Leave a comment

Edisi Warna: Makanan dan Minuman “Bernuansa Hitam”

Makanan dan minuman yang mengambil nama dari warna sangatlah banyak. Pada artikel kali ini, akan saya coba paparkan beberapa nama yang menggunakan kata atau berwarna HITAM berikut kandungan, khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan:

Image

1. Ketan Hitam

Secara ilmiah, inilah 10 khasiat  ketan hitam, yaitu:

1.)    Bisa memperbaiki kerusakan sel hati seperti hepatitis dan chirosis atau   yang lebih dikenal dengan pengerasan hati.

2)     Mencegah gangguan fungsi ginjal.

3)     Bisa mencegah kanker dan tumor.

4)      Berkhasiat guna memperlambat penuaan.

5)     Berfungsi juga sebagai antioksidan.

6)      Ketan hitam, ternyata bisa membersihkan kolesterol dalam darah.

7)      Mencegah anemia.

8)      Menyuburkan rambut.

9)      Membuat otot tubuh menjadi padat.

Karena mempunyai sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan maka untuk konsumsi jangka panjang akan berguna untuk mencegah Alzheimer dan diabetes. Ketan Hitam juga dapat membantu mnjaga daya tahan tubuh apalagi disaat musim hujan seperti sekaran. Tetapi yang perlu diingat adalah ketan hitam bukan obat seingga apabila kamu sakit da makan ketan hitam tidak adkan langsung sembuh karena bukan obat, tetapi akan bertahap membantu daya tahan tubuh.

Ketan hitam, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar jajanan pasar dan makanan, seperti bolu dan lain-lain,ketan hitam juga bermanfaat bagi penderita kencing manis atau diabetes melitus. Manfaat lain dari ketan hitam adalah dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetus melitus/ kencing manis.

Caranya:

1. Ambil 3 sendok (penuh) ketan hitam.
2. Masukkan ke dalam gelas ukuran 1 liter.
3. Seduh dengan air panas segelas penuh dan tunggu hingga dingin.
4. Minum 1 gelas setiap pagi, siang dan malam sebelum makan.
5. Sebelum minum, sebaiknya cek kadar gula darah dulu..
6. Setelah kadar gula darah normal, untuk menjaga agar stabil cukup minum air seduhan ketan hitam sebanyak 1 gelas 2 x seminggu saja.

2. Lentil Hitam

Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black Icntil mengandung 8 mg zat besi, hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil Juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesteroldan meningkatkan fungsi Imun atau kekebalan tubuh.Kacang lentil sangat kaya protein dan serat, dan juga mampu melindungi kita dari serangan kanker payudara. Para peneliti Amerika berhasil membuktikan bahwa bahan makanan yang rendah daging dan karbohidrat, tapi kaya kacang-kacangan mampu menurunkan risiko kanker payudara. Kacang lentil hitam biasa digunakan untuk sup dan salad.Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi.Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi,hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan,18 mg per hari untuk perempuan.lentil juga kaya akan seratr larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun atau kekebalan tubuh.

3. Blackberries

Blackberry buah dikenal mengandung antioksidan polifenol. Sebuah antioksidan polifenol adalah jenis antioksidan yang ditandai oleh adanya beberapa kelompok fungsional phenoll.Pollifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini Juga kaya akan serat Dalam kesehatan manusia, senyawa ini berjumlah lebih dari 4.000 spesies yang berbeda, dianggap penting dalam memerangi stres oksidatif, penyakit jantung, dan penyakit kanker.

Penelitian baru menunjukkan bahwa blackberry (juga dikenal sebagai raspberry hitam) mengurangi risiko terserang kanker. Peneliti di Ohio State University menemukan blackberry dapat melindungi seseorang dari serangan kanker kerongkongan.

4. Kacang Hitam

Manfaat kacang hitam bagi kesehatan berasal dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Kacang hitam memiliki kandungan zat antioksidan yang tak kalah dengan buah-buahan. Kandungan antioksidan inilah yang membuat kacang hitam mampu mengurangi risiko penyakit jantung.
Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang Ini sarat yang kaya akan blofhvonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan berbagai penyakit diantaranya diabetes,stroke dan kanker.

5. Kedelai Hitam

Selama ini kita mengenal Kedelai Kuning. Padahal sesungguhnya, ada kedelai hitam (Black Soya ) dengan “berjuta” khasiat/Manfaat. Tak hanya berguna menjaga kesehatan , melainkan dapat/mampu mengobati berbagai penyakit degneratif yang belakangan banyak mendera masyarakat ( Agrobis)

Pada umumnya kedelai di olah menjadi tahu, tempe, susu kedelai cair dan lainya. Dengan kemajuan teknologi kedelai dapat di olah menjadi kedelai bubuk instan ( diseduh ). Untuk kedelai hitam ( black soya ) pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kecap, taucho.

Kedelai hitam mempunyai kandungan protein yang bervariasi antara 37-41 %, serta kandungan lemak 11-21 %. Kandungan asam mino glutamate pada kedelai hitam sedikit lebih tinggi dari pada kedelai kuning, karena itu rasa kedelai hitam lebih gurih di bandingkan kedelai kuning.

Berdasarkan penelitian yang disampaikan oleh para ahli , Kedelai hitam ( Black Soya ) memiliki banyak manfaat antara lain untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar kolesterol LDL, melindungi dari diabetes type 2 bahkan sangat berguna untuk perempuan seperti yang disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian dari Universitas Gadjah Mada Prof Dr Ir Mary Astuti MS.

6. Teh Hitam

Teh hitam merupakan tipe teh yang paling tersebar luas di seluruh dunia. Teroksidasi secara penuh, teh hitam mengandung kafein 80% lebih kecil dari kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi. Manfaat untuk kesehatan yang diberikan oleh teh hitam diantaranya adalah memperkecil resiko sakit jantung karena teh ini mampu mencegah penyerapan kolesterol. Teh hitam juga baik untuk gula darah & darah tinggi, pembengkakan gusi, dan mencegah pembusukan gigi.

India, Sri Langka, Bangladesh, serta negeri tercinta kita, Indonesia, merupakan pengasil teh hitam terbesar di dunia. Hampir 80% dari produksi teh hitam seluruh dunia berasal dari regional ini. Di Cina, teh hitam lebih dikenal dengan nama teh merah.

7. Coklat Hitam

Coklat pun mempunyai banyak jenis, mulai dari coklat biasa, coklat putih hingga coklat hitam. Dari beberapa jenis tersebut, ternyata ada beberapa Manfaat dan Khasiat Coklat Hitam yang sangat baik untuk tubuh.Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam ujicoba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

8. Cincau Hitam

Selain berperan sebagai dessert, cincau hitam juga bermanfaat untuk kesehatan. Khasiat tersebut terkait erat dengan kandungan serat larut air (soluble dietary fiber) yang terdapat di dalamnya. Di dalam tubuh, serat larut air dapat mengikat kadar gula dan lemak/kolesterol, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes melitus, jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.Selain itu,cincau hitam juga mengandung nilai gizi yang cukup baik per 100 gramnya, terutama jika ditinjau dari kandungan mineral
dan vitaminnya. Namun, cincau hitam (produk jadi) merupakan bahan makanan yang sangat minim kandungan gizinya. Kandungan terbesar adalah air, hampir mencapai 98 persen. Mengingat dalam proses pembuatannya ditambahkan mineral dan pati, cincau hitam mengandung sejumlah mineral dan karbohidrat dalam jumlah lumayan.

9. Lada Hitam

Lada (piper nigrum linn atau pepper) yang oleh ibu rumah tangga sering disebut “merica”, merupakan salah satu komoditas unggulan bagi Indonesia. Secara ekonomi lada merupakan sumber pendapatan petani dan devisa negara non migas. Secara sosial merupakan komoditas tradisional yang telah dibudidayakan sejak lama dan aktivitas usahanya menjadi penyedia lapangan kerja yang cukup luas terutama di daerah sentra produksi. Manfaat lada dalam rumah tangga sebagai bumbu penyedap rasa yang mengandung senyawa alkolid piperin, berasa pedas. Sedang manfaat untuk kesehatan, lada dapat melonggarkan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Oleh karena itu masakan yang berbumbu pedas merica cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, perut kembung dan mual akibat masuk angin. Masakan yang menggunakan mrica dan cocok untuk kesehatan seperti saus steak, sup dan sebagainya. Menurut jenisnya lada ada dua macam yaitu lada putih dan lada hitam. Lada putih adalah buah lada yang dipetik saat buah lada itu sudah matang. Lantas dikupas kulitnya dengan cara merendamnya dalam air mengalir selama dua minggu, kemudian dijemur selama tiga hari. Sedang lada hitam ialah buah lada yang saat dipetik sudah matang tapi kulitnya masih hijau, dan langsung di jemur selama tiga hari tanpa direndam terlebih dahulu.

Lada hitam ternyata bukan saja bermanfaat sebagai rempah penyedap makanan. Menurut sebuah penelitian, lada hitam juga memiliki potensi menjadi obat baru bagi penyakit pigmen kulit yang disebut vitiligo. Dalam istilah medis, vitiligo dikenal sebagai kondisi di mana di sebagian wilayah kulit kehilangan pigmen normal, sehingga permukaannya tampak memutih.

Seperti yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, para peneliti dari King’s College London berhasil mengungkap manfaat piperin – kandungan utama yang membuat lada hitam terasa pedas dan gurih – dalam merangsang pigmentasi dalam kulit.

10. Jintan Hitam

Selama berabad-abad jintan hitam digunakan jutaan orang di Asia, Timur Tengah, dan Afrika untuk menjaga kesehatan. Minyak dan herbanya diyakini bisa mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, saluran pencernaan, gangguan lambung dan lever serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jintan hitam dipercaya berasal dari Mediterania (seputar Laut Tengah), sebelum tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Asia. Bentuknya kecil berserabut, ukurannya tidak lebih dari 3 mm. Jintan hitam termasuk dalam keluarga buttercup (Ranunculaceae).

Ada dua jenis tanaman ini, yakni yang berwarna ungu kebiruan dan putih. Orang-orang di tanah Arab telah mengenal Jintan hitam lebih dari 2.000 tahun lalu. Mereka memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, misalnya sakit gigi, flu, nyeri sendi.
Tanaman bernama lain black seed ini juga kaya asam lemak tak jenuh dan asam lemak esensial (asam linoleik dan linolenik). Asam alfa -linolenik (omega 3) asam linoleik (omega6), merupakan substansi yang tidak dapat dibentuk di dalam tubuh, sehingga tubuh harus mendapat suplemen yang mengandung kedua asam tersebut.

Jintan hitam juga mengandung 15 macam asam amino, protein, karbohidrat, minyak volatil dan crude fiber. Kandungan vitamin dan mineralnya meliputi kalsium, potasium, besi, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E dan niacin. Black seed juga mengandung arginine, yang penting pada masa pertumbuhan balita.

Image

11. Kopi Hitam

Bagi pencinta kopi, minuman ini adalah pendongkrak energi. Tak mengherankan jika mereka bisa minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Jika Anda mengetahui cara minum kopi yang baik dan bisa mengendalikan asupan kopi setiap harinya, minuman ini memang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. Antara lain:

1) Melindungi jantung.

Peminum kopi yang mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam per hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi.

Kopi memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan blueberry. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

2) Mencegah diebetes

Antioksidan kopi, khususnya asam klorogenat dan guinides, memainkan peranan untuk meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah. Faktanya, orang yang minum kopi setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena 2 tipe diabetes, menurut beberapa penelitian.

3) Menjaga kesehatan liver

Kopi juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hari sebanyak 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein di dalamnya.

4) Meningkatkan kekuatan otak

Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

5) Membantu menghilangkan sakit kepala

Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Walaupun begitu belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein menghilangkan sakit kepala, namun para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya menegang.

“Penegangan pembuluh darah ini membantu menghilangkan tekanan yang mengakibatkan rasa sakit,” ujar Robert Shapiro, M.D., Ph.D., profesor saraf dan Director the Headache Clinic dari Universitas Vermont Medical School, seperti dikutip oleh laman Yahoo! Shine.

Namun, di balik kenikmatannya, kopi menyimpan efek negatif bagi mereka yang tidak mengetahui cara minum kopi yang baik. Minum kopi berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk, antara lain, meningkatnya kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang akan membuat darah lebih pekat.

Selain itu, kopi akan sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba. Bagi wanita hamil, kopi dapat meningkatkan risiko kematian pada bayi. Kopi pun mengakibatkan tulang keropos. Bagi penderita maag, kopi adalah musuh besar yang harus dihindari karena kafein meningkatkan produksi asam lambung. Kopi pun membuat gelisah, insomnia, dan tremor (tangan bergetar).

Untuk dapat menghindari efek negatif pada kopi, pilih racikan kopi tanpa tambahan gula dan susu, serta mengurangi dosis kopi yang Anda minum setiap harinya. Selain itu, pilih juga jenis kopi yang tanpa kafein. Dan agar ‘racun’ dalam kopi bisa diminimalisasi, jangan lupa untuk selalu konsumsi 2 gelas air putih untuk setiap satu cangkir kopi yang Anda minum.

[Dari berbagai sumber]
Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: