Leave a comment

Jambu Air

Image

 

Jambu air (Eugenia Aquera) pada hakekatnya merupakan tumbuhan jambu-jambuan. Konon buah yang segar ini berasal dari Asia Tenggara  kemudian ikut tersebar di berbagai wilayah Nusantara. Jambu air cukup mudah untuk didapatkan. Harga buah kaya manfaat ini pun cukup murah dibandingkan jenis buah lainnya. Bahkan bagi sebagian orang, tak perlu lagi untuk membeli jambu air sebab telah memilikinya di pekarangan rumah. Jambu air memang populer sebagai tanaman rumahan. Selain murah dan mudah didapatkan, ternyata buah yang satu ini memiliki banyak khasiat.

 

Kandungan Jambu Air

 

Kandungan jambu air tiap 100 gr mengandung :

  •     Air 93 gr
  •     Energy 25 kcal
  •     Energy 105 kj
  •     Protein 0.6 gr
  •     Total lipid (fat) 0.3 gr
  •     Debu 0.4 gr
  •     Carbohydrate 5.7 gr
  •     Calcium, Ca 29 mg
  •     Iron, Fe 0.07 mg
  •     Magnesium, Mg 5 mg
  •     Phosphorus, P 8 mg
  •     Potassium, K 123 mg
  •     Zinc, Zn 0.06 mg
  •     Copper, Cu 0.016 mg
  •     Manganese, Mn 0.029 mg
  •     Vitamin C, 22.3 mg
  •     Thiamin 0.02 mg
  •     Riboflavin 0.03 mg
  •     Niacin 0.8 mg
  •     Vitamin B-12 mcg
  •     Vitamin A, IU 339 IU

 

Manfaat dan khasiat jambu air

 

1. Mendinginkan Tubuh

Kandungan air dalam buah jambu air cukup tinggi. Para ilmuan menyatakan perbandingannya sebanyak 93 gram per 100 gram. Hal ini menjadikan buah berwarna menarik ini cukup baik untuk mendinginkan tubuh. Dengan komposisi yang hampir 100% cairan, buah segar ini bisa menjadi alternatif untuk menghindarkan tubuh dari kerentanan dehindrasi. Buah ini juga baik untuk kesehatan pencernaan serta memelihara kesehatan ginjal berkat cairannya yang melimpah.

 

2. Meremajakan Sel Tubuh

Air yang melimpah pada buah ini mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan terutama kecantikan. Vitamin C telah lama dikenal sebagai senyawa yang baik untuk menjaga keremajaan sel tubuh. Vitamin ini juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Selain itu, jambu biji juga bisa menjadi penangkal radikal bebas yang rentan merusak sel.

 

 

3. Memelihara kesehatan sperma dan kesuburan

Kabar baiknya untuk pria, jambu air baik untuk memelihara kesehatan sperma dan meningkatkan kesuburan.

 

 

4. Meningkatkan Antibody

Selain kaya akan vitamin C, ternyata jambu air juga memiliki kandungan vitamin A yang memadai. Selain untuk kecerahan mata, vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan Vitamin A mampu menambah kerja serta fungsi sel darah putih dalam tubuh sehingga lebih kuat menghadapi serangan virus. Berdasarkan fakta tersebut, tidak berlebihan jika kita mengkonsumsi jambu air untuk melawan virus penyakit.

 

5. Kaya akan serat dan mineral

Selain vitamin C dan A, jambu air juga ternyata mengandung serat pangan yang lumayan tinggi. Selain itu, buah yang mudah busuk ini juga memiliki kandungan mineral besi, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, kalium serta fosfor. Senyawa ini memang tidak setinggi pada buah lainnya namun tetap bermanfaat jika dikonsumsi secara teratur.

 

 

6. Kompres Penurun Panas

Daun dari jambu air juga bisa digunakan untuk obat menurunkan panas. Caranya cukup mudah yaitu: rebus air, setelah itu remas daun jambu air tersebut hingga kecil-kecil dan masukkan ke dalam air hangat atau panas yang sudah ditaruh di baskom. Kemudian ambil handuk kecil celupkan ke air panas yang sudah dicampuri daun jambu. Lalu dijadikan kompres.

 

 

7. Memelihara kesehatan ginjal

Kandungan air yang cukup banyak daripada dagingnya mampu membantu tubuh dari kekurangan cairan. Cairan ini ternyata berguna untuk membersihkan ginjal dari urea dan asam urine. Sebelum dibuang bersama air, kedua kotoran tersebut harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air itu. Kalo ginjal kekurangan air maka kotoran yang dikeluarkan tubuh menjadi tidak lancar hingga akhirnya menjadi batu ginjal.

 

 

8. Bagus untuk kulit

Buah Jambu air mempunyai kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang bertugas memperbaiki sel tubuh yang rusak seperti kulit. Untuk masalah perawatan kecantikan, vitamin C ini mempunyai peranan penting untuk melancarkan peredaran darah. Kalo kebutuhan tubuh akan vitamin C tercukupi, kulit akan terlihat lebih segar. Vitamin C bisa merangsang tumbuhnya kolagen kulit dan menjaganya.

 

 

9. Obat demam dan diare

Di sebagian Negara di Asia, bunga jambu air sering dipakai sebagai obat demam serta diare, dikarenakan bunga Jambu air memiliki kandungan Tanin, serta zat-zat fitokimia berbentuk Asam Oleanik, Bsitosterol, serta desmethoxymatteucinol (zat antibiotik alami) yang melawan jamur sebagai pemicu penyakit, diantaranya Staphylococcus aureus, Mycobacterium smegmatis, serta Candida albicans.

 

 

10. Relaksasi

Daun jambu air yang mempunyai keharuman yang khas bisa memberikan dampak relaksasi jika remasan daun jambu ini dicampurkan dengan air mandi.

 

 

11. Menetralisir bau badan

Campuran air mandi dan remasan daun jambu air juga bisa mentralisir bau badan yang berasal dari keringat, lakukan secara rutin mandi dengan menggunakan air ini.

 

 

12. Obat Sariawan
Ambil kulit batang jambu air yang masih muda  10 gr, kemudian dicuci & ditumbuk halus. Tambahkan setengah gelas air matang.  Gunakan untuk berkumur.

 

 

13. Menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler, gigi dan gusi

Hal ini dikarenakan jambu air mempunyai kandungan Vit C yang cukup tinggi.

 

14. Bagus untuk diet

Nilai energinya cukup rendah hingga tidak mengenyangkan, rasa manisnya yang menggugah selera dn kandungan airnya yang menyegarkan akan membuat kita mudah untuk mengkonsumsi jambu air dalam humlah yang banyak.

 

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: