1 Comment

Kemang

buah kemang

Kemang (Mangifera kemanga) merupakan tanaman yang mulai langka di Indonesia. Padahal, konon dari nama pohon sejenis mangga ini nama daerah Kemang di Jakarta berasal. Pohon kemang yang mempunyai buah khas berbau harus menusuk dengan rasa yang masam manis ini juga telah ditetapkan sebagai flora identitas kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, tumbuhan ini mulai langka dan sulit ditemukan.

Tanaman kemang yang makin langka ini sering kali dianggap sebagai spesies yang sama dengan binjai, namun sejumlah pakar memisahkannya dalam jenis yang berbeda. Flora identitas kabupaten Bogor ini mempunyai nama Indonesia, kemang. Di daerah Kalimantan Timur sering disebut sebagai palong sedangkan berdasarkan nama ilmiah, kemang dinamai Mangifera kemanga yang bersinonim dengan Mangifera polycarpa dan Mangifera caesia.

pohon kemang

Ciri-ciri Pohon Kemang

Pohon kemang tingginya mampu mencapai 45 m dengan garis tengah batang mencapai 120 cm. Tajuk tumbuhan langka ini berbentuk menyerupai kubah dengan percabangan yang tidak terlalu rapat. Kulit batang kemang berlekah dan mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi.

Daun kemang berbentuk jorong sampai lanset. Daun-daunnya seringkali mengumpul di ujung-ujung percabangan. Tangkai daun agak duduk (bertangkai sangat pendek) pada ranting. Tepi daun tanaman yang langka ini terlihat menyempit di sekitar pangkal daunnya.

Perbungaan malai di ujung-ujung percabangan. Bunga kemang (Mangifera kemanga) berwarna merah muda pucat dan beraroma harum. Buah kemang , berbentuk bulat telur terbalik sampai lonjong dengan kulit buah tipis dan berwarna coklat kuning suram apabila masak. Daging buah kemang berwarna keputihan, lunak, berair dan berserat. Aroma buah kemang sangat khas dan tajam sedangkan rasa buahnya mulai asam sampai manis. Biji kemang jorong sampai lanset.

Musim berbunga pohon kemang dimulai bulan Oktober sampai Desember. Sedang musim berbuahnya terjadi pada musim penghujan yaitu mulai bulan November sampai Maret.

Habitat, Persebaran, dan Pembudidayaan

Pohon kemang umumnya tumbuh di dataran rendah di daerah tropika basah di bawah ketinggian 400 m dpl. walaupun dapat dijumpai juga hingga ketinggian 800 m dpl. Tanaman penghasil buah langka ini memerlukan persebaran curah hujan yang merata sepanjang tahun dan tumbuh baik di pinggiran sungai yang secara berkala tergenang air.

Pohon langka kemang ini tersebar secara alami di semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa terutama bagian barat. Di sekitar Kabupaten Bogor, tumbuhan ini banyak dibudidayakan sehingga tidak mengherankan jika kemudian berdasarkan SK Bupati Nomor 522/185/kpts/Huk/1996, kemang ditetapkan sebagai flora identitas kabupaten Bogor. Konon, nama daerah Kemang di Jakarta juga bermula dari banyak dijumpainya tumbuhan ini di daerah tersebut pada masa silam.

Kemang biasanya ditanam di pekarangan dan di kebun-kebun serta di pinggiran/bantaran sungai. Perbanyakan tanaman kemang tidak terlalu sulit, umumnya dengan cara mengecambahkan bijinya. Namun dimungkinkan juga dengan cara enten.

Pemanfaatan

Kemang banyak dimanfaatkan buahnya yang dimakan segar ketika buah telah masak. Buah langka ini juga dijadikan campuran dalam es buah atau digunakan juga sebagai bahan pembuatan sirup (sari buah).

Buah yang masih muda sering dimanfaatkan sebagai bahan rujak. Biji buah kemang juga sering dimakan dengan diiris-iris tipis dan setelah dibumbui dan ditambahi kecap. Sedangkan daun kemang yang masih muda sering dijumpai dipergunakan oleh masyarakat Sunda sebagai lalapan.

buah kemang 2

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Buah Kemang :

Nama Bahan Makanan : Buah Kemang
Banyaknya Buah Kemang yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Buah Kemang yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 65 %
Jumlah Kandungan Energi Buah Kemang = 48 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buah Kemang = 1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buah Kemang = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Kemang = 11,9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buah Kemang = 10 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buah Kemang = 24 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Kemang = 6 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Kemang = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Kemang = 58 mg

Manfaat buah kemang


Kandungan posfor nya cukup tinggi, hingga buah kemang bermanfaat untuk:

1.Pembentukan tulang 

Fosfor adalah bagian penting dari proses yang berhubungan dengan pertumbuhan juga pemeliharaan tulang dan gigi. Ia bekerja dalam hubungan dengan kalsium untuk memberikan tulang yang kuat dan sehat, fosfor dapat menyeimbangkan dan menahan secara normal air mata. Fosfor juga membantu agar gusi sehat dan enamel gigi. Hal ini juga membantu dalam mengurangi masalah serius seperti tulang keropos, juga dikenal sebagai osteoporosis. Mineral ini meletakkan dasar dari struktur rangka yang kuat untuk menjamin hidup sehat.
2. Pencernaan 
Fosfor memainkan peran penting dalam memfasilitasi pencernaan efektif dalam tubuh Kita. Ia melakukannya dengan memicu pencernaan riboflavin dan niacin dalam cara yang mahir.
3. Ekskresi 
Fosfor memiliki aspek penting untuk menjaga ginjal dalam kondisi normal. Ia melakukannya dengan memastikan rilis tepat limbah dari ginjal melalui proses ekskresi.
4. Penguat Stamina
Fosfor memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan ringan seperti kelemahan, mati rasa, kelelahan dan penyakit serupa. Kadar yang cukup dari fosfor dalam tubuh bertanggung jawab untuk proses cepat penyembuhannya, kebutuhan fosfor sekitar 1200 mg untuk orang dewasa normal sesuai saran ahli praktisi kesehatan. Kelemahan seksual juga dapat disembuhkan dengan kecukupan yang memadai mineral fosfor dalam tubuh.
5. Fungsi otak
Karena, fosfor merupakan elemen penting ditemukan di sekitar dalam sel-sel otak, ia bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting. Kadar fosfor yang cukup dari fosfor membantu menjaga fungsi otak yang Sehat.
6. Pembentukan Protein 
Fosfor adalah cradle untuk pembentukan cukup protein, yang selanjutnya membantu dalam proses reproduksi. Hal ini juga memfasilitasi pemanfaatan maksimal protein dalam tubuh manusia untuk memastikan pertumbuhan yang tepat dari sel, bersama dengan perbaikan mereka dari waktu ke waktu. Dengan cara yang sama, itu juga membantu untuk memanfaatkan karbohidrat serta lemak.
7. Pengatur keseimbangan hormon
Kesehatan manfaat fosfor juga dapat dianggap sebagai penting untuk mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Ini memastikan bahwa hormon, terutama yang diperlukan untuk kesehatan reproduksi yang baik, selalu hadir dalam bentuk yang seimbang.
8. Ekstraksi Energi
Fosfor sangat penting membantu proses ekstraksi energi dengan merangsang proses metabolisme nutrisi yang berbeda. Lebih dari itu, membantu dalam aliran energi dan penggunaan secara efisien oleh bagian-bagian tubuh yang berbeda.
9. Perbaikan sel
Fosfor juga berkontribusi dalam perbaikan dan pemeliharaan berbagai sel-sel tubuh, yang rentan terhadap keausan. Ini memastikan bahwa sel-sel tubuh yang dikembangkan dengan baik dan tetap aktif untuk kondisi kesehatan yang mengagumkan.
10. Reaksi kimia
Fosfor bertindak sebagai peserta dalam sejumlah reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Fosfor Juga, meminjamkan manfaatnya yang tepat dari berbagai nutrisi memasuki tubuh.
Sementara kandungan Vitamin C pada Buah Kemang bermanfaat untuk:
1. Pembentuk kolagen
Berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya.
2. Mencegah penuaan dini
Membuat kulit halus dan mengurangi keriput.
3. Antioksidan
Merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi.
4. Menguatkan otot
Menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh, misalnya otot.
5. Penutup luka
Berperan dalam penutupan luka saat terjadi perdarahan
6. Anti infeksi
Memberikan perlindungan lebih dari infeksi mikroorganisme patogen. Melalui mekanisme inilah vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit.
[Dari berbagai sumber]
Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Kemang

  1. klo mau beli dimana ya, sepertinya menggugah selera nih pas baca.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: