Leave a comment

Petai atau Pete

Image

Tentunya kita semua sudah akrab dengan yang namanya petai alias pete. Biji petai, baunya khas mirip dengan jengkol, biasanya dimakan dalam bentuk segar maupun dijadikan bahan campuran makanan. Banyak juga orang tidak suka dengan petai ini dikarenakan baunya,juga bau pasca makan di kamar kecil.

Manfaat Petai untuk kesehatan sebenarnya banyak, petai memiliki kandungan protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A dan zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya dalam jumlah besar sehingga baunya juga gak ketulungan kayak obat saja. Petai adalah sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai juga mengandung 3 macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya. Nah kalau anda pekerja berat makan petai bisa jadi sumber energi yang baik dibanding minuman energi.

Kandungan fosfor pada petai juga cukup baik, yaitu 115 mg per 100 g biji. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak setelah kalsium. Kurang lebih satu persen berat tubuh kita terdiri dari fosfor. DNA dan RNA di dalam tubuh kita terdiri dari fosfor dalam bentuk fosfat, demikian juga membran sel yang membantu menjaga permeabilitas sel. Sebagian besar fosfor diserap tubuh dalam ben­tuk anorganik, khususnya di bagian atas duodenum hingga 70 persen. Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Vitamin C sangat penting perannya dalam proses hidroksilasi asam amino prolin clan lisin, menjadi hidroksiprolin clan hidroksilisin. Perannya adalah dalam proses penyem­buhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres. Rata-rata kebutuhan tubuh akan vitamin C adalah 75 mg per hari pada wanita dan 90 mg per hari. pada pria dewasa.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Pete Segar :

Nama Bahan Makanan : Pete Segar
Banyaknya Pete Segar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Pete Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 36 %
Jumlah Kandungan Energi Pete Segar = 142 kkal
Jumlah Kandungan Protein Pete Segar = 10,4 gr
Jumlah Kandungan Lemak Pete Segar = 2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Pete Segar = 22 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Pete Segar = 95 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Pete Segar = 115 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Pete Segar = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Pete Segar = 200 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Pete Segar = 0,17 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Pete Segar = 36 mg

Khasiat dan Manfaat Pete Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kemampuan otak

200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan petai pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

2. Obat Hati dan Ginjal

Radikal bebas mudah sekali ditemukan pada berbagai produk pangan, terutama pada produk yang digoreng atau dibakar. Hidrogen peroksida; super­oxidee anion, dan hidroksil, merupakan contoh-contoh radikal bebas. Molekul tersebut sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan merusak jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya bila berhadapan dengan antioksidan.

Petai yang dikenal dengan nama latin Parkia speciosa memang ada yang mengatakan bahaya bagi penderita ginjal, dan ada juga yang mengatakan baik untuk ginjal. Hal ini sebenarnya tidak perlu dibingungkan, karena kedua statement ini benar. Tidak ada yang salah. Hanya perlu ditambahkan bahwa dalam mengkonsumsi petai harus juga dilandasi dengan “jalan tengah” yaitu tidak berlebihan.Petai berbahaya bagi ginjal, karena banyak mengandung asam amino. Dan hal ini juga yang menyebabkan aroma yang tidak sedap pada urine. Karena asam amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas menjadi Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) (yang menyebabkan kentut bau)
Seperti yang kita ketahui, asam amino ini merupakan komponen penting dalam penyusunan protein. tetapi bila dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal, dan akibatnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak saringan pada ginjal, dan akibatnya akan ditemukan protein dalam urine. Gejala ini dinamakan proteinuria

Sedangkan manfaat petai bagi ginjal juga ada, karena petai ini juga mengandung anti oksidan yang baik. Dan kita tahu bahwa yang berfungsi untuk membersihkan darah adalah hati dan ginjal. Sedangkan darah kita akibat lingkungan yang kotor / makanan yang tidak sehat banyak sekali mengandung radikal bebas. Dan untuk menangkal radikal bebas dibutuhkan antioksidan.

3. Sembelit

Karena kandungan serat yang tinggi, maka petai akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksatif.

4. Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan petai. Hal ini terjadi karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

5. Mengatur suhu tubuh

Banyak budaya lain yang melihat petai sebagai buah `dingin’ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

6. Anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

7. PMS (Pre Menstruasi Syndrome)

Jika mengalami PMS saat `tamu’ datang, anda tidak perlu minum pil ini ataupun itu, cukup atasi dengan makan petai. Vitamin B6 yang dikandung petai mengatur kadar gula darah, yang dapat membantu mood.

8. Tekanan darah tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

9. Seasonal Affective Disorder = SAD = penyakit emosional yang kacau

Jika anda membandingkannya dengan apel, pete memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Pete juga kaya kalium dan merupakan buah dengan nilai makanan terbaik. Jadi layaknya bila petai berjuluk “A Petai a day keeps the doctor away” (makan pete tiap hari akan menjauhkan anda dari dokter)

10. Luka lambung

Petai digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan yang berfungsi sebagai penjaga saluran pencernaan, karena texturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

11. Stroke

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko stroke. Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

12. Luka Lambung

Buah ini mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

13. Gigitan Nyamuk

Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

14. Berhenti Merokok

Petai dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

15. Membuat Awet Muda

Mungkin disebabkan kandungan proteinnya yang bisa untuk regenerasi kulit. Bahkan kabarnya petai Indonesia sebagian sudah diekspor ke Jepang dan dijadikan salah satu bahan kosmetik di sana.

16. Cacingan Pada Anak-anak

Mungkin hal ini disebabkan karena adanya kandungan sulfur/ belerang / tanin di dalamnya sehingga mampu membuat cacing ( cacing kremi )dalam perut mati/ keluar.

17. Menambah Nafsu Makan

Bagi sebagian orang biasanya untuk makanan pelengkap/lalapan/kudapan apalagi bila disajikan dengan nasi hangat dan goreng ikan peda.

18. Hepatitis

Daun petai boleh digunakan untuk merawat demam penyakit hepatitis. Caranya ialah dengan merebus daun petai, kemudian airnya dibuat minum.

19. Diabetes

Akar (kulit akar) direbus kemudian airnya disaring dan diminum segelas perhari.

20. Sumber Tenaga

Pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa dan dikombinasikan dengan serat tinggi. Kandungan gula ini membuat pete jadi banyak diambil manfaatnya sebagai penambah tenaga. Tak heran jika banyak atlit yang menkonsumsi pete untuk menjaga tubuh mereka agar tetap fit. Penelitian juga menyebutkan bahwa dengan menkonsumsi 2 porsi pete per hari dapat menambah suplai tenaga hingga 90 menit.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: