Leave a comment

Makanan Ibu Hamil

Image

Makan untuk dua orang bisa menjadi tanggung jawab yang lumayan berat, terutama dengan semua semua informasi yang bertentangan dari lingkungan sekitar. Contohnya, apakah ikan itu penting, bukankah kandungan merkuri pada makanan ini terlalu banyak? Atau makanan wanita hamil harus banyak protein dan itu dari daging namun bukannya daging mengandung banyak kolesterol dan berlemak Atau apakah baik makan banyak telur mengingat telur itu sumber kolesterol? Ada banyak cara untuk memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan nutrisi yang Anda berdua butuhkan. Di sini, para ahli membahas beberapa makanan hamil utama mereka. Anda tidak perlu menyukai atau makan mereka semua, tetapi mengambil dan memilih favorit Anda memberikan gizi bagi perkembangan janin Anda.

Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

1. Telur

Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori.

Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.”

Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

Adapun cap buruk telur adalah kolesterol, tidak dibenarkan oleh Ward. Ternyata bahwa makan lemak jenuh lebih bisa menimbulkan banyak dampak buruk pada kolesterol Anda daripada makan kolesterol yang ditemukan secara alami dalam makanan. Telur tinggi akan kolesterol, namun juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, dengan sekitar satu setengah gram per butirnya. Sehingga wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh.

2. Ikan salmon
Tidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

3. Kacang
Ada begitu banyak pilihan, manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

Anda sudah tahu protein penting selama kehamilan, namun Anda mungkin belum menyadari bahwa serat dapat menjadi teman baru terbaik Anda selama menunggu sembilan bulan. Pada kehamilan, saluran pencernaan melambat, menempatkan Anda pada risiko untuk sembelit dan wasir. Serat dapat membantu mencegah dan meringankan masalah ini.

Selain itu, makanan yang mengandung serat cenderung menjadi kaya gizi. Hal ini dibenarkan karena biji juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

4. Ubi jalar
satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi wanita hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Meskipun mengkonsumsi terlalu banyak pembentuk vitamin A (ditemukan dalam sumber-sumber hewani, seperti hati, susu, dan telur) bisa berbahaya, karotenoid adalah cerita yang berbeda. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran.

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna.

5. Popcorn dan biji-bijian lainnya
Popcorn adalah gandum. Seluruh butir penting dalam kehamilan karena gandum tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel. Bukan hanya popcorn. Ada banyak biji-bijian lain di luar sana, dari oatmeal untuk roti gandum sampai untuk gandum.

6. Walnut
Tidak suka ikan atau telur, tapi masih ingin mendapatkan omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Coba walnut, ini adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya. Sejumlah walnut adalah pilihan yang cocok untuk snack atau bahan salad.

7. Yogurt Yunani
Yoghurt yunani biasanya memiliki kandungan protein dua kali protein yogurt biasa, hal ini menjadikannya salah satu makanan favorit selama kehamilan. Dan segala jenis yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting dalam diet kehamilan. Jika Anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup, maka jumlah kalsium yang akan sampai pada perkembangan bayi Anda juga terbatas.

Tujuan selama kehamilan adalah untuk memastikan Anda memberikan segalanya yang dibutuhkan bayi tanpa mengorbankan kesehatan Anda sendiri dan gizi,.Kalsium akan membantu menjaga tulang Anda sendiri agar tetap utuh sambil membuat kerangka yang sehat untuk bayi Anda.

8. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua

Manfaat sayuran untuk wanita hamil sudah tidak diragukan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuan juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata.

9. Daging tanpa Lemak
Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi

10. Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna
Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

11. Bayam

Bayam kaya akan kalsium. Zat besi pada bayam memberikan tubuh ibu dorongan untuk memproduksi lebih banyak darah sehingga volume darah yang mengalir ke rahim dapat ditingkatkan.

12. Kacang Almond

Kacang Almond kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. Hal ini dengan mudah dapat membantu wanita hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama.

13. Ayam

Biasanya ayam adalah makanan yang paling aman ketika Anda berjuang melawan morning sickness. Kuah sup kaldu ayam dapat menjadi ‘obat’ ketika Anda alami mual-mual. Selain itu, juga memiliki banyak zat besi untuk mempertahankan tingkat hemoglobin wanita hamil.

14. Asparagus

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda tidak dapat memproses kalsium dengan vitamin D. Dan, asparagus memiliki banyak vitamin D dan menjadi obat juga untuk morning sickness.

15. Okra

Okra memiliki asam folat yang dapat mencegah cacat lahir dan itu sangat baik untuk wanita yang menderita diabetes gestasional.

16. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Brokoli berfungsi sebagai sumber yang kaya zat beso untuk membentuk sel-sel darah.

Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil

1. Daging atau Ikan Mentah

Bagi anda penggemar sushi, sebaiknya anda menunda memakan makanan kesukaan anda yang satu ini. Ternyata, dagin atau ikan yang mentah sangat beresiko mengandung bakteri yang berbahaya seperti salmonella atau toxoplasma.

2. Sayuran Mentah

Bukan hanya ikan dan daging, sayuran mentah juga sebaiknya anda hindari. Selain ancaman toxoplasma, pestisida yang dibawa oleh sayuran akan mengganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan anda. Pastikan anda mengkonsumsi sayuran yang benar-benar matang agar janin anda tidak terganggu pertumbuhannya.

3. Telur Mentah ataupun Setengah Matang

Sangat tidak dianjurkan untuk memakan telur mentah ataupun setengah matang. Faktanya, telur mentah ataupun setengah matang memiliki bakteri salmonella yang tinggal di dalam telur tersebut dan dapat membuat kandungan anda berada dalam posisi bahaya.

4. Ikan Bermerkuri

Pada saat memasuki masa hamil, anda sebaiknya menghindari makanan kalengan. Mengapa? Karena makanan kalengan dapat berpotensi memiliki kandungan merkuri yang membahayakan.

5. Soft Cheese

Keju impor sebaiknya juga anda hindari karena keju impor tersebut diduga mengandung bakteri yang disebut Listeria. Bakteri ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan pendarahan, hingga keguguran.

6. Aneka Saus Berbahan Dasar Telur Mentah

Karena telur mentah ataupun setengah matang sudah menjadi pantangan bagi ibu hamil, maka mayonaise, ice cream home made, custard, salad dressing, ataupun cream kue sebaiknya dihindari. Hilangkan semua menu makanan yang mengandung telur mentar dari daftar makan anda.

7. Susu Non Pasteurisasi

Sama dengan soft cheese, susu non pasteurisasi juga diduga mengandung bakteri Listeria yang dapat membahayakan janin anda.

8. Alkohol

Minuman yang satu ini sudah jelas masuk dalam daftar TIDAK BOLEH DIKONSUMSI bagi ibu hamil. Alkohol sangat berbahaya bagi siapapun. Ancaman selain berbahaya bagi ginjal dan jantung, adalah berbahaya bagi seluruh tubuh lainnya. Alkohol bisa dikatakan sebagai racun yang dapat menghancurkan sistem syaraf saat dikonsumsi terus-menerus. Pada ibu hamil dan menyusui, alkohol bisa membuat calon bayi anda menderita gangguan mental dan juga gangguan kehamilan lainnya bagi anda.

9. Kafein

Beberapa penelitian mungkin memperbolehkan wanita hamil mengkonsumsi kafein. Namun, menurut studi yang ditemukan APA mengatakan bahwa kafein dapat berpengaruh terhadap keguguran, terutama di usia kehamilan trisemester. Kafein merupakan zat yang dapat membuat anda selalu ingin buang air, sehingga tubuh anda bisa menjadi lemah, mudah dehidrasi, bahkan kekurangan kalsium. Saat ini, dunia medis membatasi pengonsumsian kafein tidak lebih dari 300mg per hari untuk mencegah keguguran tersebut.

Kafein bersifat diuretik, yang berarti menghilangkan cairan dari tubuh. Ini dapat mengakibatkan hilangnya air dan kalsium. Penting bagi ibu hamil untuk minum banyak air, jus, susu, dan bukannya minuman berkafein. Beberapa penelitian menunjukkan, kafein dalam jumlah besar berhubungan dengan keguguran, kelahiran prematur, serta berat badan lahir rendah, pada bayi. Yang paling aman sebaiknya menahan diri dari mengonsumsi kafein.

10. Sayuran yang belum dicuci
Sayuran sangat penting bagi pekembangan janin dalam perut Anda, tetapi makan sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu, atau sayuran mentah sebagai lalapan sangat berbahaya bagi kehamilan. Ini penting untuk menghindari paparan toksoplasmosis. Toksoplasmosis dapat mencemari tanah tempat sayuran tersebut ditanam.

11. Makanan kemasan dan dibekukan
Hindari makanan yang dikemas dan dibekukan. Banyak dari makanan tersebut mengandung Salmonella atau bakteri lainnya. Bahkan pizza atau burger yang dibeli langsung dapat menyebabkan penyakit.

12. Soda

Wanita hamil harus menghindari minum minuman yang berkarbonasi, seperti soda atau minuman dingin lainnya. Hal ini dapat memicu gas di perut dan sangat kaya akan kalori.

13. Daging olahan

Daging olahan rentan mengandung bakteri dan tidak segar. Jika Anda suka makan hamburger atau hot dog, ganti menu tersebut dengan sesuatu yang lebih segar seperti salad buah atau sayuran.

14. Mie instan

Mi instan mudah untuk dimasak dan tergolong makanan cepat saji. Tetapi sebaiknya ibu hamil menghindari makanan ini karena mengandung banyak garam dan kalori, serta sulit untuk dicerna.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: