Leave a comment

Kemangi atau Surawung

 

Image

 

Siapa yang tak mengenal tanaman kemangi? Nama lain kemangi: Surawung (sunda), Kemangi, Kemangen (jawa) , kemanghi (Madura). Daun kemangi tidak hanya dikenal di Indonesia, di beberapa negara seperti India, Thailand, Italia, sebagian wilayah Eropa dan sebagian wilayah Afrika juga mengenal dan mengetahui khasiat daun kemangi.

Daunnya sangat populer dijadikan pelengkap masakan juga pendamping makanan bagi mereka yang menyukai lalapan. Memang rasa daun berukuran kecil ini sangat khas. Aromanya juga unik dan memapu menambah cita rasa makanan. Sebagai penambah rasa, daun kemangi lazim dimasak bersama dengan bahan sup dan juga bahan pepes. Sementara itu, sebagai lalapan, daun berwarna hijau cerah ini umumnya dikonsumsi bersama potongan mentimun, irisan kubis dan juga tauge. Kemangi juga sangat nikmat jika diulek bersama sambal dan juga jeruk purut. Bagi orang Sunda, lalapan plus seperti menu wajib di meja makan. Sementara itu, bagi orang Thailand, kemangi merupakan pelengkap berbagai sup termasuk Tom Yam yang terkenal itu. Anda penggemar kemangi? Tahukan Anda bahwa selain rasa yang nikmat dan unik, ternyata manfaat daun kemangi juga cukup beragam.

Kemangi sebenarnya merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth. Wewangian khas daun kemangi ini bersumber dari senyawa sitrat yang ada terutama pada bagian bunga dan daunnya. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain: senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan masih banyak lagi lainnya. Berkat senyawa yang kompleks ini sehingga manfaat daun kemangi menjadi banyak.

 

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Daun Kemangi :

Nama Bahan Makanan : Daun Kemangi
Banyaknya Daun Kemangi yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daun Kemangi yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 65 %
Jumlah Kandungan Energi Daun Kemangi = 43 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daun Kemangi = 5,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daun Kemangi = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Kemangi = 7,5 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daun Kemangi = 35 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daun Kemangi = 106 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Kemangi = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Kemangi = 1017 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Kemangi = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Kemangi = 30 mg

 

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi:

  1. Melawan Radikal Bebas
    Khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri, virus dan jamur. 
  2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan. 
  3. Mencegah Kemandulan
    Kemangi mengandung zat aktif sineol dan arginine, khasiatnya mampu mengatasi ejakulasi permatur, melebarkan pembuluh kapiler, memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan pada pria.
  4. Mengobati Panu
    Caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari. 
  5. Mengobati Sariawan
    Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari. 
  6. Menghilangkan Mual dan Flu
    Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang. 
  7. Menghilangkan Bau Mulut
    Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas. 
  8. Meredakan Perut Kembung
    Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

9. Membantu Pertumbuhan Tulang
Khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

10. Melancarkan Aliran Darah
Khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

11. Batuk Pilek
Di India dan sebagian wilayah di Afrika, memanfaatkan daun kemangi untuk dijadikan sebagai teh. Teh kemangi tersebut biasa disajikan saat musim dingin, dimana saat masyarakat sangat mudah untuk terserang batuk, pilek dan juga demam.

12. Sabun Mandi, Parfum, Lotion
Di Eropa, minyak atsiri daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang bisa digunakan sebagai salah satu bahan campuran untuk lotion, sabun mandi, parfum, pelega tenggorokan, minyak gosok dan juga minyak aroma terapi.

13. Ejakulasi Dini
Kelainan ini sungguh mengganggu terlebih bagi Anda yang mendambakan keturunan. Dengan kemangi Anda bisa mengatasi hal tersebut. Daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi penis dan mencegah ejakulasi dini.

Caranya, rebus daun kemangi secukupnya dengan dua gelas air selama kurang lebih 15 menit. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali masing-masing ½ gelas. Ramuan ini bisa mempersubur pria sebab kemangi kaya akan senyawa 1-8 sineol dan zat argininnya bisa memperbaiki kualitas sperma.

14. Manfaat Bagi Wanita
Bagi wanita, kemangi sangat berguna. Seluruh bagian tanaman ini kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol yang dimilikinya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan vagina. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: