2 Comments

Mengatasi Stress Secara Alami

stress

Stress adalah gangguan atau kekacauan mental atau emosional yang muncul karena tanggapan terhadap suatu keadaan yang umumnya menekan. Sejalan dengan definisi ini maka seseorang dikatakan mengalami stress jika mental dan emosinya terganggu. Dan yang umumnya bisa menggangu dan mengacaukan mental serta emosi seseorang adalah keadaan yang menekan.

Tekanan hidup sehari-hari, mobilitas tinggi, persaingan ketat dalam berbagai lapangan pekerjaan, angka polusi yang tinggi, ancaman terorime dan bergesernya nilai moral menjadikan banyak orang mengalami kelelahan mental.

Apabila kelelahan mental ini tidak segera diatasi, secara perlahan ini akan mengubah ritme tubuh dan dapat menjadi penyakit seperti tekanan darah tinggi, kegemukan, penyakit jantung, depressi, insomnia atau susah tidur, rasa capek yang berkepanjangan, sembelit, sakit kepala karena perasaan tegang (tension headache) dan percepatan proses penuaan tubuh. Sering orang  terlambat mengetahui kenapa mereka bisa mengidap penyakit tersebut di atas.

12 Cara Mengatasi Stress di Tempat Kerja

1. Jangan sering minum kopi
Kopi mengalir dalam darah Anda, ini adalah masalah. Kafein seperti stres basah yang mengalir dalam pembuluh darah Anda. Hal ini meningkatkan produksi adrenalin dan sekaligus mencegah produksi adenosine, obat penenang alami untuk otak Anda. “Memblokir kafein dari kebiasaan sehari-hari Anda adalah strategi yang paling efektif untuk mengurangi stres sejauh yang saya tahu,” kata David B. Posen , ahli stress dan penulis “Always Change a Losing Game“. Posen mendukung fakta bahwa 75% dari pasien yang minum kopi tanpa kafein merasa lebih santai dan lebih aktif di tempat kerja, terutama karena tidur yang lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut tentang kopi, Anda dapat membaca Kebenaran nyata tentang mitos kopi.
2.  Hiduplah lebih terorganisir
cara mengatasi stress 1
Atasi Stressmu

Siapa sekutu terbesar stres di kantor? Keteraturan. Ini adalah apa yang paling dibutuhkan dan tidak kamu lakukan” kata David Allen, penulis “Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity”. Bahkan kebiasaan hidup yang teratur sangat berguna untuk bekerja secara praktis sehingga dapat menghemat banyak jam kerja dalam seminggu – dan waktu lebih berarti lebih sedikit stres.

Kebiasaan favorit dan paling berguna Allen adalah pada akhir minggu: “Ini adalah hasil dari sepanjang minggu. Saya mencari pesan saya dan daftar kewajiban saya. Ini adalah waktu yang paling menyenangkan dalam minggu ini”. Satu jam setiap hari Jumat dan Allen tidak pernah lelah atau stres Senin pagi.

3. Amati diri Anda
Apakah Anda pernah merasa bahwa ketikan di keyboard anda terlalu cepat sampai nafas Anda terengah-engah? Mungkin Anda tidak akan mengerti hal ini sampai Anda berhenti sejenak dan berpikir tentang hal itu. Siapa yang punya waktu untuk berhenti dan berpikir ketika semua orang di sekitar Anda berteriak “ayolah cepat, ayolah” sebagai Cheerleader dari neraka.Para peneliti di Amerika menemukan bahwa tingkat stres benar-benar turun untuk 54% dari orang-orang yang mengikuti program dua bulan dengan “how to learn to observe your self” – observasi yang dilakukan sangat sederhana yaitu gejala stres, seperti otot tegang dan lemah dalam berkonsentrasi. Kabar baiknya adalah bahwa Anda tidak perlu masuk ke program selama dua bulan. “Perubahan kecil menawarkan hasil yang spektakuler,” kata Kimberley Williams, penulis penelitian. Anda harus mengamati apakah pikiran Anda terlalu cepat atau jika Anda tidak bernapas dalam-dalam.
4. Peregangan di depan PC Anda
Ketika kita stres, kita cenderung untuk bersandar ke depan dalam rangka untuk memfokuskan perhatian kita pada apa yang kita lakukan. Hal ini membuat otot-otot kecil tenggorokan dan kembali bekerja lembur. Untuk bantuan cepat, silang jari-jari Anda di belakang leher Anda dan mendorong bahu Anda ke belakang sehingga mereka lebih datar. Kemudian tekuk kepala jatuh ke depan dan dagu menyentuh tulang dada Anda. Bawa siku Anda di depan dan bergabung dengan mereka. Dorong tangan Anda ke bawah selama beberapa detik dan kemudian relaks. Ulangi latihan yang sama 6-8 kali setiap kali Anda merasa tegang.
5. Menggunakan multi vitamin
Dalam penelitian terbaru di Inggris laki-laki antara 18-42 tahun, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengambil setiap hari multi-vitamin yang kaya akan vitamin C dan B mengurangi stres yang dialami sebanyak 21%. Selain itu, pria yang mengambil-multi vitamin tidak mudah lelah dan lebih perhatian daripada mereka yang tidak. Hasil survei menunjukkan bahwa vitamin B dan C membantu mengurangi efek stres.
6. Ambil 5 menit istirahat untuk tertawa
Humor dan tawa memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi dan mengelola stres.Tertawa mengurangi hormon stresss, darah seperti adrenalin, kortison, epinefrin dan dopamin, sekaligus meningkatkan kadar hormon yang mempromosikan kesehatan seperti endorfin dan neurotransmiter.Relaksasi psikologis dan fisik yang akibat tertawa adalah fakta. Dibutuhkan perhatian dari hal-hal yang menyebabkan kemarahan, rasa bersalah, stres dan emosi negatif lainnya. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat situasi sulit dengan perspektif yang segar, lebih seperti sebuah tantangan bukan sebagai ancaman.Pada tawa, tingkat sosial dan humor, membuat link dan hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Juga, karena tertawa itu menular, ketika kita tertawa kita membantu orang lain di lingkungan kita tertawa lebih, yang dapat memiliki implikasi positif pada berbagai tingkatan.Meningkatkan mood orang lain yang menyertai kita melalui tawa dan humor, tidak hanya mengurangi tingkat stres mereka, tetapi juga kita.

cara mengatasi stress 2
Stop Stress…
7. Jangan lupa kesuksesan Anda
Ambil catatan keberhasilan Anda di tempat kerja dengan membuat folder dengan informasi yang Anda dapat lihat setiap saat. Ini akan membantu Anda di masa depan untuk menghindari refleksi negatif seperti “Saya tidak akan berhasil melakukan ini dan itu …” itu juga akan memberikan motivasi ketika Anda siap untuk mencari pekerjaan lain.
8. Jangan menjadi “budak” email, BB, FB, dll
Jangan biarkan e-mail untuk mengalihkan perhatian Anda. Ketika ini terjadi sulit untuk berkonsentrasi lagi dan kembali bekerja. Cobalah untuk memeriksa e-mail pada selang waktu tertentu dan tidak setiap saat.
9. Bebaskan pikiran Anda
Setelah konsentrasi intens biarkan sejenak pikiran Anda bebas. Biarkan diri Anda untuk bermimpi selama beberapa menit. Pikirkan di mana Anda ingin pergi untuk liburan.
cara mengatasi stress 3
Pergilah liburan
10. Jangan makan siang sambil bekerja
Ambil istirahat untuk makan siang. Jangan makan siang Anda sementara Anda bekerja. Jika Anda makan di bawah tekanan maka kemungkinan besar Anda akan menderita gangguan pencernaan atau perut kembung.
11. Dapatkan udara segar
Cari waktu untuk udara segar bahkan jika ponsel yang tak henti-hentinya berdering. Dapatkan beberapa menit untuk keluar dari ruang kerja ber-AC dan nafas udara segar.

12. Tidur penting untuk kinerja pekerjaan

Jangan begadang setiap hari. Kurang tidur mengurangi energi dan memiliki dampak pada kinerja Anda di tempat kerja. Anda harus mendapatkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam.

Cara Alami Mengatasi Stress

1. Pijat/Massage 

Semua orang menyukai pijat. Tapi apakah Anda tahu bahwa pijat sudah digunakan sebagai penghilang stres selama ribuan tahun? Secara historis, untuk meningkatkan kesehatan -pijat digunakan di Cina untuk membuka saluran energi yang tersumbat dan Hippocrates, “bapak kedokteran modern,” menggunakan gosokan untuk terapi fisik. Sekarang ini, kita menggunakan pijatan untuk mengendurkan otot yang tegang, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi darah, yang semuanya itu dapat menjadi obat mujarab bagi pikiran karena efek relaksasi yang dihasilkannya.

2. Meditasi

Meditasi hanya membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit sehari, yang bahkan mungkin dilakukan dalam jadwal yang padat. Meditasi ini juga kegiatan yang sangat terjangkau, mengingat satu-satunya alat yang dibutuhkan adalah pikiran anda sendiri. Berikut caranya: pejamkan mata, bersikaplah rileks-kosongkan pikiran dari masalah hari ini dan biarkan pikiran anda berjalan bebas beberapa saat tanpa anda kendalikan. Atau setelah rileks-kosongkan pikiran dan fokuskan hanya pada pernapasan, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan, ulangi sampai 15 menit.Lakukan “saat teduh” dengan diri anda ini setiap hari. Anda akan menemukan bahwa sejumlah kecil rasa damai di hari yang padat dapat membantu menangani atau bahkan menghilangkan stress tersebut.

3. Olah Raga

Apakah yoga itu, Tai Chi , berlari atau bersepeda, jalan sehat manfaatnya sama – olahraga bekerja lebih dengan cara yang sama seperti meditasi karena memberikan anda waktu untuk menyendiri dengan pikiran Anda (atau memberi kesempatan pada berbagai pikiran yang ada di benak anda untuk pergi pada saat melakukannya). Selain itu, olahraga juga memiliki manfaat tambahan dengan cara melepaskan endorfin ke otak, yang efeknya meningkatkan mood  anda. Dengan olah raga anda akan terus fit dan mood anda terjaga selain juga mencegah obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

4. Atur Hidup Anda

Keteraturan menimbulkan perasaan terkendali dan ketenangan pikiran. Jika anda jenis orang yang selalu sibuk dan berlarian kesana kemari, anda dapat  membuat daftar “to do list” atau agenda sehingga anda mengingat semuanya. Jika anda jenis orang yang selalu merasa gelisah/tidak tenang di rumah sendiri, rapikanlah rumah anda. Penelitian menunjukkan  bahwa rumah yang berantakan/terjadi berbagai macam “penumpukan” barang-barang  mempunyai  korelasi positif dengan tingkat stress anda

5. Makan sehat

Telah terbukti bahwa junk food bisa membuat kita tertekan (untuk tidak menyebutkan lemak) sehingga perhatikan menu Anda. Makanan sehat seperti biji-bijian utuh(whole grain) – gandum dan protein dapat meningkatkan mood Anda dan memberi Anda energi jangka panjang untuk mengatasi segala sesuatu yang datang sepanjang hari. Menurut para ilmuwan makanan yang sangat efektif untuk melawan stres-diantaranya adalah blueberry, salmon dan kacang  almond, pastikan salah satunya ada dalam menu anda. Juga, lupakan secangkir kopi ekstra. Sementara penelitian menunjukkan bahwa beberapa cangkir kopi di siang hari dapat menawarkan manfaat kesehatan, akan tetapi terlalu banyak kafein akan membuat anda gelisah dan cemas dan pada akhirnya menyebabkan anda ambruk.

6. Batasi Penggunaan Internet dan Ponsel

Disconnect, disconnect dan disconnect adalah kata kuncinya. Yang sulit dalam masalah mengurangi stres sekarang ini adalah bahwa kita tidak bisa benar-benar melepaskan diri dari pemicunya . Dengan berpaling dari Internet sejenak di saat tertentu dalam keseharian anda – berarti anda memberikan kesempatan tubuh anda untuk rileks. Apabila anda terhubung dengan internet-pikiran anda akan fokus kesana, otak dan mata anda tidak beristirahat. Sangat disayangkan bahwa sekarang ini di saat istirahat makan siang orang malah sibuk berinternet lewat ponsel. Hal yang sama dengan mematikan ponsel kita beberapa saat seperti misalnya saat anda makan, bersama keluarga atau saat tidur (tidak memicu insomnia). Melakukan kedua hal ini juga memungkinkan kita untuk menghargai waktu “saat ini” saat kita hidup dan bersyukur.

7. Vitamin B

Vitamin B dikenal untuk meningkatkan fungsi sistem otak dan saraf, serta membantu mendorong relaksasi dan melawan kelelahan. Bahkan, indikator defisiensi B termasuk lekas marah, depresi dan apatis. Jadi untuk mencegah gejala-gejala tersebut di atas sangat disarankan meningkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin B. Vitamin B yang biasanya ditemukan dalam wholegrain, cereal, serta sayur kacang-kacangan, kacang polong, biji kacang, hati, telur dan berbagai produk susu.

8. Aromaterapi

Dalam beberapa kasus, menghirup aroma tertentu terbukti memiliki efek menghilangkan stres langsung dengan meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan membantu fokus dan konsentrasi. Para ahli mengatakan itu karena bau dapat merangsang sistem limbik, yang pada gilirannya melepaskan zat kimia yang mempengaruhi otak, meningkatkan perasaan rileks, tenang, cinta dan gembira. Minyak yang popular penggunaannya untuk menghilangkan stres dan kelelahan mental adalah lavender, cemara dan rosemary.

9. Tidur

Tidur adalah pengurang stres alami yang paling penting di antara yang lainnya. Terlalu sedikit tidur menyebabkan kita cepat marah, mudah tersinggung dan gelisah. Terlalu banyak tidur bisa membuat kita lesu dan depresi. Cobalah untuk menemukan keseimbangan yang tepat yang memungkinkan anda cukup istirahat dan siap untuk kegiatan sepanjang hari. Kenalkan otak anda dengan saat tidur melalui “ritual tidur” – dengan ini anda mengirim sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk tidur, memadamkam lampu, putar musik lembut, menghindari olah raga tiga jam sebelum tidur atau mandi dengan air hangat atau bahkan membaca. Makanan tertentu juga dapat mempromosikan tidur, seperti karbohidrat, pisang, kacang, buah ara dan susu karena mengandung tryptophans, perangsang melatonin, hormone yang membuat mata terpejam. Hindari makan besar yang dekat dengan waktu tidur, karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Ramuan Alami Untuk Mengatasi Stress

Image

1. Passionflower

Passionflower telah lama dianggap sebagai “obat tradisonal” untuk kegelisahan dan insomnia, beberapa studi telah menunjukkan bahwa tanaman herbal ini sebenarnya sebanding efektivitasnya dengan obat-obatan benzodiazepin, yang biasanya digunakan untuk mengobati stres. Meskipun belum terbukti, diyakini bahwa passionflower bekerja dengan meningkatkan zat kimia yang disebut asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak. Hal ini akan menurunkan aktivitas beberapa sel otak dan membuat Anda merasa lebih santai. Passionflower tersedia dalam berbagai bentuk seperti infus, teh, ekstrak cair dan tincture.

Tetapi pemakaian passionflower ini tidak dianjurkan untuk anak-anak atau untuk wanita yang sedang hamil /menyusui. Pemakaiannya harus dikonsultasikan dengan dokter, terutama jika anda sedang dalam pengobatan lain.

Image

2. Mahkota Dewa

Bahan :

  • 2 buah mahkota dewa tanpa biji
  • 7 iris temulawak segar
  • 3 lembar daun dewa
  • 1/2 genggam pegagan segar

Cara membuat dan pemakaian :

  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Buah mahkota dewa diiris-iris, ambil daging buahnya.
  3. Temulawak pegagan, dan daun dewa dipotong-potong.
  4. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air dengan api kecil, hingga air menyusut setengahnya.
  5. Tambahkan gula merah secukupnya.
  6. Minum sore hari 1 gelas. Sisanya dipanaskan kembali untuk 2 hari.
  7. Jangan lupa tambahkan air 1 gelas.

Catatan : Biji mahkota dewa jangan digunakan karena beracun!

Image

3. Lobak

Bahan :

  • 1 buah lobak
  • Jeruk nipis
  • Gula batu sedikit

Cara membuat dan pemakaiannya :

  1. Lobak dikupas kulitnya, cuci bersih, potong-potong, lalu dibuat jus.
  2. Tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis dan gula batu.
  3. Minum ramuan ini segaligus 1 x sehari.

Image

4. Cabai Jawa

Bahan :

  • 6 butir cabai jawa
  • 3 batang akar alang-alang
  • 1 jari lempuyang emprit
  • 1 genggam sambiloto

Cara membuat dan pemakaian :

  1. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 4 gelas air hingga tinggal setengahnya, saring.
  2. Minum 3 x sehari.

Image

5. Kurma

15 butir biji teratai, 10 butir kurma, 10 g bunga sedap malam.

Cuci semua bahan dan rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya lalu saring dan minum airnya sebelum tidur.

Image
6. Pala

½ butir biji pala, haluskan dan seduh dengan air panas, minum selagi hangat.

Image
7. Sawi Langit

15 g daun putri malu, 15 g sawi langit, 30 g belimbing wuluh.

Cuci semua bahan dan rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya lalu saring dan minum airnya.

kefir

8. Kefir
Kefir susu dapat mengatasi stress dengan efektif. karena dapat merelaksasi syaraf yang tegang, hingga dapat tidur nyenyak. setelah bangun terasa jauh lebih segar.

 

pisang

9. Pisang
Terutama Pisang Mas mempunyai kandungan tryptophan, asam amino yang apabila dikonversi oleh tubuh jadi serotonin bisa membuat tubuh menjadi rileks. Pisang mempunyai dampak menenangkan otak serta melakukan perbaikan situasi hati.

Kandungan kalium pada pisang juga cukup tinggi. Kalium bisa menormalkan detak jantung, mengatur keseimbangan cairan tubuh serta juga menolong untuk mengirim oksigen ke otak anda. Saat seseorang stres, metabolisme tubuhnya meningkat serta ini kurangi kandungan kalium didalam tubuh yang butuh seimbangkan kembali.

Manfaat buah pisang sebagai penambah mood menjadikannya sebagai obat penenang alami yang mudah didapatkan.

 

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: