah yaitu dengan meyakini bahwa ” telur sebagai penyebab penyakit bisul”. Hal ini jelas keliru, karena penyakit bisul itu disebabkan oleh infeksi bakteri. Sebenarnya telur tidak memiliki peranan sebagai penyebab penyakit bisul/abses, justru memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh bahkan mampu memenuhi nutrisi tubuh dalam mempertahankan sistem kekebalan dari serangan bakteri penyebab bisul.

Staphylococcus Aureus adalah bakteri gram positif, tidak bergerak, tidak berspora serta dapat membentuk kapsul. Berupa kokus serta tersusun layaknya buah anggur. Ukuran staphylococcus berlainan bergantung pada media pertumbuhannya. Jika ditumbuhkan pada media agar, staphylococcus mempunyai diameter 0, 5-1, 0 mm dengan koloni berwarna kuning. Dinding selnya memiliki kandungan asam teikoat, yakni lebih kurang 40% dari berat kering dinding selnya. Asam teikoat yaitu sebagian grup antigen dari staphylococcus. Asam teikoat memiliki kandungan aglutinogen serta N-asetilglukosamin. ( boyd, 1980 ). Staphylococcus aureus yaitu bakteri aerob serta anaerob, fakultatif yang dapat menfermentasikan manitol serta membuahkan enzim koagulase, hyalurodinase, fosfatase, protease serta lipase.

Staphylococcus aureus memiliki kandungan lysostaphin yang bisa mengakibatkan lisisnya sel darah merah. Toksin yang dibentuk oleh staphylococcus aureus yaitu haemolysin alfa, beta, gamma delta serta apsilon. Suhu optimum untuk perkembangan staphylococcus aureus yaitu 35o – 37o c dengan suhu minimum 6, 7o c serta suhu maksimum 45, 4o c. Bakteri ini bisa tumbuh pada ph 4, 0 – 9, 8 dengan ph optimum 7, 0 – 7, 5. Perkembangan pada ph mendekati 9, 8 cuma barangkali apabila substratnya memiliki komposisi yang baik untuk pertumbuhannya.

Bakteri ini memerlukan asam nikotinat untuk tumbuh serta dapat distimulir pertumbuhannya karenanya ada thiamin. Pada situasi anaerobik, bakteri ini juga memerlukan urasil. Untuk perkembangan optimum dibutuhkan sebelas asam amino, yakni valin, leusin, threonin, phenilalanin, tirosin, sistein, metionin, lisin, prolin, histidin serta arginin. Bakteri ini tidak bisa tumbuh pada media sintetik yang tidak memiliki kandungan asam amino atau protein.

Bakteri stafilokokus penyebab munculnya bisul ini bikin kulit mudah terinfeksi. Bisul pada kulit yang berbentuk kantung nanah dapat merasa hangat di bawah permukaan kulit. Bisul yang masak dapat memecah serta mengeluarkan nanah yang mengalir diatas kulit, jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi selanjutnya.

Bakteri stafilokokus ini juga bisa mengakibatkan selulitis yaitu satu infeksi yang berlangsung di bawah kulit. Biasanya bisul yang berlangsung akibat bakteri stafilokokus mempunyai 2 jenis infeksi stafilokokus kulit yang cukup serius yaitu nekrolitik epidermal toksik serta sindrom kulit terbakar ( scalded skin syndrome ) yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit yang meluas.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

5 comments on “Obat Alami Bisul

  1. Dulu aku pernah bisulan juga di pantat, tapi sama saudaraku di pukul trus bisulnya pecah ampe nanahnya keluar hehe tapi besoknya langsung sembuh loh

  2. thank’s informasinya !!!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: