Leave a comment

Labu Siam

Image

  • Nama Umum :
    Labu Siem, Labu siam,
  • Nama lain :
    Labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), waluh siam (Jawa Barat), Manado bernama ketimun Jepang dan di dunia internasional biasa disebut chayote (Mexico), Siem Pumpkin
  • Nama Ilmiah :
    Sechium edule

Labu siam atau bahasa inggrisnya sayuran ini disebut chayote, pastinya sudah sering kita makan dan bahkan bagi beberapa orang menjadi sayur favorit dalam hidupnya. Labu siam bisa dimakan baik buah maupun daunnya untuk sayur. Labu siam cukup mudah di temukan di pasar-pasar dan harganya cukup murah sehingga menjadi pilihan ibu-ibu dalam memasak. Disamping sebagai sayuran yang enak dimakan, labu siam menyimpan potensi obat yang luar biasa.

Pada buah Labu siam memiliki kadar vitamin C yang tinggi, rendah kalori, rendah sodium, tidak mengandung kolesterol, dan merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Kemudian kandungan asam Folat dalam buah labu siam sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Adanya Kalium juga berguna dalam menjaga tekanan darah dan membersihkan karbondioksida di dalam darah. Labu siam juga baik untuk mencegah dan mengobati kolesterol, diabetes, melarutkan batu ginjal, mencegah aterosklerosis dan mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi rutin labu siam dapat mencegah beberapa penyakit di atas.

Kandungan Kimia :

  • Buahnya mengandung zat saponin, alkaloid, dan tanin.
  • Daunnya mengandung saponin, flafonoid, dan polifenol.
  • Daging buahnya terdiri dari 90 persen air, 7,5 persen karbohidrat, 1 persen protein, 0,6 persen serat, 0,2 persen abu dan 0,1 persen lemak. Juga mengandung sekitar 20 mg kalsium, 25 mg fosfor, 100 mg kalium, 0,3 mg zat besi, 2 mg natrium, serta beberapa zat kimia yang berkhasiat obat.

Khasiat dan manfaat labu siam:

1. Batu Ginjal

Rebus daun labu siam secukupnya , minum air rebusan sebanyak 3-5 kali sehari untuk mengobati batu ginjal.

2. Hipertensi

    • Labu siam ukuran sedang 1 buah
    • Mentimun ukuran sedang 2 buah
    • Cara membuat-> Cuci bersih , iris kecil kecil untuk kemudian dibuat jus.
    • Aturan pakai -> Ramuan jus diminum 3 kali sehari sampai tekanan darah menjadi normal.

3. Gusi Berdarah dan Sariawan

Parut labu siam secukupnya, beri dua sendok air matang dan satu sendok madu, minum 3 kali sehari, untuk menyembuhkan sariawan, makan sebagai lauk setelah dikukus atau direbus.

4. Tumit Hitam

Getah labu siam, dioleskan di tempat tersebut, biarkan hingga kering setelah itu dicuci tumit hingga bersih.

5. Diabetes

Labu siam dikukus dimakan untuk menggantikan nasi. Karena kandungan karbohidrat dalam labu siam cukup tinggi sehingga konsumsi nasi putih dapat dikurangi.

 6. Kutil

Labu siam diiris, kemudian getahnya digosok gosokkan pada kulit yang tumbuh kutil.

7. Kompres penurun panas

Labu siam diparut, parutan tersebut lalu tempelkan pada dahi orang yang menderita sakit panas.

8. Asam urat

Air labu siam memiliki efek diuretic yang baik sehingga bisa melancarkan buang air kecil. Dengan begitu kelebihan asam urat bisa segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

9. Mengurangi resiko kanker

Labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1,7 gr per 100 gr. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup dapat mengatasi sembelit dan lambung yang sensitif. Serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik ( zat penyebab kanker ). Dan zat itu membuat sisa makanan tidak betah berlama-lama dalam tubuh oleh sebab itu maka peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

10. Bermanfaat bagi ibu hamil

Hal ini karena labu siam mempunyai kandungan asam folat yang baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Sedangkan asam folat sangat penting untuk ibu hamil karena bisa mengurangi resiko kelahiran bayi cacat. Biasanya kurangnya asam folat pada ibu hamil ditandai dengan anemia (kurangnya sel darah merah).

11. Menurunkan kolesterol

Labu siam mengandung niasin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang biasa disebut dengan vitamin B3 yang berfungsi menurunkan VLDL ( very low density lipoprotein ) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol akan menurun.

12. Mengendalikan tekanan darah

Labu siam juga mengandung kalium yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. kalium juga bermanfaat memicu kerja otot dan simpul saraf, memperlancar pengiriman oksigen ke otak seta membantu memperlancar keseimbangan cairan sehingga tubuh menjadi lebih segar.

13. Menurunkan darah tinggi

Labu siam memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan kadar garam didalam darah melalui pembuangan lewat air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap dan menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

14. Memperbaiki mood

Labu siam juga mengandung selenium, selenium sendiri punya peran penting untuk memperbaiki mood.

15. Sembelit

Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: