Leave a comment

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Jerawat (Acne vulgaris) dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti bakteri, stress, hormon, bahkan pola makan. Untuk mencegah atau menghilangkan jerawat pun ada beberapa cara, dari yang menggunakan obat-obatan hingga cara yang alami.

Pada umumnya penggunaan obat-obatan yang tidak alami atau sintetik untuk menghilangkan jerawat selain memiliki harga yang relatif mahal, juga memilik efek samping ataupun efek alergi pada beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitif. Oleh karena itu dibutuhkan pengawasan dokter dalam penggunaan obat-obat tersebut. Dengan demikian, bisa dibilang menghilangkan jerawat dengan obat-obatan sintetis merupakan cara yang kurang aman. Penanganan masalah jerawat paling aman yang dapat dilakukan pada semua orang adalah secara alamiah. Berikut ini adalah 10 cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat dilakukan di rumah dengan biaya yang relatif murah :
1. Jeruk nipis
Jeruk nipis dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. caranya, Belah menjadi dua bagian jeruk nipis/purut, lalau gosokan pada bagian wajah yang berjerawat selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal. Wajah akan terlihat lebih bersih dan segar.
Campur perasan 1 buah jeruk nipis dengan 1 gelas air putih, minum setiap pagi setelah bangun pagi sebelum sarapan pagi. Campuran ini dapat membuang tumpukan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.
2. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mencegah peradangan timbul kembali, serta dapat meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Ambil 1 helai daun kulit buaya, kupas kulitnya, potong jadi 2-3 bagian dan oleskan buahnya pada kulit yang bermasalah, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang optimal.
4. Asam jawa
 asam jawa
Asam jawa sering digunakan sebagai obat anti alergi juga untuk mengobati eksem dan bisul karena kandungannya yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi juga sebagai antiseptik. Oleh karena itu, asam jawa juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Ambil 10 jari buah asam tua, campurkan buahnya yang sudah di buang bijinya dengan ½ sendok teh garam, lalu gosokkan pada wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.
5. Bawang putih 
Bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiseptik alami sehingga salah satu tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan, dapat juga dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami. Kupas Bawang putih dan tumbuk hingga halus, ratakan pada wajah yang berjerawat (hati-hati jangan sampai terkena mata), diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 1 kali sehari secara teratur untuk hasil yang optimal.
 
6. Madu
 
Madu memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiinflamasi sehinnga cocok digunakan untuk mengurangi radang yang ditimbulkan oleh jerawat. Campurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok teh jeruk nipis, ratakan pada wajah dan diamkan selama 15 – 20 menit, ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.
 
7. Tomat
Buah tomat yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ataupun disajikan sebagai jus baik untuk kesehatan mata karena adanya kandunga Vitamin A pada buah tomat. Namun selain vitamin A, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang baik sebagai antioksidan serta memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat. Gosokan buah tomat yang sudah di potong-potong pada wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.
 
8. Putih Telur
Bagaimana caranya? Mudah saja. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. bilsa dengan air bersih. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.
9. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan
 sayur
Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, zinc, dan selenium dapat membantu keseimbangan tubuh sehingga wajah dapat terhindar dari timbulnya jerawat baru.
 

10. Lidah buaya

lidah buaya
Aloe vera biasanya digunakan untuk menghilangkan luka bakar, tetapi dapat juga dipakai untuk mengatasi luka bekas jerawat di wajah. Oleskan getah aloe vera pada bekas luka dan gunakan sehari sekali sampai bekas luka menghilang.

 

11. Belimbing wuluh

belimbing wuluh

Belimbing wuluh selain sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Campurkan 3 buah belimbing wuluh dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan ½ sendok the belerang, tumbuk hingga halus dan aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat. Gunakan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.
12.Tomat
tomat
Buah tomat yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ataupun disajikan sebagai jus baik untuk kesehatan mata karena adanya kandunga Vitamin A pada buah tomat. Namun selain vitamin A, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang baik sebagai antioksidan serta memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat. Gosokan buah tomat yang sudah di potong-potong pada wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.
[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: