1 Comment

Seledri

Image

Selain dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, seledri juga dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Celery ap grafeolens ini juga memiliki kontribusi besar bagi dunia kecantikan. Daunnya biasa digunakan untuk menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut. Secara medis, seledri memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat penting untuk konsumsi sehari-hari.

Pada zaman Romawi kuno, tanaman seledri dijadikan sebagai karangan bunga atau penghias pusara orang yang telah meninggal. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, sekira tahun 1640-an, para ahli botani menyatakan bahwa daun seledri dapat dimanfaatkan sebagai sayuran.

Tanaman ini baru diakui sebagai tumbuhan berkhasiat obat secara ilmiah pada tahun 1942. Tanaman ini diyakini mengandung vitamin A, C dan B1. Selain itu, seledri juga mengandung banyak mineral seperti, sodium, klorin, potasium (kalium) dan magnesium.

Tumbuhan herbal bernama seledri ini berasal dari daerah subtrotip Eropa dan Asia. Nama ilmiahnya adalah Celery Apium gravoelens, Linn. Tumbuhan di dataran tinggi pada ketinggian di atas 900 m dari permukaan laut.

Di daerah ini, seledri tumbuh dengan tangkai dan daun yang tebal. Tanaman seledri memiliki tinggi 25-100 cm. Batang bersegi dan beralur membujur. Memiliki bunga yang banyak dengan ukuran yang kecil. Bunga-bunga tersebut berwarna putih kehijauan. Seledri digolongkan sebagai tumbuhan sayur-mayur.

Tanaman seledri juga dapat dibudidayakan di segala tempat, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Berkembang dengan baik di tempat yang lembab dan subur. Dapat dibudidayakan dengan biji atau dengan memindahkan anak rumpunnya ke dalam pot. Daun-daunnya digunakan sebagai penambah aroma/rasa pada masakan. Seledri juga bisa dijadikan sebagai sayuran atau sebagai salad.

Daun seledri banyak mengandung Apiin dan substansi diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing. Akar seledri berkhasiat memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing (diuretik). Sedangkan buah dan bijinya sebagai pereda kejang (antipasmodik), menurukan kadar asam urat darah, antirematik, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), afrodisak dan penenang (sedatif).

Seledri banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini mengandung zat gizi dan fitonoutrien. Seledri juga mengandung provitamin A (karetenoid), Vitamin B dan Vitamin C, mineral kalsium, fosfor, sodium, klor, potasium/kalium, magnesium, asparagine apigenin, kholin, saporin, minyak asiri, senyawa sedatif, (phathalide) dan serat. Herba ini bisa dijadikan obet alternatif untuk berbagai jenis penyakit.

 

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Seledri :

Nama Bahan Makanan : Seledri
Banyaknya Seledri yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Seledri yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 63 %
Jumlah Kandungan Energi Seledri = 20 kkal
Jumlah Kandungan Protein Seledri = 1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Seledri = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Seledri = 4,6 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Seledri = 50 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Seledri = 40 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Seledri = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Seledri = 130 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Seledri = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Seledri = 11 mg

 

Khasiat dan Manfaat Seledri:

 

1. Menyuburkan Rambut
Caranya: Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Setelah dikeramas, gosokkan tumbukan daun seledri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebih 1 jam. Bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

2. Menurunkan Kolesterol
Caranya: Cuci 30 gram akar seledri sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Airnya diminum sekaligus.

3. Mengatasi Alergi
Caranya: Ambil 2 batang seledri, 3 buah wortel ukuran sedang, dan 1 buah umbi bit ukuran sedang, cuci bersih, lalu dijus. Minum jus tersebut sekaligus waktu perut kosong. Lakukan dua kali sehari.

4. Mengurangi Kolik dan Sakit Perut
Caranya: Sediakan 60 gram seledri segar, 1 ruas jari tangan jahe merah, dan sepotong gula aren. Rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, airnya diminum sekaligus.

5. Meredakan Batuk
Caranya: Cuci 30 gram seledri segar, lalu potong-potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Bila suka, tambahkan madu. Gunakan ramuan ini untuk dua kali minum, pagi dan sore.

6. Mengobati Bronkitis
Caranya: Cuci 60 gram seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, dan 25 gram gula aren hingga bersih. Setelah dipotong-potong, masukkan ke dalam panci email, tambahkan 3 gelas air bersih dan rebus hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan airnya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore.

7. Menurunkan Tekanan Darah
Caranya: Cuci 100 gram seledri seutuhnya sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air hangat, lalu disaring. Setelah dingin, bagi untuk dua kali minum, pagi dan siang.

8. Mengatasi Mata Kering
Caranya: Makan daun seledri sebagai lalap segar. Lakukan setiap hari.

9. Mengobati Rematik
Caranya: Cuci 30-40 lembar daun seledri, lalu siram dengan air panas. Makan sebagai lalapan. Lakukan dua kali sehari.

10. Mencegah kanker
Seledri mengandung phthalides dan polyacetylenes. Komponen-komponen anti kanker detoksifikasi karsinogen. Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel darah putih tertentu.

11. Peningkat Antibody & Obat Asma
Dengan adanya vitamin C pada seledri dapat Peningkatan sistem kekebalan karena itu booststhe sistem kekebalan tubuh, selain itu juga dengan adanya vitamin C seledri menghadirkan rasa dingin. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya seperti mengurangi asma.

12. Penguat Jantung
Kandungan akar seledri yang kaya akan vitamin C bisa menguatkan jantung.

13. Diabetes
Seledri baik bagi penderita diabetes karena kandungannya yang bisa menrmalkan kadar gula dalam darah.

14. Bisul dan radang
30-40 lembar daun seledri direbus, lalu air rebusannya diminum. Cara lain, 1,3–3,9 gram biji seledri direbus dalam api kecil selama 3 jam, lalu airnya diminum. Untuk pemakaian luar, giling daun segar hingga halus, lalu oleskan pada bisul atau bagian tubuh yang meradang.

15. Asam Lambung
Keasaman lambung yang menyebabkan perut mual, dapat diseimbangkan oleh seledri.

16. Bagus buat atlet
Untuk atlet olahraga seledri ketika jus seledri diminum setelah latihan dapat meremajakan tubuh karena jus seledri dapat mengisi semua elektrolit yang hilang dan dapat menghindari dehidrasi.

17. Diet
Jus seledri juga merupakan minuman sehat yang membantu hilangnya lemak ketika sedang diet.

18. Batu empedu
Seledri mencegah pengerasan cairan dalam kantung empedu atau yang sering dikenal batu empedu.

19. Mengatasi kecemasan
Seledri bisa menenangkan sistem syaraf, hingga bisa mengatasi kecemasan seseorang.

20. Kolik
Sediakan 60 gr seledri segar seutuhnya, 1 ruas jari tangan jahe merah dan sepotong gula aren. Cuci bahan-bahan tersebut dan potong-potong seperlunya, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.

 

Perhatian, efek samping seledri:

1. Seledri dapat menyebabkan inflamasi pada kulit dan sensitivitas matahari.

2. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari mengkonsumsi seledri selama masa kehamilan.

3. Mengkonsumsi seledri dalam jumlah besar dapat menyebabkan kontaksi uterus dan keguguran.

4. Seledri juga menyebabkan alergi pada orang yang sensitive pada beberapa tanaman termasuk wortel dan dandelion. Penyakit ini disebut sindrom celery-carrot-mugwort-spice.

4. Orang yang mnegalami ganggunan ginjal juga dilarang mengkonsumsi seledri.

5. Seledri dapat berefek pada system nervous saat operasi. Pada beberapa penelitian, kombinasi anastesi dan obat lain yang dipakai selama dan setelah operasi menurun sistem nervous sangat banyak. Hentikan penggunaan seledri minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi.

 

 

[Dari berbagai sumber]

 

 

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Seledri

  1. banyak juga nih manfaat seledri ya mas, saya coba deh makan seledri dulu, biar tetap sehat, salam kenal ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: