Leave a comment

Jagung

Image

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi. ( Sumber Wikipedia ).

Kandungan gizi jagung per 100 gram:

  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Ferrum : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr

Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan:

  1. Sumber Kalori
    Jagung merupakan sumber makanan yang kaya kalori yaitu 342 kalori per 100grams, salah satu yang tertinggi dalam sereal.
  2. Pencegahan Hemoroid dan Kanker Kolorektal
    Kandungan serat pada satu cangkir jagung berjumlah 18,4% dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh. Ini membantu dalam mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir, serta menurunkan resiko kanker usus besar.
  3. Banyak Mengandung Vitamin
    Jagung kaya vitamin B, terutama Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekuarangan Niacin berkaitan dengan Pellagra, penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis biasa terjadi pada orang kekurangan gizi. Jagung juga merupakan sumber asam pantotenat yang merupakan vitamin yang diperlukan untuk karbohidrat serta metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh. Kekurangan asam folat pada wanita hamil menyebabkan kelahiran bayi kurus dan juga dapat mengakibatkan cacat tabung saraf saat lahir. Jagung kuning merupakan sumber yang kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk kesehatan mata dan kulit. Biji jagung kaya akan vitamin E, antioksidan alami penting untuk pertumbuhan.
  4. Jagung Kaya Mineral
    Jagung mengandung fosfor berlimpah selain magnesium, besi, mangan, seng dan tembaga. Fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan normal, kesehatan tulang dan fungsi ginjal normal. Magnesium diperlukan untuk menjaga denyut jantung normal dan untuk kekuatan tulang.
  5. Sifat Antioksidan
    Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker. Jagung merupakan sumber yang kaya asam fenolik senyawa ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Anthocyanin, ditemukan dalam jagung ungu juga bertindak sebagai pembasmi radikal bebas yang menyebabkan kanker.
  6. Mencegah Kardiovaskular
    Menurut peneliti, minyak jagung telah menunjukkan sifat anti-aterogenik yang berefek pada kadar kolesterol, sehingga mencegah resiko penyakit kardiovaskular.
  7. Mencegah Anemia
    Vitamin B12 dan asam folat pada jagung memiliki kemampuan untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini.
  8. Menurunkan Kolesterol LDL
    Menurut Jurnal Biokimia Nutrisi, konsumsi minyak kulit jagung dapat menurunkan kolesterol LDL yang merukapan kolesterol buruk bagi tubuh.
  9. Perlindungan terhadap Diabetes
    Konsumsi jagung membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM).
  10. Manfaat Jagung Untuk Kosmetik dan Kecantikan
    Tepung jagung digunakan dalam pembuatan kosmetik dan juga dapat dioleskan untuk menenangkan ruam kulit dan iritasi.
  11. Dibutuhkan selama proses kehamilan
    Bagi wanita hamil, manfaat jagung manis ini adalah menyediakan asam folat dalam jumlah yang tinggi. Kekurangan zat ini bagi wanita hamil bisa mempengaruhi si bayi. Kekurangan asam folat di dalam tubuh bisa berpengaruh kepada berat badan bayinya nanti. Kandungan gizi dan nutrisi di dalam jagung manis berguna untuk mencegah bayi kekurangan berat badan serta membantu untuk menghindari cacat lahir yang lainnya.
  12. Mengobati batu ginjal
    Bahan yang diperlukah adalah jagung muda 4 tongkol, rambut Jagung 1 genggam dan daun Keji Beling segar 8 helai. Cara membuatnya: semua bahan direbus dengan air 110 ml. Saring air rebusan, dan minum air rebusan setiap hari. Apabila batu ginjalnya sudah keluar, (berupa buih, butiran atau kerikil) hentikan pengobatan. Kemudian lanjutkan dengan jamu dari ramuan kumis kucing dan meniran. Cara membuatnya, seduh daun kumis kucing dan 30 gr daun meniran dengan air panas, kemudian minum airnya.
  13. Mengobati batu empedu
    Bahan yang diperlukah adalah jagung muda 5 tongkol dan 5 gram herba kumis kucing segar.
    Cara membuatnya: semua bahan direbus dengan air 110ml. Saring air rebusan, dan minum air rebusan setiap hari selama 2 minggu.
  14. Mengobati tekanan darah tinggi
    Bahan yang diperlukah adalah 5- 7 tongkol jagung muda dan 1 genggam rambut jagung.
    Cara membuatnya: semua bahan direbus dengan air 110ml. Saring air rebusan, dan minum air rebusan setiap hari selama 7hari.
  15. Untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak.
    Bahan yang diperlukah adalah 1 genggam rambut jagung.
    Cara membuatnya: Seduh rambut jagung dan minum 1 cangkir teh rambut jagung sebelum tidur.
  16. Manfaat Jagung untuk Melancarkan Buang Air Kecil
    Manfaat rambut jagung sendiri dapat dijadikan untuk melancarkan buang air kecil. Siapkan rambut jagung sebanyak 50 gram lalu cucilah hingga bersih. Kemudian rebuslah dengan menggunakan 1 liter air hingga mendidih. Diamkan hingga hangat dan minumlah 2 sampai 3 kali sehari.
  17. Manfaat Jagung Sebagai Obat Diare
    Jagung bisa juga dimanfaatkan untuk obat diare yaitu dengan cara meramunya. Sediakan 1 tongkol jagung lalu cucih sampai bersih. Jika sudah bersih, ditumbuk hingga halus kemudian tambahkan 1 gelas air dan aduk. Minumlah 2 atau 3 kali sehari.
  18. Khasiat Jagung untuk Melancarkan ASI
    Untuk ibu-ibu sepertinya wajib mengkonsumsi jagung rebus yang biasa dijual oleh tukang jagung keliling diperkampungan karena jagung rebus berguna untuk memperlancar air susu ibu.
  19. Khasiat Jagung untuk Menambah Berat Badan
    Jagung mengandung 342 kalori disetiap 100 gramnya, juga mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi melebihi makanan sereal lainnya. Hal tersebut yang membuat jagung berguna untuk menambah tinggi badan kita.
  20. Kaya serat
    Jagung mengandung serat dalam jumlah yang tinggi. kadang dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras. Selain mengandung karbohidrat, kendungan protein pada jangung lebih tinggi daripada beras. Serat dapat menjaga fungsi pencernaan kita dan memperlancar buang air besar.
  21. Obat sakit Beri-beri
    Beberapa jenis jagung ternyata juga mengandung vitamin B1, B2, dan B6 yang bekerja secara aktif dalam menjaga fungsi otot, syaraf, bahkan sistem koordinasi jantung kita. Hal ini tentu mampu menghambat akibat kekurangan vitamin diatas seperti penyakit beri-beri, anemia ekstrem, dan lain sebagainya.
  22. Mengurangi kerusakan sel-sel tubuh
    Jagung dikatakan berkhasiat memiliki peran yang sangat baik dalam menjaga kerja sel tubuh agar tetap terkoordinasi secara baik tanpa mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan vitamin B2 dan yang lainnya berfungsi mempertahankan keseimbangan sel tubuh dan juga terdapat asam folat yang berfungsi menjaga inti sel. Dengan alasan beberapa kandungan zat gizi dan khasiat yang terdapat pada jagung, jagung juga baik dikonsumsi baik untuk anda para ibu hamil, anak-anak yang sedang masa poertumbuhan, maupun para manula agar tetap bugar dan fungsi selnya tetap terjaga dengan baik.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: