Leave a comment

Tidur

Image

 

Manusia normal yang berada di atas bumi pasti melakukan aktifitas ini, meskipun cuma 1 jam tiap hari. Jaman dahulu kala orang tidur memakai bantal kayu atau batu atau bahkan tidak memakai bantal. Sekarang aja enak, orang tidur pakai yang empuk-empuk.

Kebiasaan tidur dengan bantal kayu atau batu, menyebabkan orang-orang dahulu bisa bangun dengan segar bugar, karena tubuh mereka bisa beristirahat total saat tidur. berbeda dengan mereka yang tidur di atas kasur empuk, tubuh mereka tidak bisa istirahat dengan total, karena saling menekan dengan alas tidurnya.

Tidur yang berkualitas merupakan komponen mutlak untuk kesehatan Anda. Selain waktu tidur yang harus mencukupi, rupanya postur tubuh ketika tidur juga penting untuk diperhatikan agar mendapatkan manfaat istirahat yang lebih optimal.

Banyak orang yang pergi tidur tanpa rasa sakit, tetapi tubuhnya terasa kaku dan nyeri di pagi hari. Beberapa orang lainnya bahkan tidak dapat tidur nyenyak sepanjang malam dan harus terbangun karena nyeri punggung dan leher yang intens akibat kesalahan posisi tidur.

Untuk mencegah kedua hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan postur tubuh ketika tidur. Posisi tidur yang optimal dapat melindungi tulang belakang, memungkinkan tubuh untuk beristirahat secara efektif dan memaksimalkan manfaat tidur bagi kesehatan keseluruhan.

Postur tubuh seseorang baik itu di siang hari atau malam hari memainkan peran yang sangat besar dalam kesehatan tulang dan sistem saraf. Postur tubuh yang buruk menyebabkan masalah dengan tulang belakang yang dapat menyebabkan tantangan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri leher dan sakit punggung.

Selain itu, kelainan tulang belakang dapat mengganggu fungsi saraf dalam tubuh hingga menyebabkan lambatnya penyembuhan terhadap nyeri punggung, malfungsi organ dan tantangan sistem kekebalan tubuh.

Saat tidur yang baik adalah jam 20.00 WIB – 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 – 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya…

Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 – 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

Tidur yang baik berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama.

 

Berikut adalah beberapa saran untuk tidur malam yang baik:

1. Tetapkan waktu tidur yang teratur

Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama tiap malamnya dan bangun pada waktu yang sama tiap pagi sehingga tubuh dapat menyesuaikan dengan pola yang ritmis.

2. Tenangkan diri sebelum pergi tidur

Hentikan aktivitas yang bisa meningkatkan kesiagaan mental atau fisik (misalnya bekerja atau olahraga) 20-30 menit sebelum waktu tidur dan lakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca, mandi air hangat, atau meditasi.

3. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Kamar sebaiknya cukup gelap, tenang, bebas gangguan, dan tidak terlalu panas.

4. Buatlah kamar tidur hanya untuk tidur

Menonton TV dilakukan di ruang lain dan hindari diskusi tentang pekerjaan atau masalah-masalah lain di tempat tidur.

5. Jangan merasa khawatir saat berada di tempat tidur

Jika anda tidak bisa tidur karena memikirkan semua yang harus dilakukan pada pagi hari, bangunlah dan buat daftar, dan biarkan kertas itu yang menjadi tumpahan semua masalah pada malam hari. Jika anda memiliki masalah lain, selesaikanlah dan tidurlah.

6. Hindari alkohol, kafein, dan rokok

Alkohol yang terlalu banyak mungkin akan membuat anda mengantuk, tetapi sesungguhnya akan mengganggu pola tidur dan mimpi normal. Kafein pada sore hari tidak direkomendasikan untuk orang yang sensitif dengan efek stimulannya, dan nikotin dapat merusak ritme hidup normal anda.

7. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu akan meningkatkan kualitas tidur anda. Untuk menghindari terlalu siaga, jangan melakukan olahraga berat dalam waktu 3 jam sebelum tidur.

8. Minumlah obat yang tepat

Banyak obat yang menyebabkan anda mudah atau sulit tidur. Obat-obatan seperto pil tidur bisa merusak siklus tidur yang efektif, dan beberapa obat lain juga bisa mengganggu tidur. Diskusikan obat-obatan yang anda minum dengan dokter untuk mengetahui efeknya terhadap kemampuan tidur anda.

9. Konsultasi dengan dokter

Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika mengalami, atau jika teman anda memperhatikan gejala-gejala sleep apnea, seperti: mengorok, sesak napas sampai terbangun, adanya henti napas saat tidur,  dan mengantuk yang berlebihan pada siang hari.

 

Beberapa Macam Posisi Tidur

1. Tidur Miring

Bila Anda merasa nyaman dengan tidur miring, sebaiknya Anda miringkan badan ke arah kanan. Seperti halnya tidur telungkup, tidur dengan posisi miring ke kiri akan membebani jantung dengan berat badan Anda. Pada saat yang sama, jantung masih harus memompa darah. Hal ini mengakibatkan kelelahan jantung yang dapat berakibat fatal dalam jangka panjang.

Posisi tidur miring yang terbaik adalah “cara tidur bayi” yaitu dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan organ-organ tubuh. Gunakan bantal yang sedikit keras di bawah kepala dan leher untuk mengurangi tekanan di pundak. Sisipkan bantal di antara kedua kaki agar tumpuan badan tidak terlalu berpusat di pinggul dan menimbulkan pegal-pegal.

2. Tidur Telentang

Tidur telentang sangat baik bila Anda memiliki nyeri punggung. Menyisipkan bantal di bawah dengkul kaki bermanfaat untuk mengurangi beban punggung bagian bawah.

3. Tidur Tengkurap

Ini adalah posisi tidur yang paling buruk karena menekan jantung, paru-paru dan perut. Namun, bila karena sesuatu hal Anda harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher Anda.

Hampir setiap orang berganti-ganti posisi pada saat tidur. Posisi saat Anda mulai tidur mungkin berbeda dengan saat bangun. Perubahan posisi seperti itu wajar saja, asal tidak berlebihan. Untuk mengurangi pergantian posisi yang terlalu sering sehingga membahayakan tubuh Anda, gunakan bantal yang empuk dan cukup keras dan bersihkan sprei atau badcover agar tidak menimbulkan gatal.

 

Agar postur tubuh tidak terganggu ketika tidur, hindari beberapa posisi tidur berikut ini:

 

1. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap membuat Anda harus memalingkan wajah ke salah satu sisi yang dapat menyebabkan respon peregangan panjang di ligamen dan menyebabkan deformitas ligamen plastik dan kerusakan tulang belakang.

2. Tidur dengan bantal yang terlalu besar
Tidur dengan bantal besar di bawah kepala dapat menyebabkan hyperflexion dan uluran leher. Hal ini juga dapat menyebabkan deformitas plastik yang menyebabkan postur kepala agak maju.

Hal ini sangat berbahaya karena postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kondisi asma, sleep apnea dan penyakit kardiovaskular.

Postur kepala yang terlalu maju juga mempengaruhi sistem pencernaan yang mengarah ke sembelit, mencegah penyerapan nutrisi, dan sindrom iritasi usus besar.

 

Tidur Yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Mau tahu bagaimana cara-cara Rasulullah SAW tidur?  Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan Rasulullah SAW berkenaan dengan tidur yang mungkin kita tidak tahu selama ini namun perlu kita ketahui sekarang agar kita bisa lebih mengenal orang yang paling kita sayangi di dunia ini setelah Allah SWT ini, yaitu:

• Rasulullah SAW mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjjud
• Rasulullah SAW selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
• Terus berdzikir sampai jatuh tertidur
• Rasulullah SAW tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman
• Rasulullah SAW tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menggunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi.

Ketika akan tidur:

  1. Berwudhu-lah seperti wudhu ketika akan sholat;
  2. Bacalah do’a sebelum tidur. Pilihlah salah satu dari contoh doa Rasulullah SAW di bawah ini:
  3. “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa“, yang artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup”;
  4. “Robbi qinii ‘adzaabaka yawma tab’atsu ‘ibaadaka“, yang artinya: “Ya Robbi, peliharalah aku dari azab-Mu pada hari Kau bangkitkan seluruh hamba-Mu”;
  5. “Alloohumma bismika amuutu wa ahyaa“, yang artinya: “Ya Allah, dengan Asma-Mu aku mati dan aku hidup”;
  6. “Allahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amrii ilaika wa alja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika laa malja-a walaa manja-a minka illaa ilaika. Aamantu bikitaabikalladzii anzalta wanabiyyikal ladzii arsalta“, yang artinya: “Wahai Allah, saya menyerahkan diriku kepada-Mu, menghadapkan mukaku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harapan dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksaan-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Saya beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dari nabi yang Engkau utus”.
  7. Bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas dalam posisi berbaring. Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah membaca ketiga surat tersebut setelah mengumpulkan kedua telapak tangannya dan meniupnya. Kemudian setelah selesai membaca, beliau mengusapkan kedua tangannya 3x ke seluruh badan yang mampu diusap, dengan dimulai dari kepala, muka, dan bagian depan badannya;
  8. Berbaringlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan;
  9. Letakkan tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan;
  10. Dan tidurlah dengan tenang dan damai.

 

Manfaat Tidur:

1. Meregenerasi sel tubuh
Selama proses tidur berlangsung sel-sel didalam tubuh mengalami proses regenerasi menggantikan sel yang rusak dengan sel yang baru.

2. Tubuh beristirahat
Dalam  tidur memungkinkan tubuh untuk beristirahat dari kelelahan akibat kerja seharian, tidur   juga dapat membuat hormon pertumbuhan menjadi lebih lancar dan kekebalan tubuh melawan penyakit menjadi lebih meningkat serta kemampuan fisik dan konsentrasipun bertambah.

3. Membuat kulit menjadi cerah
Stres mental yang diakibatkan oleh kurang  tidur dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi mengkerut, sehingga darah yang dipompa keseluruh tubuh menjadi berkurang. Aliran darah yang lancar dapat menghasilkan warna kulit yang cerah karena pembuluh darah pada wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Selain itu stres yang diakibatkan kurang tidur juga dapat menghasilkan minyak yang berlebihan pada wajah, membuatnya menjadi lebih rentan terhadap gangguan jerawat, membuat kulit menjadi lebih cepat kendur dan berkerut sebelum waktunya, karena kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban alaminya yang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

4. Membuat mata tampak lebih cerah
Mata akan menjadi kering dan iritasi jika kelopak mata tidak terpejam dalam waktu yang cukup lama, kekurangan tidur dapat memicu fatigue atau kelelahan, memperlambat sirkulasi darah di dalam kulit yang setipis kertas disekitar mata, ini menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata, menjadikan mata terlihat tidak indah.

5. Membuat rambut lebih sehat dan berkilau
Nutrisi yang bermanfaat ke akar rambut dapat terkikis karena kurangnya tidur dimalam hari sehinga membuat tubuh selalu berada dalam kondisi kritis, sehingga memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi dalam jumlah yang terbatas, padahal energi ini bisa memberikan banyak nutrisi ke akar rambut. Tanpa nutrisi yang cukup rambut akan kelihatan kusam dan mudah patah.

6. Membuat tubuh menjadi lebih ramping
Satu fakta yang mengagetkan bagi banyak perempuan adalah kurang  tidur dapat membuat berat badan bertambah. Kurang  tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lambat. Kurang tidur juga memperlambat produksi hormon pertumbuhan, yaitu hormon yang mengubah lemak menjadi bahan bakar itu berarti kurangnya hormon pertumbuhan akan membuat lemak menjadi lebih banyak.

7. Membuat semangat sepanjang hari
Ketika tubuh kekurangan ti tidur, mood atau perasaan seseorang cenderung akan naik turun, kapasitas tidur yang terbatas menyebabkan kemungkinan untuk mengalami depresi dan cemas akan lebih tinggi.  Tidur malam dapat memperbaiki kualitas hidup anda. Oleh karena itu,  tidur pada malam hari sangat penting untuk dijadikan prioritas untuk dilakukan secara konsisten.

8. Meningkatkan daya ingat
Apabila anda merasa kesulitan untuk berkonsentrasi ditempat kerja, maka kemungkinan anda kurang  tidur pada malam hari. Kurang  tidur sering menyebabkan masalah memori terhadap suatu fakta atau kejadian yang dihadapi ataupun dalam sebuah percakapan. Salah satu manfaat terbesar dari tidur adalah memungkinkan otak memiliki daya pikir lebih baik dalam menerima suatu hal atau pengetahuan baru serta meningkatkan efisiensi daya kerja otak.

9. Tidur memperbaiki tubuh
Tubuh mampu menghasilkan molekul protein tambahan saat anda sedang tidur yang membantu tubuh memperkuat kemampuan untuk melawan infeksi dan tetap sehat. Tidur juga memperkuat sistem imun atau kekebalan dalam tubuh.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: