Leave a comment

Mentimun

Image

Ketimun atau mentimun memiliki nama scientific Cucumis sativus. Mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Khasiat dan manfaat buah mentimun

1. Menghilangkan bekas jerawat
Ambil ujung buah mentimum sepanjang kira-kira 5 cm, lalu parut. Ambil kunyit sebesar ibu jari, kemudian ditumbuk dan ambil airnya. Air kunyit itu dicampurkan dalam mentimum yang sudah diparut itu. Kemudian sapukanlah ke wajah. Lakukan setiap hari sampai flek menghilang. Atau, Anda bisa menggunakan spray toner buatan sendiri. Caranya, parut satu buah mentimun yang sudah dikupas. Saring dan ambil airnya, campurkan dengan dua sendok teh madu. Kemudian masukkan campuran itu ke dalam botol yang dilengkapi laat penyemprot. Semprotkan ke wajah dua kali sehari.

2. Membantu menurunkan berat badan
Karena buah ini rendah kalori dan kaya akan kandungan air, mentimun merupakan makanan ideal untuk orang-orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

3. Mencegah Dehidrasi
Mentimun sangat kaya akan kandungan air, yakni  95% dari bagian daging buahnya mengandung air, namun dengan nutrisi gizi yang menyegarkan dan mengembalikan elektrolit tubuh.

4. Diuretik
Sebagai obat diuretik alami, mentimun mamapu mendorong keluar produk limbah dari tubuh melalui buang air kecil. Konsumsi harian mentimun membantu untuk melarutkan kotoran dalam kandung kemih atau batu ginjal.

5. Energi
Mereka adalah sumber yang baik dari vitamin B dan karbohidrat yang dapat memberikan energi yang cepat bila diperlukan

6. Perawatan kulit
Kandungan air yang tinggi, antioksidan, dan mineral seperti magnesium, kalium silika membuat mentimun merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di area mata. Kulit mentimun juga dapat merawat kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari atau keadaan kulit yg kasar karena terkena polusi udara.

7. Melawan kanker
Mentimun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang terkait dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

8. Mengontrol tekanan darah
Jus Ketimun mengandung banyak kalium, magnesium, serat, dan fitonutrien yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah.

9. Mengurangi selulit
Coba gosokkan sepotong mentimun sepanjang kulit Anda yang sedang bermasalah selama berapa menit, phytochemical dalam mentimun menyebabkan kolagen di  dalam kulit Anda mengencang, mengencangkan sampai lapisan luar dan langsung mengurangi visibilitas selulit. Sehingga membantu mengatasi kulit keriput juga.

10. Merangsang pertumbuhan rambut
Mentimun mengandung silikon dan belerang, jika dikonsumsi dengan rutin mentimun dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk hasil terbaik, campurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam.

11. Mengendalikan nafsu makan
Mentimun bersifat mengisi/mengenyangkan, namun rendah kalori. Dalam sejarahnya, mentimun pernah digunakan selama berabad-abad oleh pedangang dan penjelajah Eropa sebagai  makanan cepat saji yang praktis namun bergizi serta mencegah kelaparan.

12. Gigi dan kesehatan gusi
mentimun merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi/mengunyah buah mentimun dengan rutin mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

13. Aromaterapi alami / relax
Potong tipis-tipis sebuah mentimun lalu tempatkan dalam baskom yang berisi air mendidih. Bahan kimia dan nutrisi dari mentimun akan bereaksi dengan air mendidih yang menghasilkan uap dan menciptakan aroma menenangkan, membuat perasaan relax.

14. Penghilang bau mulut (Halitosis control)
Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah Anda selama 30 detik untuk menghilangkan bau mulut. Fitokimia yang terkandung dalam mentimun akan membunuh bakteri di mulut Anda yang  menyebabkan bau mulut.

15. Memperlancar metabolisme
kandungan air dan serat yang tinggi dalam mentimun sangat efektif dalam mengusir racun dari sistem pencernaan. Konsumsi harian mentimun bermanfaat  sebagai obat untuk sembelit kronis.

16. Meningkatkan kesehatan sendi/jaringan ikat
Mentimun merupakan sumber silika yang baik, yang dikenal untuk membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat.

17. Mengobati cacing pita
Biji mentimun digunakan sebagai obat alami untuk mengobati cacing pita. Biji mentimun yang dimemarkan lalu dicampur dengan air juga efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

18. Perawatan kuku
kandungan silika pada mentimun juga membantu mencegah pemecahan/kerapuhan kuku, sehingga merawat kuku tangan dan kaki Anda.

19. Meringankan encok dan nyeri artritis
Mentimun kaya vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.

20. Membantu mengatasi diabetes
Mentimun mengandung zat yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

21. Mengurangi kolesterol
Para peneliti telah menemukan bahwa sterol dalam mentimun membantu mengurangi kadar kolesterol.

22. Haid tidak teratur
Giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap srep, 10 lembar daun sambaing colok, tambahkan air garam secukupnya. Kemudian diusapkan ke perut, lalu balut. Lakukan dua kali sehari.

23. Demam
Ketimun juga bisa digunakan untuk mengompres saat Anda atau anak Anda demam. Tak perlu menambahkan es, karena buah ketimun sudah memberikan rasa dingin yang dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh yang panas akibat demam.

24. Kudis
Jus ketimun yang segar dan berguna untuk kesehatan, juga dapat merawat kulit dari kudis. Tak heran kalau ketimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.

25. Mengobati sariawan
Makan buah ketimun mentah sebagai camilan, lakukan secara rutin setiap hari.

26. Mengatasi bengkak di sekitar mata
Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis ketimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit. Lalu bilas.

27. Menghilangkan bau badan
Caranya, cuci bersih satu buah mentimun muda, iris tipis, lalu oleskan atau gosokkan pada bagian badan yang berbau. Atau, parut mentimun, lalu kompres bagian ketiak dengan parutan tersebut. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat. Lakukan hal ini setelah mandi.

28. Mengurangi nyeri ketika sakit kepala
Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur untuk meredakan sakit kepala. Mentimun mengandung gula alami, vitamin gula B dan elektrolit untuk menambah nutrisi penting dan mengurangi intensitas sakit kepala.

29. Detoksiifikasi dan Asam Urat
Manfaat mentimun lainnya adalah dapat membantu proses detoksifikasi. Kandungan airnya yang banyak dapat membantu memperlancar buang air kecil dan menetralkan toksin (racun).  Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.  Asam urat berlebih di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk pada persendian sehingga dapat mengakibatkan sakit radang sendi.  Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk pada saluran kemih dapat memicu terbentuknya batu ginjal.  Konsumsi mentimun dapat membantu meluruhkan kristal atau batu ginjal dan mencegah penumpukan racun.

30. Penetralisir Bau Amis Makanan Pada Tangan
Apabila setelah mengkonsumsi makanan yang berbau amis dengan tangan, cara cepat menetralisir baunya adalah dengan meremas mentimun dengan tangan, baru dibilas dengan air.

31. Meringankan Masalah Pencernaan
Mengkonsumsi jus mentimun dapat membantu meringankan berbagai penyakit yang terkait dengan pencernaan seperti gastritis keasaman, maag, bahkan tukak lambung.  Kandungan serat dalam mentimun dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan menghilangkan racun dari sistem pencernaan.

32. Mengobati sakit gigi dan gusi
Jus mentimun juga dapat membantu mengobati penyakit mulut pada gigi dan gusi. Mengkonsumsi mentimun mentah dapat membantu meningkatkan produksi air liur, juga berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

33. Perawatan rumah
Menggosok cermin atau kaca jendela dengan mentimun dapat mengatasi cermin berkabut sehingga Anda dapat mengurangi penggunaan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan untuk membersihkan rumah.

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: