1 Comment

Cantengan atau Paronychia

Image

Penyakit cantengan, meski dianggap sebagai penyakit yang ringan, tidak seharusnya dianggap sepele. Jika dibiarkan berlanjut, bisa jadi cantengan yang terjadi baik di jempol kaki atau di jempol tangan akan berujung pada copotnya kuku anda. Pada dasarnya, cantengan adalah radang yang terjadi pada area kuku. Akibat peradangan tersebut, area yang terkena cantengan biasanya bengkak dan berwarna kemerahan. Penyakit cantengan biasanya di ikuti dengan rasa nyeri yang teramat sangat.

Cara mengatasi dan mengobati cantengan bisa dilakukan dengan cara melenyapkan bagian kuku yang menancap jempol atau jari lain di kaki. Jika memungkinkan Anda bisa mengatasinya sendiri, namun jika tidak bisa maka Anda harus ke dokter untuk melakukan operasi kecil pembuangan/pembersihan kuku kaki.

Jika melakukan sendiri, pastikan alat yang Anda gunakan steril dan aman digunakan seperti silet, gunting kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Setelah memotong bagian kuku yang menancap Anda bisa obati luka yang ada seperti biasa.

Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil anda angkat dan singkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak serta luka baru yang mungkin Anda buat ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.

 

Ramuan Alami Cantengan

 

Image

 

1. Jeruk Nipis, Gula Merah, Pacar Air

Gunakan daun pacar yang dicampur dengan gula merah secukupnya, 1 sendok teh air jeruk nipis yang sudah diperas, lalu semua bahan itu dihaluskan dan ditempelkan pada jempol kaki yang terkena cantengan. Agar tidak terlepas bisa dibalut dengan menggunakan kain kasa dan dibiarkan selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.

 

Image

 

2. Tempuh Wiyang

Menghaluskan daun dan batang tempuh wiyang yang dicampur dengan gula pasir secukupnya lalu ditempelkan pada jempol/kuku yang sakit.

 

Image

 

3. Pacar Air
Cuci dan haluskan pacar air secukupnya lalu ditempelkan pada jempol yang sakit dan bungkus dengan kain kasa.

 

Image

 

4.  Bawang Merah, Minyak Kelapa, Daun Pisang

Bahan-bahan:

Bawang merah = 3 siung, minyak kelapa 1 sendok makan dan daun pisang muda 1 lembar.

Cara mengolah:
a. Bawang merah dihaluskan dan dicampur dengan minyak kelapa.

b. Bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang muda, lalu bakar di atas api, hingga hangat-hangat kuku.

c. Buka bungkusan tersebut, lalu tempelkan di kaki/tangan yang cantengan, dibungkus dengan kain kasa. Diganti selama sehari sekali.

 

Image

 

5. Jahe

Ambil jahe lalu di parut.
Campur parutan jahe tadi dengan minyak kelapa secukupnya.
Gunakan bahan ini sebagai perban.

 

Image

 

6. Tawas, Daun Pacar

Daun pacar yang biasa digunakan untuk memberi warna pada kuku sangat efektif untuk mengobati cantengan. Haluskan daun pacar air yang sudah dicampur dengan tawas dan aplikasikan pada jempol kaki yang terkena cantengan. Hasilnya pun akan sangat luar biasa. jempol kaki tidak akan merasakan sakit lagi akibat cantengan.

 

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Cantengan atau Paronychia

  1. thanks atas infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: