2 Comments

Anti Rasa Sakit Alami

cherryKebanyakan orang ketika merasa sakit atau pusing langsung minum obat penghilang rasa sakit, padahal obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan efek samping pada tubuh. Beberapa herbal tertentu dapat dijadikan penghilang rasa sakit alami tanpa efek samping. Obat-obat penghilang rasa sakit seperti obat non-steroid atau anti-inflamasi biasanya banyak digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, otot kram hingga arthritis (radang sendi) kronis. Tapi penggunaan obat penghilang rasa sakit untuk jangka panjang dapat membawa efek buruk pada tubuh, antara lain menyebabkan luka di lambung, stroke, serangan jantung, kerusakan ginjal, pendarahan di perut dan komplikasi lain.

Berikut beberapa bahan alami dan aktifitas penghilang rasa sakit

1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai ‘bumbu kehidupan’. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang dapat memblok protein penyebab peradangan dan juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan peradangan.  Kunyit ditemukan berguna untuk mengatasi rasa sakit kronis yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis. Seiring dengan sifat anti-inflamasi, kunyit juga membantu untuk pengobati penyakit jantung dan diabetes.

2. Asam lemak esensial Omega 3

Asam lemak esensial omega 3 sangat baik untuk dijadikan penghilang rasa sakit alami. Asam lemak esensial omega 3 akan dipecah oleh tubuh menjadi senyawa anti-inflamasi (anti peradangan). Oleh karena itu, banyak orang yang menderita sakit kronis dianjurkan memperbanyak konsumsi asam lemak esensial omega 3, yang banyak terkandung pada ikan seperti salmon dan mackerel.

3. Jahe

Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi jahe setiap hari bisa membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

4. Minyak zaitun

Sangat sedikit orang yang menyadari fakta bahwa minyak zaitun bertindak seperti obat anti-inflamasi dan non-steroid. Namun Anda harus menggunakan minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun tidak hanya bisa membebaskan Anda dari sakit kepala, tetapi juga memiliki efek jangka panjang seperti ibuprofen.

5. Cherry

Buah mungil berwarna cerah ini ternyata selain lezat juga dapat mengatasi rasa sakit. Kandungan antioksidan di dalam nya dapat menurunkan tingkat peradangan dan mendorong fungsi tubuh menjadi lebih baik terutama pada penderita osteoarthritis.

6. Anggur Merah

Anggur merah mendapatkan warna yang kuat dari resveratrol yang tidak hanya membuat warna buah menjadi indah, tetapi juga mencegah enzim yang menyebabkan degenerasi jaringan. Sifat anti inflamasi dalam anggur diperoleh dari polifenol yang bermanfaat bagi tubuh kita

7. Tidur

Tidur tidak sekedar kegiatan menutup mata selama beberapa saat. Saat Anda tertidur, tubuh akan melakukan beberapa ‘reparasi’ atau perbaikan dari dalam. Berbagai proses regenerasi akan terjadi saat Anda tidur, termasuk menghilangkan rasa sakit pada tubuh, bahkan lebih baik daripada obat pengurang rasa sakit, dilansir Genius Beauty.

Sebuah penelitian yang dilakukan Henry Ford Hospital pada 18 relawan melihat bagaimana sensitivitas mereka pada rasa sakit. Relawan dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang tidur selama 8 jam setiap malam, ada juga yang tidur 10 jam. Tim peneliti kemudian melakukan percobaan dengan mendekatkan tangan relawan di sebuah sumber panas. Para relawan yang tidur selama 10 jam lebih mampu menahan sakit sebanyak 25 persen dibandingkan relawan yang tidur 8 jam. Dengan demikian, terbukti bahwa tidur tidak sekedar memejamkan mata. Tubuh membangun pertahanan yang lebih kuat saat Anda tidur, sekaligus memperbaiki tubuh dari dalam.

8. Garam Epsom

Garam ini telah digunakan sejak zaman kuno sebagai garam mandi. Garam ini akan diserap ke dalam kulit. Anda harus menaruh beberapa garam Epsom dalam air hangat dan biarkan air ini bekerja di area tubuh yang sakit. Garam Epsom terutama berguna dalam mengurangi rasa sakit disebabkan karena fibromyalgia (kondisi kronis yang ditandai dengan gejala sakit yang menyebar ke seluruh tubuh) dan osteoporosis.

9. Minyak Lavender

Minyak lavender diketahui memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi, serta sifat menenangkan. Minyak ini sangat umum digunakan sebagai aromaterapi. Anda dapat menggunakan minyak lavender untuk meringankan otot, tulang dan nyeri sendi.

10. Capsaicin pada cabai

Sensasi panas di cabai disebabkan oleh senyawa yang disebut capsaicin. Ini sering digunakan dalam pengobatan topikal untuk nyeri muskuloskeletal (tulang dan otot) dan nyeri neuropatik (saraf). Capsaicin menyebabkan sensasi terbakar, tapi rasa sakit dan sensasi terbakar hilang setelah beberapa waktu.

11. Menyilangkan Lengan

Peneliti menyebutkan, menyilangkan lengan bisa membingungkan otak dan menimbulkan konflik informasi antara dua peta di otak. Satu otak untuk tubuh orang yang bersangkutan, dan satu peta lagi untuk memantau ruang eksternal. Konflik informasi itu mengakibatkan turunnya sensasi sakit.

Pada uji coba, sinar laser ditembakkan selama 4 milidetik ke tangan delapan orang sukarelawan. Mereka ditembaki dengan laser sebanyak dua kali. Sekali saat lengan mereka berada di sisi dan satu lagi saat lengan disilangkan.
Partisipan kemudian diminta untuk memberikan nilai intensitas rasa sakit pada dua situasi tersebut dan EEG (electroencephalography) digunakan untuk mengukur respons elektrikal otak mereka.

Ternyata, dari hasil penelitian, terbukti bahwa baik dari persepsi rasa sakit ataupun dari aktivitas EEG, rasa sakit memang berkurang saat lengan disilangkan. “Kemungkinan, saat merasa sakit, kita tidak hanya menggosok bagian yang sakit agar terasa lebih baik, tetapi perlu juga menyilangkan lengan kita,” kata Giandomenico Iannetti, peneliti dari Department of Physiology, Pharmacology and Neuroscience, University College London, seperti dikutip dari Xinhua, 30 Mei 2011.

Ramuan Alami Penghilang Sakit Gigi

1. Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa yang sudah dibelah, kupas secukupnya. Ambil tempurung kelapa tersebut lalu dibakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak tempurung kelapa tersebut dengan kapas. Lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Insya Allah dalam beberapa menit sakit gigi Anda akan hilang.

2. Bunga Matahari dan Jahe

Bunga matahari (60 gram), Jahe (5 gram), dan air (600 cc).
Cara pengobatan : Bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisi 300 cc air. Kemudian airnya disaring dan diminum sewaktu masih hangat. Lakukan setiap hari sampai gigi tidak terasa sakit.

3. Air Panas

Tempatkan air panas dalam gelas/tempat fleksibel yang bisa dipegang, tempelkan ke pipi di mana terdapat gigi yang sakit, lakukan berulang-ulang sampai rasa sakitnya hilang.

4. Garam

Masukan garam ke dalam gelas, aduk hingga garam bercampur dengan air, lalu berkumur-kumurlah dengan air garam ini. Garam beryodium dipercaya bisa membasmi kuman dan bakteri yang menempel pada gigi yang berlubang.

5. Bawang Putih

Bawang putih dihaluskan, lalu dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang. Jika susah, hancurkan bawang putih, lalu cairannya diserap dengan kapas dan ditempelkan di gigi yang berlubang.

6. Bawang Merah

Caranya sama seperti bawang putih. Bawang merah dihaluskan, lalu dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang. Jika susah, hancurkan bawang merah, lalu cairannya diserap dengan kapas dan ditempelkan di gigi yang berlubang.

7. Minyak Cengkeh

Tuangkan minyak cengkeh ke dalam kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit sampai rasa sakitnya hilang. Setelah rasa sakitnya hilang, kumur-kumur dengan air putih.

8. Gunakan terapi kantung teh celup

Teh celup bekerja karena memiliki sifat antibakteri. Anda perlu menempatkan kantong teh dalam cangkir, dan menambahkan air matang. Biarkan air dingin hingga tidak terlalu panas untuk mulut Anda. Letakkan kantong teh saat masih hangat di daerah gigi yang sakit. Gigit dengan lembut dan tahan hingga sakit gigi Anda hilang.

9. Mengkonsumsi Buah Lemon

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon dapat membantu mengurangi rasa sakit ketikan kita mengalami sakit gigi.

10. Asam Jawa

Sangrai (digoreng tanpa minyak) biji asam jawa secukupnya, kemudian ditumbuk hingga halus. Gosokkan ke gigi yang berlubang dengan kain atau sikat gigi.

11. Jeruk Nipis

Ambil jeruk nipis dan peras sarinya, kemudian pulaskan pada gigi yang sakit sedikit-demi sedikit setiap 10 menit sekali.

12. Tepung Lada

Tempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh pada gigi yang sakit atau gigi berlubang.

13. Cabai Hijau

Ambil cabai hijau, potong sedikit ujungnya kemudian dibakar. Setelah panas, tempelkan cabe pada gigi yang sakit. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

14. Belimbing Wuluh

Ambil belimbing wuluh, kunyah bersama garam dan gunakan gigi yang sakit untuk mengunyah.

Ramuan Alami Penghilang Sakit Kepala

1. Jeruk Nipis

Bahan :

    • 1 buah Jeruk Nipis
    • Daun Jeruk Nipis secukupnya
    • Semua bahan obat dicuci hingga bersih

Cara :

    • Buah Jeruk Nipis diperas (ambil airnya)
    • Daun Jeruk Nipis digerus hingga halus
    • Masukkan dan campurkan semua bahan obat kedalam gelas
    • Gosokkanlah Obat Sakit Kepala yang dibuat tadi pada tengkuk, bahu, dan pelipis.

2. Bunga Melati

Cara membuat:

    • Cuci dan remas remas 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati.
    • Rendam dengan air dalam gelas atau wadah.
    • Obat alami penghilang sakit kepala siap di gunakan.

Cara pemakaian:

    • Gunakan ramuan itu untuk mengompres jidat beberapa kali sehari.
    • Lakukan beberapa kali.

3. Akar Belimbing (Averrhoa carambola)

Cara membuat:

    • Cuci dan rebus 1 genggam akar belimbing dengan air secukupnya.
    • Angkat rebusan setelah mendidih.
    • Tiriskan dan saring untuk mendapatkan airnya.
    • Obat alami untuk mengatasi sakit kepala siap di manfaatkan.

Cara memakai:

    • Silahkan di minum racikan itu sehari 2 kali.
    • Lakukan secara teratur sampai sakit kepala hilang dan hentikan bila sembuh

Ramuan Alami Penghilang Sakit Saat Haid / Menstruasi

1. Jahe

Caranya dengan memotong jahe kecil-kecil kemudian rebus kedalam 3 gelas air. Tambahkan dengan gula. Rebus sampai airnya tersisa satu gelas saja. Minuum yang satu gelas air itu untuk satu hari bisa untuk 3 kali minum.

2. Daun Mint

Cara membuatnya teramat mudah, anda cukup menyeduh daun mint tersebut berbarengan ketika anda membuat teh. Minum 1-2 cangkir setiap harinya. Hal ini akan menimbulkan rasa nyaman di perut dan mengurangi rasa sakit.

3. Kemangi

Kemangi merupakan salah satu obat alami yang mengandung caffeic acid berkhasiat mengurangi rasa sakit. Termasuk khasiatnya dalam meringankan rasa sakit di saat menstruasi. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah dengan mencampurkan kedalam masakan atau sambal yang anda makan.

4. Kunyit

Kunyit memiliki khasiat sebagai bahan anti peradangan. Saat ini sudah banyak tersedia kunyit dalam kemasan botol, namun anda juga bisa membuatnya sendiri yaitu dengan cara menghancurkan kunyit terlebih dahulu, ambil sarinya, kemudian kemudian ditambah madu dan bisa langsung diminum.

5. Kayu Manis

Seperti layaknya kemangi, kayu manis juga memiliki manfaat sebagai bahan anti peradangan. Cara memakainya cukup dengan menyeduhnya bersama teh, atau pun dengan mencampurkannya pada bahan kue atau masakan.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

2 comments on “Anti Rasa Sakit Alami

  1. Kurkumin temulawak kalah hebat dgn kunyit

  2. Belum ada keterangan reaksinya, seberapa lama. Tapi udah bermanfaat banget. Makasih (y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: