Leave a comment

Edisi Warna: Makanan dan Minuman “Bernuansa Putih”

Makanan dan minuman yang mengambil nama dari warna sangatlah banyak. Pada artikel kali ini, akan saya coba paparkan beberapa nama yang menggunakan kata atau berwarna PUTIH berikut kandungan, khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan:

Image

1. Susu Putih

Secara umum, kandungan gizi dan khasiat susu adalah :

1) Protein yang terdapat didalam susu dapat memberikan asam amino utama kepada seseorang untuk membentuk jaringan tubuh dan membangun sel-sel tubuh yang beragam. Sehingga susu sangat penting bagi pertumbuhan anak, juga untuk orang dewasa pada masa penyembuhan.

2) Protein juga berfungsi untuk menambah stamina dan meningkatkan imunitas tubuh manusia. Asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga dapat diganti dengan asam amino lain yang terdapat didalam tumbuhan-tumbuhan ataun nabati.

3) Lemak berbentuk cair yang terdapat didalam susu sangat mudah dicerna dan dalam takaran yang mencukupi kebutuhan terdapat kalori, sesuai dengan aktivitas kebutuhan keseharian. Dengan kata lain lemak itu akan benar-benar terbakar dan tidak akan tertimbun didalam tubuh.
Glukosa adalah gula yang mengandung dua unsur yaitu glukosa dan galaktosa. Rasa manis susu 1/6 manis sukrosa, sehingga susu tidak terlalu berbahaya bagi penderita diabetes, karena susu hanya sedikit sekali mengandung galaktosa.

4) Vitamin

Beberapa unsur vitamin yang terdapat didalam susu, diantaranya vitamin A berbentuk cair dan terdapat didalam lemak, vitamin ini adalah vitamin yang sangat penting bagi anak-anak dan remaja untuk pertumbuhannya, karena ia adalah unsur yang paling utama dalam pembentukan selaput jala (retina) pada mata yang disebut rods dan cons, yang ini tentunya berfungsi untuk penyempurnaan fungsi penglihatan. Sehingga Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan, terutama pada malam hari atau dalam istilah lain rabuh ayam (night blindness). Fungsi vitamin A yang lain adalah berperan dalam perawatan kulit dan kesehatan selaput lendir, karena ia adalah benteng pertahanan terhadap serangan virus dan mikroba.

Selain vitamin A susu juga mengandung vitamin D yaitu unsur utama yang berperan penting didalam tubuh dan berkerja sama dengan meneral serta kalsium, dalam pembentukan jaringan tulang, sehingga susu sangat penting bagi pertumbuhan anak dan bayi yang masih menyusui. Kekurangan vitamin D dan kalsium dapat menghambat pertumbuhan tulang dan mudah terserang penyakit osteomalcia (tulang lunak). Kedua unsur ini harus saling mencukupi , keberadaan salah satu unsur saja tidak dianggap cukup tanpa ada unsur yang lainnya.

Image

2. Sawi Putih

Manfaat dan khasiat sawi putih:

1) Mencegah Osteoporosis
Kaya akan vitamin K yang berfungsi mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.

2) Mencegah penyakit jantung
Kaya akan Vitamin E, betakaroten dan vitamin C yang berfungsi mencegah kolesterol dan penyakit jantung.
Ketiga zat itu mampu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Kandungan niasin pada Sawi putih berguna dalam memperkecil proses ateroskerosis, yang pada akhirnya menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung.

3) Menjaga Kornea Mata Agar Sehat
Kaya vitamin A yang berfungsi membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin yaitu protein yang tidak larut dalam ari dan bukan mucus.

4) Mencegah Anemia
Kaya akan asam folat yang berguna dalam proses sintesis nukleoprotein yaitu kunci pembentukan dan produksi butir-butir darah merah normal dalam sumsum tulang.

5) Menghaluskan Kulit
Kaya akan vitamin E yang berguna sebagai antioksidan penting di dalam sel. The George Mateljan Foundation (2006) memasukkan tanaman sawi dalam kategori sangat baik sebagai sumber vitamin E.

6) Penyembuhan Luka dan meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kaya akan vitamin C yang hampir sama jumlahnya dengan jeruk. Komposisi 1 cangkir sawi cukup untuk memenuhi 59 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C perhari.

7) Mencegah Diabetes Mellitus
Kaya akan Kalsium sebagai mineral penting bagi tubuh yang berguna dalam menurunkan kadar kolesterol dan gula merah.

8) Mencegah berbagai Kanker
Kandungan Indole dan Isotiosianat berguna dalam mengurangi potensi kanker, karena fungsi kedua komponen tersebut mengendalikan enzim terhadap proses detoksifikasi hati. Hasil studi epidemologi, Park dan Pezzuto (2002) menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dari genus Brassica (termasuk sawi) mampu menurunkan resiko berbagai jenis kanker, yaitu kanker payudara, prostat, ginjal, kolon, kandung kemih dan paru-paru. Zat sulforan seperti dipublikasi kan oleh Journal of Nutrition (2004) melaporkan bahwa kandungan sulforan yang banyak terkandung pada golongan Brassica sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

9) Mencegah penyakit gondok
Kandungan Goitrogen dalam Sawi berfungsi menghambat fungsi kelenjar tiroid, yang akan menimbulkan terjadinya goiter gondok

Image

3. Putih Telur

Khasiat dan manfaat putih telur:

1. Putih telur yaitu sumber protein alami
Di dalam putih telur terdapat sebagian type protein, diantaranya fosfor, kalsium, zink serta pottasium. protein alami di dalam putih telur juga baik kala menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot.

2. Tidak terdapat kandungan kolesterol
Di dalam putih telur tidak terdapat lemak, kolesterol, lemak trans serta karbohidrat. jadi putih telur dapat di mengonsumsi untuk menopang kurangi tingkat kolesterol di dalam konsumsi kita.

3. Mudah di serap tubuh
Protein alami di dalam putih telur nyatanya lebih mudah di serap oleh tubuh ketimbang makanan lain seperti daging maupun minuman berprotein. Hal ini membuat protein bisa di serap semuanya di dalam tubuh tanpa perlu banyak protein yang terbuang.

4. Kurangi berat badan
Berdasar penelitian di pennington biomedical research centre menunjukkan, mereka yang menggunakan 2 putih telur tiap-tiap pagi berat badannya menyusut lebih kurang 65% serta jadi tambah tenaga ketimbang yang cuma menggunakan atau mengkonsumsi roti biasa.

5. Mencerahkan kulit
Protein di dalamnya sanggup menopang melembabkan kulit muka serta sanggup mempercepat sistem pergantian pada kulit pada wajah. Langkahnya oleskan ke seluruh bagian muka sampai merata serta diamkan sepanjang 30 menit. Sesudah 30 menit cuci dengan air hangat.

Image

4. Anggur Putih

Manfaat dan khasiat dari anggur putih yaitu :

1) Memperlambat proses penuaan
2) Sebagai Anti bakteri
3) Untuk mengurangi tingkat amyloidal-beta peptides pada penderita Alzheimer.
4) Untuk Asma karena anggur putih memiliki kekuatan untuk meningkatkan kelembapan di paru-paru.
5) Untuk mencegah kanker payudara yang secara signifikan seta bisa mengurangi massa tumor pada payudara.
6)  Sebagai pencahar.
7) Jus anggur putih untuk mengurangi kelelahan.
8)  Bermanfaat untuk mencegah gumpalan dan mengurangi risiko penyakit jantung.
9)  Menghentikan oksidasi kolesterol LDL alias kolesterol jahat yang menghambat pembuluh darah.
10) Mengeluarkan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan serta iritasi pada perut.
11) Membantu menyembuhkan migren.
12) Mampu menyingkirkan asam pada sistem ginjal yang akan mengurangi gangguan tekanan di ginjal.
13) Mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti halnya influenza.
14) Menghambat produksi protein yang biasanya dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler.
15) Menghambat kemampuan bakteri corrosive melekat pada enamel gigi.
16) Bisa bangkitkan gairah wanita.

Image

5. Delima Putih

Tanaman perdu berbatang kayu ini tingginya bisa mencapai 5 m. Daunnya lonjong, kecil-kecil, berwarna hijau, bertepi rata. Bunganya berwarna putih. Buahnya yang bergaris tengah kira-kira 10 cm, berwarna hijau kekuningan. Suku: Punicaceae

Kandungan & manfaat :

1) Membunuh cacing pita dan bakteri karena mengandung punisin dan tanin.
Selain itu, menghentikan perdarahan, menghilangkan rasa mual, batuk, membunuh kuman.

2) Sariawan
1 – 2 buah delima segar diambil bijinya, lalu tumbuk hingga hancur. Rendam selama 2 hari, kemudian gunakan airnya untuk berkumur

3) Keputihan
30 g kulit delima kering direbus dengan 1 ltr air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, diminum. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

4) Cacingan pada anak-anak
1 jari akar delima, 1 rimpang temu giring direbus dengan 1 ltr air sampai airnya tinggal setengah. Minumlah ramuan ini setiap hari 1 gelas sebelum sarapan.

5) Diare
2 buah delima dibuang kulitnya. Panggang sampai kering. Tumbuk sampai menjadi bubuk. Untuk sekaii minum dipakai 1 sendok makan bubuk tsb. yang diseduh dengan air panas. Minum ramuan ini 3x sehari.

6) Muntaber pada anak
Haluskan 1 buah pala, 5 jintan, 5 cm kulit delima, dan sedikit jahe. Setelah halus, tambahkan 1 sendok teh santan kental dan 1 sendok teh minyak kayu putih. Balurkan pada perut dan dada bayi.

7) Menurunkan berat badan
2 genggam daun delima muda diremas-remas sambil diberi 1 gelas air matang dan sedikit garam. Peras, diminum 2x sehari, masing-masing ½ gelas.

8) Gangguan pencernaan
50 g daun delima segar diseduh dengan air secukupnya. Minum selagi hangat.

9) Perut kembung
5 helai daun delima kering diseduh dengan. 1 gelas air panas. Setelah agak dingin, diminum. Ulangi 3x sehari.

10) Mencegah masuk angin
Seduh daun teh dan 10 helai daun delima dengan segelas air Minum selagi hangat. Lakukan 2x sehari masing-masing 1 gelas.

Image

6. Lobak Putih

Lobak putih yang merupakan tanaman umbi-umbian dan memiliki aroma yang kuat serta khas ternyata mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu vitamin A, B1, B2, dan kandungan zat kimiawi seperti niasin, minyak atsiri, kolin, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi dan asam oksalat.

Daun Lobak putih juga memiliki kandungan minyak atsiri, vitamin A dan C sedangkan biji lobak memiliki kandungan 30%-40% minyak lemak dan minyak atsiri. Zat-zat tersebut merupakan antibiotik untuk beberapa jenis bakteri dan antioksidan.

Khasiat dan manfaat lobak putih:

1) Pengobatan Bisul
Siapkan Umbi Lobak secukupnya kemudian Blender atau diparut. Tambahkan dengan cuka beras putih. Kemudian oleskan di tempat bisul.

2) Pengobatan Eksim
Siapkan umbi Lobak secukupnya kemudian diparut dan tambahkan air jahe. Aduk rata ramuan tersebut kemudian balurkan ditempat yang sakit

3) Pengobatan luka bakar terkena air panas
Siapkan 100 gram umbi lobak yang sudah diparut. Lalu ramuan dioleskan pada luka

4) Pengobatan Asma
Siapkan 200 gram umbi lobak putih lalu di jus.Tambahkan 50 cc jus jahe dan direbus sampai mendidih. Tambahkan madu diminum airnya selagi hangat

5) Pengobatan Batuk
Siapkan 100 gram umbi lobak putih dan 9 gram kulit jeruk mandarin. Kemudian semua bahan direbus dengan 500 cc air meninggalkan 200 cc.
Ramuan disaring dan minum airnya selagi hangat.

6) Pengobatan batuk rejan
Siapkan 25 gram biji lobak putih yang sudah dikeringkan. Kemudian ditumbuk sampai halus ditambahkan gula dan air hangat secukupnya
Kemudian diminum 3 kali sehari.
Bisa juga menggunakan 100 gram umbi lobak ditambahkan 5 butir lada putih dan madu secukupnya lalu ditim dan dimakan

7) Pengobatan Disentri
Siapkan 100 gram daun lobak kering kemudian rebus bersama-sama air hingga mendidih dan menjadi kental. Kemudian minum seperti minum teh
Lakukan selama 3-5 hari. Apabila disentri telah berlangsung lama maka dianjurkan daun lobak ditambah daging ayam secukupnya lalu masak menjadi sop
setelah matang dimakan.

8) Pengobatan gangguan paru-paru disertai batuk darah atau pendarahan hidung
Siapkan 100 gram umbi lobak putih kemudian jus dan diminum setiap hari.

9) Pengobatan masalah pencernaan
Siapkan 200 gram umbi lobak tambahkan buah angco. Masak menjadi kuah kemudian diminum 1-2 kali sehari

10) Pengobatan Influenza
Siapkan 250 gram umbi lobak diiris tipis tambahkan gula pasir secukupnya kemudian direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc.
Saring ramuan dan minum airnya dalam keadaan masih hangat.

11) Mengurangi nafsu makan berlebihan
Siapklan 200 gram umbi lobak dan 200 gram umbi wortel. Kedua bahan di jus dan diminum

12) Pengobatan penyakit jantung
Siapkan 250 gram umbi lobak dipotong kecil dan 30 gram daun dewa segar. Rebus kedua bahan tadi menggunakan 800 cc air sampai tertinggal 400 cc
Saring dan minum air ramuan itu 2 kali sehari masing masing sebanyak 200 cc

13) Mencegah perut kembung
Siapkan 150 gram umbi lobak, 5 gram kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan, 3 butir cengkeh, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala dan 3 butir kapulaga.
Rebus semua bahan menggunakan 500 cc air sampai tertinggal 200 cc. Saring dan diminum air ramuan tersebut.

14) Menurunkan Hipertensi
Siapkan 100 gram umbi lobak segar kemudian di Jus. Minumlah jus ini 2 kali sehari setiap kali minum sebanyak 150 gram.
Atau menggunakan 100 gram umbi lobak ditambahkan 1 buah apel kemudian diparut lalu diambil airnya. Gunakan air ramuan tersebut untuk memblender 75 gram seledri dan tambahkan air perasan jeruk mandarin dan gula pasir secukupnya kemudian minum secara teratur.

Image

7. Coklat Putih

Coklat putih mempunyai kandungan energi yang sangat tinggi. Coklat putih seberat 100 gram bisa menyumbang 18% daripada tenaga yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam sehari.

Selain itu juga, coklat putih kaya akan kalsium yang bermanfaat bagi tulang dan gigi.

Image

8. Air Putih

Khasiat dan manfaat air putih bagi kesehatan:

1) Meningkatkan Energi

Minum air putih di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme, membantu seseorang menjadi lebih waspada serta merasa lebih segar karena adanya peningkatan energi di dalam tubuh. Hal ini karena hampir semua bagian tubuh memerlukan air agar bisa bekerja secara optimal, jika tubuh dehidrasi akan timbul kelelahan dan lesu sehingga menjadi tidak efisien.

2) Menghilangkan racun

Khasiat air putih yang ke dua adalah menghilangkan racun .Minum air di pagi hari akan membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dan produk buangan (limbah) dari dalam sistem tubuh. Hal ini karena saat malam hari tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

3) Mengurangi berat badan

Mara Z. Vitolins, seorang ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Center menuturkan umumnya tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus, karenanya konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut. Selain itu jika seseorang minum air putih saat sedang lapar akan terlihat adanya penurunan nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan, dan menghindari konsumsi minuman lain yang tinggi gula, aklori atau kafein.

4) Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien

5) Anti kanker dan membersihkan ginjal serta hati

Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati.

6) Perawatan kecantikan

Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

7) Untuk kesuburan

Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.
Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar.

Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

8) Menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.
Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

9) Sebagai obat stroke
Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan.

Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit

10) Efek relaksasi
Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat.

Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.

11) Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak.

Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.

12) Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Anda mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

13) Penyeimbang tubuh
Air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

Image

9. Madu Putih

Khasiat dan manfaat madu putih:

1) Memiliki kandungan senyawa bioflavonoid, yakni senyawa anti oksidan yang dapat mempercepat proses penyembuhan dari satu penyakit.

2) Memiliki kandungan asam amino, vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan madu lainnya.

3) Kaya akan kandungan protease, amilase dan pektase yang berfungsi sebagai enzim yang dapat menguraikan senyawa protein, tepung dan pektin, sehingga pencernaan tubuh menjadi lancar.

 

tahu putih

10. Tahu Putih

Tahu putih yang terbuat dari kedelai bagus dan murni biasanya teksturnya lembut, rapuh dan mudah sekali hancur. Tahu berkualitas ini harganya realtif mahal. Sedangkan tahu yang berkualitas kurang, biasanya lebih keras teksturnya, warnanya tidak terlalu putih dan harganya relatif murah. Pilihlah tahu yang berkualitas bagis dan bebas bahan pengawet. Rendam tahu dalam air dingin dan simpan dalam lemari es agar bisa tahan disimpan 2-3 hari.

Sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dan paling penting, dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori.

Di balik kelezatannya, tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.

Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20 persen.

Selain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi tahu.

Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen. Selain mencegah kanker payudara, isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. Isoflavon bukan hanya terkandung dalam tahu melainkan juga pada semua makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, susu kedelai, kecap, dan sejenisnya.

 

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: