1 Comment

Uban

Image

Ketika rambut mulai beruban itu karena fakta bahwa sel-sel di folikel rambut yang di sebut sebagai “Melanosit” berhenti memproduksi pigmen paling utama dikenal sebagai melanin. Folikel yang kehilangan semua pigmen semua seiring waktu berlalu dan akhirnya akan membuat rambut benar-benar putih. Rambut putih di antara rambut gelap menunjukkan folikel tidak lagi sehat seperti dulu. Anda perlu memberikan perawatan dalam rangka mencegah rambut putih mati.

Jika uban sudah muncul, jangan terburu-buru putus asa. Munculnya rambut beruban karena produksi pigmen rambut yang disebut melanosit berkurang. Bahan makanan tertentu dapat meningkatkan produksi pigmen yang akan mencegah rambut beruban tidak muncul kembali. Bahan yang mengandung zat besi adalah yang paling penting. Besi adalah nutrisi yang merangsang produksi melanosit. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau dan daging merah yang cukup untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari zat besi. Tak ada salahnya mengkonsumsi multivitamin lengkap untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh sekaligus akan melindungi tubuh terhadap penyakit.
 
 
Beberapa cara mencegah timbulnya rambut uban di usia relatif masih muda.
 
 
 
1. Berhenti merokok
 
 
Merokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban.Orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban lebih dini dibandingkan orang tidak merokok.
 
 
2. Jaga cairan tubuh

Produksi melanin menurun karena berkurangnya asupan mineral tembaga. Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya uban, seperti minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih.

Kurangi kafein dan alkohol, serta tingkatkan konsumsi air. Perhatikan juga jumlah makan makanan yang berlemak dan mengandung oksidan tinggi seperti gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban. Kurangnya kelembaban menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.

3. Tidur cukup

Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat anda tampak awet muda.

4. Makan makanan mengandung Vitamin B12 dan Omega-3

Kekurangan vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan daging domba dan unggas.

Sebaiknya juga memperbanyak kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.

5. Tingkatkan sirkulasi darah

Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut.

Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

6. Stop aktivitas cabut uban

Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.

Pertumbuhan rambut dibedakan menjadi tiga fase. Pertama, fase pertumbuhan atau anagen yang membutuhkan waktu 2-6 tahun.

Kedua, fase katagen selama 3-6 minggu. Ketiga, fase telogen yaitu masa ketika rambut telah tumbuh dan terus memanjang sehingga akhirnya rontok.

Setelah melewati fase ketiga, rambut mulai kembali pada fase pertumbuhan dari tahap pertama. Begitu juga dengan uban, yang lama kelamaan akan rontok sehingga biarkan saja rambut berproses secara alami dan tidak dipaksakan untuk mencabut uban.

7. Warnai rambut

Namun jika uban sudah terlanjur tumbuh dan banyak, cara-cara pencegahan di atas tidak bisa dilakukan. Anda hanya bisa melakukan pengecatan rambut.

Sebaiknya gunakan pewarna rambut yang bagus sehingga tidak merusak rambut. Anda juga bisa mewarnai rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti kemiri dan biji pepaya.

8. Konsumsi mikronutrien

Terkadang kekurangan mikronutrien tertentu seperti zat tembaga dalam makanan menyebabkan rambut berubah karena produksi melanin menurun. Karena itu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat tembaga seperti lobak hijau, kacang lima, bayam, berry hitam, nenas, delima, kacang almond, biji labu dan daging.

Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin setiap hari yang mengandung zat tembaga.

9. Kurangi Beberapa Makanan Tertentu

Kulit kepala yang kering dan tidak terjaga kelembabannya juga bisa membuat rambut berwarna putih atau uban, makanan yang dapat membuat kulit kepala kering seperti kafein pada kopi, alkohol, makanan pedas, asam dan sebagainya. Maka dari itu hindari makanan – makanan tersebut.

 
 
Makanan sehat yang dapat mencegah timbulnya uban:
 
 
1. Sayuran berdaun hijau
 
Sayuran berdaun hijau merupakan sumber Vitamin B6 dan B12, yang diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat.2. CokelatCokelat kaya akan tembaga. Tembaga dapat menghasilkan melanin di rambut Anda. Sel melanin bertanggung jawab untuk memproduksi warna, sehingga dapat mencegah munculnya uban.

3. Berries

Berries, seperti stroberi, raspberry dan cranberry, memiliki kandungan Vitamin C yang berlimpah. Nutrisi ini tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tetapi juga mencegah uban prematur.

4. Salmon

Salmon dikenal sebagai makanan laut yang ampuh dalam melawan uban. Salmon merupakan sumber alami selenium, yang mengatur produksi hormon yang mempertahankan warna hitam dari rambut Anda.

5. Almond

Almond bukan hanya baik untuk kulit, tetapi juga rambut. Almond juga kaya akan Vitamin E dan tembaga, yang baik untuk merawat warna asli rambut.

6. Garam

Garam kaya akan yodium, yang membantu dalam mencegah rambut beruban. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya yodium seperti ikan, pisang dan wortel. Hati-hati, konsumsi garam berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

7. Biji bunga matahari atau kwaci

Biji bunga matahari memiliki kandungan mineral yang tinggi dan memainkan peran penting dalam menyehatkan fungsi tubuh. Mineral ini juga dipercaya dapat membantu memproduksi dan mempertahankan kandungan melanin.

8. Produk susu

Produk olahan susu kaya akan vitamin B, Vitamin B6 dan B12 yang sangat penting untuk produksi sel darah merah. Nutrisi ini dapat mendorong pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala Anda.

Uban prematur yang disebabkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat bisa disembuhkan secara alami. Namun, kelainan genetik mungkin sulit atau bahkan tidak bisa disembuhkan. Jadi, sebaiknya cari tahu apa penyebab rambut Anda beruban di usia muda.

 
 
Mitos dan fakta seputar uban
 
Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai uban, yang belum tentu benar adanya.  Sebagian mengatakan bahwa uban yang tumbuh di usia muda disebabkan oleh faktor keturunan. Sebagian lainnya percaya bahwa bila rambut beruban sering dicat, maka uban akan berkembang semakin cepat.  Sebelum membahas hal-hal tersebut, mari kita simak dulu bagaimana rambut bisa beruban.
 

Uban muncul ketika sel-sel melanosit yang ada di folikel rambut berhenti memproduksi melanin (pigmen yang member warna pada rambut).  Rambut yang kehilangan sebagian besar melanin akan menjadi abu-abu, sedangkan rambut yang telah kehilangan seluruh pigmen tersebut akan berwarna putih.

Fakta 1: Faktor keturunan mempengaruhi kecenderungan beruban.

Jika rambut orangtua atau kakek/nenek Anda sudah mulai beruban saat mereka masih berusia tigapuluhan, maka kemungkinan Anda pun akan mengalami hal yang sama. Biasanya, orang kulit putih akan mulai beruban di usia awal 30-an. Sedangkan orang Asia biasanya mulai beruban di akhir usia 30-an dan orang Afrika di usia pertengahan 40-an.  Selain factor usia, factor gender juga memegang peranan. Pada umumnya, laki-laki lebih cepat beruban disbanding perempuan.  Separuh dari orang berusia 50 tahun sudah memiliki jumlah uban yang signifkan dan tampak jelas secara visual.

Fakta 2: Penuaan Menyebabkan Rambut Beruban.

Meskipun ada factor-faktor lain yang menyebabkan rambut beruban, namun penyebab paling utama dari rambut beruban adalah penuaan. Penuaan menyebabkan produksi enzim katalase menurun sehingga hydrogen peroksida menjadi terakumulasi dan akibatkan produksi melamin menjadi terganggu. Tak hanya itu, penuaan juga mengurangi produksi enzim-enzim lain yang mendukung perbaikan rambut, yang pada akhirnya juga menghambat produksi melanin.

Fakta 3: Uban yang dicabut tidak akan memperbanyak tumbuhnya uban baru.

Banyak orang mengatakan agar tidak mencabut uban yang tumbuh, supaya uban tidak tumbuh semakin banyak. Hal ini merupakan salah kaprah.  Biasanya yang terjadi adalah rambut Anda sudah dalam proses beruban dan sudah banyak terdapat tunas-tunas uban baru di sekitar uban yang dicabut. Setelah uban dicabut, tunas-tunas tersebut melahirkan uban baru, dan hal ini seakan-akan diakibatkan karena pencabutan uban sebelumnya, padahal tidak.

Fakta 4: Stress mempercepat rambut beruban.

Aktivitas dan kelangsungan hidup melanosit dipengaruhi juga oleh hormon stress. Mereka yang banyak mengalami stress dalam hidup sehari-harinya, akan memiliki uban lebih cepat disbanding mereka yang bebas stress.

Fakta 5: Nutrisi yang buruk mempercepat timbulnya uban.

Kurangnya asupan gizi atau penyakit yang parah, juga dapat mengurangi produksi melanin, misalnya kekurangan vitamin A atau B-12 dan masalah pada kelenjar Tiroid atau Pituari. Uban yang timbul akibat malnutrisi, masih bisa diperbaiki dan berubah menjadi hitam kembali apabila masalah malnutrisi tersebut diatasi.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Uban

  1. sangat baik artikel ini utk semua para pembaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: