Leave a comment

Jamur

Dapat kita ketahui bahwa jamur merupakan  tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil, berhabitat di berbagai tipe lingkungan, dan berasosiasi dengan banyak organisme.  Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Diperkirakan 25% dari sekitar 2000 jenis jamur dapat dikonsumsi, dan diterima secara luas sebagai bahan makanan.

Diantara sekian banyak spesies jamur tropis dan subtropis, jamur merang (volvariella volvaceae) paling dikenal, terutama oleh masyarakat Asia Tenggara khususnya Indonesia. Jamur jenis ini merupakan makanan yang populer di Indonesia, selain rasanya yang enak tetapi juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sedangkan jamur kayu menempati posisi yang tak kalah penting, bahkan tidak tergantikan. Terdiri dari berbagai jenis, yakni jamur kuping, jamur tiram, jamur payung,shiitakeling zhimaitake, matsutake.

Jamur payung yang paling populer adalah shiitake, nilai ekonomi jamur ini relatif tinggi. Selain rasanya yang lezat, jamur ini juga dipercaya sebagai obat kanker. Sedangkan jamur ling zhi (ganoderma lucium) dipercaya berkhasiat mencegah influenza, selain rasanya yang enak jamur ini juga memiliki bentuk yang indah sehingga tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya sebagai hiasan.

Berikut ini merupakan komposisi gizi beberapa jenis jamur dibandingkan dengan bahan makanan lain dalam berat segar:

Bahan Pangan Protein Lemak Karbohidrat
Agaricus sp* 4,8% 0,2% 3,5%
Boletus eduli*s 5,4% 0,4% 5,2%
Cantarellus cibarius* 2,6% 0,4% 3,8%
Jamur merang 1,8% 0,3% 12-48%
Bayam 2,2% 0,3% 1,7%
Kentang 2% 0,1% 20,9%
Kubis 1,5% 0,1% 4,2%
Daging  sapi 21% 5,5% 0,5%
Ket: *(jenis jamur)

Sebenarnya popularitas jamur sebagai makanan bukan karena kandungan gizinya, melainkan karena rasanya yang eksotik. Walaupun jamur tidak memiliki protein setinggi protein hewani, ikan, atau telur, protein jamur hampir sebanding dengan protein susu, jagung, atau kacang-kacangan, dan lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran berdaun, berumbi, dan buah-buahan. Sehingga jamur juga dapat berfungsi sebagai pelangsing tubuh. Jamur makin menarik tidak hanya karena nilai gizinya. Kemampuannya menurunkan kadar gula, kolesterol, dan terutama menghambat pertumbuhan kanker, diyakini lebih hebat daripada obat paten. Jamur bahkan bisa melawan gejala penuaan.

Jamur biasanya hidup di alam bebas terutama muncul pada waktu musim penghujan atau tempat lembab lainnya. Walaupun banyak diantaranya yang sudah dikenal sebagai jenis jamur yang tidak berbahaya dan dapat dimakan atau digunakan sebagai bahan ramuan obat, tetapi pada umumnya masih tetap merupakan jenis jamur liar. Kalau sesekali Agan berjalan-jalan di alam bebas dan menemukan jamur, maka amatilah bentuk dan sifat timbulnya. Bentuk tubuh buah jamur pada umumnya tersusun oleh bagian-bagian yang dinamakan tudung (pileus), bilah (lamellae), cincin (annulus), batang/tangkai (stipe), cawan (volva), dan akar semu (rhizoids)

Sampai saat ini masih belum diketahui, berapa jenis jamur yang dapat dimakan serta berapa jenis yang dapat dimakan tapi tidak membahayakan.  Jamur dibedakan menjadi 2 golongan yaitu :

Jamur Yang Tidak Berbahaya

1. Jamur Bulan, Suung bulan, Supa barat (Gymnopus sp)

Habitatnya :

  • Merupakan jamur yang belum dibudidayakan hidup pada.musim penghujan terutama angin berhembus dari barat terutama hidup pada tegalan, kebun atau di pinggir rumah.
  • banyak ditemukan tumbuh di atas sarang rayap atau pada tanah yang kandungan organic tanahnya sangat baik.

Ciri-ciri :

  • Tudung berwarna putih kekuning-kuningan atau kecoklat-coklatan dengan batang putih bersih.
2. Jamur Bulat, Supa kelapa (Calvatia)
Habitatnya :

  • belum dibudidayakan, banyak ditemukan di lapangan terutama di bawah pohon kelapa.

Ciri-ciri :

  • kalau masih muda tubuh buah berwarna putih kadang-kadang putih kekuning-kuningan.

kalau sudah tua bagian dalamnya akan berubah menjadi serbuk yang dapat menghembus keluar kalau dipijit

3. Jamur karang ( Clavaria. )

Habitatnya :

  • belum dibudidayakan, banyak tumbuh di tanah yang berhumus, pada batang kayu yang sudah lapuk.

Ciri-ciri :

  • berbentuk seperti karang, berwama putih, putih kekuning-kuningan atau putih kebiruan.
4. Klitos (Clitocybe)

Habitatnya :

  • Merupakan jamur liar di dalam hutan, kebun, hutan tepi pantai.

Ciri-ciri :

  • tubuh buah seperti Suung bulan dengan tudung membuka keluar atau berbentuk payung, berwarna putih kekuning-kuningan atau coklat muda.
  • Jenis jamur ini berguna pada bidang farmasi maupun kedokteran karena mengandung halusigen (dapat menyebabkan halusinasi pada mereka yang memakannya).

5.  Jamur Payung ( Collybia)
Habitatnya :

  • Merupakan jenis jamur liar yang banyak menempel pada batang kayu yang telah lapuk atau mati.

Ciri-ciri :

  • Berbentuk seperti payung, berwarna kekuning-kuningan atau kecoklat- coklatan.

6. Hidnum (Hydnum)
Habitatnya :

  • Merupakan jenis jamur liar yang tumbuh pada tegalan atau tanah yang berhumus dan biasanya ditemukan menempel pada ranting kayu yang sudah lapuk.

Ciri-ciri

  • Mempunyai bentuk seperti payung terbuka keluar dan bertangkai tebal, warna tubuh kekuning-kuningan.putih sera putih kecoklat-coklatan.

7.  Higroporus (Hygrophorus)
Habitatnya / Ciri-ciri :

  • Merupakan jenis jamur liar yang mempunyai bentuk dan sifat tumbuh yang sama seperti hidnum.
8. Marasmius

Habitatnya :

  • -Merupakan jenis jamur liar mempunyai bentuk dan sifat seperti jamur payung lainnya.

Ciri-ciri :

  • Tangkai tubuh panjang berwarna putih kecoklat-coklatan atau putih kekuning-kuningan.
9. Jamur Black Truffle

ImageTumbuh di dalam tanah dekat dengan akar pohon besar di hutan Eropa. Bentuknya tidak beraturan dan menggumpal. Harganya sangat mahal karena hanya ada pada masa musim tertentu. Umumnya disajikan di resto besar di seluruh dunia. Karena memiliki aroma seperti tanah sehingga jamur ini tidak dapat digantikan dengan jamur lain.

10. Jarum Tiram Putih
ImageSebenarnya jarum tiram memiliki jenis sesuai dengan warnanya seperti tiram abu, tiram merah, kuning dan putih. Jenis yang terakhir ini banyak digemari oleh sebagian besar orang Indonesia. Mengenai rasa tidak ada bedanya antara jamur tiram putih dengan yang lainnya.

11. Jamur Maitake
ImageMerupakan jamur yang paling populer di Jepang yang memiliki khasiat anti kanker. Jika dikonsumsi secara teratur sebagai makanan yang mendamping teh, jamur ini mampu mencegah kanker tertentu.

12. Jamur Shiitake
ImageMerupakan jenis jamur yang banyak digemari bangsa Jepang dan Cina. Dikenal dengan nama shitake atau hioko. Memiliki khasiat merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh.

13. Jamur Enokitake

ImageJamur Enokitake (jamur enoki) adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.

Jamur Yang Berbahaya

1. Amanita, Fly agaric, Supa upas terutama yang termasuk ke dalam jenis A. muscaria, A. umbrina, A. spissa
Habitatnya :

  • tumbuh liar di hutan, tegalan dan pekarangan, ditemukan di antara jatuhan daun atau pada tanah humus

Ciri- ciri :

  • tubuh buah seperti payung, dengan tudung berwarna merah, coklat tua, coklat muda sampai kuning dengan bintik-bintik putih.
  • Racun yang terkandung digunakan untuk meracuni ujung tombak atau senjata tajam lainnya.

2. Jamur Bolet, Supa kakabu, bolet (Boletus)
Habitatnya :

  • Tumbuh liar di hutan di antara jatuhan daun atau tanah berhumus, di pinggir kebun dan pekarangan rumah.

Ciri-ciri :

  • tubuh buah menyerupai payung, tudung tebal dan bulat.
  • batang berwarna kecoklat-coklatan atau kehitam-hitaman serta tudung berwarna coklat tua, kuning, atau coklat kekuning-kuningan.

3. Jamur/Supa rampak (Coprinus)
Habitatnya:

  • tumbuh liar di tempat penggilingan padi dan di bawah pohon pisang.

Ciri-ciri :

  • Apabila masih muda tudung berwarna putih atau putih kekuning-kuningan, putih kebiru-biruan atau putih gelap dan apabila sudah tua tudungnya cepat hancur dan mengeluarkan cairan yang berwarna biru atau violet

4. Kortinarius (Cortinarius)
Habitatnya:

  • tumbuh liar, banyak ditemukan di tumpukan daun dan tanah yang berhumus.

Ciri-ciri:

  • tubuh buah berbentuk payung dengan batang berwarna putih kekuning-kuningan, putih kebiru-biruan atau putih gelap.
  • tudung berwarna putih kecoklatan, violet, biru atau kuning.

5. Laktarius (Lactarius)


Habitatnya:

  • tumbuh liar di hutan, kebun dan di pekarangan rumah.

Ciri-ciri :

  • tubuh buah berbentuk payung terbuka ke atas dan berbatang tebal berwarna coklat muda,kekuning-kuningan, coklat putih serta biru muda dengan bintik hitam atau garis-garis memanjang.
  • tudung berwarna seperti batang, kadang-kadang disertai garis melingkar di atasnya.

6. Lepiot (Lepiota)

Habitatnya:

  • tumbuh liar di mana-mana

Ciri-Ciri:

  • bentuk seperti Amanita terletak pada warna tudung kecoklat-coklatan dan mempunyai sifat racun yang tinggi

Khasiat dan Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

1. Jamur Maitake dapat melawan kanker payudara
Setengah cangkir jamur maitake per hari dapat membersihkan sistem Anda dan menemukan sel-sel abnormal. Jamur ini juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh dari sistem kekebalan tubuh.
2. Jamur Tiram untuk HIV
Jamur tiram sedang diteliti sebagai pertahanan terhadap kemungkinan HIV. Karena tinggi kandungan senyawa antioksidannya, jamur ini dapat menjadi obat kanker.
3. Jamur Chanterella
Jamur ini seperti terompet mini, sering dikaitkan dengan sifat antimikroba, bakteri, dan jamur. Jamur ini juga kaya akan vitamin C, D, dan kalium.
Image
4. Jamur Porcini untuk anti-inflamasi.
Jamur ini digunakan sebagai obat antiinflamasi. Porcini ergosterol mengandung senyawa sitotoksik yang mampu menyerang sel-sel musuh. Sitotoksisitas berkualitas menjadi racun bagi sel. Contoh zat beracun adalah zat kimia, sel kekebalan, atau beberapa jenis racun
Image
5. Jamur Shimeji dapat mengobati asma dan tumor.
Jamur ini mudah ditemukan dalam makanan Asia atau sebagai hiasan. Shimeji mengandung beta-glukan, menurut National Cancer Institute of Japan, senyawa ini adalah obat untuk memperlambat dan menghancurkan tumor yang tumbuh di dalam tubuh. Jamur shimji juga dapat mengobati diabetes, asma, dan alergi tertentu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyembuhan.
Image
6. Jamur putih untuk menurunkan berat badan dan mencegah kanker prostat.
Kategori jamur ini meliputi jamur kancing dan jamur Portobello. Jamur putih mengandung karbohidrat yang mempercepat metabolisme dan menjaga kadar gula darah. Metabolisme yang cepat membuat tubuh membakar lebih banyak lemak. Makan sekitar 85 gram jamur putih setiap hari selama empat sampai enam minggu dapat membantu menurunkan berat badan. Jamur juga kaya akan selenium yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki efek positif pada kanker prostat.
jamur portobello

7. Jamur shiitake melawan tumor.

Jamur ini mengandung lentinan yang merupakan senyawa anti-tumor alami. Lentinan merupakan polisakarida anti-tumor intravena yang diisolasi dari tubuh shiitake (Lentinula edodes). Lentinan juga telah disetujui dapat membantu kanker lambung di Jepang sejak 1985.

Jamur Lentinan (shiitake) adalah salah satu obat anti-kanker yang telah terbukti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jamur shiitake sendiri telah dikembangkan oleh Jepang menjadi pengobatan anti-kanker yang cukup menguntungkan. Pada gilirannya, jenis jamur ini juga merupakan sumber vitamin D. Konsumsi sekitar 110 – 140 gram per hari dapat membuat tubuh tetap fit.

8. Jamur Reishi / Lingzhi sebagai obat anti-kanker.

Jamur yang terlihat seperti bunga putih besar dan cokelat yang terbuat dari kayu memiliki sifat-sifat berikut: anti-kanker, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur. Jamur reishi merupakan asam gandodermic yang membantu menurunkan kolesterol, yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Makan beberapa gram jamur reishi per hari dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan risiko tekanan darah tinggi.

Image

9.  Jamur KupingJamur kuping (Auricularia sp)
Merupakan jenis jamur yang memiliki kandungan protein mineral, dan vitamin yang cukup tinggi serta bebas kolesterol. Jamur jenis ini bisa dibudidayakan di daerah beriklim dingin sampai panas, dengan suhu rata-rata 20-30ºC dan kelembapan 80-90%. Selain dijual dalam keadaan segar, jamur kuping kering juga laku dipasaran dengan harga yang cukup mahal.Jamur kuping sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran ketika memasak soup jamur, sayur kimlo, keripik jamur, nasi goreng jamur, tauco jamur, sukiyaki, dan bakmi jamur dengan cita rasa yang sangat lezat. Selain itu jamur kuping hitam juga dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung, pembuluh darah dengan endapan (aterosklerqsis), penurun kolesterol dan trigliserid, antiplatelet dan antipengentalan darah, serta sebagai antipendarahan.
jamur kuping 2

11. Jamur Merang

Jamur merang (Volvariella sp) merupakan jamur kompos yang banyak digemari masyarakat. Biasanya jamur ini tumbuh ditumpukan jerami yang membusuk pada saat musim panen padi berlangsung. Untuk membudidayakannya bisa menggunakan jerami atau merang, limbah kapas, limbah kertas, ampas sagu, atau serbuk gergaji kayu.

Jamur merang dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pangan yang diolah menjadi aneka macam masakan jamur. Seperti diolah menjadi soup jamur, tumis jamur, sate jamur, dll.

jamur merang

12. Jamur Champignon/Jamur Kancing

Jamur champignon (Agaricus sp) biasa disebut juga jamur kancing. Bentuk jamur ini sekilas sangat mirip dengan jamur merang, yang membedakannya hanya pada batang jamur kancing terdapat bentuk yang menyerupai cincin, serta memiliki warna putih bersih.

Rasanya yang nikmat membuat jamur champignon digemari para konsumen sebagai salah satu bahan makanan yang sehat dan kaya manfaat. Biasanya jamur kancing ini digunakan sebagai bahan campuran dalam sebuah masakan.

jamur kancing

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s